Pernah dengar nasi kapau? Mirip dengan Nasi Padang, Nasi Kapau merupakan varian kuliner khas Minang yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner di mana-mana, termasuk yang ada di Jakarta. Asyiknya, banyak tempat jualan nasi kapau di ibu kota.

Tapi tahukah Anda perbedaan nasi kapau dan nasi padang? Nah buat yang belum tau, ada sejumlah perbedaan yang cukup signifikan dari kuliner khas Minang ini.

Pertama, beras kapau hanya dijual oleh masyarakat Kapau, nagari atau desa yang berada di Kabupaten Agam. Cara menampilkan menu masakan juga berbeda. Untuk nasi kapau, menu ditampilkan di atas meja. Sedangkan nasi Padang, menu masakannya ditampilkan di etalase. Untuk memilih lauk pauk dan sayuran, Anda harus masuk ke toko terlebih dahulu sebelum memesan dan memilih menu. Sedangkan untuk nasi Padang bisa menunjuk dari luar menu yang terlihat dari kaca.

Perbedaan paling mencolok antara nasi kapau dan nasi Padang adalah tersedia atau tidaknya kari kapau. Gulai ini berbahan dasar kol, nangka dan kacang panjang dengan kuah kari berwarna kuning dan rasa yang agak asam. Gulai kapau disantap bersama dengan satu lauk, baik olahan ikan, ayam, daging atau sajian khas Kapau yaitu rendang ayam.

Bisa dibayangkan perbedaan nasi kapau dengan nasi padang? Jika belum, Anda bisa langsung mencobanya! Tidak perlu terbang ke Padang atau Kabupaten Agam, Sumatera Barat, banyak tempat yang menjual Nasi Kapau di Jakarta dengan rasa yang autentik. Mau tau tempatnya, simak daftarnya dari Tripzilla Indonesia dibawah ini.

1. Nasi Kapau Sabana Hj. Zaidar yang terkenal

Nasi Kapau Hj Zaidar di Jakarta
Kredit gambar: Sabana Asli Hj Zaidar

Salah satu penjual nasi kapau ikonik di Jakarta adalah Warung Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar. Berada di kawasan Jakarta Pusat, ada puluhan lauk pauk yang bisa Anda pilih untuk mengisi perut.

Kredit gambar: Sabana Asli Hj Zaidar

Mau rekomendasi, kari tambusu usus sapi isi adonan telur dan tahu bisa jadi menu yang menarik. Itiak lado mudo yaitu bebek yang dimasak hingga empuk dengan sambal hijau juga menarik untuk dinikmati.

Lokasi: Jl. Kramat Raya No. No, RT.4 / RW.2, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 12.00 – 2.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 11.000

2. Nasi asli Kapau Bareh Solok

Nasi Kapau Bareh solok di Jakarta
Kredit gambar: @wanbinmid (kanan), @ bemp777 (kiri)

Salah satu penjual nasi Kapau di kawasan Senen adalah Nasi Kapau Bareh Solok. Seperti penjual lainnya, pedagang nasi Bareh Solok menawarkan puluhan lauk pauk yang bisa dipilih.

Yang istimewa adalah beras bekasnya yang konon didatangkan langsung dari Solok, Sumatera Barat. Menu gulanya juga beragam dan memiliki cita rasa khas yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner.

Lokasi: Jl. Kramat Raya No.11, RT.4 / RW.2, Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 00.00 WIB
Harga: Mulai dari 10.000 Rupiah

3. Toko berkelas Pak Ciman

Kedai Pak Ciman | Nasi Kapau di Jakarta
Kredit gambar: Toko Pak Ciman

Tidak semua penjual nasi kapau berjualan di emperan toko atau pinggir jalan. Kedai Pak Ciman salah satu contohnya yang mengusung konsep resto besar. Meski demikian, sentuhan otentik nasi kapau tetap dipertahankan, termasuk cara penyajian menunya.

Kredit gambar: Toko Pak Ciman

Untuk menu masakan yang bisa dipilih, mulai dari telur balado, ayam bakar, kari jengkol hingga kari kepala ikan, kari tukung dan kari tambusu. Jangan tanya soal rasa, dijamin tambah!

Lokasi: The Bale Daan Mogot, RT.8 / RW.12, Kalideres, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 15.000

4. Nasi Kapau Uni Upik Senen dengan pilihan menu yang beragam

Nasi Kapau Uni Upik | di Jakarta
Kredit gambar: Yeremia Dion Wilindra

Satu lagi pilihan tempat menikmati nasi kapau di kawasan Senen yaitu Nasi Kapau Uni Upik. Menu andalan yang ditawarkan di sini adalah gulai cabai hijau dan tentunya gulai tambusu.

Kredit gambar: Yeremia Dion Wilindra

Gulai tambusu yang disajikan di sini memiliki cita rasa yang khas. Usus sapi dengan telur dan tahu di dalamnya memiliki bumbu tambusu yang khas. Porsinya juga lebih banyak dari biasanya.

Lokasi: Jl. Kramat Baru No.11-13, RT.4 / RW.2, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 – 3.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 11.000

5. Toko kacamata ibu yang tersembunyi

Kredit gambar: azlin_rs

Di kawasan Senen, Jakarta, Warung Nasi Kapau Ibu Kaca Mata menjadi tempat yang wajib dikunjungi untuk menikmati makanan khas Minang.

Lokasi warung makan ini tersembunyi karena berada di gang kecil. Namun popularitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Menu paling khas yang wajib dicoba di sini adalah dendeng cabai hijau pedas. Ada menu lain yang juga bisa Anda coba, di antaranya kari kepala kakap hingga rendang daging sapi.

Lokasi: Jl. Kramat Soka No.28, RT.4 / RW.2, Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 10.000 Rupiah

Baca juga: Destinasi Kuliner Asyik Di Jakarta Dengan Banyak Pilihan

Ada banyak pilihan tempat menikmati Nasi Kapau di Jakarta, bukan? Jadi tunggu apa lagi?

Pos Lamak Bana! 5 Tempat Terbaik Menikmati Nasi Kapau di Jakarta muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin