Pekalongan adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang mempunyai banyak daya tarik. Salah satunya adalah kuliner khas di sana. Kuliner asal Pekalongan kebanyakan sudah bisa kamu temui di berbagai kota di Jawa dan menawarkan citarasa yang khas, mudah diterima lidah. Tua muda menyukai rasanya dan harganya pun ramah di kantong. Beberapa jenis kuliner khas yang terkenal dapat kamu lihat di rekomendasi TripZilla di sini. Kamu pun dapat melihat lokasi terbaik untuk menyantapnya jika kamu sedang berada di Pekalongan lho!

1. Nasi megono yang gurih dan bikin ketagihan

kuliner khas pekalongan
Image: Wikimedia 

Bagi kamu yang belum mengenal makanan ini, nasi megono adalah nasi dengan lauk serupa urap. Sehat karena menggunakan sayur mayur, tapi bagi kamu yang tidak suka sayur jangan buru-buru melewatkannya! Perpaduan cincangan nangka muda, kecombrang dan kelapa parut yang diberi bumbu akan membuat lidahmu bergoyang. Nasi putih yang disajikan hangat akan makin menambah kenikmatan saat menyantapnya. Jika kamu ingin membuat rasa kuliner khas Pekalongan ini semakin meriah, pilihlah lauk pendamping yang biasa tersaji seperti sate keong, tempe goreng atau pepes. Sederhana namun enak dan bergizi!

Alamat: Nasi Megono RM Tjukup, Jl. Manggis sebelah PLN Pekalongan No.10, Sampangan, Kec. Pekalongan Timur, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Senin, Rabu – Minggu pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

2. Hirup kuah soto tauto yang harum dan kaya dengan tauco

kuliner khas pekalongan
Image credit: Matiinu Iman Ramadhan

Penggemar tauco, harus mencoba soto tauto yang terkenal dari Pekalongan ini! Bahan dasarnya mirip dengan soto lain yaitu bihun, tauge, kol dan jeroan sapi atau daging ayam. Namun yang membedakannya adalah bumbu tauco dan rempah-rempah yang ditambahkan ke dalam soto ini. Dicampur dengan bawang goreng dan disiram kuah, maka jadilah semangkuk soto tauto yang menggiurkan. Perpaduan rasa rempah dan harum gurih tauco akan menari di mulutmu. Dipadukan dengan nasi putih hangat dijamin membuat kamu nggak berhenti mengunyah deh!

Alamat: Soto Klego H. Kunawi, Gg. 5, Klego, Kec. Pekalongan Timur, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

3. Sarapan pagi yang mengenyangkan dengan ongol-ongol

kuliner khas pekalongan
Image credit: Wikimedia

Ongol-ongol yang bertekstur lengket dan gurih sedikit manis ini terbuat dari tepung sagu atau tepung hunkwe dan ditaburi kelapa parut. Bentuknya bisa berbeda-beda, ada yang bulat atau persegi panjang. Apapun bentuknya, ongol-ongol ini adalah makanan yang pas jika kamu ingin mengemil atau mengisi perut di pagi hari. Rasa yang lembut manis dari gula jawa cocok untuk dipadukan dengan teh atau kopi. Cukup mengenyangkan dan asyik juga disantap kala nongkrong bersama teman atau keluargamu lho!

Alamat: Toko Manunggal Pusat Oleh-Oleh Khas Pekalongan, Dukuh, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 7.45 WIB – 14.00 WIB, 16.49 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 2,000 IDR

4. Menyantap kluban botok yang sehat dan unik

Image credit: Kluban Botok Pekalongan

Kluban botok ini dapat menjadi salah satu pilihan kuliner yang enak dan menyehatkan lho! Komposisinya terdiri dari kol, bayam, kangkung, rebusan kacang panjang dan kecambah yang segar. Diberi sambal terasi bercampur parutan kelapa, perpaduan renyah dan gurih bahan-bahannya pasti membuatmu tergiur. Siraman sambal kacang dengan bumbu kencur membuat hidangan ini makin semarak. Kamu bisa memilih untuk memakan kluban botok ini dengan atau tanpa nasi, dan bisa juga ditambah dengan lauk sederhana seperti tempe goreng.

Alamat: Jenggot Gang 4, Jl. Pelita 3 No. 8, Kec. Pekalongan Selatan, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 11.00 WIB
Harga: Mulai dari 4,000 IDR

5. Tidak perlu menunggu tahlilan untuk mencicipi kopi tahlil

Image credit: hjbyeo

Sesuai julukannya, kopi ini awalnya memang disajikan pada saat ada tahlilan. Namun sekarang, kopi ini justru menjadi kuliner khas di Pekalongan dan dapat kamu teguk kapan saja. Kopi tahlil ini akan menghangatkan badanmu karena mengandung rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, jahe, serai dan pala. Selain hangat, tentunya membuat rasa kopi menjadi lebih sedap dan sehat di badan. Kemudian selain rempah-rempah, tambahkan pula gula merah sebagai pemanis. Diminum pagi, sore atau malam hari sama nikmatnya nih!

Alamat: Kopi Tahlil PPIP, Jl. H. Agus Salim No.50, Sugihwaras, Kec. Pekalongan Timur, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 18.00 WIB – 03.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

6. Lupis yang kenyal, gurih dan manis untuk teman minum kopimu di sore hari

Image credit: Wikimedia

Lopis atau lupis yang berbahan dasar beras ketan ini merupakan kuliner yang sering disajikan saat Syawalan di Pekalongan. Awalnya, masyarakat Pekalongan punya tradisi membuat lupis raksasa pada saat Syawalan berdasarkan falsafah persatuan dan kesatuan. Ini karena beras ketan dalam kue lupis, apabila diolah dengan benar, akan merekat erat satu sama lain. Bahan lupis memang sederhana, namun proses memasaknya cukup lama. Daun pembungkus pun dipilih dari daun katuk agar menghasilkan warna hijau yang menarik. Selain penuh sejarah, lupis ini juga enak banget untuk disantap sebagai makanan selingan lho!

Alamat: Pasar Tradisional Kraton, Jl. Bahagia, Kraton Kidul, Kec. Pekalongan Barat,  Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Tegal Yang Keren Dan Instaworthy

Selain banyak pilihan, murah, enak dan juga gampang ditemukan, membuat kuliner khas Pekalongan ini sayang kalau dilewatkan. Yuk, kapan mau mulai mencicipinya?

The post Kuliner Khas Pekalongan Yang Wajib Dicoba Pecinta Makanan appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin