Pulau Belitung atau Belitong adalah sepotong surga wisata di Sumatera. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata Pantai Tanjung Kelayang. Tapi Belitung bukan hanya tentang cuaca panas dan batu-batu besar yang indah, tapi juga kuliner yang enak. Belitung terletak dekat dengan laut sehingga kebanyakan kuliner lokalnya adalah seafood. Dibawah ini, TripZilla sudah rangkum beberapa kuliner khas Belitung yang wajib kamu coba!

1. Cicipi sup gangan, sup ikan khas Belitung

Kredit gambar: ernibryan

Gangan ini sangat mudah ditemukan di Belitung dan memiliki rasa asam yang gurih. Terbuat dari ikan segar, Anda tidak perlu takut dengan bau amis ikan tenggiri yang biasa digunakan sebagai bahan makanan. Cabai yang digunakan dalam sop ikan ini adalah cabai rawit yang juga asli Belitung yang konon memiliki aroma yang segar. Selain ikan, gangan juga bisa dibuat dari daging sapi dan masakannya disebut gangan giling. Restoran yang terkenal dengan sajian gangannya di Belitung ini adalah RM Gangan Sari.

Alamat: Jl. Irian 2 No. 4, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 09.30 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 37.500 IDR

2. Makan kepiting isi dengan isian yang melimpah

Kredit gambar: Ketam ISI Adena

Anda mungkin sudah sering melakukannya, makan kepiting biasa, tetapi apakah Anda pernah mencicipi kepiting isi? Kepiting isi ini, sesuai namanya, dibuat dengan menggunakan kepiting atau rajungan. Saat membuat kepiting isi, daging kepiting atau kepiting dikeluarkan dari cangkangnya. Setelah dibumbui dan ditambah telur, daging olahan dimasukkan kembali ke dalam cangkang lalu digoreng. Penyedia kuliner terkenal di Belitung memang Kepiting isi Adena yang juga menyediakan produk kepiting isi beku untuk oleh-oleh. Dilihat dari penampilannya, bisa dibayangkan betapa enaknya!

Alamat: Jl. Pattimura, Tj. Pendam, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Senin-Sabtu 10.00 WIB – 19.00 WIB, Minggu 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 125.000

3. Otak belitung yang beda tapi tetap enak

Kuliner khas Belitung enak banget
Kredit gambar: wen_saja

Ikan tenggiri hadir dalam bentuk lain yang juga enak, yaitu otaknya. Banyak orang yang menyukai otak karena teksturnya yang kenyal berpadu dengan rasa ikan yang manis dan gurih berasap. Celupkan dengan sambal, mungkin porsinya sudah tidak cukup lagi. Di Belitung, ada warung Kata Sandi Otak Otak adalah tempat yang populer untuk menikmati camilan ini. Ada yang bakar, goreng, dan rebus dengan pilihan sambal tauco pilihan. Ukuran otaknya juga lumayan besar jadi cocok jadi teman nongkrong kamu selama di Belitung!

Alamat: Jl. Madura No.636, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari Rp 4.000

4. Digoda cakien, kacang goreng yang dibalut kulit tahu

Kredit gambar: katarinalaboure21

Cakien yang dibalut dengan kulit tahu yang mengilap akan menggugah selera makan. Isinya bakso ikan dan bisa Anda temukan di berbagai restoran di Belitung. Orang yang menjualnya adalah Bakmi Yamien Achoi. Cakien ini juga bisa dimakan dengan bakso ikan kuah hangat. Rasa cakien yang terbuat dari ikan segar dengan kulit yang garing akan membuat rasa kuah bakso atau mie kamu semakin nikmat, lho!

Alamat: Jl. Madura, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 07.30 WIB – 13.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 20.000

5. Makan Suto Belitung dengan pilihan lontong atau nasi

Kredit gambar: foodie belitung

Suto Belitung Mak Janah itulah nama toko yang akan anda dengar saat berburu suguhan kuliner di Belitung ini. Suto Belitung adalah sop khas Belitung yang tampilannya berbeda dengan sop daerah lain. Kuahnya lebih kental karena menggunakan santan dan diisi dengan irisan lontong, irisan daging, bihun, dan kentang rebus. Meski tampilannya sederhana namun rasanya tidak sesederhana itu. Kuah santan tidak boleh dianggap remeh karena dicampur dengan iga sapi rebus. Jika suka dengan rasa pedas, jangan lewatkan sambal di tempat ini!

Alamat: Jl. Merdeka, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 13.00 WIB dan 16.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 10.000 Rupiah

6. Kapanpun mie belitung bisa jadi menu yang tepat

Kuliner khas Belitung enak banget
Kredit gambar: eatineraryid

Buat kamu yang mengaku penggemar bakmi wajib mencoba bakmi khas Belitung yang satu ini. Salah satu lokasi yang bisa Anda kunjungi adalah Mie Belitung Atep. Yang membedakan mie ini dengan yang lainnya adalah komposisi bahannya yang terdiri dari kentang, ketimun, udang, keripik dan disiram dengan kuah yang terbuat dari udang. Rasa gurih manis akan terasa di mulut Anda saat menyantap kuliner khas Belitung ini. Tekstur bihunnya yang kenyal juga membuat hidangan ini semakin berkesan.

Alamat: Jl. Sriwijaya No.27, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 07.45 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 18.000

7. Jangan takut gemuk, makan Nasi Gemok

Kredit gambar: jspratama

Cobalah nongkrong ala Belitung Kedai Kopi Ake. Acara rekreasi kamu akan semakin seru karena ditambah dengan kuliner khas Belitung yaitu nasi Gemok. Nasi gemok ini dibungkus dengan daun simpor dan dihias dengan ikan bebulus yang merupakan ikan khas Belitung. Kuahnya yang segar juga dibuat dari ikan bebulus. Untuk melengkapinya, cicipi segelas kopi pilihan Anda di kedai yang sudah ada sejak 1922 ini. Pengalaman yang tiada duanya!

Alamat: Jl. Veteran No.47, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 6.000 Rupiah

8. Kunyah bekicot sederhana dan enak

Kuliner khas Belitung enak banget
Kredit gambar: iboh.reniluk

Siput salak merupakan hewan yang banyak dijumpai di perairan Belitung. Oleh karena itu, Anda wajib mencicipi hidangan ini jika berkunjung ke sana. RM Sian Lie Ketapang Tree merupakan restoran yang terkenal dengan sajian bekicot nya. Memiliki kandungan protein yang tinggi, Anda bisa memakannya dengan cara dicelupkan ke dalam saus asam manis. Selain itu, ada juga kuliner khas Belitung yang dimasak dengan bumbu pedas. Mana yang Anda pilih?

Alamat: Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 35.000 IDR

9. Sajikan songui segar dengan saus angciu

Kredit gambar: joanneyeohdiary

Songsui adalah hidangan non-halal yang terbuat dari daging babi dan jeroan babi. Di restoran Akwet SongsuiKuah songsuinya diberi ang ciu atau arak anggur merah biar warnanya tidak bening. Kerupuk kulit ditaburkan di atasnya, menambah sensasi nikmat dari semangkuk songui. Siapkan juga sambal cabai rawit untuk anda yang suka rasa pedas. Menyeruput saus songui pasti bikin kamu lupa diet!

Alamat: Jl. Suryo No.55, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 06.30 – 15.30 WIB, 17.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 25.000 IDR

10. Putih memiliki ego yang enak dan mengenyangkan

Kuliner khas Belitung enak banget
Kredit gambar: kulinerbelitong

Sebagian dari ego ini tampak mengundang dengan penampilannya yang putih bersih. Terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Setelah dikukus, berego kemudian dipotong dan disajikan dengan kuah kari ikan. Restoran Belitong Timpo Duluk adalah tempat yang populer untuk menyantap masakan khas Belitung ini. Berego juga cocok disandingkan dengan gangan. Rasa manis gurih yang muncul akan membuatmu mengunyah terus, lho!

Alamat: Jl. Lettu Mad Daud No.22, Parit, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 20.000

Baca juga: 10 Hotel Murah Di Bangka Belitung Di Bawah Rp 400.000 Untuk Liburan Hemat Anda

Keistimewaan Belitung menjadi bukti bahwa aneka seafood bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat. Jangan ragu untuk mencobanya ya!

Postingan kuliner Belitung yang unik, enak dan wajib dicoba muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin