Apakah pesawat Anda pernah ditunda? Rasanya sangat tidak menyenangkan, bukan? Apalagi jika penundaan bisa sampai berjam-jam, yang membuat agenda Anda berantakan. Tapi, tahukah Anda, karena keterlambatan pesawat ini, Anda berhak mendapatkan kompensasi, Anda tahu?

Ya, calon penumpang maskapai mendapat perlindungan dari pemerintah terkait penundaan jadwal penerbangan. Badan Usaha Transportasi Udara wajib memberikan kompensasi kepada calon penumpang jika terjadi keterlambatan pesawat. Bentuk kompensasi bervariasi, dari makanan ringan hingga pengembalian penuh biaya tiket.

Kredit gambar: Jan Vasek

Tapi perlu dipahami dulu apa yang dimaksud dengan keterlambatan pesawat. Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, yang dimaksud dengan keterlambatan transportasi udara a.k.a keterlambatan adalah "Ada perbedaan waktu antara waktu keberangkatan atau kedatangan yang dijadwalkan dan waktu keberangkatan atau kedatangan yang sebenarnya."

Jenis dan jenis keterlambatan tersebut kemudian diklarifikasi dalam Peraturan Menteri Perhubungan PM Nomor 89 tahun 2015 tentang Penundaan Manajemen dalam Badan Usaha Transportasi Udara Komersial Di Indonesia (Permenhub 80/2015). Menteri Perhubungan menjelaskan bahwa penundaan penerbangan di Badan Usaha Transportasi Udara Komersial Terjadwal dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Penundaan penerbangan (penerbangan tertunda)
  2. Tidak membawa penumpang karena kapasitas pesawat (ditolak penumpang naik)
  3. Pembatalan penerbangan (pembatalan penerbangan)
Kredit gambar: Jan Vasek

Kredit gambar: Jan Vasek

Sedangkan keterlambatan penerbangan dari sudut pandang keterlambatan waktu dikelompokkan ke dalam enam kategori, yaitu:

  1. Kategori 1, penundaan 30 menit hingga 60 menit
  2. Kategori 2, 61 menit hingga 120 menit penundaan
  3. Kategori 3, 121 menit tunda hingga 180 menit
  4. Kategori 4, penundaannya adalah 181 menit hingga 240 menit
  5. Kategori 5, penundaan lebih dari 240 menit dan
  6. Kategori 6, pembatalan penerbangan.

Untuk setiap kategori keterlambatan penerbangan alias keterlambatan pesawat di atas, calon penumpang menerima kompensasi terpisah dan penyedia layanan penerbangan, dalam hal ini maskapai yang bersangkutan memiliki kewajiban untuk memenuhi hak yang diterima oleh calon penumpang. Ada juga kompensasi keterlambatan pesawat udara dalam bentuk:

  1. Keterlambatan dalam kategori 1, kompensasi dalam bentuk minuman ringan
  2. Keterlambatan dalam kategori 2, kompensasi dalam bentuk minuman dan makanan ringan (kotak makanan ringan)
  3. Keterlambatan dalam kategori 3, kompensasi dalam bentuk minuman dan makanan berat (makanan berat)
  4. Keterlambatan dalam kategori 4, kompensasi dalam bentuk minuman, makanan ringan (snack box), dan makanan berat (makanan berat)
  5. Keterlambatan dalam kategori 5, kompensasi dalam bentuk kompensasi sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah)
  6. Untuk keterlambatan kategori 6, bisnis transportasi udara harus mengalihkan ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan seluruh biaya tiket (tiket pengembalian)
  7. Keterlambatan dalam kategori 2 hingga 5, penumpang dapat dialihkan ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan seluruh biaya tiket (tiket pengembalian)
Kredit gambar: skeeze

Namun, harus diperhatikan oleh calon penumpang, Badan Transportasi Udara, dalam hal ini maskapai yang penerbangannya mengalami keterlambatan penerbangan, dibebaskan dari tanggung jawab kompensasi jika penyebab keterlambatan tersebut berasal dari faktor cuaca dan faktor lain di luar faktor manajemen maskapai. Jadi, jika pesawat ditunda karena pilot tiba terlambat, penanganan lambat di bandara atau ketidaksiapan armada pesawat, Anda memiliki hak untuk meminta kompensasi atas keterlambatan tersebut. Namun, jika pesawat tertunda karena kendala cuaca seperti badai petir, kabut tebal atau alasan lain yang membahayakan penerbangan, maskapai dibebaskan dari tanggung jawab memberikan kompensasi atas keterlambatan yang terjadi.

Lalu, bagaimana jika maskapai tidak memenuhi hak calon penumpang untuk mendapat kompensasi terkait keterlambatan pesawat? Tenang saja, Anda dapat melaporkan maskapai ke Departemen Transportasi secara langsung melalui email di [email protected] dengan melampirkan bukti data pribadi, nama maskapai, tanggal dan rute keberangkatan dan lokasi kejadian.

Baca juga: Inilah Daftar Perusahaan Penerbangan Paling Tepat Waktu dan Paling Sering Di Dunia

Sudah tahu hak kompensasi Anda saat pesawat tertunda, kan? Sekarang Anda dapat memperjuangkan hak-hak Anda jika Anda dirugikan oleh maskapai!

Pasca Tunda Kompensasi, Ini adalah Hak Penumpang Calon yang muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin