2020 tepat di depan kita, semua orang juga siap untuk keributan menyambut tahun baru dengan tantangan yang juga sama sekali baru. Apakah Anda yang tidak sabar menghadapi semua hal di tahun 2020?

Jika demikian, salah satu tantangan yang akan Anda hadapi adalah sejumlah tarif yang akan naik pada tahun 2020. Pemerintah telah memastikan bahwa sejumlah tarif akan meningkat, seperti harga rokok, tarif listrik dan biaya Kesehatan BPJS tahun depan. Itu berarti Anda harus mengelola aliran pendapatan dan pengeluaran keuangan Anda dengan lebih bijak.

Khusus bagi mereka yang bepergian, tantangan kenaikan tarif pada tahun 2020 juga harus dihadapi. Ada banyak tarif yang telah disesuaikan, yang tentu saja dapat berdampak pada anggaran liburan Anda. Ingin tahu berapa tarif yang akan naik, terutama untuk pelancong, pada tahun 2020? Lihat daftarnya di sini.

Tingkat pembuatan visa Schengen

Mulai Februari 2020, biaya pembuatan visa Schengen telah meningkat sebesar 33,3 persen, dari 60 Euro sebelumnya menjadi 80 Euro, sekitar 1,2 juta rupiah. Aturan ini rencananya akan diterapkan mulai Senin, 2 Februari 2020.

Tarif untuk membuat visa Schengen yang naik pada tahun 2020 tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak yang pergi ke Eropa, dari semula 35 Euro hingga 40 Euro, sekitar Rp 623.000.

Peningkatan tarif untuk membuat visa Schengen adalah karena pembaruan penerapan kode visa Shcengen oleh Dewan Uni Eropa pada Juni 2019.

Biaya Masuk untuk Pulau Komodo

Wacana menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai destinasi wisata premium membuat tarif tiket masuk ke Pulau Komodo juga akan mengalami peningkatan. Meskipun belum diumumkan secara resmi, diperkirakan pada tahun 2020 harga tiket akan naik secara signifikan.

Saat ini, harga total tiket masuk untuk Taman Nasional Komodo dan biaya pengguna lokal per hari per orang adalah 460.000 pada hari kerja dan IDR 535.000 untuk liburan untuk turis asing, dan Rp 265.000 untuk hari kerja dan IDR 267.500 untuk liburan untuk wisatawan lokal.

Rencananya adalah tiket masuk ke Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo menjadi tujuan wisata premium, hingga 14 juta rupiah. Wow!

Tarif Tol

Kredit gambar: Ganjar Pranowo

Bagi mereka yang suka melakukan perjalanan menggunakan mobil dari satu kota ke kota lain, mereka mungkin mempertimbangkan untuk tidak menggunakan fasilitas jalan tol yang sudah tersedia dengan baik di Jawa dan sekitarnya. Alasannya, ada penyesuaian tarif jalan tol pada 2020.

Meskipun belum diumumkan secara resmi, beberapa ruas tol diharapkan akan menaikkan tarifnya, termasuk Jagorawi, Mojokerto-Kertosono, Jakarta-Tangerang dan segmen Merak-Simpak dari Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa, Makassar bagian IV, Cipali, Jalan Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT), Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, ke Surabaya-Gempol.

Tarif tiket DAMRI dari / ke Bandara Soekarno-Hatta

Kredit gambar: @jackdipp

Kenaikan tarif telah berlaku sejak minggu lalu. Tarif naik di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Penyesuaian yang dilakukan pada DAMRI dapat memberikan layanan maksimal kepada pelanggan.

Dengan kenaikan tarif tiket ini, DAMRI juga meningkatkan layanan dan fasilitas dengan menyediakan layanan yang lebih baik, mulai dari penyediaan AC, jaringan internet nirkabel, tempat pengisian daya, hingga infrastruktur keamanan dan keamanan seperti alat pemadam api ringan (APAR), alat pemecah kaca , tempat sampah, toilet, bagasi, dan layanan hiburan seperti video musik.

Baca juga: Japan Airlines Menawarkan Tiket Penerbangan Gratis Untuk Warga Negara Indonesia

Dengan kenaikan sejumlah tarif di atas, selain tarif untuk BPJS, cukai rokok dan sebagainya, bukan tidak mungkin hal itu juga akan berdampak pada sektor lain, mulai dari harga makanan hingga biaya perjalanan menggunakan transportasi umum. Karena itu, Anda harus bisa berpikir lebih cerdas untuk mengelola keuangan dan terus menjalankan rencana liburan Anda. Terus berjuang, teman-teman!

Pos Pelancong Khusus, Ini adalah Daftar Harga yang Akan Naik 2020 muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *