Setelah menjalani masa renovasi dan revitalisasi sejak tahun lalu, kawasan Khao San Road akan segera kembali dibuka untuk wisatawan mulai Agustus 2020.

Kawasan populer bagi kalangan wisatawan backpacker di Bangkok, Thailand ini sejak tahun lalu memang menjalani proses peremajaan, di antaranya menghijaukan kawasan ini dengan penanaman pohon dan peningkatan kualitas jalan.

Diungkapkan Wakil Gubernur Bangkok Sakoltee Phattiyakul, renovasi kawasan Khao San Road sudah akan selesai dan kemungkinan besar akan dibuka pada Agustus mendatang. Namun, di periode awal pembukaan kawasan tersebut, wisatawan tidak akan menjumpai pedagang kaki lima karena masih menjalani proses pemilihan.

Dalam rencana awal peremajaan kawasan Khao San Road, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang memadai, termasuk di antaranya mengurangi jumlah lapak pedagang kaki lima, yang memadati kawasan ini. Hal lain yang diperbaiki pemerintah Bangkok adalah “mengangkat” permukaan Khao San Road menjadi sama dengan jalur trotoar yang ada di sana. Tidak hanya itu saja, batuan granit di sekitar jalan ini juga akan diganti dengan yang lebih baru.

Tidak hanya perbaikan jalan, pemerintah setempat juga berencana memasang tiang baja untuk membatasi jalur lalu lintas satu arah. Dengan demikian, jalan sepanjang 400 meter ini akan terbebas dari hilir mudik kendaraan bermotor, utamanya mobil.

Sedangkan untuk pedagang, sejumlah sistem baru diterapkan untuk menghindari monopoli bisnis dan menjalankan keteraturan. Salah satu ide yang diusung adalah penerapan zonasi terhadap 240 pedagang kaki lima yang membuka dagangannya di trotoar. Pemerintah juga akan melarang penjual makanan, minuman dan buah untuk masuk ke kawasan Khao San Road lagi. Pedagang yang menjual barang-barang bajakan juga tidak diizinkan lagi beroperasi di kawasan ini.

Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan aturan waktu operasional bagi pedagang kaki lima, mulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 waktu setempat. Pemerintah juga akan memberlakukan sistem kontrak dengan pedagang kaki lima dengan durasi dua tahun sekali. Biaya sewa kios juga akan langsung dibayar ke pemerintah setempat.

Baca juga: 19 Aktivitas Wisata di Bangkok yang GRATIS dan Seru

Nah, siapa di antara kamu yang tertarik melihat wajah baru Khao San Road, yang rencananya akan dibuka Agustus mendatang?

The post Khao San Road Kembali Dibuka Agustus 2020 appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin