Berniat melakukan perjalanan ke Gunung Bromo pada akhir Januari hingga Februari? Jika demikian, harap perhatikan bahwa pada tanggal 23 Januari hingga 25 Februari 2020, Gunung Bromo secara khusus ditutup untuk semua jenis kendaraan bermotor.

Dikutip dari Berita AntaraPada hari Selasa (7/1), Kantor Pusat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) akan melarang kendaraan bermotor memasuki area taman nasional dari pintu apa pun selama sebulan penuh. Larangan itu diberlakukan sesuai dengan kalender komunitas Tengger, yang termasuk dalam Wulan Kepitu, satu bulan yang oleh para tetua Tengger dianggap sebagai bulan suci.

John Kennedie, Kepala BB-TNBTS, mengungkapkan bahwa bulan ke Kepitu pada tahun 2020, bertepatan dengan 23 Januari hingga 25 Februari 2020 dalam kalender Kristen dan pada bulan itu, orang Tengger dulu melakukan Mutih Fasting Practice, yang bertujuan untuk menahan perilaku atau sifat duniawi dan lebih dekat dengan diri mereka sendiri kepada Yang Mahakuasa. Untuk menghormati kebiasaan ini, penutupan Gunung Bromo dari semua kegiatan wisata menggunakan kendaraan bermotor dilakukan.

Karena penutupan, wilayah Laut Tengger dan Teletubbana Savana akan bebas dari kendaraan bermotor. Penutupan juga akan dilakukan dari semua pintu masuk, mulai dari Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, kemudian pintu masuk di Coban Trisula Jemplang, Kabupaten Malang dan pintu masuk Dingklik Penanjakan, Kabupaten Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Meski tertutup untuk kendaraan bermotor, kawasan wisata Gunung Bromo tetap terbuka untuk umum. Kegiatan di daerah Bromo akan diganti dengan menggunakan kuda, berjalan kaki dan sepeda. Pengecualian hanya dilakukan jika ada kegiatan pemerintah dan situasi darurat.

Pengunjung juga diminta untuk datang dengan menunjukkan rasa hormat dan menunjukkan kesederhanaan, dengan harapan harmoni alami di wilayah Bromo. Wisatawan juga diharapkan dapat menjaga toleransi saat berada di wilayah Tengger dan menghargai setiap prosesi upacara yang dilakukan oleh masyarakat setempat, serta tidak menimbulkan kebisingan dan mengganggu ketertiban umum.

Baca juga: Tiket Online Bromo Mulai Berlaku pada 1 Desember 2019

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Gunung Bromo, lebih baik menjadwal ulang jika akan berangkat pada tanggal yang disebutkan di atas. Atau, Anda dapat menjadwalkan perjalanan ke tujuan lain. Setuju?

Pos kendaraan bermotor dilarang memasuki Gunung Bromo selama satu bulan pertama muncul di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *