Sebagai warga Jakarta yang kekinian, kamu pasti sering nongkrong di kedai kopi alias coffee shop kan? Saat ini banyak banget kedai kopi yang muncul dengan nuansanya masing-masing, tapi sudahkah kamu mencicipi racikan kopi di kedai yang legendaris di Jakarta? Tentunya bukan tanpa alasan kedai-kedai kopi jadul ini bisa bertahan hingga sekarang. Di balik rasa yang konsisten, pemiliknya juga berinovasi dengan menu-menu baru sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman.

TripZilla telah merangkum daftar kedai-kedai kopi legendaris di Jakarta, yang dapat membuatmu kembali ke masa lalu dengan sajian kopinya. Saat ini juga tersedia produk untuk dibawa pulang dalam bentuk bubuk atau kopi literan di kedai-kedai ini. Jadi, kamu tidak perlu repot jika ingin merasakan kembali kopi yang nikmat di rumah. Coba masukkan referensi di bawah ini ke dalam jadwal berakhir pekanmu dan kamu mungkin akan ketagihan untuk kembali ke sana lagi!

1. Kopi Es Tak Kie

Image credit: Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie saat ini sudah membuka banyak cabang di pusat-pusat perbelanjaan dan mudah kamu temui juga di bazaar. Namun jika kamu ingin merasakan nuansa tradisional yang kental, datanglah ke kedai mereka di Glodok tepatnya di dalam Gang Gloria. Kedai yang masih cukup ramai hingga sekarang itu terkenal dengan dagangannya yaitu es kopi hitam dan es kopi susu. Rasanya sederhana namun khas dan kamu dapat melengkapinya dengan menu makanan seperti pi oh. Kesegaran kopi pilihan yang sudah dijual sejak tahun 1927 ini juga siap untuk memanjakan lidahmu dalam bentuk kopi literan lho!

kedai kopi legendaris jakarta
Image credit: Kopi Es Tak Kie

Alamat: Gang Gloria, Jl. Pintu Besar Selatan III No. 4 – 6 Glodok, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari 22,000 IDR

2. Aming Coffee

kedai kopi legendaris jakarta
Image credit: Aming Coffee

Kedai kopi yang kondang di Pontianak ini telah membuka berbagai cabang hingga ke Jakarta. Berdiri sejak tahun 2002, sang pendiri, Limin Wong menggunakan bubuk kopi robusta dalam racikannya. Uniknya, bubuk kopi tersebut telah dijual sejak tahun 1970 sehingga rasa kopi yang ada saat ini benar-benar “diciptakan” di zaman dahulu. Menu kopi yang terkenal di kedai ini adalah kopi hitam dan kopi susu. Sajian kopi akan makin nikmat kalau ditambah dengan cemilannya yang terkenal yaitu soft roll bun yang berisi selai srikaya. Bayangkan pahit dan manis lembut berpadu dalam mulutmu, pasti bikin air liur menetes!

kedai kopi legendaris jakarta
Image credit: Aming Coffee

Alamat: Taman Ratu Indah Blok AA-2 No.29A,  Kedoya Utara, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

3. Bakoel Koffie

Image credit: Bakoel Koffie

Bakoel Koffie yang memiliki kedai bernuansa tradisional ini mempunyai sejarah yang nggak kalah panjang dalam dunia kopi. Berawal pada tahun 1878, saat seorang pembuat kopi bernama Liauw Tek Soen menjadikan kedai makanannya menjadi kedai kopi yang bernama Kopi Warung Tinggi. Keturunan dari Tek Soen Hoo kemudian membuka Bakoel Koffie yang tetap menggunakan bubuk kopi otentik seperti yang dibuat untuk kedai Kopi Warung Tinggi hingga kini. Saat ini Bakoel Koffie memiliki beragam menu kopi seperti kopi tubruk atau americano untuk kopi hitam atau ice latte dan piccolo untuk kopi dengan susu. Selain itu masih banyak variasi lainnya dan kamu juga bisa memesan cake, sandwich atau makanan berat untuk menemani saat ngopimu di sini.

kedai kopi legendaris jakarta
Image credit: Bakoel Koffie

Alamat: Jl. Cikini Raya No. 25, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 00.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

4. Kong Djie Coffee

kedai kopi legendaris jakarta
Image credit: Kong Djie Coffee

Kedai kopi ini awalnya berdiri di Belitung pada tahun 1943. Didirikan oleh Ho Kong Djie, saat ini kamu juga dapat dengan mudah menemui cabang-cabang Kong Djie Coffee di seantero Jakarta. Kekhasan dari kopi di kedai ini adalah racikannya yang menggunakan campuran biji kopi robusta dan arabika kemudian diolah dengan teknik tradisional. Rasakan kentalnya racikan kopi Kong Djie lewat sajian kopi O alias kopi hitamnya atau pesan kopi susu jika kamu tidak ingin terlalu pahit. Untuk kudapan yang populer, kamu dapat memesan goreng atau roti bakar yang tidak akan pernah salah untuk menjadi pelengkap hidangan kopimu. Sederhana tetapi akan membuat waktu bersantaimu jadi lebih berkesan.

kedai kopi legendaris jakarta
Image credit: Kong Djie Coffee

Alamat: Jl. Biak No.32A, Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

5. Phoenam Coffee Shop

Image credit: Phoenam Coffee Shop

Phoenam Coffee Shop yang awalnya dibuka di Makassar pada tahun 1946 ini mempunyai menu unggulan kopi susu dengan biji kopi dari Toraja. Kopi susunya yang berbuih sangat pas dipasangkan dengan pisang goreng yang merupakan salah satu di antara sekian banyak menu di kedai ini. Arti nama dari Phoenam sendiri berasal dari lokasi awal berdirinya kedai ini yaitu di Terminal Selatan atau Transit Selatan. Namun berkat kualitas biji kopinya, kedai Phoenam berhasil berkembang hingga ke luar Pulau Sulawesi. Hingga saat ini, banyak lho perantau dari Sulawesi yang berkumpul menghabiskan waktu di kedai ini. Bagaimana, kamu ingin mencoba juga?

Image credit: Phoenam Coffee Shop

Alamat: Jl. K. H. Wahid Hasyim No. 12, Menteng, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

6. Kok Tong Kopi

Image credit: Kok Tong Kopi Jakarta

Kedai kopi legendaris di Jakarta ini awalnya buka di kota Siantar, Medan dan mempunyai rasa kopi yang cukup keras. Kamu dapat mencoba menjajal menu Kopi Es Original yang berbusa untuk mengetahui keotentikan rasanya. Biji kopi yang digunakan di Kok Tong Kopi dipilih dan disangrai sendiri, kemudian diolah menggunakan filter dari kain. Selain kopi hitam, kamu juga dapat memilih kopi moka atau kopi susu telur untuk rasa yang lebih gurih. Kopi dinginnya pun beragam seperti es kopi alpukat atau es kopi root beer. Bagi kamu yang lapar, di kedai ini juga tersedia menu makanan ringan hingga makanan berat yang cocok untuk makan siang atau malam.

Image credit: Kok Tong Kopi Jakarta

Alamat: Pluit Village Lantai Ground, Jl. Pluit Indah Raya, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

7. Waroeng Kopi Tung Tau

Image credit: Waroeng Tung Tau

Jika kamu pendatang dari Bangka, bisa jadi kamu sudah mengenal kedai kopi ini. Waroeng Tung Tau kondang dengan menu kopi O atau kopi hitam, kopi susu dan roti panggangnya. Meskipun terlihat sederhana, namun racikan kopi yang dijual di sini sudah diakui kenikmatannya. Jika ingin variasi, kamu dapat mencoba juga menu kopi tarik yang meninggalkan rasa berbeda di kerongkongan. Roti panggang yang disajikan pun terlihat menggoda dengan sedikit bekas hangus panggangan, permukaan yang mengkilap, tekstur yang lembut dan isian yang penuh. Hidangan yang bikin perut nyaman banget nih!

Alamat: Blok J1, Jl. Taman Surya 3, RT.9/RW.15, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 13,000 IDR

Baca juga: Tempat Wisata Baru Di Jakarta, Dari Yang Nge-Hits Hingga Edukatif

Kopi lokal Indonesia memang berkualitas tinggi maka nggak heran kalau kedai-kedai kopi ini bisa bertahan lama. Kamu sudah pernah coba kopi di kedai kopi legendaris di Jakarta yang mana?

The post Kedai Kopi Legendaris Di Jakarta Yang Pas Untuk Mengusir Kantukmu appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin