Bali tidak hanya memiliki budaya dan adat istiadat yang keren, alam yang luar biasa dan pemandangan yang mempesona, tetapi juga memiliki fauna yang khas dan beragam. Jika anda sedang berlibur di Bali bersama keluarga, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat berbagai fauna tersebut di kebun binatang atau taman yang ada di Pulau Dewata.

Jika anda ingin destinasi yang direkomendasikan untuk melihat satwa khas Bali, maka taman dan kebun di bawah ini bisa menjadi tujuan liburan anda bersama keluarga. Lihat, ya!

1. Taman Kupu-Kupu Balitopia yang penuh warna

Taman Kupu-Kupu Balitopia | kebun binatang di bali
Kredit gambar: Balitopia

Tertarik melihat kupu-kupu warna-warni, Balitopia Butterfly Park bisa menjadi destinasi wisata kebun binatang yang bisa Anda datangi saat berlibur di Bali. Taman ini memiliki luas 10 are yang memadukan konsep alam dan hutan tropis dengan aneka ragam tanaman dan bunga berwarna-warni. Ada lebih dari 15 jenis kupu-kupu dari Jawa dan Bali yang diperbolehkan terbang bebas di kawasan ini.

Selain kupu-kupu, Anda juga bisa melihat berbagai serangga, reptil, burung, dan rusa. Anda juga bisa bersantai di Flamingo Bali Family Beach Club yang masih dalam satu area.

Lokasi: Saba, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WITA
Harga tiket: Mulai dari 150.000 IDR

2. Berpartisipasi dalam konservasi penyu di Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran Penyu Deluang Sari | kebun binatang di bali
Kredit gambar: @edwardliong (kiri), @ezgoingplaces (kanan)

Jika Anda ingin mengikuti program penyelamatan dan konservasi penyu, Penangkaran Penyu Deluang Sari adalah destinasi yang bisa dikunjungi. Di pusat penangkaran penyu ini, Anda tidak hanya dapat melihat tukik (bayi penyu) dan penyu besar yang dipelihara, tetapi juga dapat membantu program konservasi dan edukasi masyarakat.

Deluang Sari | kebun binatang di bali
Kredit gambar: Fitri Kartikaningtyas (kiri), Akhmad Fajar (kanan)

Fasilitas yang dimiliki oleh penangkaran juga lengkap. Selain penyu, Anda juga bisa melihat hewan lain seperti burung liar, kelelawar dan iguana, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Desa Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WITA
Harga tiket: 10.000 IDR per orang

3. Lihat mamalia darat terbesar di dunia di Mason Elephant Park

Mason Elephant Park | kebun binatang di bali
Kredit gambar: Mason Elephant Park

Kebun binatang dengan gajah sebagai anggota utamanya juga ada di Bali lho! Di Mason Elephant Park, Anda bisa melihat gerak-gerik anggun gajah, kepintarannya dan juga aktivitas kesehariannya.

Mason Elephant Park | kebun binatang di bali
Kredit gambar: Mason Elephant Park

Taman ini memiliki luas empat hektar dan bentang alam dibuat semirip mungkin dengan habitat gajah di Sumatera. Anda juga bisa mengobrol dengan gajah di sini, termasuk memberi makan bahkan merawat bayi gajah.

Mason Elephant Park juga memiliki penginapan untuk memudahkan para tamu yang ingin bermalam bersama gajah. Bayangkan, bangun tidur dan bisa melihat aktivitas keseharian gajah langsung di habitatnya. Seru, bukan?

Lokasi: Jalan Elephant Safari Park Banjar, Desa Taro Tegallalang, Taro, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Sabtu dan Minggu, 10.00 – 17.00 WITA
Harga tiket: Dewasa Rp90.000, anak-anak Rp70.000

4. Lihat & # 39; Afrika & # 39; di Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park | kebun binatang di bali
Kredit gambar: Taman Safari & Bahari Bali

Bali Safari & Marine Park, seperti namanya, merupakan sebuah theme park layaknya safari di Afrika. Keluarga Anda akan diajak berkeliling taman dengan mobil terbuka berlindung, melihat berbagai binatang dari berbagai tempat di seluruh dunia. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk bersafari di alam liar!

Keseruan Bali Night Safari | Kredit gambar: Taman Safari & Bahari Bali

Bagi si kecil, ini bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan karena bisa melihat langsung hewan-hewan eksotis khas Indonesia dan beberapa negara lainnya. Namun jika ingin memberikan kesan yang lebih kuat, coba lakukan Bali Night Safari yang dilakukan pada malam hari.

Kredit gambar: Mara River Safari Lodge

Kami juga merekomendasikan untuk bermalam di resor Bali Safari & Marine Park, Mara River Safari Lodge untuk liburan yang benar-benar tak terlupakan. Akomodasi istimewa ini akan mendekatkan keluarga Anda dengan teman-teman Anda dalam safari. Bayangkan saja membuka tirai jendela kamar tidur dan melihat zebra dan gajah di luar, anak-anak pasti sangat bersemangat! Memeriksa ulasan lengkapi Mara River Safari Lodge by TripZilla di sini.

Lokasi: Jl. Professor Ida Bagus Mantra km 19.8, Serongga, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA
Harga tiket: Paket Safari Explorer berharga Rp 150.000 per orang sedangkan paket Safari Legend seharga Rp 275.000 per orang untuk warga negara Indonesia.

5. Masuki dunia burung yang menarik di Taman Burung Bali

Taman Burung Bali | kebun binatang di bali
Kredit gambar: @juliya_Petrova

Indonesia kaya akan jenis burung dan untuk membuktikannya, tempat paling tepat ada di Bali Bird Park. Dari tempat parkir hingga pintu keluar, Anda akan mendengar nyanyian berbagai jenis burung, dan Anda bahkan dapat melihat beberapa di antaranya dengan bulunya yang indah dan bentuknya yang mengesankan.

Kredit gambar: @sevenwanderers (kanan) dan @mrslitvin

Yang lebih istimewa lagi, Anda bisa melihat berbagai jenis burung dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari seluruh dunia. Bayi Anda juga bisa bersenang-senang dengan memberi makan burung seperti kakatua hingga enggang atau rangkok langsung dari tangannya sendiri. Wah!

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.30 WITA
Harga tiket: Mulai dari Rp 346.500 per orang

6. Berenang bersama hiu di Bali Sharks Eco Tour, Denpasar

So, buat kamu yang ingin liburan dengan sedikit 'menyeramkan' rasakan, silakan pilih wisata renang dengan hiu bergigi tajam. Jangan khawatir, eco-tour ini cukup ramah untuk keluarga, termasuk si kecil mendapatkan pengalaman baru.

Kredit gambar: @shadowplaybyam (kiri) dan @seeachange

Tidak hanya berenang bersama hiu, Anda dan si kecil juga bisa membantu meremajakan alam dengan mengikuti program konservasi yang ditawarkan, mulai dari konservasi penyu hingga pusat edukasi ramah lingkungan yang dijamin bikin betah.

Lokasi: Agus Bar & Restaurant, Jl. Tukad Punggawa- Serangan, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 7.00 hingga 15.00 WITA
Harga: Mulai dari 100 USD (~ 1,375 juta IDR) untuk dewasa dan 90 USD (~ 1,237 juta IDR) untuk anak-anak, sementara anak-anak di bawah 5 tahun tidak dipungut biaya.

7. Dunia hewan menggemaskan di Bali Zoo Park Gianyar

Taman Kebun Binatang Bali | kebun binatang di bali
Kredit gambar: @waelhajabdallah

Anda bisa melihat langsung reaksi si kecil saat melihat langsung hewan dan hewan eksotis yang biasanya hanya terlihat di buku atau televisi, tepat di depan mata Anda. Anda bisa melihat momen tak terlupakan itu dengan mengajak mereka ke Bali Zoo Park, tempat berkumpulnya berbagai hewan dari seluruh dunia.

Kredit gambar: @eliseormston

Untuk hewan liar, terdapat kandang transparan yang memisahkan si kecil. Jadi mereka bisa mengagumi kehebatannya dengan aman. Sedangkan untuk hewan yang tergolong jinak, kamu dan buah hati bisa mendekat dan memberi makan mereka secara langsung, lho!

Lokasi: Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA
Harga tiket: Mulai dari Rp 100.000 untuk dewasa dan Rp 80.000 untuk anak-anak per pax

8. Naik kuda dan bersantai di Aravina

Berlokasi di Bali Equestrian Centre, Canggu, kafe ini juga cocok untuk segala usia. Interiornya bernuansa modern dan fasilitas cukup lengkap dengan kolam renang dan area bermain anak.

Kredit gambar: @lauren_blasco

Ada juga kelas berkuda untuk dewasa dan anak-anak yang bisa kamu ikuti dengan durasi mulai dari 30 menit, lho! Pasti si kecil akan memiliki pengalaman tersendiri di sini.

Kredit gambar: @baliequastriancentre

Bagaimana dengan menu makanannya? Kafe ramah anak di Bali ini menawarkan kuliner lezat dengan cita rasa lokal dan internasional, Aravina cukup berani memanjakan pengunjungnya dari segi rasa. Dari smoothie hingga menu utama Siapa yang luar biasa, Anda pasti menyukai persiapan setiap hidangan.

Lokasi: Perumahan Canggu Asri, Jl. Karang Suwung, Brawa, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Kontak: 0361 8446533
Jam buka: Setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WITA
Harga: Rata-rata Rp 150.000 untuk dua orang

9. Monkey Forest Ubud, tempat yang fenomenal

Kredit gambar: @aldofaruq

Tempat ini lebih dikenal dengan Ubud Monkey Forest, padahal cagar alam dan kompleks pura ini memiliki nama resmi Mandala Suci Wenara Wana.

Seperti diketahui, tempat ini memiliki lebih dari 750 ekor monyet ekor panjang yang berkeliaran bebas di kawasan ini, menjadikan Ubud Monkey Forest lokasi yang tepat untuk melihat aktivitas monyet.

Selain itu tempat ini juga menawarkan keindahan dan kesejukan tersendiri, serta sejumlah spot yang cukup instagrammable.

Lokasi: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 16.00 WITA
Harga tiket: Rp 80.000 untuk dewasa, Rp 60.000 untuk anak-anak

Baca juga: Jadwal Perjalanan Keluarga di Bali 3H2M untuk liburan yang menyenangkan

Ada banyak sekali kebun binatang yang bisa Anda kunjungi di Bali bukan? Tinggal pilih hewan apa yang ingin kamu lihat, kamu tinggal pergi ke tempat tujuan wisata yang diinginkan, betul kan?

Pos Kebun Binatang di Bali untuk dikunjungi bersama keluarga muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin