Kabar baik untuk Anda yang ingin memperpanjang atau membuat paspor baru. Setelah menutup layanan selama beberapa bulan karena pandemi Covid-19, Kantor Imigrasi kembali menyediakan layanan membuat atau memperbarui paspor dan layanan lainnya mulai Senin (15/6). Namun, pendaftaran paspor online dapat dilakukan mulai hari ini, Jumat (12/6).

Harap dicatat, Kantor Imigrasi akan membatasi layanan dengan mengurangi kuota hingga 50 persen di setiap kantor. Arvin Gumilang mengungkapkan, Humas keimigrasian ke Jakarta DetikTravel, Imigrasi akan melakukan layanan dengan mempromosikan protokol kesehatan.

"Salah satunya, kuota dibatasi hingga 50 persen dari sebelumnya di setiap kantor yang selalu dibanjiri pelamar sebelumnya. Kami membuka layanan dengan mempromosikan protokol kesehatan," katanya.

Selain pembatasan kuota, Imigrasi juga mewajibkan setiap pengunjung atau karyawan memeriksa suhu tubuh mereka, asalkan pengunjung atau karyawan yang memiliki suhu di atas 37,5 derajat Celcius tidak diizinkan memasuki gedung.

Selain itu, pengunjung juga diharapkan dapat mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di setiap fasilitas publik, seperti memakai topeng, melakukan jarak fisik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi setiap saat. Petugas juga akan dilengkapi dengan alat pelindung diri dengan sarung tangan dan masker, penggunaan tirai pembatas, pengadaan fasilitas mencuci tangan dan membuat tempat duduk di ruang tunggu. Informasi terperinci tentang layanan Kantor Imigrasi di era "Normal Baru" dapat dilihat sini.

Untuk meminimalkan kontak manusia, Imigrasi memiliki sejumlah layanan yang dapat dimaksimalkan. Untuk mendapatkan nomor antrian, pengunjung dapat mendaftar untuk paspor online melalui aplikasi yang disediakan oleh Direktur Jenderal Imigrasi. Meski begitu dengan pembayaran paspor dan biaya imigrasi, yang dapat dilakukan melalui jaringan online. Jika sebelumnya pembayaran paspor dan biaya imigrasi dilakukan melalui bank dan kantor pos, pemohon layanan imigrasi sekarang dapat melakukan pembayaran melalui perusahaan e-commerce Tokopedia, Finnet dan Bukalapak.

Baca juga: Panduan untuk E-Passport dengan Mudah

Nah, Anda sudah tahu apa yang perlu dipersiapkan untuk bisa mengurus paspor Anda, bukan? Jangan lupa untuk tetap berpegang pada protokol kesehatan, teman-teman!

Pos Kantor Imigrasi Membuka Layanan, Pendaftaran Paspor Online Mulai Hari Ini muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin