Kabar gembira bagi mereka yang ingin berlibur ke Jepang setelah pemerintah setempat mengumumkan rencana untuk membuka kembali pintu perbatasan dan menerima wisatawan asing mulai musim semi 2021, atau sekitar pertengahan Maret hingga pertengahan Juni.

Dibukanya kembali gerbang perbatasan dan memperbolehkan turis asing masuk ke Jepang merupakan langkah uji coba yang dilakukan pemerintah Jepang menjelang perhelatan akbar Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo pada 2021.

Pejabat senior pemerintah menjelaskan, seperti yang dilaporkan Asahi Shimbun, rencana untuk membuka kembali pintu perbatasan dan menerima warga negara asing ke negara itu sebagai langkah persiapan melawan kemungkinan penyebaran virus Covid-19.

“Kami khawatir tidak bisa menggelar Olimpiade dan Paralimpiade jika virus corona menyebar di Jepang menyusul kedatangan wisatawan mancanegara,” jelasnya.

Rencananya, pemerintah menerima tur tur dari negara-negara yang bisa mengendalikan penyebaran virus corona. Namun, kami masih harus menunggu keputusan akhir terkait negara atau kawasan yang warganya boleh masuk setelah memantau secara cermat perkembangan pandemi Covid-19 di Jepang dan luar negeri.

Selain itu, ada sejumlah syarat khusus yang harus dipenuhi wisatawan asing untuk bisa berlibur ke Jepang, terutama harus menggunakan jasa tur dengan jumlah peserta terbatas. Penyelenggara tur hanya dapat dibuat untuk agen perjalanan yang telah disetujui oleh pemerintah Jepang.

Operator tur juga diharuskan menyediakan kendaraan sewa, seperti bus, dan harus menempuh rute yang berbeda dari rombongan lain. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi konsentrasi massa di tempat-tempat wisata. Selain itu, kebijakan ini dapat memudahkan penelusuran jika memang ada penularan Covid-19 di antara peserta tur.

Pemerintah Jepang telah mengizinkan warga negara asing untuk masuk ke negaranya dalam beberapa bulan terakhir, dengan syarat harus mengisolasi diri selama 14 hari setelah masuk ke Jepang, sebagai langkah pencegahan. Namun kebijakan ini hanya untuk warga negara asing yang memiliki kepentingan bisnis, pendidikan dan pekerjaan, bukan untuk pariwisata.

Baca juga: Persyaratan Masuk ke Jepang Akan Lebih Mudah Mulai Oktober 2020

Nah buat yang mau liburan ke Jepang mulai musim semi tahun depan, tak ada salahnya mulai mencari informasi tentang tour operator yang boleh ke Jepang.


Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Postingan Jepang Berencana Menerima Turis Asing Mulai Maret 2021 muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin