Coba ingat-ingat ketika terakhir kali Anda berlibur ke pulau Bali, makanan ringan apa yang sudah Anda beli? Tidak hanya pai susu dan kacang disko, Bali memiliki berbagai spesialisasi lezat lainnya dan harga terjangkau. Tidak perlu repot mencarinya, Anda bisa menemukan makanan ringan khusus ini di pasar tradisional di Bali. Ada kesamaan antara camilan Bali dan camilan dari daerah lain, tetapi ada bahan tertentu yang membuat camilan ini unik. Mulai dari kue, minuman, dan lapisan perut yang bisa Anda temukan cukup mengenyangkan. Periksa daftar di bawah ini dan jangan takut untuk mencoba menambah pengalaman kuliner Anda!

1. Panekuk Bali yang manis dan legit – Laklak

Kredit gambar: @infojobbali

Laklak terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau dari daun suji. Biasa dimakan sebagai menu sarapan, laklak diberi taburan kelapa parut dan gula merah coklat. Tidak seperti panekuk yang banyak dari kita tahu, Lakak hanya memiliki satu jenis rasa dan ukurannya lebih kecil. tambahan dan cara memasak dengan kayu bakar menciptakan sensasi lain ketika mencobanya. Jika Anda ingin mencoba laklak, Anda bisa datang ke Laklak Men Gabrug yang mendaftar dibuat atas pesanan, agar kesegaran terjamin. Bayangkan latihan yang masih hangat dan manis untuk mengisi perut Anda, lezat!

Dapat dibeli di: Laklak Men Gabrug, Jl. Nusa Indah No. 69, Denpasar, Bali
Jam buka: Senin – Sabtu, 09.00 – 18.00 WITA
Harga: 5.000 IDR per porsi

2. Rengginang yang telah dimodifikasi dengan berbagai rasa – Begina

Kredit gambar: @jajan_begina_bali

Jika Anda melihat ini seperti ini, pikiran Anda akan segera diingat dengan mudah. Di Bali, begina juga digunakan untuk upacara tradisional dan biasanya disertai dengan uli. Begina terbuat dari ketan putih kukus dan begina tradisional hanya memiliki dua rasa, yang hambar atau manis karena ditambah gula merah. Tetapi sekarang, Anda dapat menemukan begina dengan berbagai rasa seperti cokelat, tiramisu, anggur, rempah-rempah Bali dan berbagai rasa lainnya. Salah satu tempat penjualan begina yang masih mempertahankan cita rasa tradisional dapat ditemukan di daerah Tabanan. Begina dijual dalam versi mentah atau matang, ini sangat cocok untuk oleh-oleh!

Dapat dibeli di: Banjar Beng, Desa Tunjuk, Tabanan, Bali
Jam buka: Setiap hari, jam 9 pagi – jam 5 sore sore
Harga: 15.000 IDR per porsi

3. Manis tapi rendah kalori – Bedil Bubuk

Kredit gambar: @ wahyu_pradnyana07

Sepintas memang terlihat seperti bubur kandil, tetapi bubuk batun memiliki komposisi bahan yang berbeda! Snack tradisional Bali ini disebut batun rifle karena campuran ketan dibuat menyerupai peluru. Selain berbagai bentuk adonan, di atas rifle baton juga ditaburi kelapa parut. Dengan saus yang terbuat dari santan, gula merah, garam, tepung beras dan pandan, tongkat masak adalah hidangan yang cocok untuk Anda yang suka makanan manis. Meski rasanya manis, kalori rendah, membuat Anda tidak merasa bersalah meski banyak ngemil!

Dapat dibeli di: Pasar Senggol Kreneng, Jl. Kamboja, Denpasar, Bali
Jam buka: Setiap hari, jam 7 pagi – 10 malam WITA
Harga: 5.000 IDR per porsi

4. Makanan ringan tepung beras dengan berbagai isi – Sumping

Kredit gambar: @ haytien04

Camilan khas Bali yang semula disajikan di pesta-pesta, kini bisa Anda nikmati kapan saja dan di mana saja. Sumping terbuat dari tepung beras dan dapat diisi dengan berbagai bahan seperti kelapa muda, pisang, kacang-kacangan dan banyak lagi. Sumping juga bisa dibuat dari waluh sehingga warnanya tidak seputih sumping yang hanya terbuat dari tepung beras. Terbungkus daun pisang, rasanya gurih dan kenyal. Anda bisa membeli sumping ini di pasar tradisional di Bali, salah satunya adalah Pasar Senggol Kreneng dengan harga yang terjangkau.

Dapat dibeli di: Pasar Senggol Kreneng, Jl. Kamboja, Denpasar, Bali
Jam buka: Setiap hari, jam 7 pagi – 10 malam WITA
Harga: 2.000 IDR per potong

5. Pancake lembut di lidah – Bendu

camilan khas Bali
Kredit gambar: @iblisbaikhatis sekali

Tentunya banyak di antara Anda yang menganggap bendu sama dengan panekuk gulung pada umumnya. Namun ternyata ada perbedaan saat proses memasak. Jika panekuk dimasak dengan minyak, bendu tidak menggunakan minyak. Adonan beras ketan langsung dituangkan ke dalam panci Teflon yang sudah panas sampai matang. Bendu mengandung gula unti atau gula bali, dan setelah dimasak dibungkus daun pisang. Bendu adalah makanan ringan khas di daerah Bali Barat, tetapi banyak juga yang dijual di daerah lain. Cobalah datang ke Pasar Senggol Kedewatan dan Anda bisa mencicipi jaje bendu ada di sana!

Dapat dibeli di: Pasar Senggol Kedewatan, Jl. Raya Lungsiakan, Kedewatan, Kec. Ubud, Bali
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: 2.000 IDR per potong

6. Selingan bergizi lezat – Cantat Cantok

Kredit gambar: @madewedastra

Kantok tipis ini terlihat seperti gado-gado, tetapi rasanya memiliki perbedaan. Dalam bahasa Bali, tipat adalah intan, sedangkan cantok berarti ditumbuk, terlihat dari rempah-rempah dalam bentuk kacang tanah yang ditumbuk sampai halus. Perbedaan antara Cantok Tipat dan Gado-Gado adalah tidak ada tahu dan tempe, dan terasi ditambahkan sebagai bumbu. Kacang panjang, kangkung dan tauge membuat makanan ini lebih sehat dan lebih lengkap setelah ditambahkan ke berlian. Ujung tipis cantok ini didominasi oleh rasa pedas dan dapat ditemukan salah satunya di Pasar Senggol di Gianyar. Bagi Anda yang suka pedas, jangan lewatkan kuliner ini!

Dapat dibeli di: Pasar Senggol, Gianyar, Jl. Ngurah Rai, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, jam 15.00 – 23.00 WITA
Harga: Mulai dari 5.000 Rupiah per porsi

7. Pisang kukus yang gurih – Pisang Rai

camilan khas Bali
Kredit gambar: @deena_hp

Pisang adalah buah yang mudah diproses dan rasanya seperti banyak orang. Tidak heran hidangan rai pisang ini cukup terkenal di Bali. Sepintas seperti pisang hijau, rai pisang tidak disajikan dingin. Tanduk pisang yang sudah tua dibungkus adonan tepung kemudian direbus atau dikukus, kemudian setelah dimasak diberi parutan kelapa. Jika Anda ingin rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan saus gula merah. Pisang Rai umumnya dijual di pasar tradisional, salah satunya dapat Anda beli di Pasar Senggol di Kreneng.

Dapat dibeli di: Pasar Senggol Kreneng, Jl. Kamboja, Denpasar, Bali

Jam buka: Setiap hari, jam 7 pagi – 10 malam WITA

Harga: 5.000 IDR per porsi

8. Jika Anda mengaku sebagai penggemar salad, Anda harus mencoba yang ini – Rujak Bulung

camilan khas Bali
Kredit gambar: @bali_meshi

Pertama kali melihat salad ini, jangan bingung dengan warna hijau dominannya! Warna hijau ini karena bahan utama rujak bulung adalah rumput laut. Seluruh rumput laut direbus, disiram dengan saus rebus, cabai rawit, kelapa parut dan lengkuas, kemudian ditaburi dengan kacang kedelai yang baru disajikan. Rumput laut digunakan dalam berbagai jenis, ada yang seperti ranting, panjang dan halus atau putih. Sensasinya sangat berbeda karena yang akan muncul adalah tekstur kenyal dengan rasa asin, gurih, pedas. Salah satu penjual Rujak Bulung ini dapat ditemukan di Pantai Serangan. Jadi, jangan hanya bermain air di sana, cicipi salad Bulung yang unik ini!

Dapat dibeli di: Pantai Serangan, Desa Serangan, Kec. Denpasar Selatan, Bali
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: 5.000 IDR per porsi

9. Dingin, segar dan penuh nutrisi – Es Tambring

camilan khas Bali
Kredit gambar: @ miel.fotograaf

Makanan ringan Bali bukan hanya makanan, lho! Cobalah menyeruput tambring di bawah sinar matahari, selain itu juga baik untuk tubuh Anda. Minuman ini terbuat dari daging kelapa muda, air asam dan telur ayam putih, kemudian ditambahkan es batu. Untuk pemanis, bisa menggunakan gula pasir atau gula aren. Dengan komposisi ini, banyak khasiat dapat diperoleh seperti pencernaan yang lebih baik, menurunkan kolesterol dan meredakan gejala mulas. Es tambring banyak dijual di pinggir jalan atau pasar tradisional seperti Pasar Senggol di Gianyar.

Dapat dibeli di: Pasar Senggol, Gianyar, Jl. Ngurah Rai, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, jam 3:00 pagi. – 10:00 malam
Harga: 10.000 Rupiah per gelas

10. Obat herbal tradisional Bali yang legendaris – Es Loloh

camilan khas Bali
Kredit gambar: @renanazhao

Jika Anda ingin melakukan wisata kuliner sambil menjaga kesehatan Anda, itu tidak masalah jika Anda tidak mencoba es loloh. Loloh dalam bahasa Bali berarti herbal dan bahan utamanya adalah daun cemcem. Dicampur dengan air kelapa, asam, gula dan garam menghasilkan campuran asam, manis dan sedikit pahit di mulut Anda. Minumlah dalam keadaan dingin sehingga rasanya lebih enak! Es Loloh baik untuk menyusui dan juga dipercaya dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan pencernaan. Minuman ini adalah khas dari Desa Panglipuran di Bangli dan Anda juga dapat membelinya di Restoran Pak Bagong. Di restoran ini, es loloh berdampingan dengan menu nila dan nila yang terkenal juga lezat!

Dapat dibeli di: Restoran Pak Bagong, LC Subak Aya, Bebalang, Kec. Bangli, Bali
Jam buka: Setiap hari, jam 8 pagi – 6 sore sore WITA
Harga: 5.000 Rupiah per gelas

11. Minuman khas Buleleng – Es Kolak Ancruk

camilan khas Bali
Kredit gambar: Meyda Putri Juanita

Kompot es Ancruk biasanya dijual di pinggir jalan dan merupakan hidangan khas daerah Buleleng. Ancruk sendiri adalah bola tepung ketan rebus. Bahan-bahan lain yang digunakan adalah bubur sumsum, gelatin, mondar-mandir, saus santan dan sirup. Kompos es parut ini segar, manis dan sering dicari sebagai takjil untuk berbuka puasa. Coba beli es ini saat Anda mampir ke Buleleng, tepatnya dapat ditemukan di Warung Sarinah. Harganya terjangkau dan pas untuk konsumsi di bawah teriknya matahari Bali.

Dapat dibeli di: Warung Sarinah, Jl. Hasanudin No. 30B, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 19.00 WITA
Harga: 10.000 Rupiah per gelas

Baca juga: 12 Makanan Bali Lezat Khas dan Di Mana Anda Bisa Mencobanya

Selain berbagai jenis camilan di atas, masih ada variasi lain yang bisa Anda temukan di Bali. Jangan malas pergi ke pasar tradisional atau warung makan lokal, karena bisa saja di sana Anda temukan Permata tersembunyi dalam bentuk camilan unik. Mari ngemil!

Posting Makanan Ringan khas Bali yang menggoda dan harus Anda coba muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin