Liburan ke Cianjur? Mengapa tidak? Di samping Bandung, Cianjur adalahsalah satu kota di Jawa Barat yang menjadi kesayangan para wisatawan ketika musim liburan tiba. Bukan melulu karena udaranya yang bersih dan sejuk, Cianjur pun memiliki tujuan wisata unik yang mesti dikunjungi. Penasaran? Yuk, anda intip daftarnya.

  • Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Di area Cibodas, Cianjur, kita akan mengejar wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yang pun masih bertempat di lereng gunung tersebut. Keindahannya terletak pada keanekaragaman ekosistem yang terdapat pada lokasi wisata di Cianjur tersebut, mencakup tanaman jenis montana, sub-montana, sub-alpin, danau, rawa, dan sabana.

Di lokasi wisata di Cianjur ini ada pohon raksasa “Rasamala”, pohon jamuji, puspa, bunga edelweis, violet, cantigi, dan beda sebagainya. Tidak melulu itu saja, kita juga dapat mengajak si kecil guna lebih mengenal pelbagai satwa binal seperti kepik raksasa, kumbang, macan tutul, kijang, pelanduk, sigung, dan lebih dari 100 jenis mamalia lainnya.

Taman Nasional ini dijepit oleh dua gunung berapi yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Di sekelilingnya ada hutan hujan tropis sebagai lokasi konservasi tumbuhan dan fauna. Jika ditempuh dari ibu kota, perjalanan bakal memakan masa-masa selama tidak cukup lebih 2.5 jam.

  • Mendaki Gunung Gede-Pangrango
Mendaki Gunung Gede-Pangrango

Bagi pencinta olahraga luar ruangan, berangjangsana ke Cianjur bakal lebih berkesan dengan memanjat Gunung Gede-Pangrango. Dengan elevasi 3000 meter di atas permukaan laut, mencari jalur pemanjatan akan terasa lumayan menantang, lagipula sepanjang perjalanan Anda bakal dikelilingi oleh pohon-pohon rindang, serta udara dingin yang menyejukkan.

Jika mendaki melewati jalur Cibodas, kita akan mengejar air terjun Cibeureum, dan sumber mata air panas yang tidak jarang menjadi tempat beristirahat semua pendaki. Saat melalui persimpangan antara jalur Gunung Gede dan Gunung Pangrango, semua pendaki akan mengejar sebuah kandang badak – ada pun tanjakan dengan kemiringan yang lumayan curam. Saat melewati jalur ini, pengelola setempat sudah menyiapkan pancang tali guna pegangan.

Mendekati puncak, pemandangan yang terhampar di depan mata jauh lebih memesona. Jika cuaca sedang tidak bersahabat, terdapat baiknya guna tidak melanjutkan pendakian. Sebaliknya, Anda dapat berkemah di Alun-Alun Suryakancana yang mempunyai lapangan luas, dengan rerumputan dan bunga-bunga edelweis yang tumbuh subur.

  • Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

Masih bertempat di area wisata Gunung Gede-Pangrango, Kebun Raya Cibodas menawarkan keindahan alam lain guna dinikmati ketika liburan bareng keluarga. Tepatnya berada di elevasi sekitar 1.275 mdpl, suhu udara di lokasi wisata di Cianjur ini ingin sejuk, yaitu sekitar 17 hingga 27 derajat Celsius.

Pada awalnya, area dengan luas 80 hektare ini ditujukan sebagai pekebunan kina oleh seorang berpengalaman botani dari Belanda. Sayangnya, struktur tanah dan cuaca yang basah tidak sesuai untuk menumbuhkan pohon tersebut. Akhirnya, Kebun Raya Cibodas dirancang guna ditanami vegetasi khas dataran tinggi basah.

Beragam kegiatan menarik dapat dilakukan andai Anda berangjangsana ke Kebun Raya Cibodas. Ajak si kecil guna mengenal ragam ragam flora, dengan jumlah lebih dari 1.206 jenis tumbuhan yang tumbuh di sini. Di samping itu, lokasi wisata di Cianjur ini pun mempunyai rumah kaca yang menyimpan koleksi lebih dari 4.000 tanaman, mulai dari kaktus, anggrek, dan tumbuhan langka lainnya.

Untuk menjangkau area wisata, Anda mesti menempuh perjalanan selama 90 menit dari Jakarta melewati jalur Bogor-Puncak-Cianjur. Untuk yang menumpang kendaraan umum, wisatawan dapat menaiki angkot dengan trayek Cipanas-Rarahan-Cibodas.

  • Curug Cikondang
Curug Cikondang

Terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, curug atau air terjun Cikondang ialah tempat wisata di Cianjur yang mesti dikunjungi selanjutnya. Jika dilihat, air terjun ini mempunyai kontur batuan berundak-undak, sehingga membuat visual yang menakjubkan, bertolak belakang dari air terjun kebanyakan. Bahkan, ada pun yang menuliskan bahwa Curug Cikondang ialah minatur dari air terjun Niagara yang terdapat di Amerika Serikat.

Bagi petualang yang datang dari luar kota, tempat air terjun ini sangat sesuai untuk mendinginkan diri dari hiruk-pikuk dan kegiatan sehari-hari. Begitu hingga di lokasi, Anda bakal disambut oleh gemuruh air yang lumayan deras, dengan elevasi kira-kira 50 meter, serta lebar air terjun yang menjangkau 30 meter. Di musim hujan, debet air yang mengalir bakal lebih tidak sedikit dan udara di dekat pun menjadi lebih sejuk.

Untuk mengarah ke ke tempat air terjun, wisatawan dapat datang melewati jalur Jl. Raya Cianjur-Sukabumi, atau melewati rute Warung Kondang-Lampegan. Dari pusat kota Cianjur, air terjun ini berjarak selama 37 km jauhnya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *