Maskapai asal Malaysia, AirAsia Group Bhd, menetapkan biaya dan mengharuskan penumpangnya mengeluarkan uang setiap melakukan check in di counter bandara. Hal ini dilakukan untuk mendorong penumpang AirAsia melakukan check in melalui fasilitas yang ada di website, aplikasi atau kiosk bandara.

Dalam keterangannya, AirAsia menetapkan biaya sebesar 20 MYR (~72,000 IDR) untuk penerbangan domestik dan 30 MYR (~107,000 IDR) untuk penerbangan internasional dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Diungkapkan Javid Malik, AirAsia Group Chief Operation Officer, dalam situs resmi maskapai tersebut, kebijakan tersebut diterapkan agar penumpang bisa meminimalkan kontak dengan staf saat periode pandemi dan mendorong mereka memaksimalkan teknologi digital yang sudah tersedia.

“Dalam sudut pandang pandemi Covid-19, fasilitas check in mandiri menjadi sangatg penting untuk meminimalkan kontak fisik antara penumpang dan staf kami,” ujarnya.

AirAsia bukan satu-satunya maskapai yang menetapkan biaya check ini di counter bandara. Maskapai budget Eropa, Ryanair juga memasang biaya check in di counter bandara sebesar 55 euro (~962,000 IDR), meskipun penetapan sudah dilakukan jauh sebelum periode pandemi. Sementara Spirit Airlines memasang harga 10 USD (~148,000 IDR) untuk boarding pas yang dicetak di bandara.

Cara melakukan check in mandiri untuk AirAsia

AirAsia sudah memiliki fasilitas yang bisa dimaksimalkan penumpangnya untuk melakukan check in mandiri tanpa harus mengeluarkan biaya di counter bandara. Check in mandiri bisa dilakukan melalui web check in, dan mobile check in, yang dibuka hingga dua setengah jam sebelum keberangkatan.

Untuk check in secara online melalui website AirAsia, cara yang bisa dilakukan bisa dilihat di bawah ini:

  1. Buka website resmi AirAsia melalui smartphone dan PC atau laptop.
  2. Klik “check in sekarang”, dan masukkan data penerbangan, mulai dari kota keberangkatan (Departure), nomor reservasi (Booking Number) dan nama belakang calon penumpang (Family Name/Surname), di kolom yang tersedia. Klik “Check-in” setelah semua data diisi.
  3. Akan muncul halaman “Flights & Guest(s)” yang memuat detail informasi penerbangan, mencakup kota berangkat, kota tujuan, dan waktu keberangkatan. Centang nama calon penumpang yang tertulis di bagian bawah, lalu klik “Continue”.
  4. Kemudian muncul halaman “Add-ons”, untuk menentukan nomor tempat duduk secara acak, keterangan bagasi, serta tambahan kebutuhan lainnya. Jika ingin memilih kursi, klik “Change” pada kolom “Seat Number” dengan perubahan tempat duduk dikenakan biaya tambahan.
  5. Masukkan alamat email dan nomor telepon pada halaman “confirmation”, klik “Continue”
  6. Halaman selanjutnya akan ada “Important Notice”, berisi tentang peraturan penerbangan AirAsia. Klik “Continue”
  7. Boarding pass akan dikirimkan ke email dan harus kamu cetak sebelum melakukan penerbangan.

Sedangkan check in melalui aplikasi AirAsia Mobile bisa dilakukan dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Setelah mengunduh aplikasi resmi di android ataupun ios “AirAsia Mobile”, kamu bisa login dan melakukan pemesanan tiket penerbangan kamu.
  2. Klik menu “check in” dan isi semua data check in atas nama penumpang.
  3. Setelah semua data terisi, tuliskan alamat email di halaman berikutnya. AirAsia akan mengirimkan boarding pass ke email kamu.
  4. Cek kotak surat elektronik kamu, setelah menerima boarding pass, kamu bisa mencetaknya langsung dan menyimpan barcode yang ada.

Satu lagi cara check in AirAsia tanpa biaya di luar counter yang ada di bandara, yaitu melalui Kiosk yang ada di bandara. Caranya bisa dilihat di bawah ini:

  1. Pilih opsi check-in dan masukkan enam digit nomor booking atau pindai barcode yang tertera pada tiket elektronik.
  2. Tunggu hingga layar menampilkan nama calon penumpang dan pastikan informasi yang tertera di layar sudah benar. Setelah itu, centang nama yang dimunculkan untuk melanjutkan proses pencetakan boarding pass.
  3. Tekan tombol print untuk mencetak boarding pass. Proses self check-in pun selesai.

Baca juga: Aturan Bagasi AirAsia Berubah, Simak Ketentuan Barunya Di Sini

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukan check in dengan memaksimalkan teknologi yang tersedia, kan?

The post Hindari Biaya Tambahan, Ini Cara Check In AirAsia Di Website, Aplikasi Dan KiosK appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin