Salah satu makanan khas Cirebon adalah empal gentong. Kuliner daging sapi spesial ini adalah kuliner wajib dan kehidupan sehari-hari bagi warga Cirebon Jawa Barat. Tidak hanya gerai pinggir jalan atau warung makan, empal gentong Cirebon juga dijual oleh pedagang keliling, yang menjadikannya kuliner jati diri Cirebon selama puluhan tahun.

Dengan bahan utama daging sapi, idealnya makanan ini disajikan dengan kerupuk kulit sapi, ditaburi daun bawang, daun bawang, bawang goreng dan seledri kering. Pembeli wajib memilih untuk memakannya dengan lontong atau nasi putih agar bisa merasakan rasa empal yang sebenarnya. Jika Anda tertarik untuk menikmati Empong Gentong Cirebon yang legendaris dan memiliki cita rasa terbaik di kota ini, kesepuluh tempat ini adalah destinasi wajib. Coba lihat!

1. Empal dan Sate Kambing Putra Mang Darma

empal gentong cirebon
Kredit gambar: @chyntianatalie (kiri), @seeisall (kanan)

Empal Gentong Putra Mang Darma mulai beroperasi sejak 1980-an (sebelum Mang Darma meninggal). Outlet ini dikelola oleh putranya yang juga membuka outlet di beberapa daerah di Cirebon hingga Jakarta. Selain menikmati empal gentong, Anda bisa mencicipi sate kambing gurih dengan saus kecap spesial.

Alamat: Jln Inspeksi PJKA No. 32, cabang lain di Jalan Pekiringan No. 51.
Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp30.000

2. Nasi Empal dan Lengko Ibu Nur

Kredit gambar: @nakamyuk

Ibu Nur sebelumnya terkenal karena menjual beras jamblang, tetapi lambat laun ia merambah ke usaha kecil empal barel. Meskipun outlet ini belum dibuka untuk waktu yang lama, namun barel empal selalu habis, terutama saat liburan atau akhir pekan. Selain menikmati Empal Gentong, Anda bisa mencicipi nasi sarapan khas Cirebon yaitu nasi Lengko.

Alamat: Jl. Cangkring 2 No.45, Kejaksaan Agung, Kec. Kantor Kejaksaan Agung, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 9:00 – selesai
Harga: Mulai dari Rp35.000

3. Empal Gentong Mang Kama

Kredit gambar: @empal_gentong_mangkama

Penggemar Empal Gentong Gentong Cirebon, Mang Kama, biasanya orang yang tidak suka Empal Gentong, yang terlalu tebal dan tidak suka daging jeroan. Tong empal di sini biasanya dibuat dari pijakan kaki sapi lembut dan sedikit asin. Meskipun hanya terbuka sebagai kios pinggir jalan sederhana dengan tenda, karyawan yang bertugas memiliki kualitas bintang lima, dan sangat ramah. Selain empal barel, Anda juga bisa mencicipi empal asam jawa rendah kalori, sangat cocok untuk mereka yang mulas atau tidak ingin terserang kolesterol.

Alamat: Gg. Astanagarib, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45117
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp30.000 per sajian, sudah termasuk minuman

4. Warung Sarini

Empal Gentong Cirebon
Kredit gambar: @arieprijono (kiri), @empalgentongibusarini (kanan)

Empal Gentong paling enak di Cirebon kemudian dimiliki oleh Nyonya Sarini. Hidangan ini terkenal lezat karena sering dikunjungi oleh wisatawan yang berjalan ke pasar Kanoman. Terletak persis 50 meter dari pusat suvenir dari Sinta Manisan, tempat ini bersih dan memiliki varian makanan selain empal. Rasa empal gentong unik, dengan aroma ketumbar yang menyegarkan. Isian yang paling sering disukai adalah usus sapi, sedangkan bagi Anda yang menderita gastritis dan membatasi santan dapat memesan empal asem dan docang Cirebon.

Alamat: Jl. Kanoman No.12, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45117
Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp30.000 per sajian

5. Empal Gentong H Khas

Empal Gentong Cirebon
Kredit gambar: Empal Gentong H Khasan

Restoran ini telah berdiri lebih dari 10 tahun dan telah menjadi terkenal sejak menyajikan makanan di berbagai perayaan. Empal gentong H Kasan membuka gerainya di Kabupaten Cirebon dan tidak jauh dari pusat kerajinan batik Trusmi Cirebon. Ciri khas H Khasan empal gentong adalah kaldu kuning dan kombinasi kaldu sapi dan kunyit. Harganya jauh lebih murah daripada Kapal Empal yang dijual di kota Cirebon.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda sisi Barat POLSEK No.28, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Mulai dari Rp20.000 per porsi

6. Empal Gentong Ibu Hj Sri Asih

Kredit gambar: Empal gentong Hj Ibu Sri Asih

Keuntungan empal gentong Ibu Hj Sri adalah harganya di bawah rata-rata dan menyajikan daging sapi tender. Rasanya sedikit berbeda karena bumbu ketumbar dan jahe sangat terasa, sehingga bisa menjadi makanan yang tepat untuk mengatasi cuaca dingin angin pantai di Cirebon pada malam hari. Lokasinya yang strategis di tengah kota, dekat dengan kios-kios suvenir Pasar Pagi Cirebon. Jika Anda seorang turis yang tidak ingin tinggal jauh dari pasar pagi dan ingin mencoba Empal Gentong, mungkin kedai makanan yang didirikan Ibu Hj Sri adalah pilihan yang tepat.

Alamat: Jl. Sukalila Utara, Kejaksaan Agung, Kec. Kantor Kejaksaan Agung, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari IDR 28.000 per porsi

7. Empal Gentong Amarta

Sup daging | Kredit gambar: @thebigfoodtheory

Toko empal gentong Amarta adalah salah satu tempat makan legendaris. Keuntungan Empal Gentong Amarta adalah harganya lebih murah dibandingkan tempat-tempat lain di Cirebon. Sausnya kental dan kental, sehingga rasanya akan selalu terasa sampai setetes sup terakhir. Di sini juga menjual ayam bakar, sate asam, dan sate kambing, hidangan yang tepat untuk Anda yang tidak bisa makan santan.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45174
Harga: 24.000 IDR-60.000IDR

8. Empal Gentong Krucuk

Empal Gentong Cirebon
Kredit gambar: @ fitragil12 (kiri), @dad_dish (kanan)

Warung ini terkenal dengan lokasinya yang dulunya merupakan Kapal Empal paling enak di Cirebon. Sekarang tempatnya bersih dengan desain modern. Rasanya seperti tong empal pada umumnya dengan isian daging sapi, atau jeroan dan babat. Semuanya dibumbui oleh saus kuning yang khas dan sedikit berair. Meski tidak kental, Anda bisa menikmati crunch crunch empal tanpa rasa dan sangat enak bila dipadukan dengan sate kambing.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi no. 1, Cirebon 45124
Harga: Mulai dari Rp30.000

9. Empal Gentong Hj Apud

Kredit gambar: @dwiarifwicaksono

Tong Empal Cirebon terlezat berikutnya adalah Hj Apud. Outlet ini telah dikelola oleh tiga generasi dan semakin populer setelah salah satu acara televisi terkenal mengulas hidangan tersebut. Empal Gentong Hj Apud adalah pelopor asam jawa empal yang sekarang banyak dijual di outlet lain. Selain murah, Empal Gentong Hj Apud juga merupakan outlet lengkap yang menjual makanan khas Cirebon lainnya seperti sate kambing muda, nasi Lengko dan asam asem.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45153
Harga: Mulai dari Rp 24.000 per sajian

10. Kedai Bu Darma

Empal Gentong Cirebon
Kredit gambar: @lixsu (kiri), @sovifooddiary (kanan)

Rekomendasi terbaik Empal Gentong di Cirebon adalah Empal Gentong Bu Darma. Rasanya persis seperti apa yang dibuat oleh Mang Darma, karena para manajer dulu sering berpartisipasi dalam membantu Mang Darma mencampur bahan dan menjual. Ketika Anda datang ke sini, akan ada kerupuk rambak sebagai hidangan pembuka. Anda harus menunggu 5-10 menit agar barel empal dilayani di meja. Empal Vessel Bu Darma rasanya sangat enak, rasanya bumbu meresap ke dalam daging. Jangan lupa biskuit kulit berukuran besar menjadi teman Anda sambil menyantap Empal Vessel yang lezat ini.

Alamat: Jl. Diponegoro No. 21, Cirebon, Jawa Barat 45121.
Jam buka: Setiap hari, 8:00 – 19:00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 30.000 per sajian

Baca juga: 14 Makanan Istimewa Cirebon Dan Tempat Terbaik Untuk Mencobanya

Tertarik menikmati Empal Gentong Cirebon mana? Luangkan waktu untuk mencicipi makanan lokal, jadi kami tahu betapa kaya masakan khas Indonesia.

Posting Empal Gentong Cirebon paling enak yang harus Anda coba segera setelah muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *