Tahukah Anda bahwa antara gedung tinggi dan perumahan padat penduduk, ada daerah yang populer sebagai tujuan wisata kuliner di Jakarta? Jakarta tidak hanya tentang kemacetan lalu lintas tetapi juga rumah bagi berbagai pilihan kuliner yang lezat. Banyak daerah yang terkenal dengan spesialisasi kuliner mereka dan dapat menambah wawasan Anda karena mereka menampilkan gambar yang sangat beragam. Apalagi jika Anda mengaku penggila makanan alias pecinta makanan, harus mencicipi kuliner di sini!

TripZilla memiliki rekomendasi di beberapa daerah di seluruh Jakarta yang dapat menjadi referensi wisata kuliner Anda. Lokasi berkisar dari tenda ke kafe instagramable dan menyenangkan untuk dikunjungi dengan teman atau keluarga. Harga yang ditawarkan juga bervariasi dan Anda tetap dapat menyesuaikan dengan anggaran Anda! Yang pasti, menu lezat dan tidak membosankan. Jadi jangan khawatir, biarkan memeriksa dan memasukkannya ke dalam daftar rencana perjalanan kuliner Anda!

1. Di sini bukan hanya makanan Jepang Sushi – Daerah Melawai

Daerah Melawai di Jakarta Selatan terkenal dengan Little Tokyo. Anda dapat menemukan festival Jepang yang diadakan di sini setiap tahun, supermarket yang menjual kebutuhan sehari-hari dari Jepang dan tentu saja kuliner otentik yang lezat dari tanah sakura. Di Melawai, Anda bisa menemukan masakan Jepang yang sudah menjamur Ramen, Udon, okonomiyaki atau Sushi. Tapi jangan ragu untuk berpetualang, karena di daerah Melawai ada juga restoran yang menjual natto dan sashimi ikan fugu. Natto terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dan dimakan sebagai lauk dengan nasi. Sedangkan ikan fugu adalah ikan buntal yang selain mahal juga mengandung racun yang mematikan jika tidak diproses dengan hati-hati. Oleh karena itu, hidangan ikan fugu membutuhkan koki yang dapat diandalkan untuk mengolahnya dan Anda dapat mencicipi hidangan ini di wilayah Melawai. Sebagian besar restoran di Melawai dimiliki oleh orang Jepang asli dan bangunannya bergaya Jepang.

Jam buka: Setiap hari, jam 11.00 – 02.00 WIB
Harga: mulai dari Rp 30.000 per porsi

2. Kuliner Minang yang membuat Anda ingin terus menambahkan – Kawasan Senen

Kuliner Minang yang ditawarkan di daerah Kramat Raya di Senen, Jakarta Pusat adalah restoran kapau dan memiliki perbedaan dengan restoran Padang yang banyak Anda temukan. Keduanya berasal dari tanah Minang, tetapi memiliki cara melayani yang berbeda, meja makan, lauk dan jenis. Restoran Kapau atau nasi kapau memiliki lebih banyak variasi lauk yang tidak disediakan di restoran Padang. Cicipi kari gajebo dalam bentuk punuk sapi olahan dengan kari kaldu atau kari tambusu yang terbuat dari usus sapi yang diisi dengan telur dan tahu. Anda yang suka rendang juga harus mencoba berbagai jenis rendang yang dijual di sini, yaitu ayam rendang, rendang sapi, dan rendang bebek. Unik dan kedengarannya enak bukan? Jika Anda penuh dengan menu utama, ada juga makanan penutup yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa membeli bubur kampiun yang terdiri dari kompot pisang, bubur sumsum, candil, ketan hitam, dan srikaya. Rasanya manis dan legit, goyangkan lidah Anda. Deretan kios dan restoran kapau di Senen juga menyajikan makanan goreng dan kue kecil yang akan menggoda mata Anda untuk makan lagi dan lagi!

Jam buka: Setiap hari, jam 9.00 – 22.00 WIB
Harga: mulai dari Rp 15.000 per porsi

3. Isi perut Anda dengan masakan Cina yang menggoda – Distrik Glodok

Glodok adalah daerah yang dikenal sebagai Pecinan di Jakarta. Jadi jangan heran jika Anda bisa mencicipi berbagai masakan Cina di sini. Daerah-daerah terkenal adalah Petak Sembilan dan Gloria Gang yang menjual banyak permen, kue, kuo tieh, laksa, mie, dan nasi campur yang pastinya lezat. Ada juga rumah teh dengan nuansa tradisional Cina yang menunggu untuk Anda kunjungi. Tahukah Anda bahwa Gloria Alley adalah lokasi asal restoran Kopi Es Tak Kie yang didirikan pada tahun 1927? Kuliner unik yang wajib dicoba adalah salad shanghai yang terdiri dari campuran kangkung, cumi-cumi, ubur-ubur, mentimun, lobak lalu disiram dengan saus merah kental dan ditaburi bumbu kacang. Rasanya unik karena kombinasi tekstur manis, segar dan kenyal yang akan menyatu di mulut Anda. Itu benar-benar berbeda dari palad lainnya! Jangan terburu-buru untuk berhenti makan, karena jika Anda pergi ke daerah Sembilan Plot, ada kue bakcang dan cang yang sama lezatnya. Ada pangsit khusus yang berisi ayam atau babi, jamur, biji teratai, telur bebek merah dan sosis isi. Selain itu ada juga kue yang terbuat dari ketan tanpa isi dan dicelupkan ke dalam gula merah cair. Nyam nyam nyam!

Jam buka: Setiap hari, 5:00 – 19:30 WIB
Harga: mulai dari Rp 10.000 per porsi

4. Gudang restoran Korea dengan menu selera – daerah Senopati

Senopati juga dikenal sebagai Kota Korea di selatan Jakarta. Berbagai jenis masakan internasional dijual di Senopati, tetapi beragamnya hidangan Korea di sini akan membuat Anda bingung untuk memilih. Bagi Anda yang baru mulai berkenalan dengan makanan Korea, cobalah hidangan yang sangat disukai di Indonesia seperti tteokbokki, kimbap, kimchi atau Bibimbap. Penampilan cantik, rasa lezat dengan bumbu yang mudah diterima oleh lidah bisa membuat Anda ketagihan lho! Jika Anda ingin mencoba menu lain, Anda dapat mencoba jjangmyeon yang unik karena menggunakan pasta kedelai hitam, samgyetang rebusan ayam ginseng yang sehat dan direbus, atau japchae gurih dan kenyal. Jangan lupa untuk meninggalkan tempat di perut untuk hidangan penutup yang menggoda bingsoo alias es serut yang memiliki banyak rasa dari cokelat hingga buah. Minuman khusus Korea seperti soju atau makgeolli yang mengandung alkohol juga tersedia dan akan memaksimalkan pengalaman bersantap Anda. Setelah kuliner di sini, Anda bisa membayangkan rasa makanan yang sering muncul di drama K favorit Anda!

Jam buka: Setiap hari, 10:00 – 22:00 WIB
Harga: Mulai dari Rp40.000 per porsi

5. Pusat kuliner legendaris dengan beragam makanan lokal – Daerah Pecenongan

Tujuan ini telah lama populer dan masih populer di banyak orang. Daerah Pecenongan ini memiliki berbagai jenis masakan dan kebanyakan dari mereka adalah kuliner Indonesia yang lezat. Siapa yang tidak tahu martabak manis dan martabak telur yang terkenal di sini? Ada juga restoran bubur yang terkenal dengan bubur kepitingnya, jadi nyaman untuk dimakan di malam hari! Selain itu, bagi mereka yang menginginkan hidangan utama yang lebih berat, ada juga restoran yang menyajikan makanan laut Makassar seperti aji atau kudu-kudu. Selain itu Anda juga dapat menemukan masakan Cina halal di sini misalnya tahu mapo, la zi ji alias ayam goreng kering dengan bumbu mala dan cabai, ayam kungpao dan banyak lagi. Area ini cocok sebagai tujuan wisata kuliner jika keluarga atau teman Anda memiliki selera berbeda karena varian menu dapat membuat Anda kenyang dan puas semua!

Jam buka: Setiap hari, jam 11.00 – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 17.000 per porsi

6. Hidangan Arab dengan bumbu intens dan bagian isi – area Cikini

Daerah Cikini, terutama di bagian Jalan Raden Saleh, penuh dengan restoran yang menjual berbagai hidangan Timur Tengah dan dijuluki Little Arab. Banyak turis Timur Tengah juga datang ke daerah ini untuk mengisi perut mereka, membuktikan bahwa rasa masakannya cukup otentik. Kosongkan perut Anda dan persiapkan lidah Anda karena hidangan Timur Tengah ini kaya akan bumbu dan umumnya disajikan dalam porsi yang cukup besar. Cobalah untuk mencoba berbagai nasi khas dengan lauk daging kambing seperti nasi kebuli, nasi biryani atau nasi mandi. Jenis beras yang digunakan berbeda, sehingga menimbulkan sensasi rasa yang berbeda dari yang lain. Ada juga hummus yang bisa menjadi bumbu gurih dengan rasa gurih yang memikat lidah. Bola goreng terbuat dari buncis yang digoreng dari kacang arab bisa menjadi camilan yang menyenangkan dan mengisi. Jika Anda ingin makanan manis, cobalah umm ali yang bisa menghilangkan jejak bumbu dari mulut Anda. Jika Anda mencari pengalaman yang menakjubkan shisha, Kawasan Cikini juga merupakan tempat yang tepat karena fasilitasnya shisha mudah ditemukan di restoran Timur Tengah di sini.

Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 02.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp40.000 per porsi

7. Lokasi dekat laut menjamin kesegaran makanan laut – Wilayah Muara Karang

Pencinta makanan laut pasti tidak akan melewatkan kawasan ini untuk berwisata kuliner, yaitu Muara Karang. Memiliki pasar ikan yang terkenal dengan varian dan kesegarannya, tidak heran jika restoran atau warung makan memiliki menu makanan laut yang menjamur di sini. Pasar Ikan Muara Angke terletak dekat dengan Muara Karang dan Anda dapat pergi jika ingin membeli makanan laut mentah. Jika Anda tidak takut untuk menghabiskan, Anda bisa mencicipi udang, udang pancet dan lobster lezat. Anda dapat menikmati berbagai kepiting, kepiting kecil, ikan, kerang, hidangan cumi-cumi. Daerah ini sibuk dari pagi hingga malam, dan pada malam hari sangat menyenangkan untuk makan di warung makanan laut lho! Bayangkan makan kepiting lezat atau ikan bakar sambil merasakan semilir angin malam, Anda mungkin lupa saat ini!

Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 01.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 50.000 per porsi

8. Bagi yang ingin mencoba kuliner anti arus utama dari ular dan biawak – Wilayah Mangga Besar

Bosan dengan jenis-jenis kuliner yang dibahas sebelumnya? Mungkin Anda perlu mengunjungi Kawasan Mangga Hebat untuk mencicipi kuliner ekstrem di sini. Di Mangga Besar, terutama di malam hari, berbagai hidangan dibuat dari ular, biawak, kelelawar atau tokek. Ular yang digunakan adalah ular sanca dan ular kobra. Di toko tenda yang muncul di malam hari, Anda dapat melihat proses menguliti ular, mengeluarkan empedu untuk memprosesnya menjadi masakan. Jika Anda ingin mencoba, Anda bisa minum ramuan yang terbuat dari ramuan darah ular segar, anggur beras dan madu. Ular ini juga bisa dimasak menjadi sate, sup dan abon. Tidak hanya ular, Anda juga bisa mencicipi kadal, kelelawar, dan tokek olahan. Bahkan jika Anda menemukannya, beberapa akan menyajikan daging buaya di Mangga Besar. Apakah kamu penasaran?

Jam buka: Setiap hari, 10:00 – 23:00 WIB
Harga: Mulai dari Rp30.000 per sajian

Baca juga: Ayam Geprek di Jakarta yang pedas membuat Huh Hah

Ternyata ada banyak sudut menarik di Jakarta? Jadi, jangan langsung mengunjungi mall karena sayang Anda melewatkan petualangan kuliner di tempat-tempat ini!

Pos Destinasi Wisata Kuliner di Jakarta Bersenang-senang dengan Banyak Pilihan muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin