Pulau Misool adalah salah satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat di Papua. Selain Misool, tiga pulau besar lainnya, Waigeo, Salawati, dan Batanta tidak kalah menarik dan mempesona. Pulau Musool sendiri adalah pulau paling selatan yang berbatasan dengan Pulau Seram di Provinsi Maluku.

Pulau ini memiliki keunikan berupa barisan karang dengan pasir
pantainya berwarna putih dengan hutan bakau yang terlihat hijau
memanjakan mata. Air lautnya tidak kalah indah dengan warna biru
pirus dan sangat jernih. Lalu hal apa yang bisa dilakukan atau tempat mana yang bisa Anda kunjungi
saat memilih liburan di Pulau Misool? Ini daftar untuk Anda.

Tempat Wisata di Pulau Misool

Tempat Wisata di Pulau Misool

Keunggulan wisata Raja Ampat tidak diragukan lagi adalah keindahan alamnya yang luar biasa. Tidak hanya di darat, pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah menarik, bahkan terumbu karang di Raja Ampat terdiri dari 75 persen spesies karang dunia. Jika wisatawan umumnya menghabiskan waktu berlibur di Wayag dan Waigeo, sekarang ada Pulau Misool di Raja Ampat yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Nah, di bawah ini ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Pulau Misool.

1. Karawapop

Tempat wisata di Pulau Misool berupa laguna yang memiliki bentuk hati yang begitu presisi. Keindahan tempat ini tersembunyi di balik tebing dan bebatuan, yang juga dikenal sebagai Danau Cinta yang ditumbuhi pohon-pohon di sisinya. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, wisatawan yang datang harus melihatnya dari tempat yang lebih tinggi, tepatnya di atas bukit.

2. Danau Lenmakana

Lenmakana adalah danau air asin yang dihuni oleh ubur-ubur yang memiliki warna cerah dan jumlahnya tidak bisa lagi dihitung. Ubur-ubur di danau ini kehilangan sengat karena mereka telah berevolusi ke tempat di mana mereka tidak memiliki predator. Jika Anda penasaran dengan danau unik ini, wisatawan dapat melakukan perjalanan ke Sorong, kemudian menyeberang ke Misool menggunakan speedboat atau perahu. Sesampainya di Misool, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan trekking yang cukup melelahkan. Namun perjalanan panjang dan kelelahan akan terbayar dengan keunikan sebuah danau yang dipenuhi ubur-ubur yang menyengat.

3. Yap

Tempat wisata di Misool adalah suatu keharusan bagi wisatawan yang mencintai kehidupan laut. Keunikan tempat ini adalah batu karst yang menjulang tinggi. Laguna di tempat ini memiliki air dangkal dengan warna yang terlihat pirus dan sangat jernih. Banyaknya batu karst dengan berbagai ukuran membuatnya tampak seperti kumpulan candi di tengah laut. Untuk mencapai tempat yang mempesona ini, wisatawan dapat berangkat dari Sorong ke Misool dengan perahu. Bahkan di sini terlalu banyak homestay jika ingin menginap dan menikmati keindahan tempat wisata di Papua Barat yang menawan ini.

Aktivitas Wisata di Pulau Misool

Aktivitas Wisata di Pulau Misool

Berbagai tempat wisata di Indonesia memang dianugerahi pemandangan yang menawan, selain enak dipandang, tempat wisata ini tidak jarang juga dijadikan lokasi untuk menyalurkan hobi.

Begitu juga dengan Pulau Misool, selain memiliki beragam tujuan wisata, tempat ini juga memiliki beragam pilihan aktivitas wisata. Ingin tahu tentang kegiatan pariwisata apa di Pulau Misool yang dapat dilakukan? Mari segera periksa daftar di bawah ini.

1. Bepergian mengelilingi pulau dengan perahu

Pulau Misool dapat dikatakan sebagai salah satu pulau tersembunyi yang jarang disentuh oleh banyak orang. Salah satu cara untuk menikmati keindahannya adalah berwisata ke pulau dengan perahu. Bahkan karena promosi pariwisata yang intens dilakukan hari ini, Misool juga merupakan tujuan untuk beberapa kapal pesiar. Nah, jika Anda ingin mendapatkan sensasi liburan yang berbeda dari biasanya, saat menjelajahi Pulau Misool, Anda bisa mencoba yang ini.

2. Menjelajahi Kars Rock Dengan Kayak

Jika Anda menyukai kegiatan wisata yang menantang, mengendarai seperti kayak bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan air laut yang jernih, Anda bisa sekaligus melihat kehidupan laut yang terlihat jelas dari atas. Tentu saja, dengan pemandangan pulau-pulau karang di sebelah kiri dan kanan.

3. Snorkeling

Ini adalah salah satu kegiatan pariwisata di Pulau Misool yang tidak
mungkin terlewatkan dalam daftar liburan Anda. Karena laut di pulau ini adalah rumah
untuk terumbu karang berbagai warna serta kehidupan lautnya
berbagai jenis. Tidak hanya ikan kecil, tidak jarang penyu juga berenang di sini.

Masakan Khas Yang Harus Dimakan

Masakan Khas Yang Harus Dimakan

Liburan tentu tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner spesialnya, ada beberapa makanan spesial yang bisa dicicipi saat mengunjungi Pulau Misool. Seperti beberapa makanan berikut.

1. Kue kelapa

Kue kelapa memiliki bentuk yang sama persis seperti kue susu, biasanya dijual dalam ukuran yang cukup besar. Namun, sebagai oleh-oleh, ada juga papirus berukuran kecil dengan kemasan lengkap dan menarik.

2. Kue Bagea

Kue spesial ini dibuat dari bahan dasar tepung sagu dan kacang walnut, kue dengan tekstur yang agak keras biasanya disajikan dengan kopi atau teh. Menariknya, kue bagea tidak dibungkus menggunakan kemasan plastik atau sejenisnya, tetapi menggunakan daun kering.

3. Sate Caterpillar Sate

Kuliner ini mungkin terdengar konyol bagi masyarakat umum. Jika selama ini ulat dianggap sebagai hama dan menjijikkan, oleh masyarakat setempat justru digunakan sebagai makanan berbentuk sate. Ulat yang ditemukan di pohon sagu yang terurai kaya akan nutrisi dan protein sehingga dapat membantu menyehatkan tubuh.

4. Ikan Panggang Colo

Ketika memutuskan untuk mampir ke tempat-tempat wisata di Timika jangan lupa untuk mencicipi ikan bakar yang lezat. Hidangan khas Papua ini berasal dari suku Kamoro yang tinggal di daerah pesisir. Hasil laut tentu saja menjadi makanan sehari-hari bagi suku Kamoro, dan salah satunya adalah ikan dabu-dabu yang diolah dengan cara dibakar.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa Anda masukkan dalam daftar liburan tahun ini. Agar tidak ada hambatan dalam liburan, ada baiknya membuat rencana terlebih dahulu, mulai dari akomodasi, makanan, hingga transportasi dan penginapan. Jangan sampai liburan menjadi berantakan karena kurang persiapan. Jadi Anda masih ingin tinggal di rumah? Ini bukan waktunya lagi, karena ada berbagai tempat wisata di Pulau Misool yang menunggu Anda untuk menyambut Anda.

Pos Tujuan Wisata di Pulau Misool dan Aktivitas dan Kuliner mereka muncul pertama kali di TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *