Pernah dengar temanggung? Sekilas tentang daerah ini, Temanggung terletak di Jawa Tengah dan terkenal dengan produksi tembakaunya. Namun tentunya tidak hanya itu, Temanggung yang memiliki udara sejuk juga asyik untuk dijadikan sebagai tempat wisata alam.

Anda bisa menemukan lembah, bukit, dan pegunungan yang indah di sini. Pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing bisa dinikmati dengan leluasa. Ingin mendapatkan pengalaman liburan dan tempat wisata yang berbeda di Temanggung? Pertama, periksa beberapa lokasi yang direkomendasikan TripZilla di bawah ya!

1. Menunggu matahari terbit di Wisata Alam Mijil Loka

Kredit gambar: wisata_alam_mijilloka

Datang ke tempat ini saat cuaca cerah? Maka pandangan inilah yang akan Anda temui. Indah dan sangat khas pedesaan. Namun jika Anda tidak malas untuk bangun pagi, maka Anda akan bisa melihat pemandangan sunrise yang menawan.

Kredit gambar: wisata_alam_mijilloka

Wisata Alam Mijil Loka memang terkenal sebagai spot yang bagus untuk menyaksikan indahnya matahari terbit. Kamu juga akan dimanjakan dengan panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Merapi disini.

Alamat: Dusun Pongangan Candisari, Bansari, Sawah, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

2. Wisata Alam Posong yang bikin semuanya selfie keren abis

Kredit gambar: septiatt

Satu lagi lokasi yang juga populer untuk menyambut sunrise adalah Wisata Alam Posong. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sindoro menjanjikan panorama perbukitan yang indah dan udara yang segar. Tak hanya saat sunrise, matahari di sini juga terlihat eksotis saat matahari terbenam, lho!

Kredit gambar: tickhasarie

Di tempat ini juga telah dibangun gardu pandang yang bisa digunakan untuk bersantai. Jika kurang puas hanya menyeruput kopi sambil menikmati suasana di sini, Anda bisa berkemah. Dengan berkemah, Anda mungkin bisa bersaksi Bima Sakti saat langit malam cerah!

Alamat: Legundi, Batursari, Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 04.00 WIB – 16.30 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 20.000

3. Kejernihan air di embung kledung yang bikin nyaman

Kredit gambar: inggunprensidana

Bahagia itu sederhana. Ungkapan ini akan terasa nyata jika Anda mengunjungi Embung Kledung. Kejernihan airnya yang penuh ikan dan latar belakang pegunungan yang megah bisa membuat Anda lupa untuk meninggalkan tempat ini. Kamu juga bisa membawa bekal makanan untuk diberikan pada ikan-ikan yang ada di waduk, lho!

Kredit gambar: wisata_embung_kledung

Tak lengkap rasanya jika tidak ada lokasi menginap di tempat seindah ini. Anda bisa menyewa tenda dari pengelola untuk camping agar lebih puas menikmati pemandangan yang indah. Selain itu dengan berkemah, kamu juga punya waktu lebih untuk menjelajahi berbagai tempat Instagramable seperti ayunan dan rumah pohon yang ada di kawasan embung.

Alamat: Jl. Raya Parakan – Wonosobo, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000

4. Melihat keindahan alam Curug Lawe

Kredit gambar: temanggung_sangar

Curug ini diberi nama Curug Lawe karena air yang jatuh dari ketinggian terlihat seperti benang halus berwarna putih. Lingkungan di Curug Lawe masih alami sehingga menambah keindahannya. Jika anda berkunjung kesini, anda juga bisa menemukan pohon buah runcing yang merupakan buah khas dari Gemawang.

Kredit gambar: naufalherusatria

Selain bisa menikmati pemandangan dan kesejukan airnya, juga terdapat pemandian air panas di dekat air terjun. Yang jelas, Anda perlu berhati-hati saat berkunjung saat musim hujan. Selain itu jangan lupa bawa bekal dan jangan membuang sampah sembarangan!

Alamat: Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

5. Air terjun Trocoh yang bersejarah

Kredit gambar: noorkell

Nama lain air terjun ini adalah Curug Surodipo. Surodipo diambil dari nama seorang kyai yang menjadi panglima perang Diponegoro. Pada masa perang, tempat ini digunakan sebagai tempat berlindung sekaligus perumusan strategi. Konon menurut warga, makam kyai juga ada di sekitar air terjun Trocoh.

Kredit gambar: arya.pratama29

Tingginya sekitar 120 meter, Anda akan dibuat takjub saat berada di dekat kelimpahan air dari air terjun. Bukan hanya karena kesejukan dan debit airnya, tapi juga keindahan yang tersaji di depan mata. Lima tingkat air terjun yang membentuk Curug Trocoh juga membuat air terjun ini semakin indah dipandang.

Alamat: Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

6. Bermain air dan jelajahi Curug Titang

Kredit gambar: rustidian

Air terjun Titang tidak terlalu tinggi dibandingkan air terjun lainnya. Namun, kolam besar dengan bebatuan besar nan indah menjadi daya tarik yang membuat wisatawan mengunjungi air terjun ini. Meski di musim kemarau, kamu bisa mendaki ke tebing air terjun namun tetap harus berhati-hati!

Kredit gambar: destinasisemarang

Lingkungan sekitar air terjun yang masih berupa hutan memungkinkan Anda bertemu dengan ayam hutan, jalak atau trenggiling. Fasilitas di air terjun ini cukup nyaman karena terdapat banyak gazebo yang bisa Anda gunakan untuk melepas lelah. Bersantai sambil menikmati nuansa alam di Curug Titang dijamin akan membuat waktu berlalu!

Alamat: Desa Nampirejo, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

7. Mendaki sambil melihat sawah hijau di Gunung Kendil

Kredit gambar: tesla.aan

Gunung Kendil yang memiliki ketinggian 1.800 mdpl ini cocok untuk pendaki pemula sekalipun. Asyiknya, jalur pendakian gunung ini cukup mudah sehingga cocok untuk tempat rekreasi. Meski begitu, kamu tetap akan mendapatkan pemandangan yang mempesona saat sampai di puncak.

Kredit gambar: ekoaguslaksito

Puncak Gunung Kendil biasa juga disebut Bukit Sikendil. Sesampainya di puncak, Anda bisa dengan leluasa melihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Sigandul dan Gunung Sibutak di sekitar Anda. Di bawahnya, pemandangan persawahan dan rumah penduduk akan menjadi pemandangan yang tak terlupakan. Seru banget kan?

Alamat: Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

8. Pemandangan Hutan Pinus Sigrowong yang menenangkan

Kredit gambar: panggung kota

Punya waktu luang selama di Temanggung? Kunjungi saja Hutan Pinus Sigrowong dan rasakan suasana tenang di tengah pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Anda bisa dengan mudah menemukan spot-spot cantik untuk berfoto, apalagi jika cuaca sedang cerah. Sinar matahari yang masuk akan membuat pemandangan di hutan semakin indah. Coba saja dan buktikan sendiri!

Alamat: Dusun Sigrowong, Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

9. Bersantai di gardu pandang Sewu Temanggung

Kredit gambar: Wisata Alam Sewu

Lokasi wisata di Sewu Temanggung ini sudah dikelola dengan baik dan tidak sulit dijangkau. Anda akan disambut oleh padang rumput luas dengan panorama seperti di lukisan. Hanya dengan melihatnya saja sudah dijamin bisa langsung membuat Anda rileks.

Kredit gambar: Wisata Alam Sewu

Di tempat ini juga terdapat gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan luar biasa. Jika di hari yang cerah, Anda bisa duduk-duduk di sini menikmati lautan awan yang masih tersisa. Untuk menambah kenikmatan anda, anda juga bisa memesan kopi khas temanggung untuk menemani hari anda. Rasanya pasti jauh lebih enak!

Alamat: Pringsewu, Giripurno, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Senin – Sabtu 09.00 WIB – 17.00 WIB, Minggu 05.30 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

10. Menelusuri Eksotisme Goa Lowo

Kredit gambar: rukman_al_hakim

Gua Lowo juga biasa dikenal dengan nama Goa Lawa. Lawa yang artinya kelelawar memang cocok dijadikan nama gua ini karena di dalamnya akan banyak ditemukan kelelawar. Goa Lowo dahulu banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin bersemedi.

Kredit gambar: luthfianasuudi

Namun saat ini pemerintah telah menjadikan Goa Lowo sebagai salah satu tempat wisata di Temanggung. Jika Anda berjiwa petualang dan ingin memiliki pengalaman unik, kunjungi saja gua ini!

Alamat: Ngalian, Kecamatan Bejen, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Wonosobo Kota dengan Panorama Istimewa

Temanggung menawarkan berbagai wisata alam dan wisata yang semuanya menarik. Jadi jangan sampai ketinggalan, taruh di dalam Daftar Keinginan liburanmu berikutnya!

Postingan Curug ke Pegunungan, Tempat Wisata yang Menarik untuk Dieksplorasi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin