Jika Anda sedang mencari pilihan lokasi wisata alam yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, maka Karawang bisa dijadikan destinasi alternatif. Ada banyak sekali destinasi wisata alam di Karawang salah satunya adalah air terjun.

Curug alias air terjun banyak disukai para traveller karena selain asri dan enak dipandang, udara di sekitar curuh juga segar. Tak sedikit air terjun di Karawan juga memiliki kolam untuk berenang. Tertarik mengunjungi berbagai air terjun di Karawang, Anda bisa melihat rekomendasinya TripZilla di bawah supaya tidak ketinggalan apapun!

1. Rasakan gemericik air tawar di Curug Bandung

Kredit gambar: @nursalimpasha

Air terjun Bandung ini adalah salah satu air terjun terpopuler di Karawang. Berada di kaki Pegunungan Sanggabuana, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang mempesona saat berwisata ke air terjun setinggi kurang lebih 25 meter ini. Formasi bebatuan unik yang tersusun di atasnya terlihat sangat cantik, namun hati-hati saat digeser ke atas! Debit air di Curug Bandung umumnya deras, termasuk saat musim kemarau. Kolam yang terbentuk di air terjun ini memiliki sisi yang dangkal dan dalam, jadi perhatikan langkah anda jika ingin berenang disini.

Untuk menuju Curug Bandung, setidaknya ada tiga air terjun lain yang bisa Anda temukan, seperti Curug Lisung yang Tersembunyi, Curug Jodo, dan Curug Cimata Heula. Meski tidak terlalu tinggi, namun nuansa alamnya tetap terasa.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Jam buka: 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga tiket:Mulai dari 10.000 Rupiah

2. Bersantai sejenak di Curug Peuteuy

Air terjun Peuteuy di Karawang
Kredit gambar: @idharshidiq

Curug Peuteuy masih berada satu area dengan Curug Bandung. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, keadaan di air terjun ini nyaman dengan kolam yang asri dan asri.

Untuk sampai di Curug Peuteuy, Anda harus melakukan perjalanan pendakian. Tapi jangan khawatir karena sesampainya di sini rasa capek di kaki akan segera sembuh. Bayangkan Anda bisa merendam kaki di kolam yang ada di tengah pepohonan. Asyik kan? Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari jalan raya, air terjun ini juga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

3. Coba dulu, bersenang-senang nanti di Curug Cikoleangkak

Kredit gambar: andryan_w

Air terjun setinggi kurang lebih 30 meter ini bisa menjadi tujuan eksplorasi pariwisata Karawang selanjutnya. Medan yang menanti Anda untuk menuju Curug Cikoleangkak cukup menantang, sehingga Anda perlu mempersiapkan stamina dan atribut nyaman. Anda akan melewati kawasan hutan yang rimbun untuk mendaki bebatuan terjal sebelum sampai di air terjun ini. Jika suka berpetualang, wajib untuk menjelajah di sini. Di sepanjang jalan menuju Curug Cikoleangkak, kamu juga akan menemukan air terjun kecil yang tentunya bisa menyegarkan mata dan menggugah semangat!

Alamat: Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

4. Air terjun Cigentis yang indah dan rapi

Air Terjun Cigentis
Kredit gambar: Wikimedia

Curug Cigentis juga menjadi destinasi favorit di Karawang dan kawasan air terjunnya sudah diatur sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dikunjungi. Berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, Anda akan merasakan sejuknya udara di tengah rimbunnya tumbuhan. Sepanjang jalan menuju Curug Cigentis, Anda bisa menemukan banyak warung dan saung untuk beristirahat. Air terjun ini memiliki kolam yang aman untuk berenang dan jika ingin menikmatinya lebih lama bisa berkemah disini. Ada juga pilihan lain untuk menginap, karena banyak homestay di sekitar Curug Cigentis.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga tiket:Mulai dari Rp 2.000

5. Jangan tunda datang ke Curug Cipanunda

Air terjun Cipanunda di Karawang
Kredit gambar: @relixapip

Indah kan, air terjunnya? Meski harus menempuh jalan terjal, keindahan yang di janjikan oleh Curug Cipanunda membuat para pelancong repot untuk mengunjunginya. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkat dan airnya tidak terlalu deras. Sesampainya di sini, Anda juga bisa berenang sambil bersantai. Lokasi air terjun cipanunda berada di bawah air terjun cikoleangkak sehingga anda bisa mampir saat melewatinya.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

6. Menikmati suasana tenang di Curug Cikarapyak

Air Terjun Cikarapyak
Kredit gambar: andryan_w

Anda juga bisa mengunjungi Curug Cikarapyak yang berada satu area dengan Curug Cikoleangkak dan Curug Cipanunda. Anda harus melalui trek menantang yang sama, namun Anda akan dihibur dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang jalan. Jika datang saat musim hujan harus lebih berhati-hati karena jalan menuju air terjun ini akan semakin licin. Namun hal ini juga bisa menambah keseruan jika suka dengan aktivitas wisata alam yang menantang.

Alamat: Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

7. Menghabiskan waktu di Curug Cilalay alias Curug Santri

Air terjun Lalay di Karawang
Kredit gambar: @ rioazasmara04

Air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug Lalay ini konon ditemukan oleh lima siswa sehingga diberi nama Curug Santri. Curug Cilalay letaknya tersembunyi dan tidak terlalu ramai sehingga Anda akan merasa seolah-olah sudah menemukannya permata yang tersembunyi. Fasilitas yang ada kurang memadai, sehingga perlu membawa bekal sendiri jika ingin berekreasi disini. Anda bisa puas berenang di bawah air terjun yang tersusun tiga lapis bahkan ada kawasan berbatu yang sering dijadikan tempat perosotan. Asyik banget dan panoramanya di sini indah banget!

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

8. Berjalanlah di sepanjang jalan terjal untuk melihat si kembar Curug Pengantin

air terjun di Karawang
Kredit gambar: @ aldikadut22

Curug pengantin ini terdiri dari dua buah air terjun yang saling berdekatan dan mengalirkan air dingin nan jernih ke dalam kolam di bawahnya. Terdiri dari lima tingkat, air terjun ini sangat mengesankan untuk dinikmati. Keindahan ini tidak bisa didapatkan dengan mudah karena akses menuju air terjun masih alami dan didominasi oleh tebing terjal. Anda bisa menggunakan tali yang disediakan untuk dipegang agar lebih aman. Jika musim kemarau, biasanya hanya tiga tingkat air terjun yang terlihat dan Anda bisa melihat semua ketinggian air saat musim hujan.

Alamat: Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

9. Rasakan Green Canyon mini di Curug Ciomas

Air terjun Ciomas di Karawang
Kredit gambar: khoirul_wa

Satu lagi air terjun yang tidak boleh dilewatkan di Karawang yaitu Curug Ciomas. Kini, Curug Ciomas juga dikenal sebagai mini Green Canyon yang ramai dikunjungi wisatawan untuk berenang. Banyak orang suka melompat dari puncak Curug Ciomas yang memiliki ketinggian sekitar lima meter. Aliran air dari air terjun ini terlihat hijau dan dikelilingi oleh tebing yang mengingatkan Anda pada Green Canyon di Pangandaran. Meski lebih kecil, Green Canyon mini ini bisa bikin kamu asyik berenang hingga lupa waktu!

Alamat: Cikutamahi, Cariu, Perbatasan Karawang Bogor, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 5.000 Rupiah

10. Surga tersembunyi di Karawang, Green Canyon Loji

Kredit gambar: @wisnurushadi

Terbentuk akibat erosi Sungai Cijulang, Green Canyon Loji menjadi destinasi wisata alam paling eksotis yang bisa Anda kunjungi di Karawang. Bukan hanya karena pemandangannya yang indah, nuansanya juga rindang untuk dikunjungi.

Kredit gambar: @ kurdykurniawan11

Butuh sedikit tenaga untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini, mengingat lokasinya yang tersembunyi. Namun, sesampainya di lokasi, Anda akan terpesona dengan pemandangan ngarai yang apik, plus air terjun setinggi tujuh meter yang layak untuk Instagram.

Lokasi: Desa Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Destinasi Wisata Alam Instagenik Karawang Untuk Liburan Singkat Anda

Bagaimana, sudah tergoda untuk menjajal tantangan di air terjun ini? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dalam hal menjaga keindahan alam dan membuat wisata Anda semakin nyaman!

Postingan Curug di Karawang, Destinasi Wisata Asyik yang Wajib Kamu Kunjungi tampil pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin