Dunia terguncang oleh epidemi virus corona Covid-19. Banyak negara yang terkena dampak epidemi ini, mulai dari penurunan tingkat ekonomi, bisnis yang macet, pariwisata yang mandek hingga kegiatan ibadah yang terganggu. Jumlah korban yang terbunuh oleh virus ini juga terus bertambah, demikian juga dengan pasien yang dinyatakan positif yang tidak pernah berkurang.

Menghadapi situasi ini, pemerintah masing-masing negara mengeluarkan kebijakan masing-masing. Di Indonesia, pemerintah mengintensifkan sosialisasi cuci tangan, jarak sosial, bahkan kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar untuk meminimalkan risiko penularan virus korona Coona-19.

Selain mengikuti saran pemerintah, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan selama #dirumahaja untuk meminimalkan risiko tertular virus Covid-19 corona, salah satunya adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut Tripzilla jelaskan cara meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa Anda lakukan saat di rumah.

1. Makan makanan bergizi

Cara meningkatkan kekebalan tubuh tidak sulit, Anda hanya perlu selektif dalam memilih makanan bergizi. Semua bahan makanan yang dijual di pasaran memiliki manfaat, tetapi beberapa bahan baku di bawah ini menurut para ahli mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Brokoli

Kredit gambar: Rita E

Sayuran brokoli mengandung serat tinggi, kaya akan vitamin C, kalium, B6 dan vitamin A. Protein nabati dari brokoli juga sangat baik untuk tubuh. Vitamin C merupakan bahan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan pilek. Serat dalam brokoli juga menghasilkan bakteri sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

bayam

meningkatkan imunitas tubuh
Kredit gambar: Karolina Grabowska

Bayam dapat menghasilkan antioksidan pelindung untuk melindungi sel-sel tubuh dari polusi. Bayam juga merupakan nutrisi yang baik untuk melindungi enzim dan memperbaiki DNA yang rusak sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang putih

Kredit gambar: Steve Buissinne

Selama bertahun-tahun bawang putih telah menjadi solusi kesehatan medis untuk membantu menyembuhkan penyakit jantung, kolesterol tinggi, masuk angin dan flu. Setiap satu segmen bawang putih mengandung alicin, yang membantu melawan infeksi sambil membantu sistem kekebalan tubuh.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan rempah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat antioksidan dan antiinflamasi dapat melindungi tubuh dari infeksi, virus, dan bakteri.

Buah-buahan

Dari sekian banyak buah, ada empat jenis buah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu blueberry, kiwi, pepaya dan strawberry. Buah Kiwi kaya akan vitamin C, yang merupakan nutrisi penambah kekebalan yang penting, serta vitamin E, yang membantu meningkatkan jumlah sel T ke dalam tubuh. Sementara beri kaya akan antioksidan. Blueberry mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk memproduksi antibodi. Kemudian pepaya mengandung beta karoten yang sangat melimpah sehingga meningkatkan jumlah aktivitas sel imun. Itu mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk melawan kanker dan penyakit lainnya.

Stroberi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Satu cangkir stroberi mengandung polifenol, senyawa dengan sifat antioksidan, yang dapat melindungi terhadap serangan virus influenza dan bahkan mencegah Staphylococcus, E. coli, dan Salmonella. Mengonsumsi antioksidan sama seperti makan sepasukan penyedot debu yang mengonsumsi radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

makanan laut

meningkatkan imunitas tubuh

Makanan laut mengandung seng yang terkait langsung dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena ia memainkan peran dalam mengembangkan sel-sel yang menciptakan pertahanan kekebalan tubuh. Selain itu makanan laut mengandung antioksidan yang melindungi Anda dari kerusakan peradangan. Cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan memakan kerang dan kepiting secara teratur, sehingga tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

2. Minum minuman sehat

Ada juga minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu dengan mengonsumsi yogurt dan beberapa obat herbal khas Indonesia. Semua bahannya mudah ditemukan di pasaran dan sangat mudah dibuat. Berikut adalah beberapa minuman yang harus dikonsumsi selama pandemi virus Covid-19.

yogurt

Minuman ini terbuat dari susu fermentasi yang mengandung probiotik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yogurt juga dapat membantu penyakit radang usus dan membantu memulihkan infeksi.

Empon jamu empon

Mengkonsumsi obat herbal empon-empon disarankan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini sebagai langkah untuk menangkal virus korona. Risma mengklaim bahwa efektivitas ramuan herbal-empon ini telah dipelajari oleh para akademisi di Universitas Airlangga.

Obat herbal ini terbuat dari jahe, jahe, lengkuas, kencur dan kunyit. Semua bahan ini dihaluskan lalu direbus dengan air panas. Cara meningkatkan kekebalan tubuh dengan obat herbal empon-empon adalah dengan mengkonsumsinya selagi hangat.

3. Berolahraga secara teratur

Meningkatkan kekebalan tubuh

Makanan saja tidak cukup untuk membuat tubuh Anda bugar dan terhindar dari semua penyakit. Anda perlu berolahraga, mengelola stres, dan berbagai kegiatan kecil lainnya untuk mendukung kekebalan tubuh. Semua bisa dilakukan di rumah, mudah dan bisa dilakukan dengan mudah.

Berolahraga adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kesehatan, termasuk kekebalan tubuh. Olahraga teratur dapat merangsang sel darah putih, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Berolahraga di rumah seperti senam, yoga dan berjalan adalah cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama karantina.

4. Kelola stres

Stres menyebabkan produksi hormon kortisol yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu faktor stres sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Selama karantina dan bekerja di rumah, ada baiknya menghabiskan waktu bersama keluarga, mengobrol, membahas hal-hal kecil, menonton film. Lakukan aktivitas yang tidak mengurangi risiko stres.

5. Tertawa

Bukan hanya ekspresi, efek tawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tertawa dapat meningkatkan produksi endorfin yang dapat menghilangkan stres, membuat suasana hati lebih baik. Tertawa juga mengurangi stres sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

6. Berhenti merokok

Meningkatkan kekebalan tubuh

Merokok perlahan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Lebih baik Anda mengurangi jumlah merokok secara perlahan, daripada tidak merokok sama sekali. Berhenti merokok adalah cara yang paling tepat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

7. Istirahat yang cukup

Periode istirahat yang cukup dapat mengurangi stres, menghasilkan antibodi dan zat imun lainnya. Manfaat lain dari istirahat adalah mengurangi infeksi organ dalam.

Baca juga: Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Selama Karantina # Dirumahaja Karena Covid-19

Itulah cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi virus korona. Banyak hal yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat. Bagi Anda yang suka bepergian atau bepergian, ada baiknya istirahat dulu selama pandemi Covid-19 dan melakukan kegiatan di atas saat masih di rumah.

Posting Bagaimana Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Karantina #Dirumahaja muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin