Berita ini kurang menggembirakan bagi Anda yang berencana berlibur ke Eropa tahun depan. Dewan Uni Eropa menyetujui proposal untuk meningkatkan biaya visa Schengen minggu lalu.

Menurut siaran pers dari Dewan Uni Eropa, biaya visa Schengen akan meningkat sebesar 33,3 persen dari 60 Euro sebelumnya menjadi 80 euro setelah peraturan itu disahkan. Peraturan ini akan berlaku mulai Januari 2020.

Pernyataan pers juga menyatakan bahwa peraturan mengenai perubahan biaya visa Schengen akan ditinjau setiap tiga tahun.

Di bawah aturan baru, pemohon visa Schengen harus mengajukan aplikasi visa maksimal enam bulan dan minimal 15 hari sebelum keberangkatan. Selain itu, Uni Eropa ingin memperkenalkan pendekatan yang lebih berkelanjutan untuk pemohon visa dengan riwayat pengiriman positif dalam periode tertentu, untuk dapat memperoleh fasilitas visa masuk ganda secara bertahap mulai dari satu hingga lima tahun.

Visa Schengen berlaku di 26 negara Eropa, termasuk Belgia, Denmark, Jerman, Finlandia, Prancis, Yunani, Italia, Luksemburg, Austria, Portugal, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Islandia, Malta, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Slovenia, Slovakia, Ceko, Swiss, dan Lichtenstein. Jadi, dengan mengurus visa Schengen, Anda dapat memasuki 26 negara di atas selama total 90 hari dalam periode enam bulan untuk tujuan pariwisata atau bisnis.

Ada dua jenis visa Schengen: Kunjungan singkat dan tinggal lama. Visa Schengen kunjungan singkat mereka digunakan untuk kunjungan bisnis, perjalanan atau keluarga, sementara visa Schengen tinggal lama dibutuhkan untuk belajar, bekerja dan hal-hal lain.

Setiap kedutaan dari 26 negara di atas dapat menerbitkan Visa Schengen. Tapi Anda tidak bisa sembarangan memilih kedutaan untuk mengajukan visa. Anda harus memilih kedutaan negara dengan periode kunjungan terpanjang pada rencana perjalanan Anda atau jika semua periode kunjungan sama, aplikasi dibuat di kedutaan negara tujuan pertama Anda di Eropa.

Baca juga: Panduan Aplikasi Visa Schengen untuk Warga Negara Indonesia

Sekarang, apakah kenaikan biaya visa Schengen merusak niat liburan Anda ke Eropa?

Pos Schengen Naik Biaya Visa Mulai Januari 2020 muncul pertama di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin