Danau Toba merupakan salah satu lokasi wisata terpopuler di Indonesia. Bagaimana tidak, danau yang terbentuk dari letusan gunung ini merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Udara yang sejuk dan kawasan sekitar danau yang berupa perbukitan yang subur menjadi daya tarik utama di tempat ini. Pada akhirnya, masyarakat setempat mengembangkan berbagai aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan di Danau Toba.

Banyaknya lokasi indah dan ragam aktivitas yang tersedia membuat Danau Toba tidak cukup untuk dinikmati dalam sehari. Jika Anda ingin mengunjunginya, silakan luangkan lebih banyak waktu agar liburan Anda di sini semakin berkesan. Apa saja aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Danau Toba? Beberapa rekomendasi TripZilla Indonesia kalian bisa mencobanya dan semuanya menyajikan sisi Danau Toba yang keren banget!

1. Bersepeda di Huta Ginjang yang membuat lelah

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: travelmatesiantar

Huta Ginjang merupakan tempat yang bagus untuk menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Jalan yang melintasi Huta Ginjang terbilang mulus dan dengan tikungan dan tikungan yang menantang, Anda bisa menggunakannya untuk bersepeda. Bayangkan mengayuh sepeda sambil dihempas angin sejuk dan pemandangan Danau Toba di samping Anda, dijamin tak akan merasa lelah!

Kredit gambar: horastapanuliutara

Anda juga perlu mengunjungi Panatapan Huta Ginjang yang merupakan lokasi populer untuk menikmati keindahan alam Huta Ginjang. Setiap sudut disini sangat instagramable. Sesuai dengan namanya Huta Ginjang yang artinya desa di atas, maka anda akan leluasa menyapu pandangan anda atas panorama indah di bawah. Kamu juga bisa melihat Pulau Samosir dan Pulau Sibandang dari titik ini, lho!

2. Trekking yang menyehatkan jiwa dan raga

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: nicksilitonga

Jangan takut lelah kalau kamu berkunjung ke Danau Toba, ya! Di salah satu pulau yaitu Pulau Samosir terdapat Gunung Pusuk Buhit yang merupakan titik tertinggi di Danau Toba. Gunung ini dianggap sebagai tempat asal muasal suku Batak dan selain menyimpan sejarah, tempat ini juga sangat indah. Dengan ketinggian sekitar 1.982 mdpl, Anda yang masih pemula bisa menyusuri Gunung Pusuk Buhit. Jika tidak puas hanya dengan trekkingBerkemah merupakan salah satu kegiatan wisata menyenangkan yang bisa dilakukan di Danau Toba.

Kredit gambar: kalak_karo

Selain Gunung Pusuk Buhit, jalur lain juga menyenangkan untuk dilakukan trekking sedang menuju ke Air Terjun Sipiso Piso. Dengan ketinggian sekitar 120 meter, Anda perlu menuruni 500 anak tangga. Persiapkan diri Anda dengan atribut nyaman agar bisa melihat keindahan air terjun ini dari dekat! Sakit dulu, bersenang-senang nanti sepertinya menjadi slogan yang tepat untuk mengunjungi air terjun ini. Sebaiknya berkunjung sebelum gelap karena penerangan di lokasi ini kurang memadai dan membawa perbekalan karena tidak ada warung di lokasi air terjun.

3. Berkemah sambil menikmati desa marga Silalahi di Tao Silalahi

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: paroposilalahi

Kata tao berarti danau dan Tao Silalahi berarti danau di desa Silalahi. Desa ini merupakan desa marga Silalahi sesuai dengan namanya. Di Tao Silalahi, Anda bisa mendaki Bukit Siadtaratas dan dari sini menikmati pemandangan indah Tao Silalahi yang terhampar. Anda bisa mempersiapkan diri untuk momen sunset yang luar biasa dan setelah itu siapkan tenda untuk berkemah. Siapa sih yang nggak mau lihat juga saat matahari terbit di tempat seperti ini?

Kredit gambar: paroposilalahi

Selain Bukit Siadtaratas, Anda juga bisa berkemah di pinggir danau. Danau itu dalam jadi Anda harus berhati-hati! Konon katanya, danau ini merupakan titik terdalam di Danau Toba. Jadi cukup menikmati keindahan air dari bibir pantai. Perbukitan yang mengelilingi danau ini akan memanjakan mata Anda sehingga bisa melupakan waktu.

4. Berendam di air panas di Pemandian Air Panas Pangururan Aek Rangat di tengah kesejukan

Kredit gambar: karyabatak.id

Bagi yang sudah pegal-pegal di sekitar Danau Toba, destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pemandian air panas tersebut berada di kaki Gunung Pusuk Buhit dan memanfaatkan sumber mata air yang keluar dari batu kapur. Warga kemudian membuat kolam untuk mengalirkan air. Karena udara di sekitarnya sejuk, air panas akan terasa hangat di kulit dan akan membuat Anda betah berlama-lama.

Kredit gambar: ermorenochristo

Pemandian air panas ini juga aman untuk anak-anak karena terdapat kolam yang dangkal. Ada beberapa lokasi untuk mandi dan semakin tinggi lokasinya semakin panas suhu airnya. Fasilitas di pemandian ini cukup memadai dan nyaman, bahkan terdapat tempat untuk membasuh diri sebelum dan sesudah masuk pemandian.

5. Jelajahi Danau Toba dengan olahraga air pilihan Anda

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: valentinopardede_14

Penasaran dengan keindahan telaga dan ingin menjelajah Danau Toba dari tengah perairannya? Bisa, karena saat ini banyak sekali sarana olahraga air yang tersedia di Danau Toba. Berenang tidak disarankan dan lebih baik kamu mencobanya dengan peralatan yang dijamin aman ya!

Kredit gambar: jetskidanautoba

Anda bisa mencoba berkeliling Danau Toba dengan banana boat, kayak, jet ski atau papan dayung. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, perlombaan olah raga air kerap digelar di Danau Toba. Sensasinya dijamin bakal sangat berkesan! Namun jika lelah, Anda juga bisa berkeliling danau dengan menaiki Solu Bolon, yaitu kapal besar yang digunakan warga sekitar sebagai alat transportasi.

6. Wisata Religi ke Taman Wisata Iman yang unik

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: amos_st

Taman Wisata Iman merupakan sebuah kawasan di perbukitan yang menghadirkan berbagai bentuk rumah peribadatan dari berbagai agama di Indonesia. Bangunannya sangat menarik untuk dilihat dan dikelilingi pepohonan yang rimbun. Bukit Sitinjo yang menjadi lokasi taman ini memiliki kawasan hutan pinus yang asri dan menambah kesegaran udara yang bisa Anda hirup.

Kredit gambar: rayyohanes

Berbagai properti seperti patung dan gapura juga dapat ditemukan yang semakin menunjang keunikan bangunan-bangunan di sini. Anda bisa memanfaatkan taman ini untuk berziarah atau sekedar mengagumi setiap spotnya. Pilih juga angle yang paling kamu suka untuk background foto, dijamin foto yang kamu hasilkan akan bikin geng kamu penasaran!

7. Taman Alam Sicike-Cike yang subur yang layak untuk dijelajahi

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: daunkering04_

Taman Alam Sicike-Cike merupakan kawasan konservasi yang berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl. Jadi bisa dibayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di dalamnya. Berbagai jenis pohon tumbuh subur di sini seperti rotan, kemenyan, dan meang. Berjalan-jalan di taman wisata ini akan membuat Anda merasa sangat dekat dengan alam, apalagi sambil mendengarkan suara binatang buas seperti owa dan burung.

Kredit gambar: el_bornas

Disini anda juga akan menemukan sebuah danau yang indah. Bersantai sejenak di tepi danau dijamin bisa mengembalikan semangat Anda. Pada waktu-waktu tertentu, Anda bisa menemukan bebek liar yang jumlahnya bisa mencapai ratusan berenang dan terbang di Danau Sicike-Cike. Sangat natural dan instagramable!

8. Tidak lengkap berkunjung tanpa mempelajari budaya Batak

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: Museum Hutabolon Simanindo

Suku Batak terkenal dengan budayanya yang kental, ditandai dengan adanya rumah gadang yang bisa dengan mudah Anda temukan di kawasan Danau Toba. Namun, akan lebih baik jika Anda lebih mengenal sejarah budaya Batak di berbagai museum.

Kredit gambar: TB Silalahi Center

Salah satunya adalah Museum Hutabolon Simanindo, dimana Anda bisa melihat rumah asli dengan ornamen kuno yang masih dilestarikan dan berbagai upacara adat termasuk sigale-gale. Tak heran bila keunikannya masih sangat terasa karena museum yang dibuka sejak 1969 ini merupakan peninggalan ratusan tahun silam.

Kredit gambar: TB Silalahi Center

Anda juga bisa mengunjungi TB Silalahi Center yang memiliki beberapa zona seperti Museum Batak dan Huta Batak. Di Museum Batak, berbagai suku Batak kuno dipamerkan. Sedangkan di Huta Batak Anda bisa melihat perkampungan Batak kuno dan berbagai pertunjukan budaya. Seru bukan?

9. Jangan lupa belanja berbagai oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: maurienoctieka

Setelah mengenal keindahan alam dan budayanya yang menarik, tentunya kamu tidak bisa meninggalkan Danau Toba tanpa membeli oleh-oleh. Kunjungi pasar tradisional yang menjual berbagai kerajinan tangan warga sekitar. Semudah kaos bertuliskan Danau Toba atau serumit kain ulos, semuanya bisa kamu temukan di sini! Salah satu pasar yang terkenal adalah Pasar Tomok yang memiliki merchandise yang lengkap dan menyenangkan untuk dijelajahi.

Kredit gambar: gahasapurba

Selain Pasar Tomok, di sepanjang jalan Tuktuk Siadong Anda juga bisa menemukan banyak kios suvenir. Benda-benda kecil seperti gantungan kunci atau aksesoris berupa kalung, gelang, tas hingga ukiran Batak yang eksotis. Bisa bikin liburan kamu di Danau Toba berkesan!

10. Makan kuliner yang nikmat dengan bumbu yang kaya dan nikmat

Kredit gambar: deliana.trg

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Batak yang kaya akan rempah-rempah? Jangan lupa berwisata kuliner jika sedang berada di Danau Toba. Ada banyak rumah makan yang memadukan kelezatan kuliner lokal dengan keindahan alam di sekitarnya. Contoh yang bisa Anda kunjungi adalah Warung Pinus dan Resto Damasus. Menyuguhkan keindahan hutan pinus di sekitarnya, Anda bisa menyantap ikan mujair berukuran besar yang dipancing dari Danau Toba.

Kegiatan Wisata Danau Toba
Kredit gambar: pusat_andaliman_indonesia

Ada juga Juwita Cafe yang letaknya persis di tepi Danau Toba. Coba saja makan ikan arsik dan mujair sambil memandangi air danau yang tenang. Di tengah suasana yang teduh, Anda juga bisa mengikuti kelas memasak yang diadakan pada waktu-waktu tertentu. Apa pun yang dilakukan di sini bisa membuat Anda merasa nyaman karena suasananya yang sangat bagus.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren dan Instagenik di Danau Toba

Anda sudah mengetahui berbagai macam aktivitas wisata di Danau Toba bukan? Ayo rencanakan perjalananmu ke Danau Toba dan jangan buru-buru pulang saat sampai di sana!

Postingan Aneka Aktivitas Wisata Asyik untuk Dinikmati di Danau Toba muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin