Buat yang doyan travelling ke luar negeri pasti sering ketemu konter "bebas pajak"Kebanyakan di bandara internasional kan? Jangan pernah masuk ke sana dan belanja barang yang ada di dalamnya bebas pajak? Jadi menurut Anda apakah harga yang dipatok untuk barang yang Anda beli relatif mahal atau murah?

Ya, perasaan seperti itu biasanya dirasakan oleh mereka yang "sudah" membeli barang di bebas pajak Bandara. Mereka yang membeli bebas pajak juga biasanya tidak punya waktu lagi untuk membeli oleh-oleh. Hasil dari, bebas pajak bisa menjadi tujuan pelipur lara mendapatkan oleh-oleh untuk teman, sahabat atau keluarga di tempat tujuan.

Perlu klarifikasi dulu, bebas pajak memiliki arti toko yang menjual barang bebas pajak. Toko-toko semacam itu biasanya berlokasi di bandara, stasiun kereta internasional, terminal bus antarnegara bagian, atau pelabuhan antarnegara bagian. Sedangkan barang yang dijual antara lain elektronik, parfum, kosmetik, minuman beralkohol, rokok, makanan, minuman dan produk fashion dengan merk internasional. Asyiknya, harga barang yang dijual lebih murah dari harga pasaran. Alasannya karena sebelumnya sudah dibebaskan pajak.

Namun, pembebasan pajak hanya berlaku di negara tempat pembelian item tersebut bebas pajak selesai. Saat kamu sampai di negara tujuan, ada kemungkinan kamu akan membayar pajak pembelian, lho! Hal ini pada akhirnya bisa membuat tabungan Anda habis akibat kewajiban membayar pajak di negara tujuan, termasuk saat Anda kembali ke Indonesia. Maka untuk itu, Anda juga harus mengetahui sejumlah tips dan aturan dalam membawa barang dari luar negeri. Lihat di bawah ya!

1. Bea masuk yang harus diketahui

Bea Cukai Indonesia di bandara menetapkan biaya masuk dan keluar. Bea masuk adalah biaya atau pajak yang dikenakan atas impor barang dari luar negeri ke Indonesia. Sedangkan bea keluar adalah biaya yang dikenakan jika Anda membawa barang ke luar Indonesia.

Nah, bagi yang berbelanja di bebas pajak Bandara Internasional dan ingin membawa barang kembali ke Indonesia, ada batasan harga baru untuk bagasi yang bebas bea, yaitu 3 USD per pengiriman dengan bea masuk 17,5 persen. Kebijakan ini berlaku untuk pengiriman, ya!

Sedangkan untuk koper ditetapkan 500 USD per orang atau sekitar 7 juta rupiah. Jadi jika membawa barang dengan harga yang melebihi batas, maka kelebihannya dikenai pajak. Misal, jika membawa barang sebesar 550 USD, maka 50 USD dikenakan pajak, mulai dari bea masuk, pajak penghasilan, dan PPN.

Selain harga, barang yang diangkut juga mendapat perhatian serius dan memiliki batasan. Untuk produk tembakau misalnya, Anda hanya diperbolehkan membawa maksimal 200 batang rokok, 25 cerutu, dan 100 gram tembakau! Sedangkan untuk minuman beralkohol batas maksimalnya adalah 1 liter. Kalau melebihi batas ini, barangnya bisa disita, lho!

2. Belanja barang di bebas pajak bandara harus membawa boarding pass dan paspor

Agar memenuhi syarat untuk pembebasan pajak, Anda harus membawa paspor dan boarding pass penerbangan Anda saat berbelanja di dsepenuhnya gratis Bandara. Biasanya petugas bebas pajak akan menanyakan paspor pembeli sebelum mencetak tanda terima pembayaran.

3. Membandingkan harga merupakan hal yang wajib dilakukan saat berbelanja di bebas pajak Bandara

Anda dapat menemukan item dengan harga rendah di bebas pajakNamun tidak jarang kamu menemukan harga yang lebih mahal dari yang dijual di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa membandingkan harga barang yang akan Anda beli. Rugi beli barang di bebas pajakyang ternyata jauh lebih murah di Indonesia ya?

4. Menyimpan bukti pembayaran adalah suatu keharusan

Kalo udah belanja di bebas pajak, Anda harus menyimpan bukti pembayaran untuk mempermudah proses keluar masuk bandara. Anda juga harus mengisi kartu bea dan cukai dengan benar dan sesuai fakta jika membeli barang mewah di bandara jadi tidak perlu membayar denda di negara tujuan.

5. Lakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang paling tepat untuk berbelanja bebas pajak, asalkan pembeli memaksimalkan fasilitas tanpa biaya tambahan saat bertransaksi valuta asing di luar negeri.

Jika Anda harus membayar tunai, gunakan alat pembayaran dalam mata uang lokal karena jika Anda menggunakan mata uang non-lokal, nilai tukarnya mungkin tidak menguntungkan Anda.

Baca juga: Aturan Baru untuk Aktor Jastip Akan Segera Diimplementasikan

Nah, Anda sudah mengetahui panduan dan tips berbelanja barang di bebas pajak bandara, kan?

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor travel di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Pos Belanja Di Bandara Bebas Bea, Yang Harus Diketahui Dan Dihindari! muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin