Makanan spesial Idul Fitri di Indonesia bukan hanya ayam dan belah ketupat, lho! Keduanya memang bisa menjadi hidangan utama di seluruh pelosok Indonesia, tetapi itu tidak berarti menjadi satu-satunya makanan khas Idul Fitri.

Bagi mereka yang tinggal di Sumatra, ayam dan belah ketupat mungkin kehilangan popularitas dengan makanan yang sangat bervariasi dari gaya lebaran Sumatra. Begitu juga dengan yang ada di Sulawesi dan Kalimantan.

Jika Anda ingin mengetahui variasi kuliner khas Idul Fitri yang disajikan di hampir setiap rumah, lihat saja daftar di bawah ini!

1. Meat Stews (Jakarta)

Kredit gambar: @lilyminarosa

Selain telur belah ketupat dan ayam, semur daging juga merupakan makanan wajib yang disajikan di meja penduduk Betawi. Rasanya manis, gurih dan sedikit pedas tentu akan membangkitkan selera semua orang. Yang paling berkesan jika spesialisasi kuliner penduduk asli ibukota disantap dengan nasi hangat. Nyam-nyam!

2. Nangka Rebus (Medan)

Kredit gambar: @reystafauzia

Kuliner khas lebaran yang satu ini juga cukup populer di kota Medan dan sekitarnya. Bayangkan, bisa makan potongan nangka muda dikombinasikan dengan iga atau cakar dan kacang tebal yang gurih dan santan, tidak sabar untuk mencicipinya, kan?

3. Rendang (Padang)

Kredit gambar: @emmy_gho

Rendang memiliki banyak variasi, tetapi tidak ada yang dijamin renyah. Hidangan daging pedas yang menggunakan campuran berbagai rempah dan rempah menjadikan makanan khas Padang dan Minangkabau ini salah satu yang paling populer di dunia kuliner internasional. Nikmati saja saat lebaran, lho, apalagi ditambah dengan minuman segar!

4. Ayam Gagape (Makassar)

Kredit gambar: @belangaindonesia

Bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan, Ayam Gagape adalah salah satu makanan khas Idul Fitri yang harus ada di meja makan. Penampilan saus mirip dengan opor ayam, tetapi berbicara tentang rasa, itu jauh lebih gurih karena penambahan parutan kelapa parut. Ini sangat lezat!

5. Soto Banjar (Banjarmasin)

Kredit gambar: @sasmitaedo

Meskipun sering disajikan pada hari-hari biasa, Soto Banjar termasuk dalam salah satu makanan khusus Lebaran untuk penduduk Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Rasa dan isian spesial, mulai dari abon ayam asli, telur rebus, bawang goreng dan belah ketupat, dijamin akan meningkat.

6. Chicken Woku (Manado)

Kredit gambar: @doyancooking_

Hidangan ini kurang lebih sama dengan bumbu salad ayam. Meski begitu, ada ciri khas ayam Woku Manado, mulai dari rasa dan tingkat pedas dan gurih. Banyaknya bumbu dan rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan utama menjadikan makanan khas rakyat Lebanon dari Manado ini menjadi salah satu yang paling dinanti.

7. Siam Pumpkin Sayuran

Kredit gambar: @ilove_cook_and_eat

Menu pendamping saat menikmati opor ayam termasuk labu sayur siam. Di hampir seluruh Indonesia, makanan ini digunakan sebagai satu hidangan di meja makan selama Lebaran. Selain karena mudah dimasak, rasanya juga bisa diterima oleh hampir semua warga negara Indonesia. Ingin lebih pedas atau gurih? Tambahkan saja bumbu tambahan dan cabai secukupnya. Sangat lezat bukan?

8. Saus Kentang Goreng

Kredit gambar: Rumah Mesin

Jika Anda mengetik & # 39; cabai goreng & # 39; di halaman pencarian Google, ada lebih dari 2.300 resep yang bisa Anda dapatkan. Dengan campuran kentang goreng, hati, dan ampela yang lezat, makanan ini telah menjadi favorit banyak orang.

9. Betawi Ketupat

Kredit gambar: @taunyamakan

Kuliner dengan sup santan segar, terbuat dari lontong atau belah ketupat, telah menjadi salah satu makanan khas warga Betawi. Saus sayuran pedas, dengan bandeng, tahu rebus, telur dan kentang, serta tambahan udang dan getah kacang, berhasil menjadikan makanan ini sebagai makanan favorit warga Indonesia saat merayakan Idul Fitri.

10. Tanggal Kari Bebek (Aceh)

Kredit gambar: kitamuda

Apakah makanan khusus rakyat Aceh menjadikan kurma sebagai bahan utama? Sepertinya tidak. Bebek kari kurma dibuat dengan bumbu dan saus santan yang memiliki citarasa tersendiri. Ada rasa pedas, gurih dan segar, yang menjadikan makanan ini salah satu yang diburu saat Lebaran tiba.

11. Kella Pate (Madura)

Yang unik dari makanan khas Madura Lebaran asli adalah bahan yang digunakan. Jika pada umumnya orang terbiasa menggunakan daging kambing atau sapi sebagai lauk utama mereka, Kalla Pate malah menggunakan ikan tenggiri. Setelah itu ikan dimasak dengan saus santan dan bumbu dan rempah-rempah, plus Belimbing wuluh, yang membuat makanan ini memiliki rasa gurih dan asam, namun tetap enak. Lauk pauk yang paling cocok untuk dinikmati Kella Pate adalah menggunakan berlian atau kue beras.

12. Terong Lodeh (Pekalongan)

Kredit gambar: @agustinartisandy

Di wilayah Pekalongan, menu makanan ini jarang disajikan saat Lebaran. Meski begitu, lodeh terong masih diakui sebagai makanan khas warga Pekalongan. Rasanya gurih dan sedikit pedas, menjadikan makanan ini sebagai salah satu kuliner yang pas untuk disantap bersama dengan belah ketupat saat Lebaran.

13. Lepat Lau Lemang (Pontianak)

Kredit gambar: @indonesiafoodjourney

Lemang adalah makanan khas Melayu dan telah menjadi salah satu penduduk yang paling ditunggu ketika Lebaran tiba. Makanan dari beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu dan ditambah santan dan garam menjanjikan rasa gurih. Lemang paling dinikmati dengan rendang daging dan serpihan kelapa.

14. Uve Mpoi (Palu)

Kredit gambar: @ rahman.mohosidin

Bagi warga Palu, Uve Mpoi adalah makanan khusus yang wajib dimiliki, selain Kaledo tentunya. Sup sayur asam ini memiliki kandungan utama seperti jeroan sapi, mulai dari usus, hati hingga ampela sapi dan tulang rawan di bagian-bagian tertentu. Rasanya cukup mengesankan, pedas dan gurih. Nano-nano rasanya!

15. Anam (Palembang)

Kredit gambar: @etrindarmin

Anam adalah salah satu makanan khas Idul Fitri yang sering disajikan oleh warga Palembang dan sekitarnya. Mirip dengan kari, kuliner ini memiliki rasa gurih dan pas bersama dengan berlian, yang merupakan ikon makanan khas lebaran.

Baca juga: 8 Lebaran Festival 2018 di Jakarta untuk Tamasya Keluarga

Apakah Anda memiliki rekomendasi untuk makanan khas lebaran yang layak disebutkan? Mengapa tidak berbagi dan beri tahu kami makanan khas lebaran Anda.

Pos Ayo Jelajah Makanan Istimewa Idul Fitri di Indonesia muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin