Di era New Normal, maskapai AirAsia mengubah aturan dan ketentuan bagasi untuk penumpang. Perubahan dilakukan maskapai asal Malaysia ini untuk memastikan pembatasan sosial selama embarkasi dan disembarkasi.

Seperti dikutip dari situs resminya, aturan baru mengenai bagasi AirAsia berlaku untuk bagasi kabin dan bagasi terdaftar.

Untuk bagasi kabin, semua penumpang (kecuali bayi) hanya diperbolehkan membawa satu bagasi kabin ke dalam pesawat, dengan ketentuan tidak boleh melebihi ukuran tinggi 40cm x lebar 30cm x panjang 10cm, dengan berat tidak boleh melebihi 7kg.

Bagasi kabin yang dibawa juga harus muat diletakkan di bawah kursi di bagian depan penumpang. Jika bagasi tidak muat diletakkan di bawah kursi, penumpang boleh mendaftarkan bagasi tanpa biaya untuk bagasi kabin yang beratnya kurang dari 7kg. Penumpang tinggal mendaftarkan bagasi di bagian konter untuk memaksimalkan fasilitas tersebut.

Jika berat bagasi lebih dari 7kg, tambahan biaya bandara akan dikenakan untuk setiap kg berat tambahan. Pendaftaran bagasi kabin 7kg tanpa biaya akan dibedakan dari pendaftaran bagasi biasa.

Sementara untuk bagasi terdaftar, AirAsia menawarkan pilihan jatah bagasi terdaftar untuk pra-pesan, yaitu mulai dari 15kg, yang hanya tersedia untuk penerbangan domestik, 20kg, 25kg, 30kg dan 40kg. Untuk mengetahui berapa biaya bagasi terdaftar yang berlaku bisa dilihat di sini.

Penumpang yang hendak terbang menuju atau dari Amerika Serikat, AirAsia menawarkan jatah bagasi yang tersedia untuk pra-pesan dengan jumlah barang satu bagasi dengan berat maksimal 20kg dan dua bagasi dengan berat maksimal 20kg untuk setiap barang.

Jika penumpang telah membeli Paket Hemat atau terbang dengan Premium Flex atau Premium Flatbed, jatah bagasi terdaftar sudah termasuk dalam tarif.

Tips yang ditawarkan AirAsia adalah dengan memaksimalkan biaya bagasi terdaftar, yang mana paling murah di awal pembelian penerbangan. Calon penumpang dapat membuat pra-pesan nanti melalui akun Anggota BIG atau pada saat melakukan check-in web dengan harga normal. Biaya bagasi di bandara adalah yang paling mahal, jadi buat pra-pesan untuk bagasi terdaftar terlebih dahulu.

Untuk calon penumpang yang terbang dengan AirAsia India (i5), harga sudah termasuk jatah bagasi terdaftar kurang dari 20kg (hingga 31 Maret 2021).

Baca juga: Terbang 19 Juni 2020, AirAsia Baru Layani Empat Rute Domestik

Sudah tahu aturan dan ketentuan baru bagasi AirAsia, kan? Perhatikan dan pahami ya, agar tidak harus membayar biaya kelebihan bagasi, yang bisa mengurangi budget perjalanan kamu!

The post Aturan Bagasi AirAsia Berubah, Simak Ketentuan Barunya Di Sini appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin