Bagi yang ingin berlibur dan menikmati panorama alam yang indah di seluruh Indonesia, ada kabar baik untuk Anda. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memungkinkan tujuan wisata alam di Indonesia dibuka kembali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengatakan dalam teleconference virtual, Senin (22/6), tujuan wisata alam Indonesia akan dibuka secara bertahap. Pertimbangan pembukaan kembali wisata alam karena tujuan ini memiliki risiko rendah penularan Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Nasional untuk Akreditasi Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal Doni Monardo menambahkan bahwa pembukaan kawasan wisata alam akan dilakukan secara bertahap. Kawasan wisata alam Indonesia yang dibuka meliputi kawasan wisata bahari, konservasi air, wisata petualangan, taman nasional, taman wisata alam, taman hutan raya, suaka margasatwa, kawasan geopark dan non-konservasi, seperti kebun binatang, desa wisata, dan area komunitas- wisata alam yang dikelola.

"Kawasan wisata alam dapat dibuka secara bertahap dengan batas pengunjung maksimum 50 persen dari kapasitas normal," kata Doni.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga telah mengeluarkan protokol kesehatan, yang harus dipatuhi oleh semua pihak, termasuk wisatawan. Protokol kesehatan yang disetujui melalui Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07 / Menkes / 382/2020 tentang Protokol Kesehatan untuk Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Kerangka Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona 2019 disusun berdasarkan tiga masalah utama, yaitu kebersihan, kesehatan dan keselamatan. Protokol standar yang juga harus dilakukan oleh wisatawan adalah menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

Kehadiran protokol kesehatan ini diharapkan dapat mendukung rencana untuk membuka bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif secara bertahap, sehingga dapat menghidupkan kembali bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif, sektor yang paling terpengaruh oleh pandemi Covid-19.

Baca juga: Taman Nasional di Jawa Barat Menarik untuk Dijelajahi

Nah, apakah Anda siap untuk berlibur ke tujuan wisata alam terbuka Indonesia? Jika demikian, tetap ikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan, ya! Jaga kesehatan dan keselamatan Anda!

Pos Menyenangkan, Kawasan Wisata Alam di Indonesia Mungkin Dibuka! muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin