Pandemi virus korona Covid-19 memaksa pemerintah untuk "memecat" pelajar dan pekerja. Berada di zona merah dan area yang terkena dampak Keterbatasan Sosial Skala Besar alias PSBB, para pekerja harus melakukannya bekerja dari rumah, sedangkan siswa dan siswa harus belajar di rumah. Agar tetap produktif, koordinasi kerja dan proses pembelajaran dilakukan secara online, menggunakan aplikasi konferensi video atau aplikasi percakapan lainnya.

Tidak sedikit yang menggunakan aplikasi Zoom untuk saling berkoordinasi. Namun, tidak adanya jaminan keamanan privasi dari pengembang membuat banyak pengguna mempertimbangkan kembali menggunakan aplikasi ini. Untungnya, banyak aplikasi konferensi video alternatif dapat digunakan. Di bawah ini adalah sejumlah opsi.

1. Aplikasi dengan fitur berlimpah – Jitsi Meet

Kredit gambar: Jitsi

Aplikasi konferensi video gratis ini jarang dilirik, meskipun fitur yang ditawarkan berlimpah, mulai dari berbagi layar, bertukar pesan selama rapat, mengedit dokumen bersama hingga jumlah peserta yang tidak terbatas. Bahkan jika Anda tertarik untuk melakukan streaming langsung di YouTube selama pertemuan online, aplikasi ini dapat mewujudkannya.

2. Aplikasi konferensi video untuk penggantian email – Slack

Kredit gambar: Google

Slack menjanjikan banyak fitur, terutama e-mail. Selain itu, Slack memiliki layanan panggilan video dan konferensi video dengan kapasitas maksimum 15 pengguna. Tidak buruk untuk pertemuan kecil dengan tim Anda, bukan?

3. Aplikasi konferensi video dengan transfer data minimalis – GoToMeeting

aplikasi konferensi video
Kredit gambar: Google

Penggunaan data yang terlalu besar seringkali menjadi masalah bagi sejumlah orang yang melakukan pertemuan online menggunakan aplikasi konferensi video. Jika Anda ingin sedikit menghemat, Anda dapat menggunakan aplikasi GoToMeeting dan memaksimalkan Mode Komuter saat melakukan pertemuan online. Fitur aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi lain, salah satunya memungkinkan Anda membuat ruang rapat virtual Anda sendiri. Wow!

4. Cocok untuk pengguna desktop – FreeConference

aplikasi konferensi video
Kredit gambar: Google

Mereka yang melakukan pembelajaran online atau # workfromhome melalui komputer desktop dapat menggunakan FreeConference melalui browser tanpa harus menginstal aplikasi pada perangkat pembelajaran atau kerja. Tetapi untuk pengguna smartphone atau tablet, instalasi adalah wajib.

5. Aplikasi yang tepat untuk Apple Fanboy – FaceTime

Kredit gambar: Apple.com

Aplikasi ini lebih ditujukan untuk pengguna produk Apple, seperti iPhone, iPod Touch, iPad, iMac dan Macbook. Namun, aplikasi konferensi video ini memiliki beberapa fitur yang mendukung minat bisnis karena lebih cocok untuk pertemuan tatap muka online kasual. Menyenangkan, banyak filter dan emoji menarik untuk dibagikan.

6. Aplikasi sejuta orang – Whatsapp

Salah satu aplikasi percakapan yang paling sering digunakan adalah WhatsApp dan salah satu fitur yang dimilikinya adalah dapat mengadakan konferensi video hingga 16 orang. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki fitur untuk keperluan bisnis, seperti berbagi dokumen dan tidak dapat digunakan menggunakan komputer.

7. Aplikasi untuk semua – Google Duo

Aplikasi konferensi video
Kredit gambar: Google

Salah satu platform dari Google yang mampu mengundang maksimal 12 peserta. Aplikasi pertemuan online ini juga tersedia untuk perangkat Androis, iOS, tablet, dan situs web.

8. ngehits aplikasi konferensi video – Skype

Aplikasi pertemuan online ini adalah salah satu aplikasi paling populer untuk pertemuan jarak jauh. Aplikasi ini dapat digunakan hingga 25 orang dan dapat diakses menggunakan smart seluler, PC ke smart TV.

9. Aplikasi dengan antarmuka pengguna sederhana – Google Hangouts Meet

aplikasi konferensi video
Kredit gambar: Google

Aplikasi ini terhubung dengan layanan Google lainnya, yang berarti dapat mendukung kegiatan belajar dan kerja Anda. Selain antarmuka pengguna yang mudah dan sederhana, ada juga fitur obrolan dan dapat digunakan untuk setiap perangkat yang Anda miliki.

10. Cocok untuk pecinta Microsoft – Microsoft Tim

aplikasi konferensi video
Kredit gambar: Google

Aplikasi ini adalah pengganti untuk layanan Skype for Business, yang menampilkan konferensi video, pesan instan, telepon, dan pemrosesan dokumen. Aplikasi ini juga telah terhubung dengan layanan Microsoft Office 365, tersedia untuk perangkat komputer, smartphone, dan tablet. Tetapi untuk mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan aplikasi ini, ada harga yang harus dibayar.

11. Pemasangan untuk bisnis skala besar – Cisco Webex

aplikasi konferensi video
Kredit gambar: Google

Salah satu penyedia layanan konferensi video terbaik karena menawarkan kualitas gambar yang baik selama "rapat". Aplikasi ini cocok untuk bisnis skala besar dengan sejumlah besar karyawan yang memprioritaskan kualitas suara yang bagus.

12. Aplikasi konferensi video paling populer (saat ini) – Zoom Cloud Meeting

aplikasi konferensi video
Kredit gambar: Google

Banyak fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini, dari konferensi video, konferensi audio, obrolan langsung, rekaman rapat, hingga webinar.

Baca juga: 3 Aplikasi Penerjemah Untuk Wisatawan Perlengkapan Liburan Di Luar Negeri

Aplikasi ini tidak hanya berguna ketika #workfromhome dan #studyfromhome, Anda tahu, tetapi juga dapat menjalin pertemanan dengan keluarga dan teman yang jauh bersama. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, Anda hanya perlu memastikan koneksi internet Anda terhubung dengan baik saat menggunakan aplikasi di atas, ya!

Aplikasi Video Conference, 12 Opsi yang Dapat Anda Gunakan Saat WFH muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin