Tak bisa dipungkiri, Yogyakarta dan Bandung menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Kedua kota ini hampir selalu dipenuhi wisatawan saat libur panjang. Jogja dan Bandung memang menjadi tujuan wisata yang digemari banyak orang. Termasuk kamu kan?

Namun, jika diminta memilih antara Jogja dan Bandung, destinasi mana yang ingin Anda kunjungi pada jadwal liburan Anda selanjutnya? Apakah Jogja yang identik dengan kota pelajar, kota hangat dan kota budaya? Atau Bandung yang populer dengan sebutan kota kembang dan Paris van Java?

Untuk membantu kamu menentukan destinasi mana yang ingin kamu tuju, tak ada salahnya mencermati berbagai alasan untuk mengunjungi salah satu Bandung dan Jogja.

1. Destinasi Wisata Top di Bandung dan Jogja

Bandung dan Jogja bisa dikatakan memiliki banyak kesamaan. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dipilih, dari yang Instagrammable, bertema alam, budaya hingga struktur bangunan yang keren dan unik. Mau tau apapun? Simak daftarnya di sini.

Bandung

Kawah putih instagenik | Kredit gambar: @laderricks

Banyak destinasi wisata populer di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Bagi yang membawa anak, Trans Studio Bandung, Farm House Susu Lembang, untuk Kebun Binatang Bandung Anda dapat mengunjungi. Sementara spot hits sebagai Gedung Sate, Gunung Tangkuban Perahu untuk Masjid Agung Bandung juga sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Gratis di Bandung yang Sangat Instagramworthy

Jogja

Wisata Bandung, Jogja
Candi Sewu (kiri atas), Candi Bubrah (kiri bawah) dan Candi Prambanan (kanan) | Kredit gambar: @mdbakta_kardana (kiri atas), @goojerjayanto (kiri bawah) dan @novemlawalata (kanan)

Kota yang hangat juga tidak kalah dengan banyak destinasi wisata yang luar biasa. Dari Pantai Parangtritis, untuk Kaliurang banyak sekali spot asyik yang bisa dikunjungi. Monumen Tugu Jogja, Keraton Jogja untuk Alun-Alun Kidul Jogja pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda, bukan? Bagi yang tertarik dengan wisata alam, Taman Wisata Kaliurang untuk Hutan Pinus Pengger bisa menjadi gelar Anda.

Baca juga: Tempat Wisata Jogja Terbaru 2020 Menunggu Dikunjungi!

2. Wisata Belanja di Bandung dan Yogyakarta

Bepergian tanpa berbelanja sepertinya ada yang kurang, bukan? Ingin belanja saat liburan di Bandung atau Jogja, sudah tahu mau kemana?

Bandung

Belanja di berbagai FO sepertinya sudah masuk dalam itinerary wisata ke Bandung, bukan? | Kredit gambar: @heritage_fo

Jika ingin mencari produk fesyen, Anda bisa banyak bereksplorasi factory outlet di daerah Jalan Dago dan KEMBALI. Jalan Martadinata. Sedangkan untuk oleh-oleh ada bolen Kartika Sari atau Brownies Prima Rasa.

Anda juga bisa berkunjung Pasar Terguncang Gasibu setiap hari Minggu. Sementara Sentra Kaos Suci (Skoci) adalah judul yang tepat untuk mereka yang berburu kaos. Banyak, bukan?

Baca juga: 15 Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Bandung Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Jogja

Wisata Bandung, Jogja
Pasar Beringharjo | Kredit gambar: @essonsih

Bagi yang ingin belanja di Jogja, Pasar Beringharjo Ini bisa menjadi tujuan untuk menemukan banyak barang, mulai dari produk fashion hingga kerajinan tangan. Begitu pun jika Anda mencari Jalan Malioboro dengan banyak pedagang kaki lima di kiri-kanan jalan.

Minggu Pagi UGM juga bisa menjadi tempat belanja anda terutama di hari minggu. Bagi yang ingin berburu barang bekas, Pasar Senthir dan Pasar Klithikan harus ditujukan. Selain itu, masih banyak lagi yang bisa kamu kunjungi lho!

Baca juga: 10 Pasar Ikonik Di Jogja Untuk Dikunjungi Wisatawan Berbelanja

3. Tur kota di Bandung dan Yogyakarta

Cuma semangat riwi di Bandung dan Jogja juga asyik lho! Banyak sekali destinasi yang bisa dijangkau, tanpa harus mengeluarkan uang sangat memungkinkan. Lihat tujuan mana yang dapat Anda tuju!

Bandung

Bandros Fun | Kredit gambar: @annerupaendah

Ada banyak cara untuk melakukan ini wisata kota di Bandung. Cara paling asyik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Bandros, bus wisata yang melayani rute keliling kota Bandung.

Anda juga bisa berjalan kaki menyusuri jalanan ikonik kota Bandung, seperti Jalan Braga, Dago dan sekitarnya. Dijamin seru, lho!

Baca juga: Aktivitas wisata di Braga, Bandung yang menarik untuk dilakukan

Jogja

Wisata Bandung, Jogja
Titik nol Jogja (atas) dan Jalan Malioboro yang ikonik | Kredit gambar: @arif_josselalu

Di Jogja pun bisa wisata kota. Apakah Anda paling tahu cara melakukannya? Menggunakan kereta kuda. Anda bisa menyusuri jalan Malioboro, menjelajahi lingkungan Keraton, berkeliling Alun-alun Kidul dan memasuki kawasan kampus UGM.

Jika ingin berjalan kaki, menyusuri Jalan Urip Sumoharjo, kawasan Kota Baru, Jalan Jend Sudirman, Jalan Mangkubumi dan, tentunya Jalan Malioboro merupakan area yang asyik untuk dinikmati.

Baca juga: Itinerary Wisata Jogja 4H3M Untuk Kunjungan Pertama Anda

4. Wisata kuliner di Bandung dan Jogja

Kuliner di Bandung dan Jogja memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Di Bandung rasa makanan yang disajikan lebih bervariasi, namun di Jogja cenderung manis. Buat kamu yang tertarik menikmati kuliner Bandung atau Jogja saat memutuskan untuk mengunjungi salah satu kota tersebut, berikut adalah rekomendasi menarik untuk dikunjungi.

Bandung

Wisata Bandung, Jogja
Warung Nasi Legendaris Bu Eha | Kredit gambar: @kertaskartu (kiri) dan @gemarngopi (kanan)

Nasi timbel dan nasi tutug oncom bisa jadi pilihan menarik untuk dicoba sambil menikmati makanan khas Bandung. Namun, jika Anda hanya ingin mencicipi siomay dan batagor Bandung, ada banyak tempat yang bisa dicoba.

Baca juga: 8 Makanan Khas Bandung Dan Tempat Untuk Mencobanya

Jogja

Sate Klatak Pak Pong | Kredit gambar: @gendut kulineran (kiri), @gamarosi_ (tengah), @jogjabikinlaper (kanan)

Gudeg merupakan kuliner khas yang identik dengan jogja, dan ada banyak sekali lokasi untuk mencobanya. Selain itu anda juga bisa mencoba Sate Klatak di Imogiri ke berbagai kuliner angkringan tersebar di seluruh Yogyakarta. Pilih yang mana?

Baca juga: Berburu Sate Klatak di Jogja untuk Wisata Kuliner Spesial Anda

5. Pilihan transportasi umum di Bandung dan Yogyakarta

Jika Anda memutuskan untuk datang ke Bandung dan Jogja dengan menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api atau bus, Anda tetap bisa berkeliling kota menggunakan fasilitas transportasi umum yang ada.

Bandung

Di Bandung, Anda masih bisa menjumpai angkutan umum berupa angkutan umum. Ada banyak rute yang bisa dipilih, tergantung ke mana Anda ingin pergi.

Selain angkutan umum, sejumlah layanan ojek online juga tersedia. Layanan taksi online dan argo masih bisa ditemukan di Bandung. Jadi Anda bisa memutuskan sendiri transportasi apa untuk bepergian.

Jogja

Di Jogja tersedia bus Trans Jogja yang bisa kamu pilih dengan jumlah rute tertentu. Harga tiketnya juga relatif terjangkau, Rp 3.500 sekali naik, atau Rp 2.700 untuk tarif pelanggan.

Bagi yang ingin lebih private bisa memilih ojek online hingga ojek online maupun ojek konvensional. Mana yang Anda pilih?

Kesimpulan Tripzilla Indonesia untuk Bandung vs Jogja

Wisata Bandung, Jogja

Destinasi wisata yang dimiliki Bandung dan Jogja kurang lebih sama. Namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki Jogja yaitu destinasi wisata dengan nuansa alam yang lebih lengkap, mulai dari pegunungan hingga pantai, sedangkan Bandung tidak memiliki pantai.

Namun cakupan pariwisata di Bandung bisa dikatakan lebih kecil dan lebih dekat satu sama lain jika dibandingkan dengan yang ada di Jogja. Ini akan sangat mempengaruhi waktu dan biaya perjalanan.

Kalau menilik bujet keseluruhan, Jogja mungkin lebih bisa jadi pilihan. Siapapun bisa tahu bahwa biaya hidup di Jogja sangat terjangkau jika dibandingkan dengan Bandung, baik dari segi makan, transportasi hingga barang dagangan yang bisa dibeli, sedangkan akomodasi relatif sama.

Apakah Anda sudah tahu mana yang akan Anda pilih untuk destinasi wisata Anda setelah periode PSBB dan PPKM berakhir? Ingatlah untuk tetap berpegang pada protokol kesehatan, ya!

Kiriman Antara Bandung dan Jogja, Di Mana Kamu Memilih Wisata? muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin