Jika membayangkan Depok, mungkin hal pertama yang teringat olehmu adalah kampus Universitas Indonesia. Tapi, bukan hanya tempat belajar, Depok juga menawarkan beragam pilihan tempat wisata alam yang menarik untuk kamu kunjungi. Tidak cuma keasrian pemandangan, ada pula berbagai aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama teman-teman maupun keluargamu di sana. Beberapa tempat pilihan TripZilla di bawah ini dapat kamu kunjungi di akhir pekan atau sepulang bekerja, sama asyiknya kok!

1. Wisata alam sekaligus edukasi untuk semua usia di D’Kandang Amazing Farm

Image credit: D’Kandang Amazing Farm

Ingin jalan-jalan meningkatkan quality time bersama anak-anak? D’Kandang Amazing Farm adalah pilihan tempat wisata alam di Depok yang cocok untukmu. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di sini, seperti outbound, memanen sayuran, bermain ATV, belajar memanah sampai membuat aneka kerajinan tangan.

D'Kandang Amazing Farm | tempat wisata alam Depok
Image credit: D’Kandang Amazing Farm

Jadi tidak cuma anak-anak, orang dewasa pun bisa menghabiskan waktu dengan seseruan di sini lho! Pengelola tempat ini juga menyediakan berbagai paket acara menarik yang bisa kamu cek di website resminya.

Alamat: Jl. Penarikan RT.01/RW.02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Depok
Jam Buka: Senin – Kamis dan Sabtu pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, Minggu pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

2. Temukan spot selfie yang unik di Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika
Image credit: Kanzia

Nama Wiladatika merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Taman ini memang terletak dekat dengan Bumi Perkemahan Cibubur. Jika berkunjung ke sini, kamu dapat melihat berbagai lokasi yang menarik misalnya spot unik untuk berfoto, taman bunga, permainan perahu air dan becak mini serta kolam renang. Kenakan baju yang nyaman untuk mengeksplorasi seluruh sisi taman. Tempat wisata alam di Depok ini juga dapat digunakan sebagai lokasi foto atau syuting dengan tarif tertentu yang bisa kamu cek ke pengelola.

Alamat: Jl. Jambore 1, Kel. Harjamukti, Cimanggis, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

3. Menikmati cuaca yang cerah sambil memancing di Godong Ijo

Godong Ijo | tempat wisata alam depok
Image credit: Godongijo

Godong Ijo mempunyai kolam pemancingan seluas 5000 meter persegi yang bisa bikin kamu penggemar mancing betah nongkrong di sini. Ada aneka paket memancing yang tersedia seperti predator fish, family fishing dan corporate fishing. Kalau kamu lapar setelah memancing, Godong Ijo juga mempunyai restoran yang menyajikan hidangan khas Sunda untuk mengisi perutmu. Tetapi kalau kamu ingin datang berombongan bareng geng atau keluargamu, Godong Ijo juga menyediakan paket kegiatan kelompok dengan tema kerajinan tangan, tata boga serta sains dan teknologi. Penasaran? Cek detilnya di website resminya ya!

Image credit: Godongijo

Alamat: Jl. Cinangka Raya KM 10 No.60, Serua, Bojongsari, Depok
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 09.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 65,000 IDR

4. Tidak cuma pohon yang ada di Kampung 99 Pepohonan

Image credit: Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan dirintis dengan tujuan mewujudkan udara yang lebih bersih sehingga lingkungan menjadi lebih sehat dengan menanam banyak pohon. Kini, kawasan ini tidak hanya menawarkan keasrian namun juga berbagai hiburan untuk pengunjungnya. Jika datang ke sini, kamu bisa menikmati fasilitas outbound, kolam renang atau belajar beternak.

Kampung 99 Pepohonan | tempat wisata alam depok
Image credit: Kampung 99 Pepohonan

Kalau ingin lebih lama menikmati suasananya, cobalah bermalam di rumah penginapan yang disediakan pengelola. Untuk sekadar berjalan-jalan di Kampung 99 Pepohonan ini, kamu tidak akan dikenakan biaya. Uniknya, jika kamu ingin mencoba aktivitas atau bermalam, kamu dapat membayar dengan harga mulai dari satu bibit pohon. Nggak sekedar bersenang-senang, kamu bisa ikut menghijaukan lingkungan kalau berlibur ke sini!

Alamat: Jl . KH . Muhasan II , Meruyung , Limo , Depok
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

5. Jangan takut kotor kalau berwisata ke Pondok Zidane

Pondok Zidane | tempat wisata alam depok
Image credit: Pondok Zidane

Berkemah di Depok? Bisa kamu lakukan salah satunya di Pondok Zidane ini. Nggak hanya camping ground, tempat wisata di Depok ini juga memiliki fasilitas penginapan, outbound, aula serbaguna, lapangan, kolam pemancingan, wahana bermain anak-anak dan agro wisata. Pondok Zidane ini pas banget untuk anak-anak tetapi cocok juga untukmu yang mengidamkan suasana pedesaan dan ingin merasakan asyiknya berkuda atau merasakan adrenaline rush di wahana outbound. Untuk oleh-oleh, kamu pun bisa membeli aneka tanaman hias yang ada di sekitar Pondok Zidane. Cek websitenya untuk informasi lebih lanjut mengenai paket kegiatan dan penginapan yang ada di sini.

Alamat: Jl . Kekupu Blok Porek 1 No . 32 , Bedahan , Sawangan , Depok
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 40,000 IDR

6. Jalan-jalan gratis menyejukkan mata di Taman Universitas Indonesia

Taman ini terletak dalam kompleks Universitas Indonesia, yang pernah dinobatkan sebagai kampus terhijau di Indonesia. Kamu bisa menemukan berbagai jenis tumbuhan lengkap dengan keterangan asal usulnya. Taman ini juga populer sebagai lokasi jogging dan bersepeda karena siapa sih yang tidak suka melihat keindahan pepohonan sambil menghirup udara segar? Kamu bisa menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan gratis sambil mengabadikan diri di sudut-sudutnya yang cantik. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya!

Alamat: Kampus UI, RW.3, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Mengamati kuda-kuda yang cantik dan pandai di Pacuan Kuda Arthayasa

Arthayasa Stables | tempat wisata alam depok
Image credit: Arthayasa Stables

Kalau kamu ingin mengisi waktumu dengan pengalaman yang tidak biasa, datanglah ke pacuan kuda ini. Rimbunnya pepohonan akan menimbulkan suasana nyaman dan adem, namun kamu pasti akan terpesona dengan kuda-kuda yang terpelihara di sini. Kalau gemas dan ingin bisa mengendarai kuda dengan baik, kamu bisa mendaftarkan diri di kelas-kelas yang ada.

Image credit: Arthayasa Stables

Selain kuda pacu, ada pula kuda poni yang bertubuh lebih pendek dan menggemaskan lho! Fasilitas lain seperti taman bermain anak-anak, kolam renang dan kafe juga ada di sini. Jadi setelah melihat kuda-kudanya, kamu bisa melanjutkan dengan nongkrong cantik di kafenya nih!

Alamat: Jl. Bulak Tengki/Kp. Grogol No. 10, Limo, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 12.00 WIB dan 14.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

8. Berkumpul santai menghabiskan sore hari di Situ Rawa Besar

Situ Rawa Besar Lio | tempat wisata alam depok
Image credit: Keandra Mazaya Fasha (kiri), Darrell (kanan)

Situ Rawa Besar Lio merupakan tempat yang populer bagi warga Depok. Kalau kamu ingin menikmati pemandangan air yang tenang sambil jajan, di sinilah tempatnya. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa dicoba seperti perahu bebek dan tempat memancing. Kalau ingin mengganjal perut, banyak warung-warung dibuka di sini. Kawasan ini cukup tertata rapi dan sudah ada jalur pejalan kaki juga. Boleh dicoba untuk sejenak melihat pemandangan sambil menaiki perahu, serasa kembali ke masa kecil deh!

Alamat: Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

9. Berkunjung ke Danau Kenanga di Universitas Indonesia yang kondang

Image credit: Debby

Satu lagi lokasi yang tersohor di Universitas Indonesia, yaitu Danau Kenanga. Bisa diakses oleh publik, kamu boleh duduk-duduk di sini sambil mengobrol atau mencari inspirasi. Keasrian danau dan air yang tenang ampuh untuk menghilangkan galaumu. Ada jalur pejalan kaki juga sehingga tempat ini memang nyaman banget untuk dikunjungi. Namun tetap ingat untuk menjaga kebersihan, dan sebaiknya kamu tidak memancing di sini supaya ikan-ikan di dalamnya tetap lestari!

Alamat: Jalan Prof. DR. Mahar Mardjono, Beji, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Berwisata sehat dan menambah wawasan di Taman Herbal Insani

Taman Wisata Herbal Insani
Image credit: Taman Wisata Herbal Insani

Ajak keluarga dan temanmu berkunjung ke sini, karena selain asri dan enak dipandang, kamu juga bisa mengenal berbagai tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Taman ini memang didirikan dengan tujuan untuk memperkenalkan manfaat tanaman herbal, cara menanam dan juga mengolahnya. Tidak hanya itu, di Taman Herbal Insani ada pula fasilitas kolam renang, wahana rakit, tempat latihan memanah dan arena hewan. Kamu bisa membeli makanan untuk diberikan kepada kelinci, burung atau ikan. Untuk melihat fasilitas lengkapnya, kamu bisa mengecek langsung di website resminya.

Alamat: Jalan Kampung Kondang No. 26, Duren Seribu, Bojongsari, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

11. Nongkrong di Setu Sawangan yang hits di Depok

Setu Sawangan | tempat wisata alam depok
Image credit: Dony Agung Kurniawan

Depok memang terkenal dengan setu atau danau-danaunya dan Setu Sawangan adalah salah satu yang juga populer. Kamu bisa membawa alat pancing ke sini karena Setu Sawangan terkenal kaya dengan ikan-ikannya seperti ikan gurame, mas, mujair maupun gabus. Selain itu, pemandangan di tempat wisata bernuansa alam di Depok ini pun indah sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama. Nikmati juga wahana berperahu agar kamu puas menyusuri sisi-sisi setu sambil mengobrol. Di sini juga sudah banyak penjaja makanan, jadi urusan perut juga dijamin aman deh!

Alamat: Sawangan Lama, Sawangan, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

12. Menghirup udara segar di Cagar Alam Tahura Pancoran Mas

Image credit: Dwi_Puji

Taman hutan raya atau Tahura ini memiliki luas  kurang lebih 30 hektar dan merupakan kawasan konservasi. Tujuan dibuatnya Tahura Pancoran Mas selain untuk rekreasi, juga untuk mencegah banjir dan menyediakan air tanah. Maka kalau berwisata ke sini, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak memetik tumbuhan ya! Selain matamu disegarkan dengan keasrian floranya, kamu juga dapat menemukan aneka jenis burung, katak, biawak, musang bahkan ular. Bayangkan segarnya kalau kamu datang ke sini pada pagi atau sore hari. Selain cantik, suara burung yang bersahutan juga ampuh untuk mengobati kepenatanmu lho!

Alamat: Jl. Raya Cagar Alam, Kec. Pancoran Mas, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

13. Berkumpul di lapangan Tanah Merah Cipayung yang serasa di gurun

Image credit: Nurjihansyah  (kiri), Muhammad Fikri (kanan)

Tanah Merah Cipayung terkenal karena jika dari kejauhan, terlihat seperti padang gurun di Mesir. Lapangannya menjadi tempat nongkrong anak-anak muda yang terkenal di Depok. Apalagi kalau kamu datang dengan mobil jip maka kamu bisa mendapatkan nuansa yang instagenik. Selain mobil, banyak juga komunitas sepeda motor yang gemar berkumpul. Jika kamu datang di pagi hari dan cuaca cerah, kamu juga bisa melihat pemandangan gunung dari lapangan ini. Pilih suasana yang kamu inginkan sesuai dengan seleramu di sini!

Alamat: Jl. Desa Cipayung Raya No.5, Cipayung Jaya, Kec. Cipayung, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

14. Mengamati aneka keramik cantik sekaligus mengikuti workshop di Rumah Keramik F. Widayanto

Image credit: Mat Khery (kiri), F. Widayanto Gallery (kanan)

Salah satu seniman keramik Indonesia, F. Widayanto,  membuka galeri, restoran dan guest house yang penuh dengan koleksi keramik buatannya. Kamu akan puas menikmati keindahan seni keramik di tempat seluas 1,5 hektar dengan tujuh bangunan ini. Sering juga diadakan workshop yang berlokasi di salah satu pendopo di kompleks Rumah Keramik. Kalau kamu nggak ingin pulang saking terpesonanya, kamu juga bisa lho menginap di sini! Tersedia penginapan berbentuk rumah panggung yang dapat disewa dengan harga mulai dari 400,000 IDR per malam. Unik dan jarang ditemui di tempat lain kan?

Alamat: Jl. Curug Agung No. 1 Tanah Baru, Beji, Depok
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: 10 Kuliner Malam Bogor Paling Enak Untuk Isi Perut Keroncongan

Nah, setelah tahu banyak tempat wisata menarik ini, jangan lupa untuk memasukkan Depok ke jadwal rekreasimu berikutnya, ya!

The post Aneka Pilihan Tempat Wisata Alam di Depok yang Seru dan Menarik appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin