Siapa sih yang tidak pernah liburan ke Bali? Seru, menyenangkan, dan pastinya banyak membangkitkan kenangan dan suka cita, kan? Tapi, apakah kamu pernah melanjutkan petualangan dan wisata ke Nusa Lembongan?

Nusa Lembongan merupakan pulau kecil yang masuk dalam wilayah Nusa Penida. Pulau ini bisa ditempuh dengan menggunakan perahu penyeberangan dari Sanur, Bali dengan lama perjalanan kurang lebih 30 menit. Terdapat enam dusun dan 12 banjar adat di pulau kecil ini, dan segudang destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Karena itulah Nusa Lembongan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi jika ingin mencari liburan alternatif selain Bali.

Ingin tahu aktivitas wisata apa saja yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan dan keseruan yang bisa didapatkan untuk liburan penuh kenangan di Bali? Simak semuanya di sini, ya!

Cara menuju Nusa Lembongan

Image credit: Tito Rebellious

Untuk menuju ke Nusa Lembongan, cara yang banyak dipilih adalah dengan menggunakan kapal penyeberangan dari pelabuhan Benoa atau Pantai Sanur. Setidaknya ada empat jenis kapal yang bisa dipilih, yaitu kapal pesiar yang mewah dengan fasilitas hiburan yang lengkap, termasuk tur wisata ke Nusa Lembongan. Kemudian ada fast cruiser yang memiliki empat waktu keberangkatan, dari jam 10.00, 12.00, 14.00 dan 17.30 dengan harga tiket 300,000 IDR untuk perjalanan pergi dan 500,000 IDR untuk perjalanan pergi pulang.

Dua opsi lainnya adalah dengan menggunakan perahu tradisional dengan harga tiket 100,000 IDR untuk satu kali perjalanan dengan lama tempuh 90 menit, dan speed boat dengan harga tiket 175,000 IDR untuk satu kali perjalanan dengan lama tempuh 35 menit.

Adapun pelabuhan yang dituju di Nusa Lembongan adalah pelabuhan Jungut Batu atau Mushroom Bay. Jungut Batu bisa dipilih karena merupakan pusat untuk mendapatkan akomodasi, restoran dan banyak lagi lainnya di Nusa Lembongan.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan

Berkeliling pulau dengan motor

Image credit: Aussie Assault

Nusa Lembongan memang bukanlah pulau yang besar, tapi untuk bisa menikmati pemandangan dan keseruan di sana tetap dibutuhkan transportasi yang asyik. Menggunakan motor bisa menjadi pilihan yang pas.

Ada banyak rute jalan di pesisir pantai yang bisa dijelajahi dengan menggunakan motor. Kamu bisa melihat banyak petani rumput laut mengembangkan lahannya, menikmati pemandangan laut yang rupawan atau bahkan merasakan langsung asyiknya bertemu dengan warga lokal.

Image credit: Dean McQuade

Kamu juga bisa menuju ke Devil’s Tears yang terkenal di Nusa Lembongan, menuju Jembatan Kuning dan menyeberang ke Nusa Ceningan, menjelajah ke pantai tersembunyi dan Blue Lagoon, melihat para penantang maut melompat dari tebing di Mahana Point dan masih banyak destinasi wisata lain yang bisa dituju. Karena tidak ada angkutan umum di pulau ini, motor menjadi pilihan terbaik untuk berkeliling Nusa Lembongan.

Surfing, snorkeling dan banyak aktivitas air lainnya

Banyak pantai dengan ombak yang asyik di Nusa Lembongan yang bisa dikunjungi, dan dinikmati langsung dengan mengendarainya. Bagi yang bisa berselancar, mengendarai ombak di sini sangat mungkin untuk dilakukan.

aktivitas wisata nusa lembongan
Image credit: David Henrichs

Perairan di Nusa Lembongan juga terkenal dengan kejernihannya. Karena alasan itu, aktivitas wisata diving dan snorkeling sangat memungkinkan untuk dilakukan di Nusa Lembongan. Apalagi kondisi koral, karang dan biota laut yang masih alami banyak ditemui di Nusa Lembongan. Coba kunjungi Shipwrecks, Playground atau Lacerations untuk menikmati alam bawah laut Nusa Lembongan.

Kamu juga bisa melakukan paddleling dengan paddleboard, menikmati alam laut Nusa Lembongan dari permukaan. Pantai Jamur bisa menjadi destinasi yang dikunjungi untuk aktivitas ini, atau pantai Jungut Baru. Jika ingin yang sedikit berbeda, kamu bisa paddleboarding di tengah hutan mangrove di sisi utara Nusa Lembongan, melihat langsung keberada burung dan binatang lain yang tinggal di sana.

Berenang bersama manta

aktivitas wisata nusa lembongan
Image credit: Stef Bemba

Salah satu aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan adalah berenang bersama manta. Dengan tetap melakukan “physical distancing“, berenang bersama pari bisa sangat menarik untuk dilakukan di Manta Point.

Selain bertemu manta, kamu juga bisa melihat langsung dasar laut yang memiliki lanskap menakjubkan di sini. Namun, harus diwaspadai, arus air di wilayah ini cukup kuat, jadi bagi yang kurang berpengalaman berenang di air terbuka harus mendapat pendampingan, ya!

Menyatu dengan budaya lokal

Selalu menjadi hal yang asyik bisa mengetahui dan ambil bagian dalam kearifan lokal dan berinteraksi dengan warga lokal menjadi salah satu aktivitas wisata seru yang wajib dilakukan di Nusa Lembongan. Dengan keberadaan enam dusun dan 12 banjar adat yang tersebar di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, ada banyak destinasi yang bisa dituju.

Desa Batu Karang bisa menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dijelajahi, pun demikian dengan Desa Jungut Batu. Kamu bisa melihat sistem peringatan dini yang dimiliki desa tersebut, komplek pemakaman dan sistem kremasi, bahkan mengetahui perubahan struktur keluarga di Bali, dan tentunya upacara adat yang dilakukan. Dijamin seru!

Pesta di pulau tropis

Nusa Lembongan juga memiliki banyak tempat bersantai dan berpesta, seperti bar & pub, beachclub dan banyak lagi lainnya. Untuk menyemarakkan suasana, tidak jarang dihelat pesta di pinggir pantai untuk memanjakan wisatawan.

Kamu bisa menuju ke salah satu tempat tersebut untuk bersantai, bertemu dengan wisatawan lain, menikmati minuman penuh rasa dan sensasi, bahkan mencoba kuliner yang disediakan. Tertarik?

Baca juga: 7 Lokasi Prewedding Cantik Nusa Penida & Nusa Lembongan

Banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan, bukan? Tunggu apalagi, langsung agendakan liburan kamu ke pulau tropis nan eksotis ini!

The post Aktivitas Wisata Di Nusa Lembongan Untuk Liburan Penuh Kenangan appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin