Apa yang membuatmu memiliki kenangan mengesankan akan Bandung? Makanannya? Tempat wisatanya? Suasananya? Atau segala keseruan dan aktivitas wisata seru di Jalan Braga di pusat Kota Bandung?

Ya, percaya atau tidak, banyak keseruan yang bisa dirasakan dan didapatkan di Jalan Braga, yang memiliki panjang sekitar satu kilometer tersebut. Dari gedung-gedung ikonik dengan gaya artdeco hingga kafe dan coffee shop eksentrik dengan sajian menu yang istimewa, bahkan sekadar bangku di pinggir jalan yang cozy di atmosfer yang asyik membuat Jalan Braga menjadi salah satu spot mengesankan untuk menikmati setiap aktivitas dan keseruan, termasuk untuk berkegiatan wisata di dalamnya.

Tapi, tidak semua orang tahu betapa menariknya Jalan Braga di Kota Bandung, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di sini, destinasi wisata yang bisa dinikmati, bahkan keseruan yang ditawarkan untuk bisa dirasakan sepanjang hari. Jika kamu termasuk salah satu orang tersebut, tidak ada salahnya melihat referensi kegiatan dan aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Jalan Braga, Bandung ini. Cekidot, ya!

1. Menjelajah bangunan penuh sejarah

Societeit Concordia atau Gedung Merdeka | Image credit: thisinbalitimur | wisata di braga
Societeit Concordia atau Gedung Merdeka | Image credit: thisinbalitimur

Jalan yang dulunya dinamai “De meest Eupoeesche winkelstraat van Indie“, yang bila diterjemahkan menjadi jalan perbelanjaan bangsa Eropa terkemuka di Hindia Belanda ini memiliki banyak peninggalan gedung-gedung bersejarah. Karenanya, aktivitas wisata asyik yang bisa dilakukan di Braga antara lain menjelajahi bangunan penuh histori tersebut.

Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Museum Konferensi Asia Afrika, yang berada di persimpangan Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika. Societeit Concordia, yang berada di sebelah Museum KAA, juga menarik untuk dikunjungi, mengingat tempat yang kini dinimai sebagai Gedung Merdeka itu merupakan spot gaulnya kaum elit Eropa di Bandung pada masa silam.

Menyusuri Jalan Braga juga menarik karena di kiri dan kanan, kawasan Kota Tua di Bandung ini menghadirkan beragam gedung dengan gaya artdeco.

2. Menikmati taman nan asri di sepanjang Braga

Di persimpangan Jalan Braga dan Jalan Naripan, kamu bisa menjumpai Taman Braga yang asyik untuk dijadikan lokasi bersantai atau melepas penat. Ada sejumlah pedagang kaki lima yang bisa menjadi jujukan kamu berwisata kuliner ringan.

Cikapundung Riverspot | Image credit: Info Bandung

Selain Taman Braga, kamu juga bisa menuju ke Plaza Cikapundung Riverspot untuk bersantai. Di sini, pemandangan sungai Cikapundung menjadi daya tariknya dengan suasana yang adem dan asri.

Satu lagi taman yang asyik untuk dikunjungi, yaitu Taman Balai Kota Bandung Tidak hanya menjadi tempat yang asyik untuk bersantai, taman ini juga memiliki sejumlah hiburan seperti air mancur dan patung dengan taman yang tertata rapi, menyejukkan mata yang memandangnya. Taman ini berada di persimpangan antara Jalan Braga, Jalan Wastukencana dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

3. Berburu minuman di sepanjang Braga

Jalan Braga memiliki banyak destinasi wisata kuliner untuk dikunjungi. Untuk kafe maupun coffee shop, ada banyak tempat yang bisa dituju. Kopi Magma di gedung Bandung Creative City Forum adalah salah satunya, di mana kamu bisa menikmati kopi dengan suasana saung persawahan.

wisata di braga
Braga Huis & Hangover (kiri), Warung Kopi Limarasa (tengah) dan Kopi Magma (kanan) | Image credit: Beni Wibisono (kiri), Ammar (tengah), bl4cknikon (kanan)

Braga Huis dan Hangover adalah dua tempat lain yang bisa kamu kunjungi untuk menyesap secangkir kopi, atau menikmati sajian lainnya. Warung Kopi Limarasa pun tidak boleh dipandang sebelah mata karena menu yang ditawarkan beragam, dari nasi goreng hingga kopi.

Masih ada La Baraga Cafe dan Braga Punya Cerita yang juga tidak boleh dilewatkan. Bagi yang ingin bersantai ditemani minuman yang sedikit berbeda, Fresh Beer Braga bisa menjadi jujukan kamu.

4. Menikmati penyetan hingga bakery di Braga

Ulen Sandwich, French Bakery hingga Sumber Hidangan adalah destinasi wisata kuliner yang harus dituju jika kamu ingin menikmati kue atau roti untuk bekal wisata di Braga, atau di Bandung. Banyak varian rasa, jenis dan kue yang bisa dipilih.

sumber hidangan wisata di braga
Sumber Hidangan | Image credit: Yohan Hapdijaya

Khusus untuk Sumber Hidangan, toko ini termasuk salah satu yang melegenda di Braga karena menyajikan atmosfer masa lampau berkat interiornya. Sedangkan Canary Bakery & Cafe menjadi salah satu bakery yang sudah berdiri sejak satu dekade silam, tepatnya pada 1910. Selain bagelen dan pisang bolen, es krim cone Canary menjadi salah satu menu yang paling menyita perhatian di sini.

Yang ingin menikmati makanan murah namun melegenda, Warung C’Mar adalah warung yang harus dikunjungi. Beroperasi 24 jam, warung ini menyajikan makanan rumahan dengan harga yang relatif terjangkau. Warung Ayam Penyet Ibu Tris juga bisa menjadi alternatif yang menarik untuk mendapatkan makanan dengan harga ramah di kantong.

5. Belanja, belanja dan belanja

Bersyukurlah, aktivitas belanja termasuk dalam agenda wisata di Braga. Faktanya, banyak destinasi wisata belanja yang bisa kamu kunjungi di kawasan ini.

Braga CityWalk, mall di Jalan Braga adalah salah satu yang bisa kamu kunjungi. Ada banyak pilihan outlet di mall ini, pun demikian dengan tempat makan dan hiburan. Sementara yang tertarik dengan buku, Bookstore Nusa Cendana adalah destinasi yang bisa dituju untuk mencari banyak buku kedokteran dan pelajaran bahasa Jerman.

Ingin mencari barang-barang jadul, Pasar Antik Cikapundung bisa kamu kunjungi. Banyak barang unik, dan juga karya seni apik yang bisa kamu miliki, tentunya dengan melakukan kesepakatan harga dengan penjual.

Berburu cenderamata, Galeri Tatarah, Sin Sin Art Shop dan Rumah Seni Ropih bisa kamu kunjungi. Ada juga Mastran Fine Art, Paris Van Java Gallery dan Black Cat, yang kesemuanya ada di Jalan Braga bisa didatangi untuk mencari cinderamata pilihan kamu, atau sekadar menikmati karya seni yang istimewa.

6. Menikmati hari dan bersantai di Braga

Image credit: Dede Hasyimulloh (kiri) Aji Panca Persada (tengah), bucek_denk (kanan)

Jalan Braga memiliki magisnya tersendiri. Bahkan dengan bersantai dan berjalan-jalan di trotoar sepanjang Jalan Braga, baik yang menuju Jalan Asia Afrika atau Jalan Perintis Kemerdekaan, kamu akan menemukan atmosfer yang menenangkan dan mengesankan.

Tidak ingin berjalan-jalan, kamu bisa duduk di bangku yang disediakan Pemerintah Kota Bandung untuk pejalan kaki beristirahat. Nikmati hilir mudik kendaraan, kesibukan para seniman yang beraksi di pinggir jalan atau suasana malam yang asyik dengan lampu kota yang mencuri perhatian.

Baca juga: 8 Kafe Unik Di Bandung Untuk Tempat Nongkrong Yang Anti-Mainstream

Banyak sekali aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Braga, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Kapan liburan ke Bandung?

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

The post Aktivitas Wisata Di Braga, Bandung Yang Menarik Untuk Dilakukan appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin