Halo wisatawan! Apakah Anda tahu daerah Kotawaringin Timur? Daerah yang satu ini adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah dengan ibukotanya terletak di Sampit. Total wilayah kabupaten ini mencapai 16.496 kilometer persegi. Dengan luas sebesar itu, kabupaten ini menyimpan potensi tempat wisata di Indonesia yang menarik dan layak dikunjungi. Apakah kamu ingin tahu? Nah, kali ini kami akan memberikan daftar untuk Anda. Berikut ini adalah daftar:

1. Pantai Satiruk

Salah satu resor pantai di Kalimantan Tengah yang kami rekomendasikan adalah pantai Satiruk. Kondisi alam di pantai ini masih alami dan indah. Pantai, yang terletak di Desa Satiruk, Distrik Pulau Hanaut, memiliki hamparan pasir putih lembut sepanjang 25 km. Tidak mengherankan, pada saat ini wisatawan lokal dan asing mulai berdatangan ke pantai ini.

Perjalanan ke pantai ini dapat ditempuh dalam waktu satu jam ke Kabupaten Teluk Sampit. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan naik speed boat atau klotok untuk antar jemput dengan biaya Rp 1,4 juta.

2. Pantai Ujung Pandaran

Salah satu pantai terindah di Indonesia yang kurang dipromosikan, membuat pantai Ujung Pandaran yang indah semakin terlupakan. Untuk sampai ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi, Anda perlu melakukan perjalanan selama 2 jam dengan jarak sekitar 80 kilometer dari Sampit. Sesampainya di sana, pemandangan pantai yang indah akan menyambut Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan melihat aktivitas para nelayan yang tinggal di sekitar pantai ini. Jika ingin bermalam, Anda bisa memilih dari berbagai tempat penginapan di sekitar pantai. Tidak jauh dari ini, ada situs wisata religius berupa makam Syekh Abu Hamid, seorang ulama terkemuka di sana.

3. Membangun Sungai Mentaya Sampit

Nah, apakah objek wisata yang satu ini adalah ide pemerintah daerah yang bisa Anda coba. Nantinya, Anda akan berjalan di sepanjang tepi Sungai Mentaya yang melintasi beberapa tempat wisata lainnya, seperti:

  • Ikan jelawat yang telah menjadi ikon kota Sampit,
  • Desa,
  • Landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit,
  • Dermaga Kota Sagonta terletak di Kelurahan Bamang Hulu.

Wow, ada juga banyak objek wisata lain yang kami lewati.

4. Rumah Betang Tumbang Gagu

Rumah Betang Tumbang Bambu adalah salah satu rumah tradisional yang dinominasikan untuk Situs Sejarah Paling Populer dalam Indonesian Enchantment Award (API) 2017. Untuk mencapai Rumah Betang Gagu Mining, Anda perlu menyiapkan energi Anda.

Waktu tempuh yang ditempuh dapat mencapai 10 jam dari kota Sampit. Meski begitu, kelelahan selama perjalanan akan terbayar dengan suasana di sekitar rumah yang masih asri dan terjaga kealamiannya.

5. Budaya Miniatur Taman Kotaturingin Timur

Taman ini adalah salah satu objek wisata yang dikelola langsung oleh pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, yang dibangun untuk menunjukkan keberadaan pluralisme etnis, bahasa daerah, agama dan latar belakang sejarah di satu tempat.

Taman ini terletak di Jalan Pramuka dan dekat dengan monumen perdamaian. Di taman ini, Anda akan menemukan rumah betang dengan ukuran kecil dan rumah tradisional lainnya.

6. Taman Air Sampit

Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang ingin bepergian bersama keluarga. Taman air, yang dibangun pada tahun 2014, terletak di kompleks perumahan Metropolitan Wengga di Jalan Tjilik Riwut. Berbagai wahana yang dapat Anda coba termasuk wahana air, pasar terapung, desa kuliner jajanan ringan, bukit Teletubies, dan area lentera untuk berfoto selfie.

Taman Air Sampit buka mulai pukul 08.00 WIB. Namun, pada hari libur dan hari libur nasional, pengunjung taman air akan berlipat ganda. Karena itu, Anda harus datang satu jam lebih awal untuk mendapatkan tiket masuk.

7. Danau Alam Salju

Tempat wisata ini bisa dibilang sangat unik dan salah satu danau terbaik di Indonesia. Benarkah di tengah-tengah Indonesia dapat turun salju? Rupanya, "salju" di danau ini bukan salju sungguhan. Tapi pasir di sekitar danau itu halus, putih alami seperti salju. Tunggu, apakah ini pantai atau danau?

Jadi, tanah di sekitar danau itu memang dataran rendah dan berpasir dan danau itu terbentuk karena proses alami. Danau ini bahkan terbentuk sebelum pembangunan jalan Sampit – Pangkalanbun. Untuk sampai ke danau ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Polres Kotim menuju Pangkalan Bun. Pada kilometer keenam, Anda akan melihat papan nama untuk arah menuju lokasi danau salju. Ikuti saja petunjuknya sampai Anda tiba di lokasi.

8. Wisata Aqui

Objek wisata air di Sampit menawarkan konsep yang unik dan inovatif dan memiliki fasilitas lengkap. Buka mulai pukul 08.00-22.00 WIB, wisata air Sampit ini dapat menampung hingga 5.000 orang. Anda juga tidak akan bingung mencari tempat parkir, karena wisata air Sampit memiliki area parkir yang sangat luas.

Di tempat ini juga menyediakan musik live dan akses internet gratis. Harga tiket masuk cukup terjangkau. Untuk Senin hingga Jumat, Rp. 20.000 dipatok dan untuk akhir pekan adalah Rp. 30.000.

9. Taman Jerawat

Taman ini terletak di tengah kota. Meski berada di tengah kawasan perkotaan, taman ini memiliki pemandangan indah dan suasana yang indah. Jadi, tempat ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai di sore hari sambil menikmati semilir angin. Oh iya, taman ini memiliki ikon berupa patung ikan jelawat, yang bisa menjadi spot foto Anda di taman ini.

Itu semua artikel kami tentang tempat wisata di Kalimantan Tengah, tepatnya kota Sampit. Semoga bisa menjadi referensi wisata untuk Anda semua.

Pos 9 Tempat Wisata di Sampit yang Harus Anda Kunjungi Saat Mengunjungi Kalimantan Tengah muncul pertama kali di TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin