Kuching tidak sepopuler Kuala Lumpur, Penang atau Johor Bahru sebagai tujuan wisata di Malaysia. Padahal banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah kerennya di Kuching yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dari destinasi wisata alam hingga wisata budaya dan sejarah, Anda bisa menemukan banyak hal di Kuching.


Bagaimana menuju ke Kuching ⇐

Kuching berada di wilayah Malaysia Timur dengan letak geografis di pulau Kalimantan. Untuk menuju Kuching, ada sejumlah pilihan transportasi yang bisa Anda pilih.

Jika menggunakan jalur udara, belum ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Kuching. Wisatawan harus menuju Kuala Lumpur atau Johor Bahru atau Kinabalu terlebih dahulu sebelum melanjutkan penerbangan ke Kuching. Ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan ke kawasan ini, seperti AirAsia, Lion Air, dan Malindo Air.

Jika menggunakan jalur darat, perjalanan bisa dilakukan dimulai dari Pontianak, Kalimantan Barat. Ada banyak perusahaan bus yang bisa dipilih, termasuk DAMRI. Lama perjalanan kurang lebih delapan jam.


Nah, bagi yang berminat mengunjungi Kuching, nikmati setiap keseruan di ibu kota Sarawak, Malaysia, berikut ini destinasi wisata dan tempat-tempat menyenangkan untuk dikunjungi untuk inspirasi liburan Anda selanjutnya.

1. Desa Budaya Sarawak, tempat yang menyenangkan untuk belajar budaya

Desa Budaya Sarawak
Salah satu atraksi budaya yang ditampilkan di Kampung Budaya Sarawak | Kredit gambar: Desa Budaya Sarawak

Jika Anda ingin belajar tentang budaya di Malaysia, Kampung Budaya Sarawak adalah tujuan yang tepat untuk dikunjungi. Tidak hanya mengenal garis budaya dan sejarah serta kedekatannya dengan budaya yang ada di Indonesia, Anda juga bisa mengenal lebih jauh dan belajar banyak hal dengan cara yang menyenangkan. Anda juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan budaya pada waktu-waktu tertentu.

Macam-Macam Rumah Adat di Kampung Budaya Sarawak | Kredit gambar: Desa Budaya Sarawak

Di Kampung Budaya Sarawak, Anda juga bisa melihat replika unsur budaya, mulai dari rumah adat, pakaian adat hingga senjata tradisional. Keren!

Desa Budaya Sarawak | tempat wisata di Kuching
Bersantai dan berwisata kuliner di Sarawak Cultural Village | Kredit gambar: Desa Budaya Sarawak

Kamu juga bisa berwisata kuliner di kawasan wisata ini lho, mengingat ada stand makanan di beberapa lokasi.

Lokasi: Damai Beach Resort, 93762, Sarawak Cultural Village, 93010 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: RM 54 (~ 185.000 IDR) untuk dewasa, 27 RM (~ 92.500 IDR) untuk anak-anak

2. Semua tentang kucing di Cat Museum

Museum Kucing | tempat wisata di Kuching
Kredit gambar: Helen Huang

Untuk pecinta kucing, Museum Kucing merupakan tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Berdiri sejak 1993, museum ini memamerkan koleksi serba kucing. Apa yang bisa dilihat di museum ini? Ada banyak, mulai dari artefak berbentuk kucing, ornamen dan aksesoris, mainan hingga perangko kucing yang didatangkan dari seluruh dunia.

Kredit gambar: Eten

Anda juga bisa mempelajari banyak hal tentang kucing di museum ini, termasuk sejarah dan berbagai kepercayaan terkait hewan lucu tersebut.

Oleh-oleh yang bisa Anda dapatkan di Museum Kucing | Kredit gambar: Firdaus Aus

Hebatnya lagi, pemandangan kota Kuching bisa kamu lihat mengingat posisi museum ini berada di ketinggian. Sangat menyenangkan, lho!

Lokasi: Damai Beach Resort, 93762, Sarawak Cultural Village, 93010 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: Gratis

3. Jembatan Darul Hana, tempat yang asyik untuk menikmati matahari terbenam di Kuching

Kredit gambar: Laurentiu Morariu

Jembatan Darul Hana terletak di kawasan wisata populer di Kuching Waterfront, tempat banyak warga berkumpul untuk menikmati suasana sejuk di kota ini. Selain bisa menikmati pemandangan sekitar dari pinggir sungai, Jembatan Darul Hana juga menjadi destinasi yang menyenangkan untuk dilihat matahari terbenam.

Tepi laut Kuching | tempat wisata di Kuching
Masjid Terapung di Kuching Waterfront | Kredit gambar: Sambo Ratanak

Dibuka pada November 2017, jembatan ini juga memiliki dua gardu pandang dengan akses pandang 360 derajat ke Sungai Sarawak. Anda juga bisa melihat Masjid Terapung, yang juga merupakan a tengara Kuching Waterfront.

Di sekitar Jembatan Darul Hana juga ada wisata kuliner lho, karena banyak stand makanan, restoran dan kafe yang menawarkan berbagai macam masakan. Asyik kan?

Lokasi: Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: Gratis

4. Jelajahi Sarawak di Taman Nasional Kubah dan Matang Wildlife Center

Bagi yang suka berpetualang di alam, Taman Nasional Kubah wajib dikunjungi. Berbagai flora dan fauna menarik bisa ditemukan di sini.

Salah satu ikon yang ada di Taman Nasional Kubah adalah karnivora tas semar, babi berjanggut, dan burung enggang hitam.

Selain pesona hutan yang rindang, air terjun juga bisa kamu temukan di taman nasional ini. Tidak ada salahnya berendam di zona aman air terjun ini untuk merasakan kesejukan airnya.

Anda juga diharuskan mengunjungi Matang Wildlife Center, wahana penangkaran dan pemeliharaan orangutan. Menyenangkan!

Lokasi: Kampung Rayu, 93050 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: RM 7 (~ 24.000 idr) untuk anak-anak, 20 RM (~ 68.000 idr) untuk dewasa

5. Borneo Samariang Resort City yang penuh dengan atraksi

Tempat wisata di Kuching ini sebenarnya merupakan kawasan pemukiman dengan berbagai fasilitas hiburan. Salah satu yang paling populer di Borneo Samariang Resort City adalah Taman Air Borneo Samariang.

Terdapat sejumlah zona bermain yang disesuaikan dengan karakter dan keseruan penggunanya, mulai dari kolam anak, kolam ombak hingga yang menawarkan wahana ekstrim seperti Menara Santubong, di mana pengguna akan meluncur dari ketinggian yang setara dengan bangunan enam lantai. Wah!

Lokasi: Petra Jaya, 93050 Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: RM 30 (~ 102,000 IDR) untuk dewasa, 20 RM (~ 68,000 IDR) untuk anak-anak dan manula

6. Kunjungi taman nasional tertua di Malaysia, Taman Nasional Bako

Taman Nasional Bako didirikan pada tahun 1957 di semenanjung Muara Tebas, dapat dicapai dari Kuching dalam 45 menit dengan kapal cepat.

Ada banyak hal menarik untuk dilihat di tempat wisata menyenangkan di Kuching ini. Bahkan dalam perjalanan ke taman nasional ini, menggunakan fast boat, jika beruntung bisa melihat buaya muara dan lumba-lumba.

Setibanya di taman nasional, Anda akan menjelajahi pantai-pantai yang indah dan berkesempatan melihat bekantan atau berbagai jenis burung, tumbuhan khas seperti kantong semar.

Anda tidak perlu khawatir tersesat saat menjelajahi taman nasional ini karena terdapat pemandu yang menemani Anda dan 16 jalur jalan kaki yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan petualangan yang berbeda.

Lokasi: Kuching, Sarawak, Malaysia
Harga tiket: 10 RM (~ 34.000 IDR) untuk penduduk lokal, 30 RM (~ 102.000 IDR) untuk turis asing

7. Wisata kuliner di Pasar Malam Siniawan

Tidak ada perjalanan yang lengkap tanpa mencicipi masakan lokal, dan tempat terbaik di Kuching untuk merasakan sensasi itu adalah di Pasar Malam Siniawan.

Pasar Malam Siniawan hanya buka pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Yang unik dari pasar malam ini adalah nuansa kota tua dengan nuansa kayu dan lampion sebagai atap langit.

Kuliner yang enak bisa kamu temukan di sini, mulai dari Lemang Periuk Kera yang menjadi ciri khas pasar malam Siniawan ini, hingga Lui Teh dan Ngo Hiang. Ada juga masakan khas Dayak, Malaysia dan China yang bisa Anda coba.

Keseruan di Siniawan tidak hanya bisa dinikmati pada malam hari, tetapi juga pada siang hari. Bedanya, bukan sebagai destinasi kuliner, kawasan ini sangat instagenic sebagai background foto, dengan banyaknya bangunan tua bernuansa Tionghoa. Seru, bukan?

Lokasi: Malaysia, Siniawan, MY Sarawak 邮政编码: 94000
Harga tiket: Gratis

8. Kuching Waterfront, tempat wisata yang tak lekang oleh waktu

Ujung-ujungnya, Kuching Waterfront menjadi tempat wisata di Kuching yang wajib Anda kunjungi.

Bukan hanya karena kawasan ini asyik dan menarik untuk dikunjungi, tetapi juga karena berbagai fasilitas menarik untuk melengkapi pengalaman berwisata Anda di Kuching.

Tepi pantai sepanjang 900 meter ini menawarkan pemandangan Sungai Sarawak, akomodasi dengan banyak pilihan, bahkan perahu wisata untuk berkeliling.

Usahakan datang sore hingga malam hari untuk melihat keajaiban pemandangan kota yang mempesona dan keriuhan disana.

Lokasi: Pusat Kota Kuching, Kuching, Sarawak, Malaysia, 93200
Harga tiket: Gratis

9. Pelajari tentang budaya Cina di Museum Sejarah Cina

Tempat lain untuk belajar tentang budaya dan sejarah Tiongkok adalah di Museum Sejarah Tiongkok.

Di museum ini, Anda bisa melihat jalur perdagangan yang pada akhirnya membawa orang Tionghoa berlabuh di Pulau Kalimantan, hingga produk hasil akulturasi budaya dengan budaya lokal.

Anda juga bisa melihat banyak alat musik Tiongkok, giok hingga keramik dari Dinasti Ming.

Di depan museum ini, Anda juga bisa melihat kelenteng Tua Pek Kong yang merupakan salah satu ikon dan landmark Kota Kuching. Jangan lupa berfoto di sini ya!

Lokasi: Jalan Bazar, Sarawak, 93100 Kuching, Malaysia
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Destinasi Wisata Malaysia Yang Harus Anda Kunjungi (Update 2020)

Banyak tempat wisata menarik di Kuching, bukan? Jika pandemi Covid-19 sudah teratasi, tak ada salahnya memasukkan Kuching sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Bergabunglah dengan keluarga Tripzilla Indonesia di Facebook, Indonesia dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terkini tentang sektor pariwisata di Indonesia dan negara lain. Ayo bergabung!

Postingan 9 Tempat Wisata di Kuching yang Instagrammable dan menarik untuk dikunjungi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin