Jakarta memiliki citra sebagai hutan beton dengan banyak kesibukan dan kemacetan lalu lintas. Ibukota Indonesia juga dikenal karena polusi udara dan merupakan daerah rawan banjir. Sebagai pusat bisnis dan pemerintahan di Indonesia, wajar jika Jakarta tidak memiliki banyak wisata alam dibandingkan daerah lain.

Meski begitu, Anda masih bisa menemukan oasis segar di tengah-tengah bangunan Jakarta yang padat. Ada beberapa tempat yang dapat Anda temukan untuk melarikan diri dari kejenuhan ibu kota. Berikut ini beberapa tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Jakarta.

1. Setu Babakan adalah pusat budaya Betawi

Kredit gambar: ocepic_life

Setu Babakan adalah sebuah danau yang terletak di tengah kota dan dikelilingi oleh desa-desa. Seluas sekitar 32 hektar, setu ini terletak di antara dua danau buatan; Danau Mangga Bolong dan Danau Babakan. Ada banyak kegiatan air yang bisa Anda lakukan di tempat ini, yang paling favorit adalah lokasi memancing orang.

Kredit gambar: @shendymettalkecil

Daya tarik lain dari Setu Babakan adalah bahwa itu adalah lokasi pusat budaya Betawi. Statusnya bahkan telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Pusat pelestarian budaya Betawi terletak di zona yang berbeda di Setu Babakan. Seringkali atraksi budaya Betawi juga diadakan di lokasi ini.

Lokasi: Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Harga tiket: Gratis

2. Taman Cattleya, yang dulunya tempat kotor, sekarang menjadi favorit keluarga

Kredit gambar: @ temantaman.jkt

Taman ini seolah menjadi paru-paru bagi lingkungan sekitar yang sudah didominasi oleh perumahan dan bangunan beton. Taman ini sebelumnya bernama Taman Tomang, sesuai dengan nama daerahnya. Pada waktu itu, taman ini memiliki reputasi yang buruk karena kotor, ditinggalkan, rusak, dan bahkan lokasi yang kotor. Semak tidak beraturan dan berbagai benda tersebar di sini. Lokasinya memang di samping jalan layang yang ramai.

Kredit gambar: @irhampp_

Setelah perbaikan dilakukan pada 2013, taman mengubah wajahnya menjadi cantik, terawat, dan menyenangkan untuk dikunjungi. Namanya diubah menjadi Cattleya. Setiap pagi, taman yang juga dilengkapi dengan danau kecil ini menjadi favorit warga untuk berolahraga. Berjalan menyusuri Taman Cattleya juga menyenangkan, bisa membuat pikiran menjadi dingin. Taman ini juga memiliki banyak wajah karena dapat menampilkan beragam tampilan latar belakang jika dilihat dari sisi yang berbeda.

Lokasi: Persimpangan Tomang, RT.15 / RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat
Harga tiket: Gratis

3 Island hopping di Kepulauan Seribu

Kredit gambar: @pulauseribuofficial

Kepulauan Seribu adalah sebuah distrik di lepas pantai Jakarta. Ada ratusan pulau, sebagian besar dari mereka tidak berpenghuni, yang menyimpan banyak potensi wisata yang berbeda. Ada pulau-pulau yang kaya akan sejarah, eksotis, dan pulau-pulau yang telah diubah menjadi resor mewah kelas atas.

Kredit gambar: @ fotco.trip

Kepulauan ini memiliki banyak tujuan wisata yang tersebar di laut Jawa. Untuk mencapai ini, Anda dapat memilih beberapa pelabuhan di Jakarta dan Banten. Yang paling populer adalah Marina Ancol. Sementara itu, beberapa pulau paling populer termasuk Pulau Tidung, Onrust, Pari, Bidadari, dan lainnya.

Lokasi: Kepulauan Seribu
Harga tiket: Bervariasi

4. Perkemahan Cibubur, lebih dari sekadar tempat berkemah

Kredit gambar: @niswaken_wika

Meski bernama tempat perkemahan, bukan berarti tempat ini bisa dijadikan tempat lokasi berkemah hanya. Ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda coba di sini, meskipun fungsi utama dari area 210 hektar ini memang untuk pengembangan situs Pramuka dan berkemah. Bumi Camp dan Graha Wisata Kepanduan (Buperta) Cibubur telah berulang kali menjadi lokasi gerakan kepanduan Jambore Nasional.

Kredit gambar: @kang_yayat_ahdiat

Buperta Cibubur juga memiliki danau yang dapat dijelajahi dengan perahu. Fasilitasnya juga cukup lengkap, baik bagi yang datang ke kemah maupun bagi yang baru saja mampir untuk berwisata. Anda bisa bermain air di kolam dengan beragam kedalaman, cocok untuk seluruh keluarga. Ada ruang sholat, kantin, dan taman lalu lintas.

Lokasi: Jl. Perkemahan Dan Graha Wisata Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur
Harga tiket: Mulai dari Rp6.000.

5. Belajar mencintai alam di Allianz Ecopark

Kredit gambar: @ Allianz.ecopark

Ecopark berusaha menyajikan paket wisata edukatif kepada pengunjungnya. Taman seluas 34 hektar ini dulunya adalah lapangan golf di daerah Ancol yang kemudian diubah menjadi taman yang sejuk. Tidak hanya untuk mendinginkan dari udara panas, taman ini juga mengajarkan tentang pentingnya gaya hidup hijau untuk semua yang datang.

Kredit gambar: @ijoeel

Ada empat zona di Allianz Ecopark. Zona Perawatan Lingkungan menyediakan berbagai permainan menarik, Eco-Art yang memamerkan berbagai pertunjukan seni, Alam Ramah Lingkungan menyediakan pembelajaran tentang hewan dan tumbuhan dan Zona Energi Ramah Lingkungan menyediakan pembelajaran tentang penggunaan energi ramah lingkungan.

Lokasi: Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kabupaten Pademangan, Kota Jakarta Utara
Harga tiket: Mulai dari Rp 35.000

6. Sepanjang Hutan Bakau Pantai Indah Kapuk

Kredit gambar: @lianasofiani

Wilayah pesisir biasanya merupakan wilayah yang panas karena ketinggiannya yang rendah. Udara di pinggir laut, terutama di sekitar kota-kota besar seperti Jakarta selalu panas. Tetapi tidak jika Anda datang ke Pantai Indah Kapuk (PIK). Di sini, kondisinya lebih sejuk karena bakau dirawat dengan baik. Tidak hanya dibiarkan hidup, hutan bakau di sini juga diatur sedemikian rupa sehingga indah untuk dikunjungi.

Kredit gambar: @reddoorzid

Anda dapat menjelajahi keindahan area bakau di sini dengan berjalan di dek yang rapi atau naik perahu bersama. Ingin yang lebih eksklusif, sewa kano atau sepeda air! Jika Anda benar-benar peduli dengan alam, Anda juga bisa belajar dalam kursus singkat tentang cara menanam bakau. Matahari terbenam di sini juga cukup indah dan jika Anda ingin menikmatinya tanpa bergegas pulang, Anda dapat tinggal di salah satu gubuk.

Lokasi: Jalan Garden House No.4, RT.4 / RW.3, Kamal Muara, Distrik Penjaringan, Kota Jakarta Utara,
Harga tiket: Rp25.000

7. Taman tua itu penuh dengan misteri, Taman Suropati

Kredit gambar: @ranggarsyd

Taman Suropati adalah taman tua yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Nama taman ini adalah Burgemeester Bisschopplein, diambil dari nama walikota pertama Batavia; G. J. Uskup Taman ini terletak di kawasan elit Menteng, terletak di pertemuan tiga jalan penting Menteng Boulevard (sekarang Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (sekarang Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard (sekarang Jalan Imam Bonjol). Konon, taman ini juga disebut sebagai titik nol Republik Indonesia.

Kredit gambar: @ hadip.84

Taman ini juga memiliki banyak kisah mistis yang sulit dicerna logika. Anda bisa bertanya kepada para pedagang tentang misteri di taman ini. Taman ini juga menyimpan pemahat dari Negara-negara ASEAN dengan judul ‘Semangat ASEAN& # 39 ;.

Lokasi: Jl. Taman Suropati, RT.5 / RW.5, Menteng, Kabupaten Menteng, Kota Jakarta Pusat.
Harga tiket: Gratis

8. Perjalanan murah di Kebun Binatang Ragunan

Kredit gambar: @ temantaman.jkt

Seperti kebanyakan kebun binatang lainnya, Ragunan adalah salah satu tujuan wisata alam paling murah di Jakarta. Ragunan adalah kebun binatang tua, didirikan sejak 1864. Memiliki luas sekitar 140 hektar, Ragunan memiliki koleksi ratusan spesies hewan dan menawarkan lingkungan yang hijau dan sejuk.

Selain koleksi binatang, Kebun Binatang Ragunan juga sangat populer sebagai tempat berolahraga bagi warga sekitar. Tentu saja di musim liburan, situasinya sangat ramai. Tetapi pada hari-hari normal, terutama di pagi hari, Ragunan adalah tempat yang ideal untuk jogging. Udara yang bersih dan sejuk membuatnya sangat nyaman untuk dijelajahi.

Lokasi: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.
Harga tiket: Rp 4.000.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Untuk Anak-Anak Di Jakarta Berlibur Bersama Anak Anda

Nah, itu tadi delapan obyek wisata alam di Jakarta. Dari pulau-pulau kecil hingga taman sejuk, Jakarta menyimpan beberapa oase yang bisa Anda kunjungi untuk melepas lelah, melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari.

Posting 8 Tempat Wisata di Jakarta Feel Soothing Natural muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin