Hari cuti rasanya tak enak jika anda hanya membisu di dalam lokasi tinggal tanpa merasakan indahnya alam ini. Apalagi andai menikmati indahnya alam yang ada di sejumlah wisata Kuningan Jawa Barat. Pernah dengar kota Kuningan yang di julukin dengan kota Kuda ini? Pernah berangjangsana ke Kuningan?

Kuningan berprovinsi Jawa Barat ini sebenarnya lumayan terkenal loh dengan lokasi wisata yang terbilang masih asri, alami dan murah meriah. Jadi tak terdapat salahnya andai para readers yang sedang merasakan masa cuti ini mencoba berangjangsana dan berpetulang di kota Kuningan. Sebagai referensi, author akan menganjurkan tempat-tempat wisata kesayangan yang ditawarkan Kuningan dengan keasrian dan alaminya.

  • Curug Putri (Palutungan)

Curug Putri yang bertempat di area bumi perkemahan Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat ini adalahtempat wisata yang tidak jarang di kunjungi oleh semua wisatawan baik dari kota Kuningan sendiri atau wisatawan dari kota lainnya.

Curug Putri ini menyajikan daya tarik air terjun yang tingginya tidak cukup lebih dari 20 meter. Air yang jernih, bersih dan segar ini berasal dari mata air hutan Gunung Ciremai.

  • Lembah Cilengkrang

Tempat ini tidak jarang di sebut Lembah Cilengkrang, lokasi wisata yang sejuk dan masih berbau alam ini bisa kamu nikmati sepaket dengan pemandangan yang hijau, sumber air panas alami dan air terjun. Lokasinya sendiri terletak di Desa Pajambon, Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan atau terletak di Taman Nasional Gunung Ciremai.

  • Kebun Raya Kuningan

Sempat di blokir sementara tapi sekarang Kebun Raya Kuningan telah dimulai kembali. Kebun Raya Kuningan ini adalahkebun raya ketiga yang dikenalkan oleh Indonesia. Kebun Raya Kuningan ini pun dinilai sebagai kebun raya terunik yang terdapat di Indonesia sebab mempunyai tematik bebatuan. Lokasi Kebun Raya Kuningan ini terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Kebun yang mempunyai luas selama 175 hektar ini terbagi dalam 9 zona dan mempunyai 250 jenis pohon yang di tanam.

  • Curug Ngelay

Curug yang terletak di Desa Selajambe, Kuningan ini menawarkan pemandangan alam yang sangat estetis nan mempesona. Wisata Curug Ngelay sendiri belum terjamah sampai-sampai keindahannya masih asri dan alami. Jarak ke Curug Ngelay ini juga lumayan jauh, susah dan terjal.

  • Wisata Cibulan

Cibulan adalah objek wisata pemandian air dingin yang di mana masing-masing kolamnya ada ikan kancra bodas atau yang lebih di kenal dengan sebutan ikan Dewa. Ikan Dewa sendiri adalah ikan yang dikeramatkan oleh warga sekitar Cibulan, Manis Kidul. Selain empang berpenghuni ikan Dewa di lokasi wisata Cibulan pun ada 7 sumber mata air yang dikeramatkan.

  • Taman Wisata Linggarjati dan Gedung Perundingan Linggarjati

Taman Wisata Linggarjati ini bertempat di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Taman seluas 11,5 hektar ini adalah tempat wisata kesayangan para wisatawan dari sekian banyak kota. Tak jauh dari Taman Wisata Linggarjati pun ada Gedung Perundingan Linggarjati yang familiar di Kuningan.

Sebagai gedung bersejarah, bangunan serta perabotan yang ada juga tak pernah dilaksanakan perubahan. Gedung Perundingan Linggarjati juga sebagai museum yang dilengkapi dengan sejumlah foto arsip yang dipajang di masing-masing sudut dinding gedung. Gedung yang memiliki halaman luas dan rindang ini pun sesuai sekali guna kita berfoto atau sebatas beristirahat sambil merasakan indahnya pemandangan di Linggarjati.

  • Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari ini pun adalahtempat bersejarah di Kuningan yang patut di kunjungi. Taman yang sedang di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan ini diandalkan dulunya sebagai pemukiman para insan purba neolitikum. Hal ini dikarena ada sejumlah temuan benda-benda purbakala laksana perkakas dapur, perunggu, gerabah, peti kubur batu, dll.

  • Curug Sidomba

Curug Sidomba adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang estetis dan air terjun. Lokasinya berada di area bumi perkemahan Sidomba, Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Di samping pemndangan yang estetis dan air terjun yang jernih, Sidomba pun menawarkan semua pengunjungnya dengan sejumlah binantang yang terdapat di tempat wisata laksana Burung Merak, Domba bertanduk lebih dari dua, dll.

Dari susunan tempat wisata di kota Kuningan ini mana lokasi yang sangat ingin kamu kunjungi? Selain susunan di atas pastinya masih tidak sedikit sekali tempat-tempat wisata Kuningan yang masih asri, alami dan pasti harga tiket guna masuknya pun lumayan murah. Oleh karena tersebut jangan lupa guna mampir dan bertamasya di kota kuda, Kuningan Jawa Barat.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *