Siapa yang tidak suka liburan? Saat yang paling ditunggu-tunggu dari kebanyakan orang yang bosan dengan rutinitas sehari-hari adalah identik dengan kegembiraan yang jauh mengatakan stres.

Ya, liburan harus menjadi momentum yang tepat bagi Anda untuk mengembalikan suasana hati sehingga tubuh dan pikiran bisa segar kembali. Lantas, bagaimana jika liburan Anda pasti terganggu karena cuaca yang tidak terduga?

Cuaca yang tidak mendukung seringkali menjadi momok yang menjengkelkan bagi wisatawan. Misalnya hujan di mana sulit bagi Anda untuk melakukan perjalanan ke beberapa tempat wisata di Singkawang jika hujan turun. Pengalaman liburan terasa kurang maksimal.

Memenuhi masalah di atas, jangan khawatir karena kami memiliki kiat liburan selama musim hujan sehingga hujan bukanlah halangan bagi Anda untuk menikmati liburan Anda.

Setelah membahas kiat menjaga kesehatan selama perjalanan, berikut adalah beberapa kiat menikmati liburan selama musim hujan oleh TempatWisataUnik.

1. Perhatikan ramalan cuaca

Langkah pertama yang harus Anda ambil saat berlibur saat musim hujan adalah memantau ramalan cuaca secara teratur.

Ini penting karena intensitas hujan di musim hujan jelas lebih tinggi daripada hujan di musim lainnya. Fenomena ini sering mengganggu tur Anda. Misalnya jika ingin pergi ke tempat wisata di Buleleng.

Perlu diingat beberapa tempat wisata yang cukup berbahaya untuk dikunjungi saat musim hujan. Contohnya adalah pantai atau laut di mana air akan mengalami pasang surut yang tidak jarang disertai gelombang tinggi.

Jika Anda berencana untuk pergi ke pantai, tunda rencana tersebut. Faktor keamanan adalah alasan utama mengapa Anda tidak disarankan untuk pergi ke pantai atau laut selama musim hujan.

Sebagai alternatif, Anda bisa pergi ke tujuan wisata lain seperti mal atau pusat perbelanjaan lainnya.

2. Pilih lokasi liburan yang sesuai

Tentu saja, hujan tidak bisa dicegah. Karena itu, kita harus pintar menentukan lokasi liburan yang ingin Anda tuju. Jika tidak hati-hati dan memaksakan kehendak, pengalaman liburan akan terganggu.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke wisata sejarah di Bogor, Anda dapat yakin bahwa akan turun hujan di daerah tersebut mengingat Bogor adalah kota hujan.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih lokasi liburan indoor daripada outdoor di mana tujuannya adalah di dalam ruangan. Berbeda dengan lokasi liburan outdoor yang menawarkan keindahan di udara terbuka.

Ini dilakukan agar nantinya Anda tidak mengalami kesulitan saat hujan tiba-tiba datang. Jika Anda berada di lokasi liburan dalam ruangan, Anda tidak perlu khawatir terkena hujan.

3. Siapkan payung

"Siapkan payung sebelum hujan." Pepatah ini tentu tidak asing di telinga Anda. Ya, keberadaan payung sangat diperlukan saat Anda menghibur di musim hujan.

Tips liburan selama musim hujan yang selanjutnya bisa Anda terapkan adalah menyiapkan payung. Payung sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu hujan di destinasi wisata yang Anda kunjungi seperti wisata Gunung Pancar Sentul di Bogor.

Tentu saja, Anda tidak ingin dihujani sambil menikmati liburan, bukan? Karena itu, sangat penting untuk selalu membawa payung ke mana pun Anda pergi selama liburan.

Selain itu, pilih payung yang memiliki ukuran sederhana dan bisa dimasukkan ke dalam tas agar Anda tidak kerepotan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membuka payung saat hujan tiba-tiba.

4. Menjaga kondisi tubuh

Musim hujan adalah musim rawan penyakit di mana metabolisme tubuh tidak jarang berkurang secara drastis. Inilah yang kemudian cukup sering dikeluhkan oleh wisatawan. Kurangnya menjaga kondisi tubuh adalah alasan mengapa tubuh cepat turun selama musim hujan.

Memutuskan untuk berlibur selama musim hujan membutuhkan persiapan dan perhatian ekstra. Kunci utama untuk tetap bugar selama musim hujan adalah menjaga kondisi tubuh.

Lalu, bagaimana cara merawat tubuh saat musim hujan? Caranya cukup mudah. Cobalah makan tepat waktu, minumlah air yang cukup, dan konsumsi vitamin C yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Hindari juga hujan karena tubuh akan menjadi dingin sehingga lebih rentan terhadap pilek dan demam. Jika demikian, liburan Anda terganggu, bukan?

Sebagai pelengkap, Anda dapat membawa obat-obatan selama liburan yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh.

5. Konsumsi makanan hangat

Musim hujan sering disebut-sebut sebagai musuh wisatawan. Tidak salah memang. Hujan sering menjadi penghambat kegiatan liburan, terutama bagi Anda yang berencana pergi ke tujuan wisata selama liburan.

Salah satu tujuan liburan adalah menikmati kuliner khas tujuan liburan. Terkadang, wisatawan lupa tentang pentingnya menjaga asupan makanan saat berlibur di lokasi yang sedang mengalami musim hujan.

Jika Anda berada di lokasi liburan dengan intensitas hujan tinggi, lebih baik hindari makanan dingin seperti es krim. Pilih makanan hangat seperti sup untuk menghangatkan tubuh.

Tujuannya jelas, agar Anda terhindar dari rasa sakit saat berlibur. Seperti yang telah kami sebutkan, musim hujan rentan terhadap flu dan demam.

6. Gunakan pakaian hangat

Selain makanan, pakaian juga penting untuk dipertimbangkan ketika Anda berlibur di lokasi yang sedang terjadi di musim hujan.

Hujan identik dengan dingin. Sebagai antisipasi terhadap flu dan demam, dua penyakit yang umumnya terjadi saat musim hujan, Anda bisa menggunakan pakaian hangat agar tubuh tidak kedinginan sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

Pakaian tebal sangat dianjurkan untuk digunakan selama musim hujan. Tolong siapkan beberapa potong pakaian yang bisa menahan dingin. Dengan begitu, pengalaman liburan Anda tidak akan terganggu.

7. Siapkan dana ekstra

Saat memutuskan berlibur, tentu Anda perlu merencanakan anggaran agar dana yang dihabiskan tidak berlebihan. Selain budget hotel, akomodasi, dan makan, sangat disarankan untuk menyiapkan dana tambahan, alias dana tambahan.

Dana tambahan ini nantinya dapat digunakan jika Anda mengalami penyakit seperti flu atau demam yang disebabkan oleh hujan. Dana ini darurat. Silakan gunakan jika Anda membutuhkan penanganan dokter.

Di sini Anda pergi 7 tips liburan selama musim hujan versi TempatWisataUnik yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Pos 7 Tips untuk Liburan Selama Musim Hujan muncul pertama kali di TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin