Pariaman adalah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat yang sebelumnya termasuk dalam wilayah administrasi Padang Pariaman. Pariaman tidak hanya memiliki seni budaya yang beragam, tetapi juga pemandangan alamnya yang menakjubkan, sehingga tidak mengherankan bahwa Pariaman adalah tujuan wisata yang menarik dikunjungi oleh wisatawan.

Mirip dengan sebagian besar wilayah di Sumatera Barat, Pariaman juga memiliki wisata pantai yang indah dan menarik untuk digunakan sebagai tujuan liburan. Terletak sekitar 56 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau, Pariaman adalah kota yang terletak di tanah landai dengan ketinggian antara 2 hingga 35 meter di atas permukaan laut. Lalu, bagaimana dengan tempat wisata di Pariaman yang harus dimasukkan dalam daftar liburan Anda kali ini? Lihat info lengkap di bawah ini.

1. Air Terjun Nyarai

    Air Terjun Nyarai

Air terjun ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Pariaman yang merupakan impian baru bagi wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Untuk menikmati keindahan air terjun, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Padang, dan terlebih dahulu harus hiking sekitar 3 jam mulai dari mulut Hutan Gumaran. Perjalanan dimulai dengan penghuni & # 39; sawah, sebelum akhirnya wisatawan memasuki hutan lindung selama 2 jam.

Selama hiking, wisatawan akan disuguhi beberapa tempat menarik seperti baret berbentuk batu, gua, dan bendungan tinggi yang terbentuk secara alami. Lelah dan jumlah keringat yang keluar dari tubuh akan terbayar dengan pemandangan Air Terjun Nyarai yang menawan. Air terjun ini memiliki ketinggian 8 meter dengan kolam hijau di depan aliran air terjun.

Jika diperhatikan, air yang jatuh di air terjun ini tampaknya dibendung oleh dua batu besar sebelum akhirnya masuk ke kolam. Di kolam air terjun ada juga banyak ikan, sehingga menambah pesona tempat wisata di Pariaman ini. Mungkin bisa dibilang Nyarai adalah salah satu air terjun di Indonesia yang wajib dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidup.

2. Pulau Angso Duo

Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa tempat wisata di Sumatera Barat memiliki pantai yang indah dan menawan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Angso Duo yang terletak di Pariaman dan menawarkan wisata bahari yang menarik. Wisatawan hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 15 menit dari pusat kota Pariaman. Sesampainya di tempat wisata di Pariaman, pengunjung akan disuguhi hamparan pasir putih halus dengan deretan pohon kelapa yang membuat suasana terasa lebih sejuk.

Selain pemandangan yang mempesona, Angso Duo memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari masjid, kamar mandi, bilas, hingga permainan air dan penginapan juga tersedia. Bagi wisatawan yang ingin menyelam, Angso Duo memiliki fasilitasnya. Perairan dengan terumbu karang yang masih terjaga telah menjadi magnet bagi wisatawan yang menyukai olahraga air. Begitulah gambaran singkat tentang pesona Pulau Angso Duo, bagaimana? Tidak kalah dengan Pulau Kasiak Pariaman?

3. Pantai Muara Manggung

Pantai Muara Manggung

Karena daerah ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, tidak mengherankan bahwa Sumatera Barat memiliki tujuan wisata pantai yang eksotis. Dari semua pantai di Sumatera Barat, yang harus dimasukkan dalam daftar kunjungan Anda adalah Pantai Muara Manggung. Tidak sulit untuk menemukan tujuan wisata di Pariaman yang satu ini, karena letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota Pariaman, yaitu sekitar 5 kilometer.

Tidak mau kalah dengan Pantai Iboih yang merupakan tempat wisata di Aceh, Pantai Muara Manggung juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Ombak pantai yang tidak terlalu besar karena terhalang oleh sekelompok pulau, membuat wisatawan yang berkunjung merasa lebih aman. Namun, karena keindahan matahari terbenam di Pantai Muara Manggung pasti akan membuat siapa pun melupakan kegiatan lain selain menyaksikan keindahan malam di sore hari.

Suasana tenang dan tenang yang didapat oleh wisatawan, oleh karena itu tempat wisata di Pariaman semakin ramai saat sore hari, terutama pada akhir pekan. Seperti pantai lainnya, wisatawan yang datang juga bisa bermain pasir atau air di pantai. Namun ada satu hal menarik yang tidak boleh dilewatkan, yaitu mengunjungi penangkaran penyu dalam jarak 500 meter di sebelah kanan pantai. Menarik bukan?

4. Pulau Ujung

Pulau Ujung

Pulau Ujung adalah pulau kecil seluas 3,3 hektar yang terletak di daerah aliran sungai Kota Pariaman, tepat di sebelah kiri Pulau Tengah. Mengapa disebut Pulau Ujung? Karena lokasinya paling terpencil dibanding pulau-pulau lain di Kota Pariaman. Jika dibandingkan dengan Pulau Angso Duo, Pulau Ujung memang lebih kecil dan sedikit ditumbuhi pohon kelapa.

Namun, jangan salah karena pulau ini memiliki hamparan pasir dan ekosistem bawah laut yang lebih luas yang masih alami. Jika Anda menyelam, wisatawan dapat melihat berbagai terumbu karang dengan berbagai jenis ikan berwarna-warni. Salah satu tempat wisata di Pariaman juga sering digunakan sebagai lokasi camping dan outbond. Namun, karena sulitnya sumber air tawar di sini, wisatawan yang datang harus membawanya sendiri.

Pulau Ujung juga bisa menjadi tempat memancing, karena banyak ikan yang cukup besar di daerah ini. Selain tempat wisata di Pariaman di atas, ada beberapa daftar tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi ketika mengunjungi salah satu kota di Sumatera Barat. Berikut adalah daftar tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi.

  • Tapian Puti, adalah pemandian alami dalam bentuk kolam-kolam kecil yang tersebar di beberapa tempat dan memiliki 7 level. Karena mengalir dari bukit, air di kolam ini terasa sangat menyegarkan. Tidak hanya itu, pemandangan alam yang ditawarkannya juga sangat menakjubkan. Satu hal yang menarik tentang tempat ini adalah, setiap mendekati bulan Ramadhan, penduduk setempat akan melaksanakan tradisi Balimau, yang merupakan tradisi menyucikan diri dengan mandi di kolam Tapian Putri.
  • Pulau Kasiak, Sumatra tidak hanya terkenal dengan tempat wisata di Padang, karena Pariaman juga memiliki tujuan wisata yang menakjubkan. Salah satunya adalah pulau kecil bernama Pulau Kasiak. Hanya memiliki luas 2,5 hektar dengan pantai yang bersih, ombak yang tenang, dan air laut yang sangat jernih membuatnya layak untuk masuk menjadi tujuan wisata terkemuka di Kota Pariaman. Wisatawan dapat melihat keindahan alam pulau secara keseluruhan dengan menaiki mercusuar setinggi 40 meter.
  • Pantai Cermin, tujuan wisata ini unik dalam bentuk batu dan pohon yang melapisi pantainya. Dengan fasilitas lengkap dan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang mempesona, pasti akan membuat siapa pun yang datang untuk tinggal lama. Matahari terbit dan terbenam yang terindah di Indonesia, bisa dirasakan di pantai ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Pariaman yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, tentu saja masih banyak tempat wisata menarik dan sama-sama unik lainnya. Saat berjalan di Pariaman, selain menikmati pesona alamnya, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Pariaman yang lezat.

Pos 7 Tempat Wisata di Pariaman yang harus dimasukkan dalam Holiday List muncul pertama kali di TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *