Di masa lalu, orang mungkin malas bepergian ke museum karena mereka identik dengan benda kuno dan bangunan tua. Namun, sekarang gambar museum telah berubah. Orang-orang mulai suka mengunjungi museum, terutama museum di Jakarta. Interior ruangan dan berbagai koleksi sejarah dengan nilai seni tinggi mulai menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan internasional.

Sejak Instagram berkembang pesat, orang-orang sudah mulai melakukan perjalanan ke tempat-tempat unik asalkan Instagramable atau cocok untuk diposkan ke Instagram. Pengaturan tampilan museum mulai dibenahi sehingga kini telah menjadi tempat foto yang mengasyikkan. Penduduk Jakarta dan sekitarnya, bahkan orang-orang dari luar daerah sering bepergian ke Jakarta untuk mengunjungi beberapa museum. Lihatlah ulasan dari 6 museum instagramable serta atraksi wisata murah Jakarta berikut yang dapat menjadi referensi untuk tujuan wisata.

1. Seni 1 Museum Baru Jakarta

Seni 1 Museum Jakarta

Penggemar seni mungkin akrab dengan Art 1 Museum Baru. Bagaimana dengan orang biasa? Tentu tidak asing lagi. Museum ini terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3, Jakarta Pusat merupakan perpanjangan dari Museum Galeri Dekorasi Mon yang didirikan pada tahun 1983. Sementara itu, Museum Seni 1 yang baru dibangun pada tahun 2011.

Apa yang ada di museum ini? Ada Museum Baru dan Ruang Seni sebagai 2 bagian berbeda dari museum ini. Di Museum Baru, ada instalasi seni seperti patung, ornamen dan karya seni menarik lainnya. Sedangkan di Art Space, ada pameran lukisan, seni video, karya fotografi, dan berbagai karya lain yang dibuat oleh seniman muda. Museum ini benar-benar menenangkan karena ada banyak karya segar dari oven.

2. Museum MACAN

Museum ini berkembang pesat pada tahun 2018. Banyak orang berebut untuk datang ke museum ini karena mereka harus mendaftar online terlebih dahulu melalui situs museum. Jika Anda sudah mendapatkan email dan membayar biaya masuk maka pengunjung dapat datang ke museum ini. Museum MACAN atau Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara selalu penuh dengan pengunjung setiap hari.

Ada beragam karya seni keren yang dipadukan dengan interior unik tentunya membuat para pengunjung ingin memotret gaya selebriti di sini. Museum, yang dibuka pada 4 November 2017, terletak di Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk. Banyak orang sibuk memposting foto di media sosial, terutama Instagram.

museum MACAN

Salah satu instalasi seni yang menjadi favorit pengunjung adalah Kamar Cermin Infinity Karya Yayoi Kusama adalah ruangan gelap yang didekorasi dengan lampu LED berwarna-warni. Harga tiket masuk ke museum tidak murah, tetapi selalu ramai sehingga pengunjung dibatasi untuk mengambil gambar di setiap kamar selama 30-45 detik. Museum ini didirikan oleh Haryanto Adikoesoemo yang telah mengumpulkan berbagai karya seni dan ditempatkan di museum ini. Museum ini tutup setiap hari Senin seperti museum lainnya pada umumnya.

3. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti adalah museum yang tidak biasa di Indonesia. Mengapa demikian? Karena pengunjung tidak akan melihat berbagai barang antik atau pameran seni tetapi makam, mobil jenazah, peti mati, dan patung yang menampilkan ekspresi kesedihan. Museum ini terletak di Jl. Tanah Abang I No.1, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Makam paling ikonik adalah makam seorang aktivis muda dan pendaki gunung, Soe Hok Gie yang meninggal pada 16 Desember 1969.

Para pengunjung paling suka berfoto dengan patung malaikat yang menghiasi makam. Makam yang berbeda dari makam lain adalah makam hijau mewah milik Olivia Marianne Raffles, istri Thomas Stamford Raffles, mantan Gubernur Hindia Belanda dan Singapura. Area museum ini termasuk tempat instagramable untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya. Kesan vintage begitu kental karena ada berbagai batu nisan, peti mati, kuburan, dan pahatan berukir mistis.

4. Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono adalah museum mode di Jakarta yang dibangun oleh desainer terkenal Indonesia, Harry Darsono. Museum, yang didirikan pada tahun 1970-an, terletak di Jalan Cilandak Tengah No.71, Jakarta Selatan. Ada berbagai koleksi yang berkaitan dengan mode di museum ini seperti desain pemiliknya yang telah mendunia.

Salah satu benda berharga yang dipamerkan adalah gaun mewah yang telah dikenakan oleh Lady Diana. Pengunjung Museum harus mengenakan sandal karena Harry Darsono menderita ADHD, yang sangat terganggu oleh suara gemerincing sepatu.

5. Museum Moja

  • Museum Moja

Museum, yang terletak di Pondok Indah, Jakarta Selatan, pameran titik unik dan menarik sehingga sangat cocok untuk ditangkap dengan lensa kamera. Jangan lupa untuk mengirim foto di Instagram karena museum ini benar-benar Instagramable. Harga tiket masuk per orang adalah Rp100 ribu untuk hari kerja dan Rp125 ribu untuk akhir pekan. Museum ini buka dari jam 11 pagi sampai 7 malam. Khusus untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu), museum ditutup pada jam 8 malam.

6. Museum Nasional

Museum Nasional

Nampaknya banyak orang sudah tahu museum ini karena posisinya di tengah Jakarta, tepatnya berseberangan dengan Monumen Nasional (Monas). Museum Nasional Indonesia sangat menarik untuk dikunjungi karena arsitekturnya yang sangat indah. Di bagian depan, terdapat spot foto dengan ikon unik dan patung gajah yang diberikan oleh Raja Thailand sehingga museum ini sering disebut dengan Museum Gajah.

Ada berbagai benda peninggalan sejarah Indonesia beserta informasi yang lengkap. Konferensi Nasional sering digunakan sebagai tujuan wisata studi bagi siswa sekolah, pameran, dan liburan pendek untuk warga Jabodetabek. Ada juga museum Ancol Jakarta yang semarak yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, kawan.

6 museum instagramable di Jakarta yang layak dikunjungi
dikunjungi. Sudahkah Anda mengunjungi semuanya? Jika tidak, segera kunjungi ya
sehingga ada pembaruan terbaru di Instagram Anda. Nikmati menjelajahi museum!

Post 6 Museum Instagramable di Jakarta muncul pertama kali di TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin