Padang Panjang adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki julukan Egypte Van Andalas karena merupakan pusat pemerintahan selama masa kolonial Belanda di Sumatera Barat. Padang Panjang terletak sekitar 97,7 kilometer dari ibu kota Provinsi Sumatera Barat, Padang. Meski hanya kota kecil, namun potensi wisata di Padang Panjang tidak mau kalah dengan tempat wisata di Padang. Cukup merujuk ke daftar tempat wisata di Padang Panjang di bawah ini untuk liburan yang menyenangkan di Sumatera Barat.

1. Lembah Anai

Lembah Anai

Tempat wisata di padang pasir yang panjang yang satu ini tentu membuat siapapun kagum ketika melihatnya. Mahkarya agung dari Sang Pencipta ini memiliki air terjun yang terletak hanya beberapa meter dari bahu jalan, sehingga banyak pengendara memilih untuk menepi dan beristirahat dengan keindahan air terjun Lembah Anai.

Secara administratif, air terjun ini memasuki wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, yang berasal dari sungai Batang Lurah yang memiliki hulu di Gunung Singgalang. Mungkin, tidak banyak orang tahu bahwa air terjun di atas jalan ini adalah salah satu dari tujuh air terjun di Cagar Alam Lembah Anai.

Untuk dapat menyaksikan enam air terjun lainnya, wisatawan dapat melakukan perjalanan trekking selama 2 jam. Saat perjalanan ke air terjun ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan mempesona dari perbukitan hijau yang membentang di kaki Gunung Singgalang. Pesona lain dari tempat wisata di Padang Panjang ini memiliki keunikan lain berupa rangkaian jalur kereta api tua yang melintasi jalan raya dan terletak tidak jauh dari air terjun. Ini adalah salah satu tempat wisata paling menarik di Sumatera Barat.

2. Pusat Informasi dan Dokumentasi Budaya Minangkabau

Pusat Informasi dan Dokumentasi Budaya Minangkabau

Disingkat menjadi PDIKM yang merupakan museum yang terletak di Desa Silaing Bawah, Kabupaten Padang Panjang, Kota Padang Panjang. Tempat ini menyajikan berbagai macam informasi dan koleksi yang berkaitan dengan budaya Minangkabau. Latar belakang pembangunan museum ini adalah asumsi bahwa orang Minangkabau tidak memiliki bukti sejarah yang ditulis dengan baik, karena mereka biasanya mendapatkan budaya dari ucapan.

Dan pada kenyataannya, dokumentasi yang berkaitan dengan Minangkabau lebih umum ditemukan di luar Minangkabau, seperti Museum Nasional Indonesia dan Museum Leiden di Belanda. Untuk alasan ini, Bustanil Arifin, yang pernah menjabat sebagai Menteri Koperasi Republik Indonesia selama era Orde Baru, mendirikan lembaga nirlaba yang merupakan tempat untuk mengumpulkan berbagai dokumen dan informasi yang berkaitan dengan budaya Minangkabau.

Mengunjungi Museum ini, Anda dapat menambah wawasan baru, dan belajar tentang budaya Minang. Tidak jauh dari pintu masuk, wisatawan akan disambut dengan pakaian pernikahan tradisional dan replika makanan khas berupa ukiran kayu yang biasanya disajikan saat ada acara besar. Berbagai macam alat musik hingga hiasan pakaian khas Minang dapat ditemukan, seperti mahkota dan kalung yang dikenakan oleh wanita Minang. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menyaksikan peninggalan raja-raja Minang di masa lalu, di dinding juga ada penjelasan yang sangat lengkap.

3. Goa Batu Batirai

Gua Batu Batirai

Objek wisata berikutnya di Padang Panjang yang tidak kalah keren dan wajib dimasukkan dalam daftar kunjungan Anda adalah Goa Batu Tirai. Yang unik dari setinasi wisata ini adalah bagian dalam gua yang memiliki susunan stalaktit dan stalagmit yang menyerupai gorden dan terbentuk secara alami. Ini adalah salah satu alasan mengapa objek wisata ini disebut objek wisata Batu Curtain Goa.

Lokasinya berada di Desa Kampung Manggis, Kabupaten Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Karena merupakan kota kecil, wisatawan yang datang tidak akan kesulitan menemukannya, karena tempat ini terletak tidak jauh dari tujuan wisata lainnya di Padang Panjang. Khusus bagi wisatawan yang mencintai alam, Goa Batu Batirai dapat menjadi alternatif wisata alam yang wajib dikunjungi ketika di Padang Panjang. Meskipun mereka harus menguras energi mereka untuk mencapai lokasi, pemandangan alam yang indah dan kesejukan udara dalam perjalanan membuat perjuangan tidak akan terasa sia-sia. Tempat yang tak kalah eksotis dan wajib dikunjungi adalah Pulau Kasiak Pariaman. Jika Anda bepergian ke SumBar, Anda wajib mengunjungi kedua tujuan wisata.

4. Masjid Asasi Nagari Gunung

Masjid Asasi Nagari Gunung

Tanah Minang memang dikenal karena nilai-nilai budayanya yang kaya, dan juga terkenal sebagai daerah agama. Mayoritas masyarakat Minang adalah penganut Islam yang nilai-nilai agamanya menyatu dengan adat setempat. Salah satu peninggalan sejarah Islam yang dapat ditemukan saat ini adalah Masjid Asasi Nagari Gunung, yang didirikan pada 1405 yang, selain sebagai tempat ibadah, juga merupakan tempat perundingan dan juga tempat belajar dan memperdalam isi Qur & # 39; an.

Masjid bersejarah ini termasuk dalam wilayah Sigando, Kabupaten Janjang Timur. Masjid ini juga merupakan salah satu masjid tertua di Padang Panjang Kodya yang pembangunannya dilakukan bersama oleh komunitas Nagari Nan Ampek Juruai dan nagari di sekitarnya. Ini memiliki konsep arsitektur tradisional Minangkabau, yang dapat dilihat dari ukiran di dinding masjid.

Sementara itu, kubahnya berbentuk piramida tiga lantai yang melambangkan Gunung Nagari yang dikendalikan oleh tiga elemen, yaitu agama, tradisi, dan pemerintahan. Sampai sekarang, Masjid Asasi Nagari masih digunakan sebagai tempat ibadah untuk berdoa dan juga mempelajari Al-Qur'an;

5. Fantasi Minang

Minang Fantasy

Jika Jakarta memiliki Ancol, Padang Panjang memiliki MiFan yang merupakan objek wisata taman air yang sangat populer di Sumatera Barat. Dengan luas 9,8 hektar, tempat ini memiliki beragam permainan air yang paling lengkap di Sumatera. Karena terletak di pegunungan Bukit Barian, objek wisata ini juga menghadirkan suasana alami dan sejuk.

Tidak jauh dari MiFan, ada sebuah desa Minangkabau dalam bentuk resor dan penginapan untuk wisatawan. Trik yang dimiliki oleh tempat ini adalah konsep tradisional yang diusung dan dipadukan dengan sisi modern. Setidaknya ada 18 taman air dan wahana taman kering dengan berbagai fasilitas yang mendukung wisatawan. Yang berbeda dari tempat ini adalah ada penginapan yang masih berada di area yang sama dengan taman air, menjadikannya taman hiburan terbesar kedua setelah Dunia Fantasi di Jakarta.

Itulah beberapa tempat wisata di Padang Panjang yang bisa dikunjungi ketika memilih liburan di Sumatera Barat. Selain kota Padang Panjang, ada tempat wisata di Pariaman dan tempat wisata di Bukittinggi yang sayang untuk dilewatkan ketika mengunjungi Sumatera Barat. Punya referensi ke tempat wisata lainnya di Padang Panjang? Bagikan di kolom komentar! Jika Anda ingin berlibur di kota atau provinsi lain, tidak ada salahnya untuk mendengarkan beberapa artikel di bawah ini.

Pos 5 Tempat Wisata di Padang Panjang adalah Ciamik dan Abis yang Menyenangkan muncul pertama kali di TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin