Indonesia dikenal di seluruh dunia karena kekayaan alam dan pesonanya yang luar biasa. UNESCO bahkan memberikan sejumlah penghargaan kepada Indonesia karena potensi dan warisan budayanya. Salah satu penghargaan yang diberikan adalah UNESCO Global Geopark untuk lima lokasi wisata di Indonesia.

Namun, tidak sedikit yang tidak mengetahui situs Geopark Global UNESCO di Indonesia, dan pesona seperti apa dan keajaiban alam yang ada di dalamnya. Tripzilla Indonesia memperkenalkan lima situs di bawah ini:

Baca juga: Ayo Kunjungi 12 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia!

1. Batur

unesco global geopark indonesia

UNESCO Global Geopark Batur terletak di pulau Bali, salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Area geopark global ini memiliki luas 370,5 kilometer persegi dengan ketinggian 920 hingga 2152 mdpl.

Rak ditetapkan sebagai Geopark Global UNESCO pada November 2012 dan menjadi geopark global pertama di Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Ada dua kaldera di Batur, lengkap dengan lanskap dinding kaldera, puncak dan kawah, termasuk fenomena panas bumi, danau, aliran lahar, abu vulkanik dan tephra.

Ada 15 desa di wilayah ini, dengan sebagian besar warganya terlibat dalam pariwisata dan pertanian. Selain itu ada 21 situs warisan alam yang tersebar di seluruh wilayah. Wilayah Batur juga merupakan kawasan konservasi dan pendidikan.

2. Rinjani

unesco global geopark indonesia

Geopark Rinjani telah dinamai geopark global UNESCO pada tahun 2018 dan memiliki kombinasi luar biasa dari keanekaragaman hayati, keanekaragaman budaya dan adat istiadat di dalamnya. Fenomena gunung berapi yang dimiliki oleh geopark Rinjani juga tidak bisa diremehkan.

Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Timur, area geopark Rinjani meliputi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, dan Kabupaten Lombok Timur. Daerah Rinjani juga memiliki banyak pesona alam dan tujuan wisata menarik untuk dikunjungi.

3. Gunung Sewu

Geopark Gunung Sewu diakui sebagai Global Geopark UNESCO pada tahun 2015. Lokasinya berada di tiga provinsi di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan.

Geopark ini menawarkan banyak keindahan alam dan kekayaan arkeologis budaya manusia. Total ada 33 situs warisan alam yang tersebar di seluruh wilayah.

Baca juga: 26 pantai indah dan mengesankan di Pacitan
Baca juga: 17 Tempat Wisata di Gunung Kidul Selain Pantai Yang Tidak Kalah Keren

4. Ciletuh

Kredit gambar: @yunanrizqie

Global Geopark Ciletuh terletak di Jawa Barat, terletak di sebelah barat Sukabumi. Banyak keajaiban alam terjadi di Ciletuh, produk dari sejumlah fenomena alam yang luar biasa, yang pada akhirnya menghasilkan pesona dan pemandangan alam yang tak kalah istimewa.

Global Geopark Ciletuh dihuni oleh lebih dari 500 ribu orang, tersebar di 74 desa dari delapan kecamatan. Kegiatan mayoritas penduduk hidup dari pertanian, nelayan hingga bekerja di pemerintahan. Pariwisata juga merupakan salah satu sumber pendapatan keuangan daerah di kawasan geopark Ciletuh, mengingat banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 19 Destinasi Wisata di Ciletuh Geopark, Surga bagi Pecinta Alam

5. Kaldera Toba

unesco global geopark indonesia

Kaldera Toba adalah situs terbaru yang ditunjuk sebagai Global Geopark UNESCO di Indonesia. Salah satu tujuan wisata terkemuka di Provinsi Sumatera Utara menawarkan banyak hal, mulai dari pesona alam, informasi sejarah dan budaya dan adat istiadat yang mengesankan.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Danau Toba yang keren dan instan

Sudah tahu apa Geopark Global UNESCO di Indonesia, kan? Tertarik menikmati dan menjelajahi keindahan di sana?

Pos 5 Situs Geopark Global UNESCO di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin