Raja Ampat Papua telah menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang menawan. Deretan pantai yang masih alami dan bersih adalah daya tarik utama bagi wisatawan. Kepulauan Raja Ampat sendiri memiliki beberapa pulau, yang masing-masing memiliki keunikan dan potensi wisata, salah satunya adalah Pulau Salawati.

Sebagian besar pulau dipenuhi dengan pohon sagu liar, suasananya yang tenang dan tenang dan pantai-pantai perawannya membuatnya semakin menakjubkan. Akses ke pulau ini masih agak sulit dan biaya yang diperlukan untuk dapat melakukan perjalanan di Pulau Salawati cukup besar. Meski begitu, Anda tidak akan kecewa dan salah memilih saat berlibur di Pulau Salawati. Di bawah ini adalah informasi menarik yang bisa Anda dapatkan ketika berada di Pulau Salawati, apa kabar? Coba lihat.

1. Pohon Sagu

Pohon Sagu

Tidak hanya pasir putih yang dipadukan dengan air laut jernih yang hanya bisa dinikmati, ketika memilih bepergian di Pulau Salawati, wisatawan dapat menyaksikan pohon sagu yang tumbuh liar dan lebat. Perlu diingat, hampir tiga perempat wilayah Pulau Salawati adalah hutan sagu yang sangat lebat dan alami.

Pohon sagu tumbuh liar tanpa ada yang menanamnya, jadi siapa pun yang mengunjunginya akan merasakan suasana alami dan indah. Menjelajahi hutan sagu di kawasan pulau ini bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pulau Salawati. Sekalipun ada kesempatan, wisatawan juga bisa mencicipi sagu di sana. Keberadaan pohon sagu di pulau ini juga menambah suasana yang indah dan terasa lebih sejuk, dan menjadikannya lebih unik dan berbeda jika dibandingkan dengan tempat wisata di Pulau Waigeo dan tempat wisata di Pulau Misool yang juga terletak di dekatnya.

2. Fauna Endemik

    Fauna Endemik

Hal menarik lainnya yang bisa didapat ketika berkeliling di Pulau Salawati adalah spesies ikan baru bernama ikan Pelangi Salawati. Spesies ikan ini ditemukan melalui eksplorasi keanekaragaman hayati di wilayah ekoregion Kepala Burung Papua. Wisatawan dapat melihatnya di sungai Doktor yang terletak sekitar 64 kilometer sebelah barat Kota Sorong.

Keunikan ikan ini adalah warna kulitnya yang berwarna-warni. Ikan ini memiliki tubuh terbungkus ungu di bagian belakang dan ungu violet di ekor. Pada penutup insang, ikan ini berwarna emas dan titik-titik hijau, dan warna ungu dengan bintik-bintik biru di sisi perut, sedangkan di sisi belakang tubuh memiliki warna biru gelap. Warna yang indah cukup membuktikan kekalahan di wilayah Papua Barat memang memiliki beragam ikan dan kehidupan laut lainnya yang sangat langka.

3. Tenang dan tenang

Tenang dan tenang

Salawati adalah salah satu pulau di Raja Ampat yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi ketika Anda ingin liburan yang tenang dan bersantai dan menjauh dari keramaian kota. Padahal, pulau perawan ini memiliki kekayaan alam yang mampu menarik kunjungan peneliti dari berbagai negara untuk berkunjung dan mempelajarinya.

Pasir putih tampak kontras dengan pepohonan hijau di sekitarnya, tetapi karena wilayahnya yang tidak terlalu besar, hanya dua perahu motor yang dapat memasuki pulau itu. Selain menikmati keindahan pantainya, wisatawan juga bisa melihat peninggalan Perang Dunia II.

Di sini ada bunker dari Belanda dan Jepang yang menjadi saksi bisu perjuangan selama tahun-tahun perang. Selain itu, ada wisata budaya yang bisa disaksikan, yaitu tarian yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Memang wisata budaya yang menyatu dengan wisata alam membuat siapa pun tidak pernah bisa menolaknya.

4. Kegiatan Pariwisata

Kegiatan Turis

Seperti tempat wisata lainnya di Papua, salah satu kegiatan wisata di Pulau Salawati yang tidak boleh dilewatkan adalah menyelam, seperti yang kita tahu bahwa Salawati termasuk dalam Segitiga Terumbu Karang dengan variasi dan jenis terkaya di dunia. Jenis-jenis terumbu karang di daerah ini adalah terumbu tepi, tetapi ada juga atol dan taka. Bahkan, karena airnya yang jernih dan terawat dengan baik di kawasan ini, wisatawan dapat menikmati hamparan terumbu karang tanpa menyelam. Terlepas dari perairan Pulau Salawati, masih ada beberapa tempat menyelam di Raja Ampat. Ini daftar untuk Anda.

  • Magic Mountain, juga disebut Shadow Reef yang terletak di Misool dan nomor satu di Raja Ampat. Tempat ini menawarkan berbagai aksi dari kehidupan laut, ketika arus masuk, gerombolan besar ikan akan muncul seperti festival. Menariknya di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan pari manta yang indah dan merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling didambakan oleh penyelam dunia.
  • Cross Wreck, tempat penyelaman yang satu ini terletak 300 kilometer sebelah timur Kota Sorong. Keberadaan bangkai kapal yang tenggelam di dasar laut merupakan daya tarik lain yang bisa disaksikan oleh penyelam. Bangkai kapal yang terletak di kedalaman 18 meter ini memiliki bentuk yang masih utuh dan merupakan rumah bagi beberapa spesies ikan, salah satunya adalah ikan singa.
  • Pulau Fam, tempat menyelam ini memiliki area terumbu karang, bunga karang, dan karang lunak dengan warna mencolok dan tentu saja indah. Di tempat ini wisatawan juga bisa menyaksikan kelinci laut yang masih keluarga dengan moluska.
  • Selat Dampier, tempat ini memiliki Mike's Point sebagai andalannya karena ada gua yang bisa menjadi tempat menyelam. Dinding gua diciptakan oleh ledakan selama Perang Dunia II. Di sini wisatawan yang menyelam dapat melihat berbagai biota laut, seperti bibir manis tropis carangidi yang merupakan ikan besar seperti hiu. Ada juga taman terumbu karang yang dipenuhi ikan kecil dan hiu karpet.
  • Terumbu Ayam, di sini penyelam dapat menyaksikan keanekaragaman ikan kecil hingga hiu yang menjadi predator.

Untuk sampai ke Pulau Salawati, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Bandara Sorong, dilanjutkan dengan menyeberang ke Raja Ampat melalui pelabuhan di kota. Dengan perjalanan laut sekitar 2 jam, kelelahan tidak akan terasa karena ada pemandangan eksotis yang disajikan selama perjalanan, seperti pulau karang kecil tak berpenghuni. Mengunjungi dan melakukan kegiatan wisata di Pulau Salawati memang bisa memberikan pengalaman wisata alam yang sulit dilupakan. Itulah alasan mengapa tempat ini harus dikunjungi ketika Anda memiliki waktu dan kesempatan.

Meski memang untuk memulai perjalanan dari Jakarta akan membutuhkan banyak waktu dan uang. Jadi jangan lupa untuk menabung dan melakukan riset sebelum pergi ke pulau yang menawan ini. Memilih akomodasi yang sesuai dengan kantong Anda juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat pengeluaran. Setelah mendengarkan hal-hal menarik apa yang bisa Anda dapatkan ketika Anda bepergian di Pulau Salawati, berikut adalah beberapa tujuan dan kegiatan wisata yang dapat Anda kunjungi dan lakukan ketika Anda memiliki waktu luang.

Pos 4 Atraksi dan Aktivitas Menarik di Pulau Salawati muncul pertama kali di TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin