Di antara tempat-tempat wisata di Indonesia, Raja Ampat adalah salah satu yang paling populer dengan keindahan alamnya. Waigeo atau amberi Island, juga dikenal sebagai Waigiu di Papua Barat, merupakan salah satu dari tiga pulau terbesar di Raja Ampat, Papua Barat. Pulau Waigeo juga merupakan rumah bagi berbagai atraksi menarik, dan memiliki akses termudah untuk dicapai dengan transportasi umum.

Sebagai area yang luas di Pulau Waigeo belum tersentuh dan tidak memiliki akses, namun benar-benar menjadi unik dan membuat kecantikannya masih terjaga. Jika tempat wisata itu sendiri tidak memiliki keraguan tentang keindahannya, lalu apa saja kegiatan wisata di Pulau Waigeo yang dapat dilakukan wisatawan? Lihatlah ulasan di bawah ini.

1. Diving atau Snorkeling

Menyelam atau Snorkeling

Keindahan pemandangan bawah laut adalah salah satu keunggulan wisata Raja Ampat, perairannya yang jernih, aneka ikan, terumbu karang, dan kehidupan laut yang kaya lainnya merupakan pesona yang tidak dimiliki oleh situs penyelaman lainnya. Bahkan perairan di wilayah ini telah ditunjuk sebagai situs terbaik snorkeling di dunia pada 2015 oleh CNN.

Setidaknya ada 553 spesies karang, 8 spesies paus, 7 spesies lumba-lumba, dan lebih dari 1.000 spesies ikan. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat dugong, hiu, kura-kura, dan hewan endemik lainnya yang hanya dapat ditemukan di Indonesia, khususnya Pulau Papua. Salah satu tempat menyelam terkenal di sini adalah Mioskon yang terletak di utara Selat Dampier, lebih tepatnya antara Pulau Gam dan Waigeo. Perairan di dive spot ini terkenal karena ketenangan mereka, dan air lebih dari 25 meter.

Kondisi air yang datar dan berpasir, sehingga sering direkomendasikan sebagai spot diving untuk pemula. Hal menarik yang bisa disaksikan dari tempat wisata di Pulau Wagieo adalah karang lunak yang juga dihuni jutaan ikan. Jika tertarik, wisatawan bisa membawa mereka dari perairan Friwen menggunakan speedboat sekitar 20 menit.

2. Nikmati Keindahan Pulau Karang

Nikmati Keindahan Pulau Karang

Selain panorama bawah laut yang menakjubkan, pulau ini juga diberkahi dengan pemandangan unik. Yaitu keberadaan pulau karang yang berdiri megah dari permukaan laut. Secara umum, Raja Ampat terdiri dari gugusan pulau-pulau karang yang secara luas tersebar di seluruh wilayah. pulau karang di sini memiliki berbagai ukuran dengan berbagai bentuk juga.

Yang lebih menarik, batu berdiri di pantai, sehingga panorama menciptakan tampaknya lebih menakjubkan. Batuan yang terlihat tajam, menjulang tinggi di atas permukaan air, tak jarang batu-batu itu ditumbuhi tanaman. Air laut yang terlihat bening seperti kristal yang dipadukan dengan batu karang menjadikannya campuran alami yang menawan.

3. Kunjungi Teluk Mayalibit

Mengunjungi Teluk Mayalibit

tempat wisata di Papua memang tampaknya tidak pernah ada habisnya untuk dieksplorasi. Ada begitu banyak tempat atau tujuan wisata yang harus dikunjungi. Apalagi bukan hanya alamnya yang indah, Papua juga kaya akan kearifan lokal. Teluk Mayalibit misalnya, tempat ini adalah salah satu tujuan wisata di Waigeo yang terdiri dari beberapa tempat menarik, seperti yang ada di bawah ini.

  • Desa Lopintol, ini adalah salah satu kegiatan wisata di Wagieo Pulau yang menawarkan kearifan lokal. Desa Lopintol sangat terkenal karena memiliki cara-cara tradisional menangkap ikan. Ketika musim panen ikan tiba, penduduk setempat akan mengumpulkan dan membuat keramba ikan yang terbuat dari batu, pada malam hari mereka akan menangkap ikan dengan meraupnya menggunakan berbagai jenis alat. Bahkan dalam semalam, mereka dapat memanen hingga setengah ton ikan.
  • Air terjun, mungkin jika Anda melihatnya sangat mirip dengan air terjun, tetapi tingginya hanya sekitar 50 hingga 100 sentimeter. Air terjun ini adalah air tawar yang berasal dari pegunungan, yang jatuh di laut sehingga daerah tersebut menjadi air payau. gelombang yang tenang sangat cocok untuk membuat tempat ini sebagai lokasi berenang.
  • Kali Biru, jika Anda berada di Teluk Mayalibit, jangan lewatkan kunjungan ke Kali Biru. Di sini ada kolam dengan air yang sangat dingin dan biru jernih. Untuk tiba di turis lokasi harus trekking selama 15 menit pertama melalui anak sungai, sebelum akhirnya bertemu dengan genangan air di tengah-tengah hutan.

4. Hutan Pengamatan

Hutan Pengamatan

Pariwisata di Pulau Waigeo juga menawarkan pengalaman unik dalam bentuk pengamatan hewan Papua endemik. Salah satu kegiatan penawaran wisata yang dapat mengundang wisatawan untuk bertemu dengan berbagai jenis burung liar adalah Observation Forest. Hutan ini dirancang khusus untuk mengamati burung yang hidup di dalamnya. Hutan ini juga rumah bagi salah satu spesies terancam punah, yang Maleo Waigeo. Meskipun tidak semua wisatawan dapat melihatnya langsung, karena burung ini memang hidup liar dan tidak mudah untuk menemukan.

Burung ini, termasuk seorang pria besar dengan panjang tubuh yang bisa mencapai 43 cm. Karakteristik fisik burung ini adalah tubuhnya yang didominasi oleh bulu coklat pudar dengan kombinasi abu-abu di punggungnya, tetapi kepala dan leher hampir tidak memiliki bulu sama sekali. Maleo Wigeo jantan memiliki ciri khas yang membedakannya dari burung betina, yaitu keberadaan sisir kecil kemerahan dan tiga pial yang menggantung di lehernya.

Sangat menarik bukan merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Pulau Waigeo? Akses termudah untuk sampai ke pulau eksotis ini adalah dengan menggunakan pesawat menuju Sorong. Setelah tiba di bandara, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Sorong, yang kemudian berlanjut dengan perahu ke Waisai di Pulau Waigeo. Karena mayoritas wilayahnya adalah dalam bentuk air, itu adalah ide yang baik sebelum Anda meninggalkan untuk mendengarkan pertama bagi tips packing liburan Anda ke pantai.

Agar tidak semakin penasaran, buat saja rencana
perjalanan dan mengatur jadwal liburan ke Pulau Waigeo di Raja Ampat, Papua. Yang seperti itu
liburan lebih berkesan, bisa diajak bersama teman atau keluarga
pilihan yang tepat.

Pos 4 Kegiatan Seru di Pulau Waigeo muncul pertama pada TempatWisataUnik.com.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin