Banten dengan keanekaragaman kabupatennya yang hemat permata yang tersembunyi berupa aneka kuliner yang nikmat. Siapa yang tidak kenal kawasan Tangerang, Serang atau Pandeglang? Saat sedang liburan atau kebetulan berkunjung ke Banten, Anda wajib menyempatkan diri untuk berwisata kuliner. Kuliner tersebut merupakan perpaduan budaya Sunda dan Betawi yang kental di Banten. Selain enak, harganya juga ramah kantong jadi bisa makan kenyang tanpa perlu khawatir. Apakah kamu lapar? TripZilla Ada beberapa tempat yang bisa menjadi rujukan kamu untuk menemukan beragam kuliner khas Banten yang menggugah selera, simak di bawah ini!

1. Rasakan kehangatan saus Angeun Lada

Angeun Pepper | kuliner khas banten
Kredit gambar: misshotrodqueen

Meski dinamai Angeun Lada, namun merica bukanlah bumbu yang dominan di menu ini lho! Dalam bahasa Sunda angeun artinya sayur dan lada artinya pedas, jadi arti sebenarnya adalah sayur pedas. Kuah merahnya memang akan membuat penggemar rasa pedas pedas tergoda. Bahan utamanya adalah sayur dan babat sapi yang dibumbui dengan daun walang, kencur, kemiri, bawang merah dan bawang putih. Salah satu tempat makan terkenal kuliner khas Banten ini ada di RM. Cep Udin Angeun Merica. Siap berkeringat saat memakannya?

Alamat: Jl. Raya Serang Km. 01, Curug Sawer, Pandeglang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.30 WIB
Harga: Mulai dari 10.000 Rupiah

2. Menyeruput kuah rabeg yang manis dan pedas

Rabeg
Kredit gambar: fanny_dcatqueen

Rabeg merupakan masakan yang diolah dari daging sapi atau kambing dan sekilas terlihat seperti semur. Namun begitu Anda mencoba kuahnya, Anda akan merasakan sensasi penuh dengan bumbu, karena dalam semangkuk rabeg sudah dicampur dengan bumbu seperti jahe, lengkuas, pala, kayu manis dan cabai rawit. Tak hanya hangat, rasa pedasnya juga akan terasa di lidah. Salah satu tempat penyajian rabeg yang paling populer adalah restoran Rabeg Khas Serang H. Naswi. Hati-hati jika Anda makan rabeg dengan nasi panas, Anda mungkin ketagihan!

Alamat: Jl. Walikota Safei No.30, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 03.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 17.000

3. Rasakan gurihnya sate bandeng yang empuk di lidah

Sate Bandeng | kuliner khas banten
Kredit gambar: Sate Bandeng Ibu Aliyah

Ketika mendengar kata bandeng, apa yang Anda bayangkan? Ikan berdaging lembut yang lezat tapi durinya merepotkan? Buat kamu yang suka bandeng dan nggak mau repot, sate bandeng ini wajib dicoba! Sekilas, bandeng yang ditusuk terlihat gemuk dan menggoda dengan kulit agak gosong. Duri pada sate bandeng sudah diambil sehingga tidak akan menusuk saat dimakan. Saat digigit, gurihnya daging ikan berpadu dengan rasa berasap yang mana enak. Bumbu yang digunakan pun cukup sederhana, seperti santan, garam, bawang merah, gula merah, dan ketumbar. Saat ini Anda bisa menemukan sate bandeng asli dan pedas, salah satunya ada di Sate Bandeng Bu Aliyah. Nyam nyam!

Alamat: Jl. Lopang Gede III, Lopang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 40.000

4. Sate bebek yang enak dan anti mainstream

Kredit gambar: foodiesmemories

Kelihatannya seperti sate biasa dengan bumbu kecap, tapi makanan khas Banten ini terbuat dari daging bebek dan merupakan makanan khas Cibeber. Mengolah daging bebek untuk sate tidaklah mudah karena untuk menghilangkan bau amis dan membuat daging empuk, bebek harus direndam bumbu selama satu hari sebelum dipanggang. Namun begitu disajikan, Anda akan merasakan rasa daging yang dipadukan dengan bumbu seperti ketumbar, kunyit, kemiri, lengkuas, dan merica. Sate bebek bisa dimakan dengan atau tanpa kecap. Datang saja Sate Bebek H. Syafei yang terkenal menikmatinya!

Alamat: Jl. Raya Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten
Jam buka: Setiap hari, 11.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 18.000

5. Mengunyah ketan dan serundeng gurih dengan ketan

Kredit gambar: traveloreat.eair

Ketan ini menjadi bukti bahwa makanan dengan tampilan sederhana juga bisa terasa nikmat. Memang bahan utamanya hanya ketan yang dihaluskan lalu dikukus dengan santan sehingga menjadi ketan yang lengket dan gurih. Tapi coba aja kalo udah mengunyahnya bareng taburan serundeng, seporsi bisa cepat hancur! Selain disajikan dengan serundeng dan bawang goreng, Anda juga bisa menambahkan empal pada nasi ketan. Rasa ketan yang netral cocok dipadukan dengan lauk pauk yang memiliki cita rasa yang kuat. Ingin tahu? Coba datang ke Ketan Bintul Teh Ipah dan rasakan kombinasi yang menyenangkan ini!

Alamat: Jl. Maulana Hasanudin No.82, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 01.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 15.000

6. Sumsum gurih dipadukan dengan nasi bakar dalam satu bungkus sumsum nasi bakar

Beras Sumsum | kuliner khas banten
Kredit gambar: Nasi Bakar Sumsum Pisang Mas

Sumsum yang ada di tulangnya enak karena memiliki rasa yang gurih dan kaya. Bayangkan jika sumsumnya dimasak dengan nasi lalu dibakar, tentunya akan membuat air liurnya menetes! Selain sumsum, oncom atau ikan teri juga dicampurkan pada nasi bakar agar rasanya semakin enak tendangan. Salah satu pedagang nasi bakar yang bisa Anda kunjungi adalah Nasi Bakar Sumsum Pisang Mas. Saat daun pisang dibuka, aroma nasi yang wangi akan langsung menggelitik hidung. Satu porsi bisa habis tanpa dicicipi!

Alamat: Pisang Mas, Jl. Veteran No.30, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari pukul 15.00 – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 15.000

7. Sayur besan yang merupakan sajian wajib dalam acara pernikahan Betawi

Sayur besan | kuliner khas banten
Kredit gambar: adellaalgadrie

Sayur besan adalah hidangan yang tidak boleh dilewatkan karena sejarah dan rasanya. Menu sayur besan adalah menu wajib dalam prosesi pernikahan Betawi dan sesuai dengan namanya di masak untuk diberikan kepada keluarga di rumah. Rasanya enak dan komposisi bahannya tidak biasa. Di dalamnya terdapat bunga tebu yang rasanya seperti telur ikan saat dikunyah. Terubuk memang tidak mudah ditemukan, sehingga menu sayur ini jarang ditemui di luar acara pernikahan. Salah satu rumah makan yang menjual sayur ini adalah Betawi RM. Dipadukan dengan petai, bihun, dan ebi, rasa sayur besan pasti akan membekas di lidah Anda!

Alamat: RT 01 RW 01, Jl. Bayangkara Pusdiklantas, Paku Jaya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 16.30 WIB
Harga: Mulai dari Rp 20.000

8. Rasakan pedas dan asam berpadu di aspal

GEREM ASEM DPR BANTEN Kuliner Spesial
Kredit gambar: GEREM ASEM DPR KHAS BANTEN

Asam gerem yang terbuat dari ayam atau bebek ini bisa membuat Anda berkeringat karena rasa asam dan pedas yang tercipta di mulut Anda. Meski begitu, menu ini memiliki banyak penggemar karena terasa segar saat disantap, lho! Rasa asam pada asam jawa ini berasal dari penggunaan asam jawa. Saat disajikan, Anda juga bisa menambahkan sayuran agar isinya lebih lengkap. Anda bisa mengunjungi restorannya DPR Gerem Asem untuk mendapatkan sepiring asam dengan penampilan menggoda ini.

Alamat: Pasar Lama Serang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 25.000 IDR

9. Kue pasung wangi dan kenyal cocok untuk jajan

Kue Pasung | kuliner khas banten
Kredit gambar: rumahlila

Jajanan pasar yang perlu Anda coba di Banten salah satunya adalah kue pasung. Meski terdengar seram, namun kue ini sangat enak untuk dijadikan sebagai penguat perut. Terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu, terkadang juga ditambahkan potongan nangka atau kelapa di dalamnya. Kue pasung khas Banten ini memiliki ciri khas yaitu digulung seperti corong menggunakan daun pisang. Anda bisa menemukan penjual kue pasung ini di pasar tradisional, salah satunya di Pasar Taman Sari.

Alamat: Pasar Taman Sari, Cimuncang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 5.000 Rupiah

10. Keripik renyah yang membuat Anda mengunyah

Keripik Menes
Kredit gambar: Orok Menes Emping House

Desa Menes merupakan sentra produksi keripik di Banten. Terbuat dari buah melinjo yang dihaluskan, kripiknya yang crispy sangat cocok untuk Anda jadikan camilan atau pelengkap saat makan nasi. Rasa pahit melinjo sebenarnya salah satu faktor yang bisa bikin ketagihan. Selain orisinal, Anda juga bisa menemukan keripik yang telah diberi rasa seperti balado atau gula merah. Datang ke Rumah Emping Orok Menes untuk membeli keripik yang juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh!

Alamat: Desa Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 12.500

11. Balok menes kecil yang memiliki rasa yang unik

Blok Menes | kuliner khas banten
Kredit gambar: igendro

Blok menes ini berbentuk kotak dan sekilas terlihat familiar di mata. Namun kuliner khas Banten yang satu ini memiliki komposisi bahan yang unik yang bikin penasaran untuk mencoba. Terbuat dari bahan utama singkong, rasa yang enak dan aroma yang harum akan terasa di lidah. Kemudian sebagai pelengkap ditambahkan serundeng dan bawang goreng. Kemudian muncul rasa manis yang tidak biasa dan inilah yang dicari oleh para penggemar blok Menes. Anda bisa merasakan blok menes di Bar Menes Pandeglang dan mungkin satu porsi tidak akan cukup!

Alamat: Jl. Raya Labuan – Pandeglang No.184, Karyasari, Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 5.000 Rupiah

12. Mengisi perut dengan berisi lepet yang padat

Kredit gambar: nanie_lembayung

Lapar sedikit atau lapar banget saat berwisata di Serang? Cobalah menggigit selada atau leupeut, dijamin mujarab bikin perut kenyang dan mood senang. Lepet merupakan makanan ringan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan kacang tanah sehingga akan terasa nikmat. Untuk menambah rasa, ada berbagai jenis isian yang biasa dimasukkan ke dalam lepet, seperti kacang tanah, kacang merah, kacang tolo atau jagung pipilan. Anda bisa menemukan lepet murah ini di Pasar Taman Sari dan lebih baik beli beberapa buah agar puas memakannya!

Alamat: Pasar Taman Sari, Cimuncang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 600 IDR

13. Lemang, bulat khas Malingping

Leumeung
Kredit gambar: egimardani

Anda mungkin sudah makan lemang atau leumeung ini di tempat lain. Namun lemang merupakan kuliner khas daerah Malingping di Banten. Adonan ketan dan santan kental dibakar dalam bilah bambu dan setelah matang, lemang hangat siap disantap. Biasanya ditambahkan telur asin sebagai pelengkap lemang. Datanglah ke pasar tradisional di Malingping untuk membeli lemang ini. Sederhana, mengenyangkan, dan enak!

Alamat: Jl. Raya Ps. Malingping, Malingping Selatan, Kabupaten Lebak, Banten
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari Rp 15.000

14. Kue apem putih yang manis beda dari yang lainnya

Kue Apem Putih
Kredit gambar: elizatsonis.dll

Kue apem memang biasa, tapi kue apem putih ini merupakan kuliner khas Pandeglang, Banten. Dikenal juga dengan nama Pak Thong Ko, penjual kue ini mudah ditemukan di sepanjang jalan. Teksturnya lembut dan hollow, rasanya sedikit manis dan bikin pengen nambah lagi. Umumnya kue apem ini dimakan dengan cara dicelupkan berupa kinca alias gula merah cair, madu atau sirup. Untuk mengimbangi saus manis, disandingkan dengan kopi pahit sudah pasti nikmat!

Alamat: Desa Kadubungbang, Kec. Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 10.000 Rupiah

15. Cicipi pedasnya pecak bandeng yang terkenal

Kredit gambar: Pecak Bandeng Sawah Luhur RM

Kuah sambal berbalut pecak bandeng ini tampak menantang bagi pecinta kuliner pedas. Tak heran jika sajian ini menjadi menu populer di Serang. Pada hidangan pecak bandeng, sambal dicampurkan langsung ke dalam bandeng bakar. Kalau beli pecak bandeng, ada paket nasi dan lalapan di saat bersamaan, bikin makanan makin mantap. Tempat terkenal untuk menikmatinya adalah Pecak Bandeng Sawah Luhur RM. Ada juga pilihan pecak bandeng tanpa tulang, enak disantap dan sama enaknya!

Alamat: Jl. Raya Pontang Km. 10, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 20.000

16. Nasi gonjleng aromatik dan menambah nafsu makan

Nasi Gonjleng | kuliner khas banten
Kredit gambar: kholidahtamami_olie

Aroma nasi gonjleng ini mirip dengan nasi kebuli karena dibumbui dengan tuli dan kapulaga. Menurut warga Cilegon, asal usul nama nasi gonjleng karena dimasak dan dinikmati bersama. Proses pembuatan kuliner khas Banten ini disebut juga dengan gonjlengan. Selain dibumbui, nasi juga diberi lauk kerbau, sapi, kambing atau ayam. Lauk pauk daging yang gurih ditambah nasi yang harum pasti akan menggugah selera makan. Kunjungi warung Nasi Gonjleng mencicipinya ya!

Alamat: No.2 RT 003/005, Jl. RA. Kartini, Jombang Wetan, Kota Cilegon, Banten
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 20.000

17. Makan laksa dengan isian padat dan kuah gurih

Kuliner Laksa Tangerang | khas banten
Kredit gambar: Kuliner Laksa Tangerang

Laksa merupakan kuliner yang sangat populer dan diminati oleh masyarakat luar Tangerang. Apalagi kalau rasanya kurang enak. Kuah unik yang terbuat dari santan, kacang hijau, kentang dan kaldu ayam ini memberikan rasa gurih yang menyelimuti isian laksa. Isian utama laksa adalah mie putih yang terbuat dari tepung beras dengan taburan kacang hijau dan kelapa bakar parut. Kalau mau lebih enak tambahkan telur dan opor ayam ke dalam laksamu kamu. Tolong pergi Kawasan Kuliner Khas Laksa Tangerang yang merupakan tempat berkumpulnya penjual laksa dan pilih sesuai selera!

Alamat: Jl. Mochammad Yamin No.113, RT.001 / RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari Rp 13.000

18. Sederhana dan sehat ala Gecom

Gecom
Kredit gambar: ismaya_dapur_maya

Gecom. Dari tampilannya pasti sudah bisa ditebak kalau ini adalah kombinasi tauge dan oncom. Oncom yaitu kacang kedelai yang difermentasi memiliki rasa yang kuat dan tauge memberikan rasa yang segar. Namun, jika membelinya di Tangerang, para pedagang calon akan menambahkan kecap buatan Tangerang yang membuat rasanya berbeda. Gecom ini pas untuk disantap sendiri atau sebagai lauk. Salah satu lokasi yang terkenal untuk makan gecom ini adalah Toge Goreng Bu Wati. Kunjungi dan lihat betapa lezatnya itu!

Alamat: Gg. Leduk Asem No. 115, RT.002 / RW.002, Jatake, Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 15.000

19. Sweet and sticky, fun style cake bowsprit

Kue Cucur
Kredit gambar: shirleyliem.dll

Kue ketimun yang bentuknya seperti serabi ini terkenal dengan teksturnya yang lengket dan rasa manis dari gula merah. Kue bowsprit bisa Anda temukan dengan mudah di pusat jajanan kaki lima di kota Serang. Kue tepung beras ini enak disantap sebagai camilan atau bisa juga dijadikan oleh-oleh. Toko Cinderamata Khas Banten "ZILFI" merupakan salah satu tempat yang menjualnya dan harganya murah.

Alamat: Pasar Lama, Jl. Maulana Hasanudin, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 1.500 IDR

20. Jajanan kue jojorong berwarna putih dengan tekstur lembut

Kue Jojorong
Kredit gambar: JOJORONG IBU BAKRI

Sekilas, kue jojorong ini terlihat biasa saja, namun Anda akan terkejut saat memakannya. Kue ini mengandung gula aren cair yang akan muncul saat Anda menyendoknya. Terbuat dari pati dan tepung beras, jojorong umumnya dijual pada bulan Ramadhan. Selain manis rasanya juga enak karena mengandung santan. Anda bisa mencoba kue ini dengan membelinya di Jojorong Ibu Bakri, kenyal dan lembut membuat Anda tidak makan cukup!

Alamat: Perumahan Metro Cilegon Cluster Cendana M10 No.2, Cilegon, Banten
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 5.000 Rupiah

21. Menggigit gipang yang renyah dan manis

Kredit gambar: Oleh-oleh ZILFI Banten

Gipang alias jipang sangat cocok untuk jajan karena rasanya yang renyah dan ringan di mulut. Rasanya didominasi manis karena terbuat dari ketan yang dicampur air gula. Tidak hanya rasa aslinya, kini Anda bisa mendapatkan gipang dengan rasa pandan dan gula merah. Gipang juga mudah ditemukan di Banten, salah satu tempat mendapatkannya ada di Toko Cinderamata Khas Banten "ZILFI". Ditemani kopi atau teh di sore hari, pas banget!

Alamat: Pasar Lama, Jl. Maulana Hasanudin, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp 19.000

Baca juga: Tempat wisata di Lebak Banten yang asyik dan instagrammable

Semua makanan ini enak dan mudah didapat. Menyantap kelezatan kuliner khas saat sedang bekerja atau berwisata ke Banten pasti akan membuat perjalanan Anda semakin seru!

Postingan 21 makanan khas Banten yang menggoyang lidah dan wajib dicoba muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin