Bogor adalah lokasi favorit bagi warga Jakarta untuk bepergian. Dengan alamnya yang masih alami dan banyak tujuan wisata yang menarik serta kedekatannya dengan ibu kota, banyak keluarga menghabiskan waktu di Bogor.

Dengan begitu banyak tujuan wisata di Kota Hujan, berbagai tema wisata ditawarkan, termasuk liburan keluarga. Asyiknya, banyak tempat wisata di Bogor juga cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Selain memanjakan anak Anda, orang tua juga bisa santai dan bersenang-senang untuk kembali bugar dalam menghadapi rutinitas yang membosankan.

Bagi Anda yang tidak tahu tujuan wisata terbaik untuk keluarga di Bogor, daftar di bawah ini bisa menjadi inspirasi untuk menjadi tujuan liburan keluarga akhir pekan depan. Coba lihat!

1. Lihat ribuan spesies buah di Taman Buah Mekarsari

Kredit gambar: @mekarsari_fruitgarden

Mengklaim dirinya sebagai kebun buah terbesar di dunia, Mekarsari memiliki koleksi tanaman buah yang sangat beragam. Tidak hanya anak Anda dapat belajar tentang buah-buahan, orang dewasa juga dapat menggali banyak informasi tentang budidaya buah di taman ini. Dapat dikatakan bahwa Taman Buah Mekarsari adalah pusat ilmu buah di Indonesia.

Kredit gambar: @mekarsari_fruitgarden

Untuk atraksi sendiri, Mekarsari menyediakan banyak wahana untuk liburan yang menyenangkan. Ada kebun dari langka ke biasa, wisata air, wisata permainan, wisata mengemudi, dan paket wisata menarik lainnya. Jika Anda puas bermain dan menjelajah di taman ini, Anda juga dapat membeli benih yang sudah tersedia.

Lokasi: Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Mekarsari, Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Bogor.
Jam buka: Senin hingga Sabtu, 9:00 – 16:30; Minggu, 8:00 – 17:00
Harga tiket: Mulai dari 50,000 IDR.

2. Kenalkan anak-anak ke alam di Hiking Boy

Kredit gambar: @raniegiant

Ingin waktu berkualitas bersama anak? Coba ambil Hiking Boy. Ini adalah sebuah klub anak-anak yang memfasilitasi kegiatan di luar ruangan untuk anak-anak, mulai dari usia tiga tahun hingga 15 tahun. Selama anak bisa berjalan, maka mereka bisa mengikuti kegiatan di sini. Semua kegiatan lebih dekat dengan sifat anak, baik melalui mendaki sebaik Arung jeram anak-anak.

Kredit gambar: @greatfinn

Setiap anak harus ditemani oleh orang tua atau orang dewasa lainnya. Jadi sama seperti anak Anda meminta untuk digendong, pendamping itu bertanggung jawab. Rute ini di perbukitan dengan pemandangan indah di daerah Katulampa, Bogor. Kisaran yang dapat dipilih bervariasi dari ringan hingga berat. Untuk arung jeramsemua peserta akan mendapatkan peralatan keselamatan. Hiking Boy juga siap menjadi tuan rumah kegiatan yang lebih eksklusif seperti sekolah atau acara komunitas.

Lokasi: Katulampa RT 03 / RW 09 Bogor Timur, Bogor.
Jam buka: Setiap hari, 8:00 – 14:00
Harga tiket: Mendaki Rp 35.000, Arung Jeram Rp 20.000.

3. Sensasi bertemu binatang liar di Taman Safari Indonesia

Kredit gambar: @hassanalaydrus

Seperti namanya, taman ini menawarkan sensasi safari seperti di alam liar. Anda akan melewati berbagai zona tempat hewan dapat berkeliaran dengan bebas. Selain itu, Taman Safari Bogor juga memiliki banyak penawaran dan kegiatan menarik lainnya yang akan membuat liburan Anda benar-benar berkesan.

Kredit gambar: @taman_safari

Anda dapat memilih paket safari siang atau malam. Anda bahkan dapat memilih paket safari trekking dan keluar untuk kegiatan yang menyenangkan. Jika Anda menginginkan sesuatu yang lucu dan menggemaskan, datang saja ke Istana Panda. Koleksi binatang di sini juga relatif lengkap, mulai dari burung hingga reptil dan primata. Ada juga Area Hiburan, di mana Anda dapat menikmati banyak pertunjukan. Anda juga dapat menemukan restoran dan penginapan di sini. Sangat lengkap, bukan?

Lokasi: Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, District. Cisarua, Bogor.
Jam buka: Senin hingga Kamis, 8,30 – 16,30; Sabtu dan Minggu, 8:00 – 17:00
Harga tiket: Mulai dari 160.000 IDR.

4. Kidzoona, dunia adalah milik anak Anda

Kredit gambar: @evanoviana

Ini adalah dunia anak-anak. Kidzoona memberi kebebasan bagi anak Anda untuk bermain di berbagai wahana menarik untuk belajar tentang pekerjaan orang dewasa. Sementara itu, orang tua tidak bisa berbuat banyak di sini selain menonton anak-anak mereka sibuk dengan dunia masing-masing.

Kredit gambar: @ intankdewi2984

Kidzoona menyediakan kostum dan tempat bagi anak-anak untuk menjalankan rutinitas mereka sebagai koki, petugas pos, dokter, polisi, perawat, dan lainnya. Saat puas permainan peran anak-anak dapat menghabiskan energi mereka di arena seluncur es, menjelajah melalui jalur udara, memandikan bola, hingga memutar bola. Kegembiraan di sini tak ada habisnya!

Lokasi: Lippo Plaza Bogor Jl. Siliwangi No.123, RT.01 / RW.01, Sukasari, Bogor Timur, Kota Bogor.
Jam buka: Setiap hari, 10:00 hingga 21:00
Harga tiket: 50,000 IDR.

5. Bermain di taman bunga instagenic Melrimba Garden

Kredit gambar: @bogorkotahijau

Taman ini menempati area yang cukup luas, sekitar lima hektare. Membawa konsep taman keluargaMelrimba mencoba mengakomodasi dan pada saat yang sama memberikan rasa aman bagi keluarga untuk bersantai di sini. Daya tarik utama jelas adalah taman bunga berwarna-warni super instagenik. Selain itu, pemandangan di sekitarnya juga sangat indah.

Kredit gambar: @cicipuuut

Ada beberapa area yang bisa Anda kunjungi di taman ini; mulai dari taman dan taman bunga, Sentra Anggrek Bulan, dan Kampoeng Melrimba. Masalah tempat foto instagenik, Anda tidak perlu bertanya lagi. Ada banyak tempat yang dapat menghasilkan keran foto untuk diisi Instagram kamu. Kampoeng Melrimba pada Akhir Pekan juga sangat populer karena merupakan pusat berkumpulnya penjual makanan tradisional.

Lokasi: Jalan Raya Puncak KM 87, Tugu Utara, Cisarua, Bogor.
Jam buka: Hari biasa, 9:00 – 21:00; akhir pekan 8:00 – 11:00
Harga tiket: Rp15.000

6. JungleFest, tempat wisata murah yang mengasyikkan

Kredit gambar: @ avia.darmadjie

Satu dari taman hiburan yang paling populer di Bogor adalah JungleFest. Popularitas JungleFest tidak terlepas dari harga tiket yang relatif murah. Di sini, Anda bisa menikmati banyak permainan wahana atraksi, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Kredit gambar: @dianwulansari

Salah satu wahana yang bisa Anda kendarai adalah Spectrum Wheel, roda beroda untuk orang dewasa dengan ketinggian sekitar 12 meter. Sedangkan Twilight Wheel adalah versi anak-anaknya. Ada juga Traffic Park, tempat di mana anak-anak dapat bermain sambil belajar tentang pentingnya lalu lintas yang teratur. Masih ada Ayunan Lumino, Menara Flash, Selamat Bersinar, Bumper Berkilau, Pelangi Kano, & Kereta Bright yang juga menarik untuk dicoba.

Lokasi: Bogor Nirwana Residence, Jl. Dikeruk, Bogor.
Jam buka: Sabtu dan Minggu, 13.00-21.00
Harga tiket: 15.000 – 25.000 IDR & 60.000 – 75.000 untuk tiket sekali jalan ke semua wahana.

7. Seru bermain air di Petualangan Air Marcopolo

Kredit gambar: @ komarudin.qom

Lagi-lagi ingin bermain air, Bogor punya banyak Taman air. Salah satu yang paling terkenal adalah Marcopolo Water Adventure. Tempat ini, yang dibuka sejak 1998, menawarkan kesegaran banyak kolam renang dan permainan air lainnya. Anak-anak akan menyukainya di sini karena ada banyak seluncuran.

Kredit gambar: @marcopolo_bogor

Marcopolo bahkan memiliki kolam renang untuk balita dan bayi. Anda juga dapat menemukan berbagai waterboom, pusaran air, kolam aliran, kolam gurita, dan hot tub. Untuk membuat anak Anda lebih nyaman, tempat ini juga memiliki gua tujuh kurcaci dan gua bajak laut. Air terjun dan ember raksasa siap mencurahkan kesegaran mereka di bawah ini.

Lokasi: Kota Bukit Cimanggu, Jl. Sholeh Iskandar No.1, RT.01 / RW.11, Cibadak, Kabupaten Tanah Sereal, Kota Bogor.
Jam buka: Setiap hari, 7 pagi – 9 malam
Harga tiket: IDR 40.000 untuk hari kerja dan 55.000 untuk akhir pekan.

8. Makan dan berjalan di Cimory Riverside

Kredit gambar: @firuz_alfarazdaq

Tempat ini adalah kombinasi unik dari restoran dengan pemandangan, serta beberapa wahana wisata buatan. Cimory juga dikenal sebagai merek yang menjual sapi perah olahan.

Kredit gambar: @mommybrayden_

Selain memanjakan perut, Cimory Riverside juga merupakan tujuan ramah anak. Ada museum 3D yang diklaim sebagai Lulu terbesar di Puncak, Monster Aquarium menyimpan koleksi ikan Cimory, serta Cimory Forest Walk, Chocomory, dan toko produk susu. Jadi, jika Anda lapar dan ingin bepergian, Cimory Riverside adalah pilihan yang baik.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Jam buka: Hari biasa 8:00 – 10:00 malam; Akhir pekan 7.00 – 22.00.
Harga tiket: Gratis, tetapi setiap kendaraan memiliki tiket masuknya sendiri.

9. Nongkrong dengan rusa di Markas Rusa Giri Jaya

Kredit gambar: @tamanrusagirijaya

Jika Anda ingin lebih dekat dengan hewan liar yang terbiasa berinteraksi dengan manusia, datang saja ke pengembangbiakan Rusa Giri Jaya. Sesuai namanya, tempat ini adalah tempat berkembang biak rusa yang kemudian dibuka sebagai objek wisata. Daya tariknya tentu saja adalah bertemu langsung dengan rusa bersahabat di lapangan yang luas.

Kredit gambar: @tamanrusagirijaya

Anda bisa memberi makan rusa ini. Manajer juga menjual sayuran untuk Anda berikan kepada rusa nanti. Karena mereka terbiasa bertemu manusia, rusa tidak akan terlalu malu ketika diberi makan atau bahkan dibelai kepala mereka.

Lokasi: Buanajaya, Tanjungsari, Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Bogor.
Jam buka: Senin hingga Sabtu 7.00 – 15.00; Minggu 7.00 – 16.00
Harga tiket: 10.000 IDR

10. Wisata pendidikan di Kampoeng Wisata Cinangneng

Kredit gambar: @indri_rizal

Jika Anda ingin merasakan sensasi tinggal di desa tradisional Sunda, Kampoeng Cinangneng adalah solusinya. Sebagai desa wisata, Cinangneng menawarkan pengalaman yang relatif lengkap. Anda dapat menghubungi budaya, alam, hingga tradisi pertanian yang ada di sini. Karena banyaknya pilihan kegiatan yang dapat dilakukan, desa ini sangat cocok untuk wisata edukasi kelompok seperti karyawisata sekolah.

Kredit gambar: @tiwiga

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini termasuk belajar memainkan alat musik tradisional, belajar menari secara tradisional, menggambar dengan media caping, memandikan kerbau, menanam padi, dan membuat kue dan obat herbal tradisional. Misalkan Anda ingin tinggal lebih lama di sini juga, karena di Cinangneng sudah ada fasilitas penginapan.

Lokasi: Jl. Babakan Kemang RT. 01/02, Cihideung Udik, Ciampea, Bogor.
Jam buka: Setiap hari, 8:00 – 17:00
Harga tiket: Bervariasi tergantung pada paket yang dipilih.

11. Petualangan yang menantang di Cibalung Happy Land

Kredit gambar: @cibalung_happyland

Happy Land Cibalung adalah tempat yang unik. Tujuan ini menawarkan banyak wahana modern di tengah suasana alami yang menenangkan. Anda juga dapat menikmati aktivitas menarik yang penuh tantangan di sini. Semua anggota keluarga akan bersenang-senang sebanyak mungkin. Untuk pecandu adrenalin, tempat ini juga cukup memadai untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Kredit gambar: @rizki_herfani

Pengunjung keluarga akan lebih menyukai wisata santai seperti Taman Air Cibalung yang memiliki berbagai kolam renang untuk anak-anak, seluncuran dan kolam arus. Tempat ini benar-benar segar untuk basah segar dengan semua anggota keluarga. Lalu ada area keluar mana yang tepat untuk grup perusahaan. Arung jeram tantangan di sungai Cisadane juga ditawarkan. Ada juga vila dan villa bumi perkemahan bagi yang ingin bermalam di lokasi yang asik ini.

Lokasi: Jl. Cihideung, Cijeruk, Cibalung, Bogor
Jam buka: Setiap hari, 8:00 – 17:00
Harga tiket: 20.000 IDR hari kerja, akhir pekan IDR 25.000. Setiap kendaraan memiliki tiketnya sendiri.

12. Taman hiburan super lengkap di JungleLand

Kredit gambar: @putrisyalwap

Taman hiburan berikutnya di Bogor adalah JungleLand. Ada banyak wahana hiburan modern yang bisa Anda nikmati di udara Bogor yang dingin. Taman ini juga merupakan tempat yang tepat untuk tur pendidikan anak-anak dan sangat menghibur bagi pengunjung dewasa. Kombinasi yang hebat, bukan?

Kredit gambar: @jungleland_indo

Ada beberapa zona di taman ini; Zona Karnivalia, Zona Mysteria, Zona Explora, dan Zona Tropicalia. Setiap zona memiliki banyak wahana dan semuanya memiliki karakteristik unik. Anda dapat naik wahana yang mendebarkan, menikmati pertunjukan yang menarik dan menakutkan, dan zona permainan yang menyenangkan. Pengunjung yang datang ke sini dijamin tidak akan bosan.

Lokasi: Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungleland Boulevard No. 1, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor.
Jam buka: Senin hingga Kamis, 10:00 – 17:00; Jumat hingga Minggu 8:00 – 17:00.
Harga tiket: Hari biasa – IDR 165.000, akhir pekan dan hari libur – IDR 220.000.

13. SKI, wisata belanja tapi menyenangkan untuk anak-anak

Kredit gambar: @ purnamawati953

SKI adalah singkatan dari Sumber Karya Indah, pusat industri tas di Bogor. Tempat ini toko serba ada besar, tempat Anda dapat berbelanja barang-barang fashion berkualitas, seperti berbelanja di supermarket. Karena popularitasnya yang terus menanjak, juga dibangun wahana wisata untuk membuat wisatawan lebih nyaman berada di sini.

Kredit gambar: @ski_bogor

Taman hiburan di SKI, antara lain Taman air, wahana dalam, mini keluar, kebun binatang mini, pusat kuliner dan danau buatan. Dijamin akan menyenangkan!

Lokasi: Jalan Irigasi Katulampa No.6, Bogor.
Jam buka: Setiap hari, 8:00 – 17:00
Harga tiket: Hari normal IDR 15.000; akhir pekan Rp 20.000.

14. Kebun Raya Bogor, halaman belakang istana Presiden

Kredit gambar: @prestiayu

Tempat ini sudah sangat populer, terutama karena terletak di belakang Istana Negara Bogor. Meskipun dekat dengan kediaman orang nomor satu di Indonesia, Kebun Raya Bogor masih dapat diakses secara bebas oleh masyarakat.

Kredit gambar: @aisyahhs

Sejarah taman ini dapat ditelusuri sejak zaman Kerajaan Sunda. Taman ini memiliki koleksi banyak tanaman langka dari seluruh Indonesia. Yang paling terkenal mungkin adalah bangkai bunga yang ditanam pada tahun 2002. Selain itu, ada juga pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih bertahan hingga hari ini. Secara keseluruhan, taman luas ini cocok untuk piknik bersama keluarga dan untuk olahraga ringan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor
Jam buka: Setiap hari, 8:00 – 17:00
Harga tiket: Rp15.000

15. Bermain air di Kerajaan Air Mekarsari

Kredit gambar: @ deila.hip

Ini adalah wisata air terlengkap yang dapat Anda temukan di Bogor. Bahkan, Kerajaan Air Mekarsari dikatakan disebut a Taman air yang terbesar di Asia Tenggara. Banyak sekali fasilitas dan fasilitas. Anda dapat bermain air sebanyak yang Anda bisa pada berbagai slide ekstrim, kolam bergelombang, kolam splash, pusaran air, sungai malas, dan banyak lagi.

Kredit gambar: @ tedyruswanto3

Semua kegembiraan yang Anda bayangkan akan terwujud di sini. Banyak spot yang juga sangat pas untuk dijadikan spot foto, baik selfie maupun wefies. Selain itu, taman juga secara teratur mengadakan acara, termasuk konser musik.

Lokasi: Jl. Raya Jonggol – Cileungsi No.KM. 3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor.
Jam buka: Hari biasa, 9: 00-17: 00; akhir pekan, 8:00 – 17:00
Harga tiket: Mulai dari Rp 85.000

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Bogor Yang Mengesankan Dan Instagrammable

Jadi itu adalah pilihan wisata ramah anak yang bisa Anda kunjungi di Bogor. Cukup sesuaikan keinginan dengan anggaran, Anda bisa menikmati perjalanan bersama semua orang.

Posting 15 Tempat Wisata Keluarga di Bogor yang Harus Anda Kunjungi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin