Jika ukurannya adalah kebebasan, perjalanan paling nyaman untuk dilakukan sendiri. Pergi ke mana saja gratis, liburan tanpa rencana sudah diperbaiki menyenangkan. Tetapi bagi yang sudah menikah, apalagi punya anak, pilihan perjalanan alternatif menjadi lebih terbatas, termasuk di Bandung sekalipun. Orang tua Kudu cerdas dalam memilih tempat wisata yang akan menyenangkan bagi semua anggota keluarga.

Untungnya, banyak pilihan tempat wisata di Bandung ramah anak. Mulai dari belajar seni dan kerajinan, tempat bermain yang menyenangkan, hingga wisata edukasi yang akan membuat anak lebih pintar. Untuk memanjakan anak Anda, daftar objek wisata ramah anak di Bandung ini bisa menjadi tujuan liburan Anda berikutnya. Kira-kira, tempat wisata apa yang paling disukai si kecil?

1 Tur gaya koboi di Peternakan Lembang

Kredit Gambar: De'Ranch Lembang

Tenang saja, meskipun tema utamanya adalah wisata koboi, tidak ada kekerasan sama sekali di sini. Ada kegiatan yang menyenangkan seperti menunggang kuda, berfoto dengan kostum koboi, berbelanja, makan enak, dan banyak lainnya. Anak-anak akan sangat nyaman di sini karena ada banyak wahana yang dapat mereka jelajahi di objek wisata ramah anak di Bandung.

Kredit gambar: De'Ranch Lembang

Di sini, si kecil Anda dapat mencoba berbagai kegiatan lucu seperti menunggang kuda, bermain dengan kelinci, merawat sapi, dan kambing. Untuk anak yang lebih besar, ada kendaraan yang lebih menantang seperti flying fox, memanah, hingga trampolin. Dijamin, sehari tidak akan cukup untuk menikmati semua wahana dan fasilitas di De'Ranch!

Lokasi: Jl. Maribaya no. 17 Lembang, Bandung Barat.
Jam buka: Setiap hari, jam 9 pagi – jam 5 sore
Harga tiket: 15.000 IDR per orang

2 Masuki dunia sihir di Trans Studio Bandung

Kredit gambar: Trans Studio Bandung

Ingin bertemu dengan tokoh-tokoh populer anak-anak yang sering muncul di layar? Ingin menggerakkan adrenalin dalam perjalanan yang menantang? Ingin mengenang Hollywood di tahun 60-an? Semuanya bisa dilakukan di Trans Studio Bandung, sebuah kawasan wisata terpadu serta taman hiburan dalam yang terbesar di Asia Tenggara.

Kredit gambar: Trans Studio Bandung

Bagi orang dewasa, tempat wisata ramah anak di Bandung ini adalah surga untuk petualangan dan pengujian dengan wahana ekstrem. Dari Racing Coaster, Vertigo, Giant Swing, Kong Climb, hingga Storm Chaser, dan banyak lagi. Anak-anak juga akan dimanjakan dengan wahana seperti Children World, Si Bolang Adventure, Kapal Bajak Laut Black Heart, Pulau Liliput, dan berbagai wahana menyenangkan lainnya. Studio ini juga sering mengadakan pertunjukan menarik.

Lokasi: Jalan Gatot Subroto No. 289, Cibangkong, Batununggal, Bandung.
Jam buka: Hari biasa, 10:00 – 18:00, akhir pekan dan musim ramai, 10:00 – 19:00
Harga tiket: 180.000 untuk Senin-Kamis, 200.000 untuk Jumat, 280.000 untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur

3. Belajar dan bermain di Ekowisata Kampung Batu Malakasari

Kredit gambar: Kampung Batu

Dulunya, daerah ini adalah tambang batu alam yang secara tradisional dieksploitasi oleh penduduk sekitar satu abad yang lalu. Situs bekas penambangan meninggalkan lanskap geologis yang menakjubkan yang kemudian dikonversi menjadi taman wisata. Ekowisata ini memiliki fasilitas dan kendaraan yang lengkap. Anda dapat menemukan danau, bukit batu, peternakan, pembiakan rusa, sawah, area aktivitas luar ruangan, dan sebagainya.

Kredit gambar: Kampung Batu

Anak-anak pasti akan suka bermain di Adventure Kids Park. Jika mereka ingin basah, anak kecil mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan di Tektona Waterpark (tiket terpisah). Di tujuan wisata ini untuk anak-anak di Bandung, mereka juga dapat belajar tentang hewan ternak dan budaya Sunda. Pokoknya seru dan lengkap!

Lokasi: Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malaksari, Kabupaten Baleendah, Kabupaten Bandung.
Jam buka: Senin hingga Jumat, jam 9:00 pagi – jam 4 sore, hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, jam 8:30 pagi – 5:00 malam.
Harga tiket: 10.000 untuk anak-anak, 15.000 untuk orang dewasa

4. Bermain bersama kelinci lucu di Taman Kelinci Ciwidey

Kredit gambar: Taman Kelinci Ciwidey

Seperti namanya, Anda dapat menemukan banyak kelinci di taman anak-anak ini di Bandung. Saudara kecil pasti sangat senang bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan telinga panjang yang imut itu. Selain bisa memberi makan dan bermain dengan kelinci, Anda juga bisa mengunjungi petting kebun binatang di taman ini, berkuda di sekitar taman, dan berfoto di Candy House alias rumah permen.

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey – Rancabali KM33,7, Cikembang, Kabupaten Bandung
Jam buka: Selasa hingga Jumat, 10:00 – 20:00; Sabtu dan Minggu, 9:00 pagi – 9:00 malam
Harga tiket: 15.000 IDR per orang

5. Belajar kreatif di Rumah Batik Komar

Kredit gambar: Batik Komar

Batik telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Sebagai pemilik warisan, tentu saja, warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk melestarikannya. Anda tidak harus menjadi pengrajin atau pedagang, Anda dapat melakukannya dengan belajar tentang batik sesuai dengan kemampuan Anda. Di Rumah Batik Komar, Anda dan keluarga dapat belajar membuat batik dengan berlatih langsung.

Kredit gambar: Batik Komar

Rumah Batik Komar menyediakan berbagai paket, mulai dari paket wisata kunjungan ke pelatihan batik serius. Tidak hanya untuk orang dewasa, paket batik di sini juga sangat pas untuk anak-anak. Anak Anda dapat menyalurkan kreativitas mereka melalui canting dan media pakaian. Hasilnya bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Mengunjungi tempat wisata Bandung yang ramah anak ini akan menjadi pendidikan yang mengesankan.

Lokasi: Jl. Cigadung Raya Timur 1 No. 5 Bandung
Jam buka: Senin hingga Sabtu, 8:00 – 17:00 WIB
Harga tiket: Bervariasi, mulai dari Rp20.000 hingga Rp4.000.000 untuk paket pelatihan.

6. Nikmati suasana Eropa di Farmhouse Lembang

Kredit gambar: Farmhouse Lembang

Tema utama Rumah Pertanian Lembang adalah pedesaan di kawasan Eropa. Itu tercermin dalam banyak bangunan khas Eropa yang bisa Anda temukan di sini. Jadi pastinya tempat ini adalah ladang emas buat kamu yang suka foto. Terlebih lagi, Anda juga dapat menyewa kostum khusus Eropa sehingga kesan lebih total. Dijamin, setelah kembali dari sini, linimasa dan makan Instagram Anda akan dibanjiri banyak foto keren.

Kredit gambar: Farmhouse Lembang

Tempat ini adalah kawasan wisata terpadu dengan banyak fasilitas menyenangkan untuk semua anggota keluarga. Ada rumah hobbit, jembatan cinta, taman pegunungan, beberapa tempat makan mewah, dan juga area perbelanjaan. Anak-anak dapat berinteraksi dengan berbagai hewan jinak seperti domba, sapi, landak, kelinci, dan berbagai jenis burung.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat
Jam buka: Setiap hari, 9:00 – 21:00
Harga tiket: Rp 25.000 per orang

7 Mainkan air sebanyak yang Anda inginkan di Ciwidey Valley Waterpark Resort

Kredit gambar: Ciwidey Valley

Bagi mereka yang suka bepergian di atas air, tempat wisata ini untuk anak-anak dapat menjadi salah satu pilihan terbaik di Bandung. Resor ini memiliki segalanya dengan fasilitas super lengkap. Anda dapat menyewa kamar hotel, cottage, area glamping dan area berkemah. Tentu saja, daya tarik utama adalah taman air yang juga dilengkapi dengan mata air panas! Ada replika gunung berapi di sudut kolam air panas.

Kredit gambar: Ciwidey Valley

Kombinasi udara dingin Bandung Selatan dan kolam air panas di resor ini akan membuat Anda dan anak Anda tidak mau keluar dari air. Bahkan jika Anda meninggalkan kolam yang nyaman, anak Anda akan ingin bermain dalam seluncuran atau sangkar burung raksasa di dekatnya.

Lokasi: Jl. KM baru. 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung.
Jam buka: Setiap hari, 7:00 hingga 21:00
Harga tiket: 14.000 IDR untuk memasuki area, 50.000 IDR untuk zona taman air

8 Berdagang tanpa uang di Pasar Terapung Lembang

Kredit gambar: Pasar Terapung Lembang

Tempat wisata untuk anak-anak di Bandung juga merupakan kawasan wisata terintegrasi dengan banyak pilihan liburan untuk keluarga. Jika hanya untuk foto, Pasar Terapung ini dapat membuat memori kamera Anda habis karena ada begitu banyak tempat fotogenik dan Instagramable. Daya tarik utamanya adalah pasar terapung di mana Anda bisa pergi wisata kuliner seperti di Thailand. Anda bahkan dapat menyewa kostum gaya Jepang dan Korea untuk membuat foto lebih baik.

Kredit gambar: Pasar Terapung Lembang

Tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi bersama anak Anda meliputi, kota mini (miniatur kota Eropa yang indah), Karnaval Mini, Taman Pelangi, Tempat bermain, Kereta Miniatur, Taman Kelinci, dan banyak lainnya. Menariknya, semua transaksi di sini harus menggunakan kartu khusus yang dapat Anda isi dengan nilai tertentu. Dengan saldo pada kartu, Anda dapat berbelanja dan membayar semua perjalanan Pasar Apung ini.

Lokasi: Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Jam buka: Senin hingga Jumat, 9: 00-17: 00, Sabtu, Minggu dan hari libur, 9: 00-20: 00 (akhir pekan dan hari libur).
Harga tiket: Senin hingga Jumat, Rp 20.000, Sabtu, Minggu dan hari libur Rp 25.000

9 Nikmati musikalitas bambu di Saung Angklung Udjo

Kredit gambar: Angklung Udjo

Sejak awal, Saung Angklung Udjo memang memiliki misi untuk membawa keharmonisan antara manusia, musik dan alam. Itu adalah misi besar tetapi saung ini hampir berhasil mewujudkannya sambil melestarikan budaya Sunda dan seni asli. Tempat ini selalu ramai dengan nada-nada indah yang diciptakan oleh benturan bambu yang dibentuk oleh tangan-tangan terampil ke dalam angklung.

Kredit gambar: Angklung Udjo

Meski terdengar serius, tetapi Anda bisa bersenang-senang dengan si kecil di gubuk ini. Ada berbagai kegiatan yang pasti disukai anak-anak, seperti belajar membuat angklung, belajar bermain angklung (bahkan bermain di orkestra dengan pengunjung lain), atau hanya menikmati pertunjukan musik dan tarian di sana. Kunjungan ke gazebo ini dapat membangkitkan jiwa anak-anak seni, terutama di bidang kerajinan tangan dan musik.

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.
Jam buka: Setiap hari, 8:00 hingga 22:00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 50,000 IDR, tergantung pada hari kedatangan, usia dan kebangsaan.

10 Belajar membuat layang-layang di gang Serai

Kredit gambar: Ngalingkung Bandung

Untuk anak laki-laki, layang-layang atau layang-layang bisa menjadi mainan saja. Tetapi jika dianggap serius, layang-layang juga bisa menjadi sumber penghasilan sekaligus kesenangan. Itulah yang Lie Fie Kiat (Akiat) coba sampaikan di tokonya, yang sekarang lebih mirip bengkel layang-layang. Akiat sendiri adalah pembuat layang-layang kelas dunia, terbukti dengan keberhasilannya memenangkan festival layang-layang dunia sebanyak tiga kali.

Kredit gambar: Ngalingkung Bandung

Nah, di toko ini, ayah bisa menghidupkan kembali masa kecil mereka ketika mencoba membuat atau menerbangkan layang-layang. Anak-anak juga senang diajak berkreasi dalam menciptakan berbagai bentuk dan warna layang-layang. Yang paling mengasyikkan tentu ketika mencoba menerbangkan layang-layang buatannya nanti.

Lokasi: Gang Sereh, Jl. Astana Anyar, Kota Bandung
Jam buka: Setiap hari, 10:00 – 15:00
Harga tiket: Gratis, layang-layang dijual terpisah.

11. Jelajahi seni melipat kertas di Maya Hirai School of Origami

Seni melipat kertas gaya Jepang, alias origami, ada di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, origami telah dikenal sejak lama, meskipun tidak banyak yang menganggapnya serius. Fajar Ismayanti, seorang wanita dari Bandung, yang jatuh cinta dengan Origami dengan serius memilih untuk belajar origami ketika menemani suaminya untuk belajar di Jepang. Ketika dia kembali ke tanah kelahirannya, dia memutuskan untuk menyebarkan ilmunya kepada semua orang dan mendirikan Maya Hirai School of Origami.

Kredit gambar: Sekolah Maya Hirai Origami

Sekolah origami ini menyediakan sesi kursus mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Kelas dibagi rata-rata berdasarkan usia sampai ada kelas untuk guru dan penghobi origami. Tidak heran begitu banyak anak yang nyaman bermain sambil belajar di kelas Maya Hirai. Psst, untuk para ibu yang datang dengan anak-anak mereka, sekolah ini juga instagramable.

Lokasi: Gedung Kaca Selatan, Sudut Origami Sanggar Origami Indonesia (SOI), PUSDAI JABAR, Jl. Diponegoro no.63, Bandung.
Jam buka: Senin hingga Sabtu, 9.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: Bervariasi tergantung pada kelas

12 Temui pahlawan super dan belajarlah di Pusat Sains Bandung

Kredit gambar: Abu Seno SDI

Tur pendidikan berikutnya adalah Pusat Sains Bandung (BSC). Sebagai catatan, BSC ini terletak di salah satu bangunan yang masih berada di kompleks Kolam Renang Karang Setra yang legendaris. Konon, bangunan yang sekarang digunakan oleh BSC dulunya adalah tempat favorit Presiden Soekarno untuk belajar menari. Sekarang, bangunan itu telah diubah untuk menunjukkan pengetahuan ajaib anak-anak.

Kredit gambar: Pusat Sains Bandung Resmi

Ada banyak wahana yang akan menyedot perhatian pengunjung muda. Selain bisa mencoba melakukan berbagai percobaan sains yang menarik, ada juga patung pahlawan super Iron Man, ruang bumi, ruang audio visual, ruang robot, dan banyak lainnya. Sains juga ditransfer secara interaktif di sini, sehingga si kecil Anda akan terlibat aktif dalam pembelajaran yang menyenangkan.

Lokasi: Jalan Sinargalih No 15, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung.
Jam buka: Selasa hingga Minggu, 9,30 – 17,00
Harga tiket: 45.000 per orang

13. Kegembiraan mengamati binatang langka di Kebun Binatang Bandung

Kredit gambar: chamarichaicha

Kebun Binatang Bandung menempati area seluas 14 hektar. Selain sebagai arena untuk menampilkan banyak hewan unik dan langka, tujuan wisata ramah anak di Bandung ini juga merupakan tempat pendidikan dan penelitian demi pelestarian hewan itu sendiri. Seperti kebun binatang lainnya, koleksi hewan di sini juga berlimpah, mencapai lebih dari 800 hewan!

Kredit gambar: @janegunari

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh seluruh keluarga dalam hal ini. Anda dapat menyewa skuter atau perahu, dan menikmati teater binatang yang lucu. Anak Anda juga dapat bermain sepuas hatinya di Playground Anak-Anak. Jika kelaparan melanda, langsung saja pergi ke food court untuk menikmati hidangan lezat di sana.

Lokasi: Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung,
Jam buka: Setiap hari, 8:00 – 16:00
Harga tiket: 60.000 IDR per orang

14. Lactasari Mini Farm, peternakan di atap mal

Kredit gambar: @meganovelia

Bagi para ibu yang ingin berbelanja sekaligus mengajak anak-anak mereka berlibur, Paris van Java Mall bisa menjadi solusi. PvJ Mall memiliki desain dan tata letak yang unik membuat pusat perbelanjaan ini terasa seperti di luar negeri. Ada juga arena seluncur es dan taman burung di mal ini. Tetapi sihir yang sebenarnya ada di atas atap, berkat keberadaan pertanian mini yang disebut Lactasari Mini Farm.

Kredit gambar: @agnethanovia

Anda dapat mengundang bayi Anda untuk memberi makan berbagai hewan yang ada di sini. Ada sapi, kambing, dan kelinci. Tiket masuk termasuk celemek dan keranjang sayuran untuk diberikan sebagai makanan hewani. Selain itu, hewan-hewan itu jinak dan terbiasa dengan manusia. Mereka segera mendekati apakah ada yang mau memberi makan.

Lokasi: Sky Level, Paris van Java Mall, Jalan Sukajadi No. 137-139 Bandung
Jam buka: Senin hingga Jumat, 10:00 – 19:00; Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, 10:00 – 22:00
Harga tiket: 60.000 untuk anak-anak, 10.000 untuk teman atau orang tua

15. Pelajari sensasi permainan tradisional di Komunitas Hong

Kredit gambar: Sandy Irsyad (di bawah), @anisanuradlina (di atas)

Satu dari perhatian orang tua sekarang adalah anak yang terlalu lengket dengan berbagai perangkat seperti ponsel pintar atau tablet. Sekarang anak-anak jarang meninggalkan rumah untuk bermain dengan teman-teman karena mereka terlalu keren dengan perangkat mereka sendiri. Ini adalah pergeseran budaya anak-anak yang dilihat oleh Komunitas Hong. Komunitas ini bertekad untuk melestarikan permainan tradisional Indonesia.

Kredit gambar: @siti_qurotul_ain

Datang ke sini bersama si kecil Anda untuk mempelajari ratusan bahkan ribuan permainan tradisional dari pulau Jawa dan Sumatra. Anda dan anak Anda akan larut dalam kegembiraan yang muncul dari permainan yang dimainkan dengan banyak pengunjung lainnya. Ternyata permainan tradisional tidak kalah seru dengan perangkat canggih.

Lokasi: Jalan Bukit Pakar Utara 35 Dago, Bandung.
Jam buka: 9:00 pagi sampai 5:00 sore
Harga tiket: 50.000

Baca juga: 12 Airbnb Bandung adalah Instagrammable dan Murah untuk Akhir Pekan

Nah, dari semua tujuan wisata ramah anak di Bandung, yang mana yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu bersama anak Anda?

Pos 15 Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan Menyenangkan muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *