Jakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Banyak tema wisata yang bisa kamu nikmati bersama keluarga atau sahabat, mulai dari taman bermain hingga wisata alam. pantai sekitar jakarta

Salah satu destinasi wisata alam di Jakarta yang bisa kamu nikmati adalah pantai. Banyak destinasi wisata pantai yang bisa dikunjungi, dan bukan hanya di Jakarta, tapi juga sejumlah wilayah di sekitar, dengan jarak tempuh yang relatif dekat. Yang tertarik mengunjungi pantai di Jakarta dan sekitar, destinasi wisata ini bisa menjadi jujukan kamu!

1. Pantai Karnaval Ancol yang menyenangkan

pantai sekitar jakarta
Image credit: Ancol Taman Impian

Kompleks area rekreasi di Ancol memang tidak pernah mengecewakan, mulai dari fasilitas hingga kelengkapan arena bermain untuk segala usia. Selain menikmati suasana pantai yang sejuk dan tiupan angin sepoi-sepoi, banyak wahana bermain yang bisa dikunjungi seperti Outbondholic, jet ski, gondola bahkan melawat ke Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra hingga ke Allianz Ecopark.

Kamu juga bisa bermain scooter untuk mengelilingi Pantai Ancol yang luas. Baru-baru ini di sekitar pantai Ancol juga terdapat kereta yang akan mengantarkan kamu sepanjang 3,6 kilometer dan kereta ini sangat ramah untuk orang berkebutuhan khusus (difabel). Juga terdapat floating mosque yang ada di tepi pantai, masjid dengan arsitektur modern.

Lokasi: Jalan Pantai Nusadua No.13, RT.5/RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia 14430.
Retribusi/ tiket: 15,000-25,000 IDR per orang.

2. Menikmati pesona pantai Kepulauan Seribu

Pantai sekitar Jakarta yang memesona terletak di gugusan Kepulauan Seribu. Diselimuti pasir putih yang sangat bersih dengan laut biru bening, pantai di wilayah ini menjadi tempat wisata yang sangat cocok untuk berlibur dan menjauh dari kesibukan Kota Jakarta.

a. Pantai Pulau Perak

Image credit: Ahmad Mey Giok Dewantara Nur

Pulau Perak merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan menawarkan nuansa alam pantai yang asri, memberi sensasi tersendiri untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Pasirnya putih dengan air laut yang bening bisa menjadi latar selfie yang menarik bersama teman-teman.

Pengelola wisata Pantai Pulau Perak menyediakan penyewaan tenda jika ingin bermalam di pulau ini, dengan biaya 50,000 IDR rupiah per tenda. Kamu juga bisa memancing ikan pari dan kalau beruntung kamu bisa mendapat ikan kakap besar untuk dibawa pulang.

Di sekitar dermaga ada pula perahu yang bisa kamu sewa untuk berkeliling ke sekitar hutan mangrove, hanya dengan membayar 25,000 rupiah per orang. Fasilitas wisata yang bisa kamu nikmati di pulau ini adalah kapal motor, perangkat snorkeling, lampion terbang, hingga watersport. Berbagai aktivitas tersebut bisa kamu nikmati dengan memesan paket ke agen tour and travel. 

Lokasi: Gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.
Retribusi/ tiket: 30,000 IDR per orang.

b. Pantai Cikaya, Pulau Karya

Image credit: Kominfotik Kepulauan Seribu

Cukup dengan biaya angkutan perahu 4,000 rupiah kamu bisa menjelajah ke Pulau Karya sekaligus bermain-main ke tepi pantai. Pulau ini juga menjadi tempat Polres Kep. Seribu berkantor. Di sekitar Pulau Karya kamu bisa memancing di sekitar dermaga dan menikmati pasir putih di tepi pantai Cikaya. Meski namanya tidak begitu terkenal, namun disinilah kamu bisa menemukan ketenangan.

Bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang biru, atau snorkeling ke dasar laut bisa menjadi hiburan yang menyenangkan. Pulau Karya juga telah menyediakan arena bermain khusus anak-anak. Beberapa titik di sekitar Pantai Cikaya juga telah dilengkapi spot swafoto yang hanya bisa kamu temukan di sini.

Lokasi: Pulau Karya, Gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.
Retribusi/tiket: 30,000 IDR per orang.

c. Pantai Pulau Bidadari

Pulau Bidadari terkenal dengan sejarah Kolonial Belanda yang tersisa di sana. Terdapat sebuah rumah sakit khusus penderita penyakit kusta dan benteng yang pernah didirikan VOC di pulau ini dan hingga sekarang reruntuhannya berdampingan dengan pepohonan dan dermaga pulau. Terlepas dari jejak sejarah bangunan VOC, Pulau Bidadari sering menjadi lokasi wisata yang ideal untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wisata andalan Pulau ini adalah area sejarah pendudukan Belanda di Indonesia dan disinilah saksi bisu perlawanan Inggris dan Belanda dalam memperebutkan NKRI. Pulau Bidadari juga terkenal lengkap dengan fasilitas wisatanya seperti resort, banana boat, jetski, kano dan kayak laut.

d. Pantai Pulau Tidung

pantai di sekitar jakarta
Image credit: Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Pulau Tidung terkenal karena memiliki jembatan yang unik dan dinamai Jembatan Cinta. Perairan di sekitar pulau tidung sangat bersih dan bening, dari atas jembatan kamu bisa melihat terumbu karang dan biota laut yang berenang di sekitar pantai. Di sekitar pantai kamu bisa mencoba menaiki perahu untuk mengelilingi pulau atau melakukan snorkeling. Kamu juga bisa bermain banana boat dan yang paling seru biasanya pengunjung suka melompat dari ketinggian jembatan lalu berenang ke perairan laut.

Sekitar Pantai Pulau Tidung juga dimanfaatkan sebagai wisata edukasi bahari yang terdapat museum khusus untuk mengajarkan kepada wisatawan tentang biota laut. Di dalam museum dipamerkan artefak ikan paus, penangkaran penyu, penangkaran ikan badut, dan pusat edukasi hutan mangrove.

e. Pantai Pulau Pramuka

Image credit: Pramuka Island

Pulau Pramuka dulunya merupakan habitat Elang Bondol, hewan yang menjadi maskot Kota Jakarta. Pulau Pramuka juga menjadi tempat wisata menarik karena banyak pohon mangrove yang rimbun di pulau ini dan sangat ideal untuk menjadi latar selfie. Di pulau ini juga kamu bisa melihat secara langsung penangkaran penyu sisik yang dikelola oleh warga setempat untuk melestarikan hewan yang mulai punah itu.

Selain wisata edukasi, wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling dan menyelam ke permukaan air untuk melihat terumbu karang yang berwarna-warni. Panorama laut di sekitar Pulau Pramuka tergolong indah, kondisi airnya juga jauh lebih tenang dibandingkan pulau-pulau sekitarnya dan sangat cocok sebagai tempat belajar bagi penyelam pemula.

Alamat: Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
Retribusi: 35,000 IDR- 50,000 IDR per orang

f. Pantai Pasir Perawan

pantai di sekitar jakarta
Image credit: @pulau_pari_id

Letak pantai ini berada di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, berdekatan dengan Pulau Tidung. Pasir Perawan memiliki pasir putih dan air jernih tanpa ombak. Kamu bisa mengunjungi pulau ini dengan menggunakan speedboat.

Meski tidak seberapa luas, fasilitas di Pulau Pari termasuk lengkap. Hanya beberapa langkah dari pantai, kamu sudah bisa menemukan penginapan, musholla, dermaga yang menyediakan watersport, kano dan tempat penyewaan perangkat snorkeling. Beberapa spot foto juga disediakan pengelola untuk memanjakan pengunjung agar puas selfie sepanjang hari. Di sekitar bibir pantai juga ada penyewaan sepeda untuk memudahkan kamu berkeliling pulau.

Sekitar Pantai Pasir Perawan terkenal akan budidaya rumput laut yang berlimpah dan sebagian hasil panennya diolah menjadi dodol rumput laut. Camilan dodol ini bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Alamat: Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.
Retribusi: tidak dipungut biaya

Baca juga: 8 Aktivitas Seru Di Kepulauan Seribu Untuk Liburan Yang Mengesankan

3. Pantai Anyer yang bikin baper

Image credit: @dhahnial

Pantai sekitar Jakarta yang berada di Banten ini menghadap ke Laut Jawa dan memiliki pasir yang putih bersih, garis pantai yang panjang dan dihiasi barisan pohon kelapa, menjadikan Pantai Anyer sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu nikmati di Pantai Anyer, seperti surfing, snorkeling dan berjemur di tepi pantai hingga petang hari. Pemandangan sunset di Pantai Anyer juga indah. Salah satu spot menarik menikmati pesona Pantai Anyer adalah dari ketinggian mercusuar, di mana kamu bisa melihat pemandangan pantai yang amat luas dengan latar anak Gunung Krakatau.

Di sekitar pantai Anyer kamu bisa menemukan penginapan seperti cottage, hotel, homestay, dan villa yang bisa kamu sewa. Beberapa penginapan di sekitar Pantai Anyer bahkan memiliki fasilitas yang lengkap seperti kamar ber-AC, memiliki kolam renang, dan aktivitas olahraga air. Adapun rumah makan yang langsung menghadap ke perairan lepas dengan konsep rumah panggung kayu dan telah menjadi ikon kuliner di Pantai Anyer.

Alamat: Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Provinsi Banten
Retribusi: 10,000 IDR – 20,000 IDR

4. Pantai Carita yang penuh cerita

Image credit: Instagram @caritabeach

Secara geografis Pantai Carita berbeda wilayah dengan Pantai Anyer, namun lokasinya tidak terlalu jauh dan berjarak 40 menit perjalanan darat. Keindahan Pantai Carita tercermin dari pasir putihnya yang berkilau saat terkena paparan sinar matahari, air laut yang biru, dan pemandangan anak Gunung Krakatau.

Selain selfie dan menikmati suasana pantai, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling untuk melihat keindahan biota bawah laut. Pengelola pantai juga menyediakan fasilitas lain seperti lapangan voli, arena tarik tambang, dan juga penyewaan jetski. Di sekitar pantai juga ada penginapan dengan fasilitas lengkap dengan harga terjangkau mulai dari hotel, cottages, kondominium, hingga resort.

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan, Sukajadi, Pandeglang, Provinsi Banten
Retribusi: 15,000 IDR- 30,000 IDR

5. Pemandangan memesona Pantai Tanjung Layar

Image credit: Flickr

Berada di Provinsi Banten dan berjarak empat jam perjalanan dari Jakarta, Pantai Tanjung Layar menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Kamu bisa melihat pemandangan seperti batuan karang yang menjulang tinggi hingga birunya laut Samudra Hindia yang sangat bening. Pasir putih dan tebing-tebing yang membentuk gua dangkal di sekitarnya turut memanjakan wisatawan saat berlibur.

Pantai Tanjung Layar merupakan surga bagi pecinta surfing. Karakteristik karang laut yang tidak sedikit membuat pantai ini begitu ideal untuk menantang adrenalin dan mengasah keahlian kamu dalam berselancar.

Fasilitas di sekitar pantai Tanjung Layar tergolong lengkap, hanya berjarak 10 menit dari pantai kamu bisa menemukan hotel, resort, homestay hingga restoran.

Alamat: Pesona Sawarna Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393
Retribusi: 20,000  IDR

6. Pantai Marina Ancol yang populer

Pantai Marina Ancol berfungsi sebagai dermaga gaya kosmopolitan dengan berbagai macam speedboat mewah yang terparkir di sana. Pantai Marina Ancol juga menjadi gerbang menuju gugusan Kepulauan Seribu sesuai jadwal keberangkatan ke destinasi tujuan. Kamu bisa memilih speed boat yang selalu siap berada di dermaga atau kapal feri yang memiliki  jadwal keberangkatan sendiri. Biasanya jalur transportasi penyeberangan sudah dibuka sejak pukul 09.00 pagi.

Selain sebagai sarana transportasi laut di wilayah DKI, Pantai Marina Ancol juga merupakan lokasi yang ideal untuk para pecinta olahraga air seperti windsurfing, olahraga layar dan jetski. Pantai Marina Ancol sudah dikelola dengan baik dengan segala fasilitas dan kebutuhan pengunjung, kamu bisa berkeliling pantai dengan bersepeda sembari melihat taman di sekitar pantai yang rindang.

Bagian tepi pantai juga tersedia area pasir yang bisa menjadi area bermain untuk anak-anak. Tempat makan yang ikonik di Pantai ini adalah Le Bridge Resto yang terletak di tengah perairan dan jika dilihat dari ketinggian, jembatan menuju restoran ini akan terlihat seperti lambang hati. Wahana terbaru di pantai ini adalah kereta gantung (gondola) yang bisa kamu coba bersama teman-teman. Satu gondola bisa menampung 4 penumpang.

Alamat: Taman Impian Jaya, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Retribusi: mulai dari 25,000 IDR

7. Pantai Tanjung Lesung, surga di pantai barat Jawa

Image credit: @rachmat.suryo

Pantai Tanjung Lesung menawarkan pemandangan alam lepas yang sangat indah. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih empat jam perjalanan dengan kendaraan darat untuk bisa ke lokasi dari Jakarta.

Pemandangan anak Gunung Krakatau terlihat jelas dari pantai Tanjung Lesung. Perairan selat Sunda yang biru tak henti memanjakan mata. Di sini kamu bisa bersepeda, bermain voli pantai, hingga snorkeling. Pengelola dan jasa wisata juga menyewakan jet ski untuk wisatawan yang ingin berkeliling sekitar pantai, ada pula perahu motor yang siap mengantarkan kamu ke berbagai titik pemandangan terindah di sekitar Tanjung Lesung.

Keunggulan dari pantai ini adalah ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga aman jika kamu mengajak anak-anak di bawah umur. Di sekitar pantai terdapat perkampungan nelayan yang dibuka untuk wisatawan. Kamu bisa berwisata sunrise boat trip untuk menyaksikan matahari terbit dari perahu, ada pula wisata burung camar, dan konservasi terumbu karang.

Fasilitas pantai sekitar Jakarta ini juga tergolong lengkap, tidak hanya rumah makan, rumah ibadah dan penginapan yang ada di sekitar pantai kamu juga bisa bersantai di beach club. Area selfie yang ikonik berbentuk ayunan juga bisa membuat kamu betah berfoto di Pantai Ujung Pulau Jawa ini.

Alamat: Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten
Retribusi: 25,000 IDR

Baca juga: 10 Aktivitas Wisata Seru Di Tanjung Lesung, Surga Di Pantai Barat Jawa

8. Pantai Tanjung Pasir yang berpasir hitam

Pantai Tanjung Pasir adalah destinasi wisata alternatif selain pantai Ancol. Selain lokasinya yang tidak jauh dari perkotaan, Pantai Tanjung Pasir juga terkenal dengan harganya yang murah, mulai dari harga tiket hingga makanan dan fasilitas di sekitarnya. Tidak ada pantai pasir putih namun di sekitarnya terdapat pasir hitam yang sangat halus dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Ada pula perahu motor yang siap mengajak kamu berkeliling perairan sembari melihat-lihat pulau kecil di sekitar Pantai Tanjung Pasir. Kamu juga bisa melanjutkan petualangan dari Pantai Tanjung Pasir ke Pulau Untung atau Pulau Rambut yang belum berpenghuni. Kamu juga bisa berkeliling di sekitar pantai dengan menikmati pemandangan di sekitar jembatan kayu dan melihat tempat penangkaran buaya.

Alamat: Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten 15510
Retribusi: mulai dari 15,000 IDR

9. menikmati hutan mangrove di Pantai Mekar

Pantai Mekar memiliki banyak hutan mangrove yang berfungsi untuk menjaga daratan dari abrasi perairan. Keindahan mangrove yang membentang di sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Latar hutan mangrove yang lebat bisa menjadi latar selfie yang menarik untuk kamu dan kawan-kawan. Suasananya indah dan syahdu, tempat yang tepat untuk kamu menghilangkan penat dari bisingnya Jakarta. Sekitar Pantai Mekar memiliki fasilitas yang lengkap seperti kamar mandi, toilet, hingga penginapan yang bisa kamu sewa.

Alamat: Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.
Retribusi: mulai dari 20,000 IDR

10. Labirin unik Pantai Lontar

Keunikan Pantai Lontar terletak pada labirin tepi pantai yang seru untuk ditelusuri, terutama untuk kamu yang gemar selfie bersama teman-teman. Kamu juga bisa mengelilingi sekitar pantai dengan menaiki perahu motor yang hanya mematok tarif 5,000 IDR per orang.

Fasilitas yang dimiliki juga sangat memadai kamu bisa menemukan mushola, area parkir yang luas, kamar mandi, toilet, hingga kantin di sekitar Pantai Lontar. Selain itu, juga terdapat pusat pengelolaan rumput laut serta produk hasil olahannya seperti dodol, manisan, hingga keripik – semua olahan itu bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Alamat: Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Serang, Banten.
Retribusi: mulai dari 10,000 IDR per orang

Baca juga: 14 Destinasi Wisata Bandar Lampung dan Sekitarnya yang Mempesona

Tertarik mengunjungi pantai sekitar Jakarta di atas? Namun perlu diperhatikan, di tengah pandemi COVID-19 ini diharapkan kamu tetap berhati-hati pada keramaian dan selalu membawa perangkat kebersihan. Jagalah diri dengan tetap membawa masker, face shield atau sarung tangan agar terbebas dari virus. Rencanakan liburan sesuai kebutuhan ke pantai dan selalu rencanakan dengan matang, agar rekreasi menjadi sangat menyenangkan.

The post 15 Pantai Sekitar Jakarta Ini Siap Jadi Destinasi Liburan Singkat Kamu appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin