Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Dari Quay Utara, Taman Bungkul, Monumen Pahlawan, Monumen Kapal Selam, hingga berbagai taman kota dan taman air, ibu kota Jawa Timur memiliki semuanya. Surabaya juga merupakan tempat yang menarik untuk berburu oleh-oleh.

Satu hal yang pasti akan segera memukau Anda di Surabaya adalah keanekaragaman makanannya. Kekayaan kuliner Surabaya mengalir dari jalan-jalan ke restoran-restoran mewah. Tak sedikit hal yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Berikut adalah beberapa suvenir yang harus Anda beli jika Anda mengunjungi Surabaya.

1. Tendangan pedas dan gurih ala Sambal Bu Rudy

Kredit gambar: Banjarmasinfood

Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang paling diminati oleh wisatawan lokal adalah sambal-nya, terutama sambal Bu Rudy bermerek. Sambal ini sangat legendaris. Bahkan sekarang Anda juga dapat membelinya melalui berbagai toko online besar. Namun sensasinya tentu berbeda jika dibandingkan dengan datang, mencoba, dan memilih saus sendiri di depot. Anda bisa mencoba sambal, sambal, bawang, saus sambal (terasi), dan sambal hijau.

Kredit gambar: Banjarmasinfood

Namanya sambal, tentu saja rasanya yang dominan pedas. Tetapi yang membuat Sambal Bu Rudy unik dibandingkan dengan semua sambal lainnya adalah aroma dan gurihnya udang di setiap sambal. Cita rasa khas inilah yang menjadikan cabai ini disukai oleh masyarakat. Saat ini Sambal Bu Rudy telah mengembangkan bisnisnya sehingga Anda dapat membeli, tidak hanya cabai, tetapi juga produk makanan lainnya.

Lokasi: Jl Dharmahusada no. 140 Surabaya
Harga: Mulai dari Rp20.000 per botol.

2. Layered kelezatan dalam sepotong Resep Kuno Spikoe

Kredit gambar: srk_spikoeresepkuno

Ejaan lama yang digunakan dalam merek makanan bukan hanya tampilan, lho! Spikoe Resep Kuno menghasilkan kue spiku (kue lapis khas Eropa) berdasarkan resep dari zaman Belanda. Kue ini sebenarnya tidak menyontek resep Eropa, tetapi disesuaikan dengan bahan-bahan di Indonesia saat itu. Karena itu, rasanya juga enak dan unik, lembut dan manis seperti spons.

Kredit gambar: srk_spikoeresepkuno

Keistimewaan lain dari kue lapis khusus Surabaya ini adalah bahwa semuanya dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Meski menggunakan resep tradisional, tetapi semua bahan dan peralatan modern. Dijamin aman dan halal! Anda bisa memilih rasa atau isi kue. Beberapa asli, menggunakan kismis, prem kering, dan juga varian speculaas.

Lokasi: Jl. Rungkut Madya 41 Surabaya
Harga: Mulai dari Rp 80.000

3. Merusak lidah dengan manisnya Suoklat Suroboyo

Kredit gambar: suoklat

Orang Jawa sering menyebut cokelat dengan soklat. Nah, Souklat adalah permainan kata yang menggabungkan dua kata & # 39; Suroboyo & # 39; dan & # 39; Cokelat & # 39 ;. Awalnya Souklat adalah bisnis kecil untuk memasarkan produk cokelat dengan sentuhan lingkungan. Kemasannya tidak terbuat dari kertas, tetapi dari kulit jagung, bubuk bambu, dan eceng gondok. Produk ini laris manis di pasaran, bahkan hingga menembus pasar di luar kawasan.

Kredit gambar: suoklat

Produk-produk Souklat juga sangat bagus! Produk awal Souklat adalah cokelat yang mengandung kurma atau kacang mete. Kemudian Souklat menambahkan banyak produk baru seperti Dark Dates, Mete Cookies, Chocolate Ginger, dll. Anda dapat mencoba semuanya di Souklat Cafe 3.0. Ada banyak pilihan cokelat lezat yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh di rumah.

Lokasi: Jl. Genteng Besar No.83D, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya.
Harga: Mulai dari 7.000 IDR.

4. Kesegaran legendaris dari belas kasih legendaris

Kredit gambar: arthurbonaventura

Ini mungkin salah satu produsen sirup tertua di Indonesia dan masih beroperasi sampai sekarang. Telasih Syropen atau Telasih Syrup Company didirikan oleh JC van Drongelen, warga negara Belanda pada tahun 1923. Secara alami, Telasih Syropen adalah salah satu pilihan kuliner legendaris di Kota Pahlawan, sangat pas untuk mendapatkan kesegaran di panasnya Surabaya.

Kredit gambar: alvajoe89

Hingga saat ini, proses pembuatan sirup di tempat ini masih menggunakan tenaga konvensional. Ada beberapa rasa yang ditawarkan, misalnya; frambozen, rose, vanilla, cocopandan, orange, strawberry, melon dan lychee. Produk pabrik itu sendiri dibagi menjadi dua; Sirup Telasih dan Premium Syropen. Telasih memiliki bentuk klasik sementara Premium memiliki wadah botol eksklusif yang terlihat seperti anggur yang lebih kontemporer.

Lokasi: Jl. Mliwis No.5, Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Surabaya.
Harga: 35.000 untuk Telasih, 50.000 untuk Premium

5. Desain unik Surabaya pada kaos Cak Cuk

Kredit gambar: cakcuksurabaya

Seperti semua daerah lain, Surabaya memiliki karakteristiknya sendiri dalam hal bahasa dan budaya. Ini sedikit tercermin dalam desain dan tulisan unik pada kaos yang diproduksi oleh Cak Cuk Surabaya. Cak adalah nama panggilan untuk pria yang lebih tua sedangkan Cuk adalah kata ikon dan legendaris yang sangat populer di Surabaya.

Kredit gambar: cakcuksurabaya

Pertama kali diproduksi pada tahun 2005, setiap desain kaos Cak Cuk selalu menggelitik dan sering terdengar keras bagi orang yang tidak terbiasa dengan bahasa. Suroboyoan. Cak Cuk sudah memiliki banyak outlet di Surabaya. Hati-hati membeli yang bajakan! Temukan aslinya di outlet resmi!

Lokasi: Jl. Dharmawangsa Barat No.35, Airlangga, Kabupaten Gubeng, Surabaya.
Harga: Mulai dari 100.000 IDR.

6. Bebek lezat dan ayam instan di Bebek Djangkep

Kredit gambar: camilancamilun

Biasanya, masakan bebek atau ayam goreng bukanlah makanan yang tahan lama. Jika Anda tidak memakannya di restoran, bawa pulang untuk segera memakannya. Tapi Bebek Djangkep menawarkan sesuatu yang sama sekali berbeda. Anda bisa membawa pulang bebek berpengalaman tetapi tahan selama dua bulan. Bebek Djangkep mengolah ayam dan bebek dengan menutupinya dengan rempah-rempah pilihan lalu mengepaknya dalam plastik kedap udara.

Kredit gambar: camilancamilun

Anda cukup menggoreng bebek atau ayam yang sudah Anda beli sesuai selera, biasanya sampai berwarna cokelat keemasan. Ada dua pilihan rasa; Rempah-rempah kuning Madura atau rempah-rempah betutu Bali. Selain higienis dan lezat, Bebek Djangkep juga memiliki sertifikat halal. Suvenir spesial dari Surabaya ini benar-benar digunakan sebagai oleh-oleh bagi mereka yang suka makan bebek dengan bumbu tradisional.

Lokasi: Jl. Tidar No. 20 B, Sawahan, Surabaya
Harga: Mulai dari Rp 80.000.

7. Keju Crispy Almond gurih dan renyah

Kredit gambar: tour_rasa

Gurih, renyah, dan rasa kejunya sangat terasa. Bagi Anda yang suka mengemil makanan ringan, Keju Almond Crispy bisa menjadi pilihan yang tepat. Camilan ini sangat hits Surabaya dan telah menjadi salah satu suvenir wajib dimiliki. Biskuit itu sendiri sangat tipis dan garing sungguh, terbuat dari telur, gula, tepung, dan susu bubuk.

Kredit gambar: diary_culinary

Yang membedakan adalah warna dan rasa biskuit. Awalnya ada rasa asli (kuning), teh hijau (hijau), dan cokelat (cokelat). Kemudian varian berkembang dengan menambahkan stroberi, blueberry dan durian. Semuanya ditaburi tambahan almond gurih dan keju parut, seperti namanya. Wadah tersebut terlihat berkelas, sehingga suvenir akan mampu mengesankan penerima.

Lokasi: Pasar Atum, Jl. Bunguran No.21, Bongkaran, Pabean Cantian District, Surabaya.
Harga: Mulai dari Rp 45.000.

8. Daging Sapi Abon Pedas Abon Pedas

Gambar kredit deansisim80

Patmosusastro sebenarnya bukan merek benang daging sapi Surabaya ini. Patmosusastro adalah nama jalan tempat pusat pembuatan abon berada. Pelopor dan pemilik merek abon paling terkenal di desa ini adalah Ny. Sarti. Dia memulai bisnis abon sejak 1995. Karena kesuksesannya, tetangganya dan mantan karyawannya juga membuat bisnis yang sama.

Kredit gambar: jastip.soeroboyo

Desa di desa Pakis secara resmi ditunjuk sebagai pusat produksi untuk abon sapi oleh pemerintah setempat. Abon di sini memiliki dua rasa; pedas dan manis. Karena ini adalah bisnis berbasis rumah, Anda juga berkesempatan untuk melihat proses pembuatan benang secara langsung. Abon untuk dijual di sini bisa sangat tahan lama, bisa bertahan hingga enam bulan.

Lokasi: Jl. Patmosusastro No.86, Darmo, Kabupaten Wonokromo, Surabaya.
Harga: 30.000 IDR per 100 gram.

9. Kerupuk Ikan Kenjeran yang lezat ala laut

Kredit gambar: crackers.khoridah

Surabaya dan daerah sekitarnya memiliki banyak hasil laut. Anda juga dapat memilih banyak makanan laut olahan di sini. Salah satu yang paling terkenal di Surabaya adalah kerupuk ikan Kenjeran. Warga di sekitar Pantai Kenjeran memiliki keahlian untuk mengolah makanan laut menjadi kerupuk yang enak dan lezat. Bukan hanya ikan, Anda juga dapat menemukan kerupuk cumi, udang, kerang, dan bahkan kerupuk rumput laut.

Kredit gambar: Snack.chubbee

Di Kenjeran, Anda dapat membeli kerupuk mentah atau goreng yang siap dimasak. Biasanya produk cracker ini dikemas dengan baik dengan berat tertentu. Di beberapa tempat, Anda dapat menemui penjual kerupuk mentah curah, alias dibongkar. Rasa kerupuk dari Kenjeran gurih dan lezat. Warna-warna yang disajikan juga bervariasi.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, Surabaya
Harga: Berbeda.

10. Dinginkan hari yang panas dengan Surabaya Snowcake

Kredit gambar: snowcakesurabaya

Meski sama-sama berjudul kue lapis, kue salju berbeda dari milikku. Snowcake memiliki tiga lapisan utama; puff pastry di lapisan atas dan bawah dan roti bertekstur lembut di tengah. Kue ini sudah menjadi sangat hits di Surabaya dan kemudian menjadi oleh-oleh kota ini.

Kredit gambar: snowcakesurabaya

Nama kue tersebut berasal dari taburan gula halus di bagian atas kue, membuatnya tampak tertutup salju. Teksturnya yang beragam juga memberikan kesenangan tersendiri bagi mereka yang melahap kue ini. Varian rasa bervariasi, Anda bisa memilih rasa karamel, vanila, teh hijau choco, pisang choco, dan keju. Tapi, kue ini harus dimakan dengan cepat, karena daya tahannya tidak terlalu lama.

Lokasi: Jl. Flores No. 15, Ngagel, Surabaya
Harga: Mulai dari Rp60.000.

11. Awas terpesona oleh kesenangan dari GunaGuna Snack

Kredit gambar: gunaguna_snack

Jika Anda melakukan diet, Anda tidak boleh pergi dekat GunaGuna untuk camilan karena ada begitu banyak makanan lezat di sini. Ada banyak sekali pilihan camilan yang akan memanjakan lidah Anda. Mau manis atau enak, semuanya juga ada di sini.

Kredit gambar: gunaguna_snack

Semua pilihan produk di GunaGuna terinspirasi oleh resep kuno yang telah ada sejak zaman kolonial. Bahkan nama yang digunakan masih sama dengan zaman Belanda. Di sini Anda dapat membeli Macaroni Schotel dalam berbagai rasa dan ukuran, Blackpepper Chicken Puff, Almond Crispy Cookies, Schuimpjes, Basreng, dan Samosa. Semuanya dijamin higienis dan enak.

Lokasi: Perum Darmo Sentosa Raya, Jl Jajartunggal Utara VII J-19 kav 308, Jajar Tunggal, Distrik Wiyung, Surabaya.
Harga: Mulai dari 7,000 IDR.

12. Kombinasi barat dan timur di Bunarendang

Kredit gambar: bunarendang_bekasi

Kreativitas manusia memang seperti tidak ada batasan. Bunarendang bisa menjadi salah satu contohnya. Makanan ini sangat unik, dalam bentuk kombinasi kuliner barat (hamburger) dan Indonesia (nasi dan rendang). Bunarendang sendiri adalah singkatan dari Burger Rendang Rice. Bentuknya persis hamburger, tapi roti diganti dengan nasi dan patty, alias dagingnya, diganti dengan rendang.

Kredit gambar: akmalmado

Suvenir unik dari Surabaya ini dibuat oleh mahasiswa ITS dan dijual di beberapa lokasi di sekitar kampus. Meskipun bahan utamanya adalah nasi dan rendang yang mirip dengan masakan Padang, Bunarendang juga makanan cepat saji seperti hamburger. Anda bisa membeli makanan ini dan membawanya pulang. Panaskan dalam microwave dan nikmati selagi panas atau hangat.

Lokasi: Jl. Manyar Sambongan No.40 D, Kertajaya, Distrik Gubeng, Surabaya.
Harga: Mulai dari 10.000 IDR

13. Kue Bikang Peneleh, legit dan berwarna-warni

Kredit gambar: flour.and.grains

Ada banyak varian kue bikang dari seluruh Indonesia. Setiap varian memiliki karakteristiknya sendiri dengan rasa yang sesuai dengan lidah orang. Di Surabaya, pusat produksi bikang berada di wilayah Peneleh. Karena itu, bikang khas Surabaya sering juga disebut dengan Bikang Peneleh. Bentuknya tidak jauh berbeda dari bikang dari daerah lain, bundar dengan bagian atas yang meledak & # 39 ;.

Kredit gambar: herminanovida

Bikang Peneleh memiliki keistimewaan karena walaupun terbuat dari bahan-bahan biasa (tepung, gula dan santan), rasanya sangat legit. Warna kue ini diperoleh dari daun pandan atau bubuk kakao. Teksturnya renyah di bagian bawah dan lunak di bagian atas. Camilan ini juga memiliki banyak rasa, dari sudut pandang hingga cokelat.

Lokasi: Jl. Peneleh No.32-34, Peneleh, Distrik Genteng, Surabaya.
Harga: Mulai dari Rp7.000 per biji

14. Manisnya mangrove dalam bentuk sirup Jenang dan Mangrove

Kredit gambar: tijanatimebomb

Siapa sangka buah dan pohon bakau bisa menghasilkan makanan ringan dan minuman yang enak. Sejauh ini, mangrove lebih dikenal sebagai tanaman penting yang memerangi abrasi. Tetapi di tangan kreatif petani & # 39; Kelompok di Rungkut, bakau digunakan sebagai sumber makanan dan minuman yang lezat.

Kredit gambar: sirupbogem

Hal pertama yang harus Anda coba adalah mangrove jenang. Jenang adalah sejenis dodol dengan tekstur kenyal dan rasanya manis. Bungkusnya juga spesial, terbuat dari daun pisang kering. Jika panas, coba minum sirup mangrove. Rasanya segar, cenderung asam dan manis. Sangat enak jika Anda menambahkan es dan meminumnya saat sedang panas. Sirup ini juga kaya akan vitamin A dan C. Sirup ini juga mengandung tanin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Lokasi: Jl. Sonnetaria, Rungkut, Surabaya
Harga: Mulai dari Rp 35.000

15. Bandeng asap khusus

Kredit gambar: sillyfishindonesia

Ikan bandeng di Surabaya dan sekitarnya biasanya merupakan hasil budidaya di tambak. Salah satu bandeng olahan yang paling populer adalah bandeng asap yang banyak dijual di Surabaya dan Sidoarjo. Asap adalah salah satu cara untuk mengawetkan ikan, biasanya dilakukan setelah ikan dibersihkan secara menyeluruh.

Kredit gambar: memere.id

Ikan bandeng juga aman untuk dimakan segera, biasanya dengan mencelupkannya ke dalam kecap atau saus petis. Saat ini, ada banyak pilihan bandeng asap, Anda bahkan dapat membeli bandeng tanpa duri. Bandeng asap ini tepat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena selain lezat, ikan ini juga cukup awet sebelum dikonsumsi.

Baca juga: 15 Tujuan Wisata Keluarga Asyik di Surabaya

Jadi, souvenir manakah yang Anda pilih dari Surabaya? Jangan bingung karena ada banyak pilihan. Apa pun pilihan Anda, itu tidak akan salah karena semuanya keren dan lezat. Orang-orang di rumah atau teman Anda pasti akan menyukai hadiah yang Anda bawa.

Posting 15 Souvenir Khas Hari Ini di Surabaya To Bring Home muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *