Lombok mengalami transformasi yang sangat cepat dalam hal pariwisata. Di masa lalu, Lombok dikenal memiliki deretan pantai indah yang mengelilingi pulau ini. Lombok juga dikenal dengan pulau atau gili yang mengelilinginya. Kemudian, eksplorasi pariwisata di Lombok menjadi lebih mudah dengan semakin terbukanya akses untuk menjelajahi seluruh bagian dalam pulau.

Kemudahan akses yang membuat lebih banyak objek wisata alam ditemukan & # 39; salah satunya adalah deretan air terjun. Sebagian besar air terjun di Lombok berada di sekitar Gunung Rinjani. Selain menyediakan ketinggian, Rinjani juga kaya akan sumber air tawar. Kombinasi tersebut menghasilkan banyak air terjun spektakuler di beberapa kabupaten yang mengelilingi Rinjani. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan datang langsung ke air terjun berikut.

1. Keindahan dua tingkat di Sendang Gile

Kredit gambar: madden_voyage

Terletak di desa Senaru yang terkenal, Anda harus berjalan melalui hutan dan sungai untuk mencapai Sendang Gile. Tapi tenang saja, perjalanan akan menyenangkan dan menyenangkan karena suasana pegunungan yang sejuk yang akan Anda nikmati. Anda juga akan berjalan di sepanjang aliran baru, jadi dijamin tidak terlalu panas, deh!

Kredit gambar: sudiandhika

Sendang Gile sendiri adalah air terjun dua tingkat dan dua aliran. Anda bisa melihatnya dengan jelas dari kejauhan. Jadi air terjun ini berada di tebing bertingkat. Bagian atas air terjun ini cukup pendek, sekitar lima meter. Namun bagian bawahnya cukup tinggi, sekitar 20 meter.

Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

2. Si Kembar dan Si Tinggi; Tiu Teja dan Tiu Sekeper

Kredit gambar: delyapamela

Seperti kebanyakan air terjun lainnya di sekitar Rinjani, Tiu Teja dan Tiu Sekeper masih tidak memiliki akses jalan yang nyaman. Artinya, jika Anda datang ke sini, Anda tidak dapat memarkir mobil di dekat air terjun. Anda harus berjalan di sepanjang jalur yang ada. Perjalanan ini sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang suka menjelajahi alam. Tetapi Anda membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang bagus.

Kredit gambar: wan_achan

Teja dalam bahasa lokal berarti pelangi. Anda dapat menemukan pelangi ini di bagian bawah air terjun ketika matahari bisa mencapainya. Karena itu, air terjun ini dikenal dengan air terjun pelangi.

Tiu Teja juga merupakan air terjun kembar dengan dua aliran yang jatuh berdampingan. Alirannya cukup deras, airnya jernih dan sangat dingin. Jika Anda panas selama perjalanan, nyemplung Pergi saja ke kolam kecil di bawah air terjun. Dijamin pengapnya hilang!

Kredit gambar: mzwr_

Jika ditarik garis lurus, air terjun Tiu Sekeper berjarak sekitar satu kilometer dari Tiu Teja, tetapi perjalanannya bisa menguras tenaga. Meskipun belum ada pernyataan resmi, banyak yang menjuluki air terjun ini sebagai yang tertinggi di Lombok. Air, yang berhembus dari ketinggian lebih dari 100 meter, menghasilkan suara yang menggelegar. Sebagian air merayap di dinding tebing hitam. Meski lokasinya tersembunyi di tengah hutan, dikelilingi tebing tinggi, Tiu Sekeper tetap memberi kesan megah.

Lokasi: Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

3 Keagungan ampiteater alam di Tiu Kelep

Kredit gambar: badaadventure

Ini mungkin air terjun paling populer di Lombok. Anda mungkin juga sering melihat gambarnya di internet, terutama di media sosial. Karena Tiu Kelep sangat keren. Air terjun ini seperti a ampiteater alam yang megah, sangat unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Begitu Anda melihatnya, Anda tidak akan pernah melupakannya selama sisa hidup Anda.

Kredit gambar: chelseakauai

Jadi, pada dasarnya air terjun ini memiliki dua level. Air terjun utama dengan aliran terbesar jatuh langsung dari tingkat tertinggi. Sementara itu, level yang lebih rendah adalah serangkaian aliran yang lebih kecil di tebing. Semuanya jatuh ke kolam yang sama. Tiu Kelep menghadirkan latar belakang foto yang luar biasa. Tetapi Anda harus berhati-hati karena selain sangat lembab, partikel air juga terbang bebas di udara, jadi lindungi kamera Anda dengan baik.

Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

4 Air Terjun Jeruk Manis Manis Segar

Kredit gambar: rockstarticket

Masih di kaki Gunung Rinjani, Air Terjun Jeruk Manis berada di sisi timur lereng gunung berapi ini. Air terjun ini memang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Konon, air terjun ini pertama kali ditemukan oleh masyarakat sekitar pertengahan dekade 80-an. Orang percaya bahwa air di sini memiliki khasiat tertentu, terutama untuk menyuburkan rambut. Layak dicoba jika Anda ingin memiliki rambut sehat!

Kredit gambar: lombokhit

Akses ke air terjun ini sangat mudah. Dari tempat parkir kendaraan, Anda hanya perlu berjalan 1,5 kilometer melalui hutan lebat yang sejuk. Lintasannya nyaman meski licin saat musim hujan. Air terjun itu sendiri seperti berada di sudut tebing dengan ketinggian sekitar 20 meter. Anda ingin basah di bawah air terjun, Anda juga dapat mengambil foto.

Lokasi: Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur

5. Kolam biru Air Terjun Umar Maya

Kredit gambar: yusuffffffffffffffffffff

Tidak seperti kebanyakan air terjun lainnya di Lombok yang mengandalkan ketinggian dan kemegahan, pesona Umar Maya sebenarnya ada di kolam renang. Air terjun itu sendiri cukup rendah, sekitar 5 meter. Namun yang menjadikan tempat ini favorit wisatawan adalah kolam renang dan pemandangan keseluruhan.

Kredit gambar: sriayuoppo

Air terjun mengalir ke kolam alami yang besar. Warna airnya bervariasi, dari pirus hingga biru langit. Kolam ini diukir menjadi batu-batu raksasa, membuat Anda ingat legenda malaikat yang turun ke bumi. Kolam mini ini cukup keren untuk berenang dan berendam. Selain itu, air terjun Umar Maya juga instagrammable Betulkah!

Lokasi: Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

6 Temukan kesegaran Batara Lenjang di jalur pendakian Rinjani

Kredit gambar: l0verenee

Air terjun ini berada di dekat jalur pendakian Gunung Rinjani. Anda harus melewati jalur pendakian hingga menemukan pos hutan. Dari pos itu, Anda bisa mengikuti jalan yang akan mengarah pada keindahan tersembunyi ini. Perjalanannya sejuk karena udara di sini memang segar dan pemandangan hutannya masih sangat padat.

Kredit gambar: halim_halilintar

Apa yang menarik tentang Batara Lenjang (terkadang juga disebut Batara Lejang) bukan hanya air terjun. Memang, air terjun ini cukup fotogenik, tetapi ada banyak tempat lain di sekitarnya yang harus Anda jelajahi. Selain aliran sungai yang jernih dengan beberapa titik pemandian yang nyaman, ada juga beberapa air terjun mini yang instan. Jangan takut untuk menjelajahi di sini karena ada banyak tempat fantastis yang dapat Anda temukan.

Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

7. Keindahan murni di Bale Dalem

Kredit gambar: emynopyah

Peringatan: upaya ekstra dan kondisi fisik yang bagus diperlukan untuk mencapai air terjun Bale Dalem. Ini bukan air terjun bagi sebagian besar wisatawan. Air terjun ini relatif baru ditemukan, tidak ada cara untuk sampai ke sana. Kamu harus trekking melalui sawah, melalui hutan, dan melintasi puluhan sungai. Anda akan membutuhkan empat hingga enam jam perjalanan dari desa terdekat. Ada banyak tempat indah untuk mengambil gambar di sepanjang jalan.

Kredit gambar: emynopyah

Karena lokasinya yang terpencil, banyak petualang memutuskan untuk menghabiskan malam di kamp saat mengunjungi Bale Dalem. Air terjun itu sendiri luar biasa; tinggi, agung, dan lincah. Hutan yang masih alami menghadirkan suara-suara alami dari burung dan unggas hutan. Ini adalah keindahan tak tersentuh yang masih bisa Anda temui di Lombok.

Lokasi: Kabupaten Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.

8 Timponan, kesejukan yang dekat tapi tersembunyi

Kredit gambar: vian.inside

Air terjun ini sebenarnya relatif dekat dengan kota Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan kendaraan pribadi, Anda hanya perlu setengah jam dari Mataram untuk sampai ke desa Karang Bayan, desa terdekat dengan Timponan, maka Anda harus trekking di alam dengan jalan yang mendarat selama sekitar 1,5 jam. Bagi penyuka alam, ini adalah tantangan yang sulit ditolak.

Kredit gambar: wan_Thelone

Air Terjun Timponan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air jatuh ke kolam yang sejuk secara alami. Di musim kemarau, alirannya tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang dan bahkan mandi tepat di bawah air terjun. Sungai yang mengalir dari air terjun ini juga indah, berkelok-kelok melewati hutan belantara dengan pemandangan yang menakjubkan.

Lokasi: Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

9 Penimbungan, penyembuh lelah pendaki Rinjani

Kredit gambar: khuwarizmy

Ada beberapa jalur yang bisa Anda pilih untuk bisa mendaki Rinjani, salah satunya adalah rute Torean di Lombok Timur. Ini bukan jalur pendakian utama, tetapi jalur Torean memiliki bonus yang terlalu buruk untuk dilewatkan. Dalam perjalanan ke Rinjani, Anda dapat menemukan air terjun megah yang mengalir di antara bebatuan raksasa. Air Terjun Penimbungan adalah namanya.

Penghargaan gambar: Abrahamyusuff

Bergantung pada musim, bebatuan di sekitar Penimbungan bisa berwarna hijau karena tertutup lumut. Ketinggian air terjun itu sendiri sekitar 100 meter dengan debit air yang cukup besar. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam sehingga butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke dasar. Bagi pendaki, menontonnya sambil beristirahat sebentar mungkin cukup untuk tabib yang lelah.

Lokasi: Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

10 Kolam renang dingin alami di Batu Santek

Kredit gambar: arr.niyy1898

Salah satu tempat wisata yang tergolong baru dibuka adalah air terjun Batu Santek. Tempat ini dibuka untuk turis umum mulai tahun 2014, dikelola langsung oleh penduduk setempat dari Desa Pakuan. Ini bisa menjadi pilihan tujuan wisata Anda karena lokasinya sekitar 20 kilometer dari kota Mataram, dengan akses jalan yang sangat baik.

Kredit gambar: ramah lombok

Dari area parkir mobil dan motor, Anda hanya perlu berjalan beberapa ratus meter untuk mencapai air terjun Batu Santek. Ini tidak tinggi, tetapi pesona utama adalah kolam di bawah ini. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini sangat ingin berendam dan bermain air di air terjun ini. Lokasi ini juga dekat dengan Hutan Sesaot dan pemandian alami di dalamnya.

Lokasi: Desa Pakuan, Distrik Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

11 Kolam menggoda di Tiu Pupus dan Kerta Gangga

Kredit gambar: Lombokfriendly

Desa Genggelang memiliki dua air terjun yang terletak berdekatan. Yang pertama adalah Tiu Pupus yang terletak di utara. Aksesnya sangat mudah, Anda tidak perlu banyak perjuangan untuk dapat menikmati air terjun yang fantastis ini. Dikelilingi oleh tebing curam, Tiu Pupus memiliki kolam besar yang kemudian mengalir lagi ke sungai dengan panorama yang indah.

Kredit gambar: ady_d_edot

Di sebelah selatan ada air terjun Kerta Gangga. Air terjun ini sangat unik karena alirannya seperti memutar arah saat masih di atas tebing. Kemudian air mengalir lagi ke kolam besar yang jernih. Kolam renang ini sangat populer bagi mereka yang suka berenang. Bahkan manajer lokal menambahkan pijakan untuk melompat ke kolam yang segar.

Lokasi: Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

12 Lihat air membelah batu di Mangku Sakti

Kredit gambar: denbaguznh

Yang membuat Mangku Sakti begitu menarik adalah formasi batuan yang diukir oleh aliran air. Ada tiga hal yang akan mendominasi di sini; air, batu dan tanaman hijau. Suasananya tentu sangat segar. Dari tempat parkir, Anda dapat naik ojek atau berjalan kaki sejauh tiga kilometer. Pada titik ini, semua akan terbayar sepenuhnya.

Kredit gambar: skinnymonkey

Debit air di air terjun ini cukup besar. Meski tidak terlalu tinggi dan kolamnya tidak terlalu luas, namun keindahan selanjutnya adalah di sungai setelah air terjun. Anda dapat melihat air membelah batu-batu raksasa, mengular seperti ular di antara dinding-dinding batu, air biru adalah pemandangan segar dan tempat foto yang keren.

Lokasi: Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

13 Dewi Selendang, tempat dewi memanjakan tubuh

Kredit gambar: zilmizola

Air terjun ini mendapat namanya dari Dewi Selendang, seorang dewi yang merupakan pengikut Dewi Rinjani. Dikatakan bahwa Dewi Selendang dan para pengikutnya sering berendam di kolam air terjun ini. Setelah puas basah, mereka naik ke batu di sekitarnya untuk berjemur dan mengeringkan rambut mereka. Kisah ini telah diceritakan dari generasi ke generasi di masyarakat sekitar.

Kredit gambar: zilmizola

Formasi batuan dan air yang mengalir membuat tempat ini sangat menarik untuk bersantai dan menyegarkan. Air Terjun Dewi Selendang juga sangat instagrammable, cocok untuk bertemu makan jejaring sosial Anda dengan gambar-gambar keren. Pemandangan di sekitarnya juga menakjubkan, menjadikan tempat ini tempat yang ideal untuk bersantai.

Lokasi: Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

14 Semporonan, air terjun kembar di tengah kebun kopi

Kredit gambar: mzwr_

Sekilas, air terjun Semporonan agak mirip Tiu Teja. Keduanya memiliki aliran ganda kembar, mengalir berdampingan secara harmonis. Tapi Semporonan lebih tinggi meski alirannya tidak sekeras Tiu Teja. Semporonan juga relatif lebih mudah dijangkau oleh wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan desa setempat.

Kredit gambar: dominika.lasotova

Bahkan, jika Anda ingin pergi ke air terjun di Lombok ini, Anda harus berjalan beberapa ratus meter melewati penghuninya & # 39; perkebunan kopi. Aroma bunga kopi tentu saja menambah perjalanan yang segar. Pada jam-jam tertentu, ketika sinar matahari dapat mencapai bagian bawah air terjun, Anda dapat melihat pelangi yang diciptakan oleh air yang berdebar.

Lokasi: Desa Timba Nuh, Kecamatan Peringgasela, Kabupaten Lombok Timur.

15 Benang stokel dan benang kelambu yang sangat tipis

Kredit gambar: wahyu_putratisaga

Ini adalah dua air terjun paling populer di Lombok Tengah dan terletak berdekatan. Benang Stokel adalah kombinasi dari tiga air terjun yang berada di tebing yang sama. Setiap air terjun di sini berjarak sekitar lima meter. Meski arusnya tidak besar, namun keberadaan tiga air terjun di satu ceruk memang sangat unik.

Kredit gambar: digitaltraveldrone

Kelambu benang bahkan lebih aneh. Air terjun ini memang terlihat seperti kelambu yang menutupi tebing hijau. Air mengalir dari tebing yang sepenuhnya tertutup tanaman merambat. Alirannya halus dan melamun, menciptakan ilusi seperti kelambu putih. Sudah begitu, alurnya juga bertingkat, sehingga memiliki banyak tempat foto yang bagus. Kolam renang juga segar untuk mandi dan bermain air.

Lokasi: Desa Aik Berik, Kabupaten Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah

Baca juga: 12 Tempat Wisata Lombok Barat Yang Menarik Dan Mengesankan

Jadi, jika Anda benar-benar menyukai petualangan dan air terjun, maka Anda harus mengelilingi kaki Rinjani. Ada banyak petualangan menunggu di hutan belantara, berkelok-kelok sungai, dan batu. Hadiahnya, tentu saja, adalah air terjun yang indah di Lombok yang tidak ada duanya. Tertarik berkunjung?

Pos 15 Air Terjun Tersembunyi, Keren Dan Luar Biasa di Lombok muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *