Jika Anda pernah berwisata ke daerah Jawa Timur tentunya sudah tahu betapa terkenalnya kota Malang dan Batu. Kedua kota ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer dan sering dikunjungi wisatawan secara bersamaan. Selain berdekatan, baik Malang maupun Batu sama-sama menawarkan keindahan alam dan fasilitas wisata yang menarik dari pagi hingga malam hari.

Kalau malam tiba saat di Batu atau Malang, jangan tiduran saja! Udara yang sejuk memang bisa membuat kamu malas beraktivitas, namun berbagai objek wisata yang semakin indah di malam hari menunggu untuk dikunjungi. Jika pada siang hari akan puas melihat hijaunya perbukitan atau kebun binatang, maka pada malam hari banyak sekali destinasi wisata dan sensasi berbeda melihat sudut-sudut kota Malang dan Batu dengan pencahayaannya. Berbagai lokasi yang direkomendasikan TripZilla Indonesia Di bawah ini juga ada spot-spot Instagramable untuk kamu jelajahi, lho!

1. Berfoto dengan instalasi cahaya artistik di Malang Night Paradise

Malang Night Paradise | tur malam yang buruk
Kredit gambar: Wikimedia

Malang Night Paradise memang asyik dikunjungi bersama teman atau keluarga. Banyak sekali instalasi lampu dan lampion warna-warni yang menarik di salah satu destinasi wisata malam di Malang dan Batu ini.

Malang Night Paradise
Kredit gambar: Malang Night Paradise

Ada area replika dinosaurus yang juga menyala jadi dijamin bikin senang anak dan ada juga taman lampion. Usai berfoto, Anda juga bisa mencoba wahana yang ada seperti Badut Menyenangkan, Pendulum Mini atau Perjalanan Ajaib. Gak sia-sia ayo kesini!

Alamat: Jl. Graha Kencana Raya Jl. Raya Karanglo No.66, Karanglo, Balearjosari, Kec. Blimbing, Malang
Jam buka: Jumat – Minggu, 17.45 – 22.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 50.000

2. Berkumpul di Alun-Alun Kota Batu yang tidak hanya sekedar lapangan

Alun-Alun Batu | tur malam yang buruk
Kredit gambar: zainulabidin._

Apa yang ada di alun-alun? Jangan salah, Anda tidak hanya terpana, Anda bisa melihat berbagai atraksi menarik di alun-alun ini. Terdapat bianglala dengan lampu-lampu cantik, yang sangat cocok jika Anda ingin memotret diri sendiri dengan background yang unik. Ada juga area bermain anak, air mancur, mobil hias dan Pasar Laron.

Di Pasar Laron, Anda bisa membeli berbagai pernak-pernik dan berwisata kuliner. Jangan lupa mencoba kuliner khas Batu seperti Ketan Legenda 1967 Post, sate kelinci dan sate lokalnya yang enak!

Alamat: Alun-Alun Batu Wisata Kota, Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

3. Melihat hasil karya warga sekitar di Wangi Lantern Village Tour

Desa Lampion Wangi | tur malam yang buruk
Kredit gambar: Desa Lentera Wangi

Kampung Lampion Wangi terletak di dalam Kampung Jodipan yang terkenal dengan rumah warna-warni. Jika pada siang hari bisa melihat berbagai kombinasi warna cerah yang menyembur di sini, maka pada malam hari banyak terdapat lampion hias yang menarik.

Desa Lampion Wangi
Kredit gambar: Desa Lentera Wangi

Tempat wisata malam di Malang ini bisa menjadi alternatif tempat wisata selfie karena lampion gantung akan memberikan kesan unik pada foto anda. Berbagai mural menarik juga bisa kamu nikmati di Desa Lampion Wangi ini.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda 9a No.23, Jodipan, Kec. Blimbing, Malang
Jam buka: Jumat – Minggu, 09.00 – 22.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp3.000

4. Terasa seperti terapung di lokasi Gunung Banyak Paralayang

Banyak Gunung Paralayang | tur malam yang buruk
Kredit gambar: peyekkeyep

Saat pagi hingga sore hari, tempat ini menjadi lokasi latihan paralayang. Selain udaranya yang sejuk karena berada di ketinggian, pemandangan perbukitan yang hijau juga akan menyambut para pengunjung. Namun pada malam hari udara semakin sejuk dan lampu kota Batu yang seperti kunang-kunang dijamin bikin susah berkedip. Bawa kamera, pakai pakaian yang keren dan Anda akan betah di sini untuk mengabadikan setiap sudut yang indah. Jadi suasana yang gelap bukan halangan untuk menikmati pemandangan yang indah bukan?

Alamat: Jl. Mt. Banyak, Songgokerto, Batu
Jam buka: Setiap hari, 07.30 – 17.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

5. Rasakan nuansa pedesaan yang luar biasa di Omah Kayu

Omah Kayu
Kredit gambar: Omah Kayu

Jika sudah capek berdiri tapi masih ingin menikmati indahnya pemandangan kota Batu, pindahlah ke spot lain yang juga hits yaitu Omah Kayu. Sesuai dengan namanya, Omah kayu ini terbuat dari kayu dengan balkon yang menjorok ke perbukitan.

Omah Kayu | tur malam yang buruk
Kredit gambar: Omah Kayu

Tidak ingin meninggalkan tempat ini? Jangan khawatir karena Omah Kayu juga disewakan untuk kalian yang ingin menginap di dalamnya. Terdiri dari 6 hingga 8 ruangan, Omah Kayu terbuat dari kayu yang kuat sehingga aman untuk ditinggali. Bayangkan jika matahari terbit hingga terbenam Anda melewatkannya di sini! Seru banget kan?

Alamat: Jl. Mt. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Batu
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 24.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

6. Berpose di Many Mountain Sky Park dengan instalasi uniknya

banyak taman gunung langit | tur malam yang buruk
Kredit gambar: banyak taman langit gunung

Satu lagi spot menarik yang bisa kamu jelajahi di kawasan Gunung Banyak yaitu Taman Langit. Dengan kontur perbukitan, pemasangan di taman ini semakin terlihat unik.

banyak taman langit gunung
Kredit gambar: banyak taman langit gunung

Pada malam hari, tempat ini terlihat lebih sejuk karena lampunya menyala, sedangkan pada siang hari lebih bisa menikmati suasana perbukitan. Mulai dari gapura Taman Langit juga sudah dibuat instagramable karena terbuat dari akar kayu. Dari kejauhan, Anda bisa melihat jalan setapak yang mengarah ke sudut-sudut taman sehingga perjalanan Anda menjadi lebih nyaman.

Alamat: Jl. Mt. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Batu
Jam buka: Setiap hari, 07.00 – 24.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

7. Melihat keindahan kolam teratai di Alun-Alun Tugu Malang

tur malam yang buruk
Kredit gambar: m.sairoji.a

Dulu, tempat ini bernama Alun-Alun Bundaran Malang dan monumen yang dibangun punya makna sejarah juga, lho! Bentuk tugu ini menyerupai bambu runcing yang melambangkan senjata bangsa Indonesia melawan penjajah. Selain itu, ada pula aksen berantai yang melambangkan persatuan bangsa Indonesia.

Kredit gambar: charentrans

Jika Anda datang pada malam hari, tidak hanya kolam teratai saja, tetapi Anda juga bisa melihat air mancur warna-warni yang indah. Trotoar yang sudah dibangun membuat jalanan di sekitar Alun Alun Tugu asyik untuk nongkrong santai sembari menikmati suasana di sekitar mereka.

Alamat: Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Malang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

8. Dapatkan latar belakang untuk foto futuristik di Infinity World

Dunia Infinity | tur malam yang buruk
Kredit gambar: susantiwjy

Berlokasi di Jatim Park 3, Infinity World merupakan rumah kaca dengan lampu LED yang ditata sedemikian rupa. Saat memasuki tempat ini, Anda diharuskan memakai sarung tangan dan kaos kaki untuk menjaga kebersihan dan kualitas kaca. Tapi tidak heran butuh perawatan ekstra, karena tempat ini keren banget! Penuh cahaya, Anda mudah menemukan sisi menarik untuk diperkaya makan media sosial Anda. Jangan lupa pakai ya pakaian yang keren juga biar hasil fotomu bisa maksimal ya!

Alamat: Jatim Park 3, Jl. Ir. Soekarno No.144, Junrejo, Batu
Jam buka: Setiap hari, 12.00 WIB – 20.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 40.000

9. Berwisata di kawasan cagar budaya Idjen Boulevard

Idjen Boulevard | tur malam yang buruk
Kredit gambar: travelingwithjuan

Idjen Boulevard merupakan kawasan yang tertata rapi dengan bangku taman, jalan setapak dan keran yang bisa Anda gunakan untuk minum air. Populer sebagai lokasi jogging pagi, Anda juga bisa melihat Idjen Boulevard di malam hari. Tempat ini dilengkapi dengan penerangan yang memadai sehingga tetap terlihat menarik saat hari sudah gelap. Anda juga bisa berjalan-jalan di bawah deretan pohon palem dan melewati beberapa objek wisata seperti Museum Brawijaya dan Tugu Pahlawan Trip.

Alamat: Jl. Besar Ijen, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Malang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

10. Batu Night Spectacular memang spektakuler

Batu Night Spectacular | tur malam yang buruk
Kredit gambar: Batu Night Spectacular

Jika ingin menghabiskan malam dengan menyenangkan, kunjungi Batu Night Spectacular alias BNS. Banyak wahana yang tersedia dan dapat mengobati rasa bosan anda seperti Air Bikes, Flying Swinger atau Gokart.

Batu Night Spectacular
Kredit gambar: Batu Night Spectacular

Setelah puas bermain, Anda bisa masuk Lentera Taman untuk berfoto dan istirahat. Museum seni trik, hiburan tari dan air mancur warna-warni juga akan menghibur Anda di sini. Sebelum pulang, tentunya bisa membeli oleh-oleh di Pasar malam untuk geng atau keluarga tercinta. Semuanya ada di tempat-tempat malam di Malang dan Batu ini, jadi tidak perlu repot-repot mencari kebutuhan liburan!

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu
Jam buka: Jumat – Minggu, 15.00 WIB – 23.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari 35.000 IDR

11. Sederhana tapi nyaman nongkrong di Firefly Park

Kredit gambar: malang.chronicles

Mengapa tempat ini disebut Firefly Park? Karena tidak sekedar berpijar, lampu di taman ini bisa berkedip dengan ritme tertentu sehingga menyerupai pancaran kunang-kunang. Terdiri dari 5 bagian, di setiap bagian terdapat penerangan dengan formasi berbeda. Selain itu, pepohonan yang rindang akan membuat acara kumpul malam Anda semakin seru. Jangan lupa dijaga kebersihannya biar tamannya tetap asri ya!

Alamat: Jalan Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Kec. Klojen, Malang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

12. Lihat koleksi moda transportasi antik di Museum Angkut

Museum Angkut Resmi | tur malam yang buruk
Kredit gambar: Pejabat Museum Angkut

Museum Angkut juga merupakan salah satu tempat paling populer di Batu. Beberapa zona keren di sini misalnya Zona Edukasi Toyota, Simulator F1, Simulator Penerbangan dan Kota Gangster. Kamu bisa menambah wawasan dengan cara yang menyenangkan dan bonus spot foto yang instagramable banget.

Museum Transportasi
Kredit gambar: Pejabat Museum Angkut

Saat malam, suasana di tempat ini semakin meriah karena semua lampu cantik menyala. Museum Angkut sangat cocok untuk wisata keluarga karena berbagai wahana yang dimilikinya dapat dinikmati oleh segala usia.

Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu
Jam buka: Setiap hari, 12.00 WIB – 20.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 80.000

13. Jalan-jalan dan jajan di Pasar Terapung Nusantara

Pasar Terapung Nusantara
Kredit gambar: malangrayatour

Masih di dalam kawasan Museum Angkut, masih ada satu lokasi lagi yaitu Pasar Terapung Nusantara. Tempat ini bisa menjadi pilihan menarik untuk mengisi perut dengan cara yang tidak biasa.

Taman Apung Nusantara | tur malam yang buruk
Kredit gambar: bufferdotcom

Ada banyak perahu di sini yang bisa disewa jika ingin berkeliling di atas air. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang menarik dan juga menambah background foto selfie jadi tidak membosankan. Di kiri kanan danau buatan terdapat warung jajanan untuk wisata kuliner dan membeli oleh-oleh.

Alamat: Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kec. Batu
Jam buka: Rabu – Senin, 11.30 WIB – 20.00 WIB
Harga tiket: Mulai dari Rp 60.000

14. Makan di lokasi atap Sky Room The 101 OJ Hotel dengan panorama yang indah

THE 101 Malang OJ
Kredit gambar: THE 101 Malang OJ

Wah, bisa dibayangkan serunya duduk di tempat ini bersama teman-teman sembari melihat pemandangan kota Malang? Jika datang saat matahari terbenam pemandangannya sangat menarik dan saat malam tiba, lampu yang menarik akan memanjakan mata. Dekorasi di restoran juga up-to-date dan mudah dibuat untuk background foto yang menarik.

Jika Anda ingin makan malam romantis bersama pasangan, ada paket yang bisa Anda pilih. Hidangan yang dihidangkan akan semakin terasa nikmat jika disantap di tempat seperti ini!

Alamat: Jl. Cipto No.11, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Malang
Jam buka: Setiap hari, 13.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Menu: Mulai dari Rp 30.000

Baca juga: 7 Tempat Wisata Alam di Batu Malang yang Terkenal Banget!

Lantas, apakah kota Batu dan Malang terbukti tak hanya cantik di hari cerah? Jadi dari pagi hingga malam, kamu bisa menjelajahi berbagai lokasi wisata seru di Malang dan Batu!

Postingan 14 Tempat Wisata Malam di Malang yang Memikat untuk Dikunjungi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin