Indonesia adalah negara yang dikenal memiliki banyak gunung berapi. Terletak di ring of fire, kehebatan letusan gunung berapi di Indonesia terkenal di mancanegara. Tetapi siapa sangka daya tarik tersembunyi itu adalah danau yang menakjubkan di gunung. Pegunungan yang membentang di sepanjang kepulauan Indonesia menyimpan banyak pesona tersembunyi yang menunggu untuk dijelajahi.

Meski hingga saat ini kita masih banyak mendengar letusan gunung berapi, jangan biarkan hal itu mengurangi minat untuk menjelajahi gunung-gunung di Indonesia. Karena pemandangan danau di pegunungan sangat mengesankan, ada yang mistis dan unik berkesan. Upaya kita akan terbayar begitu kita menemukan danau ini, dan semua kengerian yang kita bayangkan akan hilang akan digantikan oleh kekaguman. Di bawah ini Anda dapat melihat banyak danau menarik di atas gunung dan menunggu untuk dijelajahi!

Baca juga: 13 Danau Terindah di Indonesia yang Harus Anda Kunjungi

1. Untuk pecinta gunung sejati – Danau Larson

Jika Anda mengaku sebagai petualang sejati dan memiliki pengalaman mendaki gunung, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi Danau Larson. Danau ini terletak di Pegunungan Jayawijaya, Papua dan terletak di ketinggian sekitar 4000 meter di atas permukaan laut. Danau itu indah, tapi jangan lupa kita harus melengkapi diri kita dengan peralatan yang memadai agar tetap aman, ya!

Kredit gambar: @yusman_syahar

Anda dapat melihat banyak burung belibis di permukaan danau ini. Danau di gunung benar-benar melegakan bagi pendaki yang menuju ke puncak Carstenz.

Lokasi: Pegunungan Jayawijaya, Papua
Harga tiket: bervariasi

2. Kepuasan yang tak tergantikan – Danau Habema

Danau Habema terletak di kaki Gunung Trikora di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Nama asli danau ini adalah Danau Yuginopa. Kata Habema berasal dari Letnan Habema, seorang perwira Belanda yang mengawal perjalanan ke puncak Trikora pada tahun 1909.

Kredit gambar: Bayu Winata

Terletak di ketinggian sekitar 3.300 meter di atas permukaan laut dan sering disebut sebagai danau di awan, pemandangan indah Danau Habema membuat kita seolah-olah kita tidak berada di Indonesia. Jika Anda ingin mengunjungi Danau Habema, disarankan untuk datang di pagi hari dan ketika cuaca cerah. Di saat seperti ini, Anda bisa lebih leluasa memahami keindahannya karena tidak terhalang oleh kabut.

Lokasi: Gunung Trikora, Papua
Harga tiket: bervariasi

3. Tidak mabuk – Danau Mabuk

Danau di Gunung Masurai, Jambi terletak di ketinggian 2.533 mdpl. Itu masih di kompleks Taman Nasional Kerinci Seblat. Meskipun jalur menuju danau cukup sulit, kelelahan Anda akan terbayar dengan keindahan panorama. Bahkan jika airnya tidak pasang, para pejalan kaki dapat bermalam di sekitar Danau Mabuk.

Kredit gambar: @ rizky.fadli

Gunung Masurai sendiri adalah gunung berapi yang tidak aktif, dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk pendaki. Bisakah Anda bayangkan kegembiraan saat bangun di pagi hari disambut dengan pemandangan danau yang indah?

Lokasi: Gunung Masurai, Jambi
Harga tiket: 5.000 Rupiah per orang

4. Keajaiban tiga warna – Danau Kelimutu

Danau ini sangat terkenal dan kita dapat menemukan gambar di uang kertas Rp 5.000. Lokasi danau ini berada di dalam Taman Nasional Kelimutu di Ende. Akses ke danau ini bagus dan cocok untuk pendaki pemula. Ketiga warna danau ini memiliki nama dan makna yang berbeda.

Kredit gambar: @lingkar_ntt

Danau biru, bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dianggap sebagai tempat di mana jiwa-jiwa muda yang mati berkumpul. Danau merah, bernama Tiwu Ata Polo, adalah tempat bagi jiwa-jiwa orang yang telah melakukan kejahatan dalam hidup mereka. Sedangkan danau putih adalah Tiwu Ata Mbupu, tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal. Anda juga dapat melihat gerombolan monyet, yang dianggap sebagai penjaga tebing. Jadi jangan kaget dengan kehadiran mereka di sana.

Lokasi: Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur
Harga tiket: Rp 20.000 per orang

5. Seindah tempat tinggal para dewi – Danau Talago Dewi

Danau di puncak gunung ini adalah kawah yang diisi air minum. Lokasinya dekat dengan puncak Gunung Singgalang, jadi tentu saja harus dikunjungi oleh pendaki. Terletak di ketinggian sekitar 2.760 meter di atas permukaan laut, danau ini juga cocok digunakan sebagai tempat bermalam sebelum menuju ke puncak.

Kredit gambar: @naufal_dedi

Danau ini juga dikelilingi oleh tanaman cantigi dengan cabang yang bengkok. Unik dan indah, sehingga tidak salah jika danau ini disebut Ranu Kumbolo, Sumatera Barat.

Lokasi: Gunung Singgalang, Sumatera Barat
Harga tiket: 7.000 IDR per orang

6. Tiga Ranu di Semeru

Sebuah. Yang terkenal dari Jawa Timur – Ranu Kumbolo

Danau ini sangat terkenal di kalangan pendaki. Bahkan tak sedikit pendaki yang datang ke Gunung Semeru karena mereka tergoda untuk menikmati sensasi menginap di tepi Ranu Kumbolo. Pemandangan di sini, terutama ketika matahari terbit dan terbenam, memang sangat bagus dan merupakan target bagi para fotografer.

Kredit gambar: @beatrixscolastika

Ranu sendiri artinya danau, dan kita bisa mengonsumsi air tawarnya. Tetapi persiapkan diri Anda jika ingin bermalam di sini karena pada malam hari suhu udara bisa mencapai minus lima derajat Celcius.

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
Harga tiket: 10.000 Rupiah per orang

b. Danau di salah satu desa tertinggi di Indonesia – Ranu Pani

Danau ini masih berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Jika Anda ingin bermalam di sini, fasilitas yang disediakan lengkap mulai dari homestay, pemandu dan peralatan berkemah. Ranu Pani terletak di desa yang merupakan pos terakhir sebelum menuju ke puncak Gunung Semeru.

Kredit gambar: @r_farrakhan

Mayoritas penduduk desa di sekitar Ranu Pani adalah orang Tengger. Mereka sangat ramah dan Anda dapat menambah wawasan sejarah jika Anda tinggal bersama orang-orang di sini.

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
Harga tiket: IDR 19.000 per orang

c. Adik yang tidak kalah cantik – Ranu Regulo

Berdekatan dengan Ranu Pani, Anda dapat bertemu Ranu Regulo di ketinggian sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut. Wisatawan dapat memancing di danau ini dan juga berkemah. Jangan lupa menyiapkan peralatan yang memadai karena suhu di Ranu Regulo juga dingin, bisa mencapai minus empat derajat Celcius. Di tepi danau ini, Anda juga bisa melihat tanaman yang dibudidayakan, yaitu anggrek hijau.

Kredit gambar: @yossia_ania

Jalan menuju danau mudah dilewati. Pemandangan di sini tidak kalah menarik, terutama saat matahari terbit.

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur
Harga tiket: IDR 19.000 per orang

Baca juga: Tiket Masuk ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru Experience Hike

7. Danau di jalur terpanjang Jawa – Danau Taman Hidup

Danau ini terletak di jalur pendakian Gunung Argopuro dan seolah menjadi objek wisata yang harus dikunjungi oleh pendaki. Jika Anda ingin melewati danau ini, ambil jalur pendakian melalui Desa Bremi! Banyak kisah mistik mengelilingi danau ini, salah satunya adalah bahwa danau tersebut adalah tempat favorit Dewi Rengganis, putri Kerajaan Majapahit.

Kredit gambar: @songkosongkro

Jika Anda mengunjungi Taman Taman Hidup, Anda dapat menemukan dermaga kayu tua di sini. Tempat ini adalah tempat favorit bagi pendaki untuk mengabadikan momen karena sangat instagramable.

Lokasi: Gunung Argopuro, Jawa Timur
Harga tiket: 20.000 IDR per orang per hari

8. Danau tersembunyi di Jawa Barat – Danau Ciharus

Danau, yang terletak tepat di perbatasan antara Bandung Selatan dan Garut, sering dijuluki Ranu Kumbolo Jawa Barat. Jika Anda masuk dari jalur Gunung Rakutak, kita bisa mencapainya dengan cara trekking di sepanjang jalan yang terdiri dari kombinasi penghuni & # 39; bidang, jalan setapak naik dan turun di sepanjang aliran berbatu kecil dengan kedalaman bervariasi dari kaki ke betis. Setelah perjalanan yang cukup melelahkan selama kurang lebih tiga jam, Anda akan disuguhi keindahan Danau Ciharus yang luas dan tenang yang mencerminkan keindahan pemandangan di sekitarnya.

Kredit gambar: @catat_sibungsu

Eksotisme danau ini meningkat jika kita memutuskan untuk menghabiskan malam berkemah di sekitarnya. Ketika pagi tiba, pemandangan danau dengan permukaannya yang tertutup kabut akan menyapa mata kita.

Lokasi: Desa Neglasari, Kabupaten Ibun, Bandung, Jawa Barat.
Harga tiket: membayar perawatan kendaraan, jika Anda menggunakan panduan warga setempat sesuai dengan perjanjian.

9. Danau dikelilingi oleh tujuh gunung – Danau Tujuh Gunung

Danau itu, yang terletak di ketinggian 1950 meter di atas permukaan laut, terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Dinamakan Danau Gunung Tujuh karena lokasinya dikelilingi oleh tujuh gunung yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan akhirnya Gunung Tujuh. Untuk mencapai ini, kita bisa memulai perjalanan dari pos jaga di Desa Pelompek.

Kredit gambar: @ rangga_saputra09

Dengan waktu tempuh sekitar empat jam, yang terasa tidak seberapa dibandingkan dengan pemandangan yang akan kita dapatkan ketika kita sampai di danau, yang masuk salah satu danau tertinggi di Indonesia. Selain berkemah di sisi danau, kita juga bisa menyewa perahu dari nelayan setempat untuk sekedar berkeliling atau bahkan memancing.

Lokasi: Desa Pelompek, Kabupaten Kayu Aro, Jambi.
Harga tiket: Hari biasa Rp 5.000 per orang, hari libur Rp 7.500 per orang.

10. Danau yang menawan di Nusa Tenggara Barat – Danau Segara Anak

Bagi yang sudah mendaki Gunung Rinjani mungkin sudah tidak asing lagi dengan Danau Segara Anak. Danau vulkanik yang terletak di ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh pendaki Gunung Rinjani. Kelelahan yang didapat setelah berjalan selama kurang lebih sembilan jam lenyap ketika melihat keindahan Danau Segara Anak.

Kredit gambar: @suga_milan

Salah satu keunikan danau ini adalah danau ini menjadi habitat berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan mas, nila dan ikan nila berkat sirkulasi air yang baik. Padahal danau ini adalah danau vulkanik yang berasal dari kaldera vulkanik. Di sekitar Danau Segara Anak ada juga beberapa sumber air panas yang sering digunakan oleh pendaki untuk berendam untuk menghilangkan kepenatan.

Lokasi: Desa Sembalun, Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Harga tiket: untuk wisatawan lokal hari biasa 5.000 IDR per hari, hari libur 7.500 IDR per hari, untuk wisatawan asing hari biasa IDR 150.000 per hari, liburan IDR 250.000 per hari.

11. Kecantikan yang menyegarkan mata – Dieng Color Lake

Dataran Tinggi Dieng memang tak ada habisnya untuk memberikan suguhan kepada para pengunjung. Selain terkenal karena cuacanya yang sejuk, Dieng juga menawarkan keindahan matahari terbit dari puncak Gunung Prau dan Gunung Sikunir, berbagai kuil, festival budaya dan kuliner serta suvenir.

Kredit gambar: @novemlawalata

Keunikan lain Dieng berupa danau yang warnanya bisa berubah seiring dengan terpaan sinar matahari yang menimpa dirinya. Hijau, kuning, kebiru-biruan atau terkadang kombinasi ketiganya sekaligus. Dengan akses yang mudah dan harga tiket yang cukup terjangkau, rasanya tidak lengkap jika kita meninggalkan Dieng tanpa melihat keindahan Danau Warna.

Lokasi: Desa Dieng, Kabupaten Kejajar, Pulau Wonosobo, Jawa Tengah.
Harga tiket: untuk wisatawan lokal, hari normal IDR 12.500 per hari, hari libur Rp 15.000 per hari, untuk wisatawan asing hari normal Rp 100.000, hari libur Rp 150.000.

12. Keindahan Sulawesi yang tidak bisa dilewatkan – Danau Tanralili

Lereng Gunung Bawakaraeng menyimpan surga tersembunyi yang mulai menarik banyak orang untuk menikmatinya. Berawal dari bencana tanah longsor besar di lereng Gunung Bawakaraeng pada tahun 2003, Danau Tanralili terbentuk.

Kredit gambar: @ asriadi935

Danau, yang dibentengi oleh pegunungan hijau, adalah magnet bagi pecinta alam untuk berkemah di sekitarnya. Untuk mencapai ini diperlukan perjalanan naik dan turun melalui bukit dan lembah selama sekitar tiga jam. Selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan hijau yang menenangkan. Di sekitar danau ada beberapa air terjun dengan berbagai ukuran yang juga bisa kita nikmati hanya dengan trekking singkat.

Lokasi: Desa Manimbahoi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.
Harga tiket: Rp5.000 per orang.

Baca juga: Merekomendasikan 10 Pegunungan untuk Pemanjat Pemula di Indonesia

Selain dari yang tercantum di atas, masih banyak danau di pegunungan lain di Indonesia yang dapat Anda kunjungi. Mari mulai menjelajahi gunung-gunung di Indonesia!

Pos 14 Danau di Gunung yang harus dikunjungi oleh pendaki pertama muncul di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin